15 Tempat Wisata di Bangkalan yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Tempat Wisata di Bangkalan
Tempat Wisata di Bangkalan

Tempat Wisata di Bangkalan – Jika Anda bosan dengan kota dan daerah wisata yang begitu-begitu saja, mungkin Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura bisa menjadi pilihan baru. Ada banyak tempat wisata di Bangkalan yang bisa menjadi alternatif baru sebagai destinasi berlibur untuk Anda.

Pulau Madura terkenal dengan nama Pulau Garam karena produksi garam di pulau tersebut. Pulau ini memang tidak terlalu dikenal dengan daya tarik tempat wisata, sehingga membuat banyak orang jarang memikirkan pulau ini ketika memilih destinasi liburan.

Tempat Wisata di Bangkalan yang Direkomendasikan

Tempat Wisata di Bangkalan
Tempat Wisata di Bangkalan

Ada banyak pilihan destinasi wisata di Pulau Madura, khususnya di Kabupaten Bangkalan. Karena itu, pada pembahasan ini akan dibahas beberapa tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi.

1. Wisata Fotografi di Bukit Jaddih

Jika Anda ingin berburu tempat foto yang estetik dan berbeda dengan kebanyakan spot wisata lain, maka Bukit Kapur Jaddih yang ada di daerah Socah, Bangkalan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berburu foto estetis dan unik.

Sesuai dengan namanya, Bukit Jaddih adalah sebuah bukit bekas penambangan kapur. Pada tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bebatuan kapur yang eksotis dan indah.

Selengkapnya >> Objek Wisata Terkenal di Jawa Timur

Selain itu, terdapat kolam kapur kecil yang sangat bersih menambah pesona keindahan dari tempat wisata satu ini. Tidak seperti bentang alam kapur yang lain, pemandangan Bukit Jaddih terlihat rapi dan tertata. Tidak heran, banyak para pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Terutama, untuk mengambil foto sampai menjadikan tempat ini sebagai tempat pre-wedding. Harga tiket masuk tempat wisata satu ini masih sangatlah terjangkau.

  • Alamat        : Desa Jaka, Kel. Pasreh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 06.00 sampai dengan 17.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 2.000

2. Pesona Laut di Pelabuhan Kamal

Pesona Laut di Pelabuhan Kamal
https://www.instagram.com/masnuuunn/

Jika Anda ingin melihat pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda, Anda bisa berkunjung ke Pelabuhan Kamal yang Anda di Pulau Madura. Sebagai pulau pesisir, tidak heran jika Pulau Madura memiliki banyak sekali Pelabuhan.

Salah satunya adalah Pelabuhan Kamal yang sempat menjadi pusat transportasi di Pulau Madura. Pelabuhan ini dulunya selalu ramai, karena orang-orang yang berdatangan dari Surabaya selalu singgah dan melewati Pelabuhan satu ini.

Namun dengan adanya Jembatan Suramadu, tidak heran jika pengunjung dan pengguna transportasi kapal menuju Pulau Madura semakin berkurang. Meski begitu, hal tersebut tidak membuat pesona Pelabuhan Kamal berkurang.

Pelabuhan ini kini tidak hanya dikunjungi oleh orang-orang yang ingin naik kapal saja, tapi juga banyak para pelancong dan turis asing.

  • Alamat        : Pelabuhan Kamal, Kec. Kamal, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Gratis.

3. Menikmati Pemandangan Malam di Bukit Lampion Beramah

Destinasi wisata di Bangkalan yang satu ini terletak di daerah dataran tinggi di Pulau Madura. Tidak heran, jika hawa di sekitar Bukit Lampion Beramah lebih sejuk daripada di daerah Pulau Madura yang lain.

Seperti nama tempat wisatanya, bukit ini sudah dihiasi banyak lampion di sekitar Kawasan Beramah. Hal ini membuat pemandangan sekitar bukit menjadi lebih indah. Saat yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada saat petang hari.

Karena pada saat itulah, lampion di bukit mulai dinyalakan. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika datang pada saat hari masih terang. Karena pemandangan dari ketinggian bukit tidak kalah indahnya dengan pemandangan pada saat malam hari.

Lokasi ini memang ditujukan sebagai daerah pariwisata, sehingga fasilitas di Bukit Lampion Beramah sudah cukup memadai. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir ketika berkunjung di tempat wisata satu ini.

  • Alamat        : Desa Tengginah, Kel. Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 05.00 sampai dengan 16.30 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 3.000

4. Menikmati Pemandangan Unik di Bukit Arosbaya

Sama seperti tempat wisata yang sudah dibahas sebelumnya yaitu Bukit Jaddih, Bukit Arosbaya juga merupakan tempat bekas penambangan kapur yang sudah ditinggalkan.

Jika Bukit Jaddih unik dengan pemandangan batu putih, bukit ini unik dengan batu kapur yang terlihat merah kecoklatan. Jenis batu yang ditambang di Bukit Arosbaya ini disebut dengan istilah ‘Bedel’.

Pemandangan di Bukit Arosbaya terkesan berantakan dan tidak rapi. Namun, hal tersebutlah yang membuat tempat wisata satu ini semakin istimewa dan banyak diminati oleh pelancong. Bukit-bukit kapur di tempat wisata ini terlihat menjulang dengan tumbuhan hijau yang merambat di sekitarnya.

Pemandangan ini akan mengingatkan Anda dengan Grand Canyon dan tempat pemandangan alam yang terkenal lainnya. Bisa dipastikan, Anda akan mendapatkan foto yang bagus dan estetik di tempat wisata satu ini.

  • Alamat        : Desa Berbeluk, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 5.000

5. Menikmati Pemandangan Matahari di Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
https://www.instagram.com/faizurrohmat/

Sebagai kawasan pesisir di Pulau Madura, tidak mungkin tidak ada tempat wisata yang berupa pantai di Bangkalan. Salah satu, pantai yang terkenal di Pulau Madura ini adalah Pantai Siring Kemuning yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Karena tidak ada transportasi umum yang menuju ke pantai, maka Anda harus mengeluarkan waktu dan energi yang lebih untuk mencapai lokasi ini. Meski begitu, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai satu ini terkenal akan pemandangannya yang indah terutama pada saat matahari terbenam dan matahari terbit. Jadi meski aksesnya cukup sulit, masih banyak orang yang datang ke pantai ini dengan mengincar momen matahari terbit maupun tenggelamnya.

Karena, memang pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai ini sangatlah indah. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, lebih baik berusaha untuk mencocokkan waktunya terlebih dahulu.

  • Alamat        : Desa Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 3.000

6. Melihat Sejarah di Mercusuar Sembilangan

Tempat wisata di Bangkalan selanjutnya adalah Mercusuar Sembilangan yang berada di desa Ujung Piring. Mercusuar ini pernah menjadi yang termegah dan tertinggi pada masanya. Mercusuar Sembilangan dibangun pada masa kolonialisme Belanda.

Fungsi utama dari mercusuar ini adalah membantu kapal yang akan mengarah ke Tanjung Perak. Karena memang kapal yang menuju ke Tanjung Perak harus melalui perairan di sekitar Pulau Madura terlebih dahulu.

Walaupun sudah dibangun sejak lama, ternyata menara putih yang megah itu masih berfungsi. Sampai sekarang, Mercusuar Sembilangan masih digunakan untuk memandu kapal-kapal yang melewati perairan Pulau Madura.

Selain itu, bangunan ini juga berfungsi sebagai tempat wisata. Banyak pengunjung yang datang ke Mercusuar Sembilangan, terutama menjelang petang hari, karena pemandangannya akan terlihat sangat indah.

  • Alamat        : Desa Ujung Piring, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 3.000

7. Menyegarkan Diri di Sumber Pocong

Tempat wisata di Pulau Madura yang satu ini mungkin membuat Anda bergidik ngeri dengan nama tempatnya. Nama tempat wisatanya adalah Sumber Pocong. Tapi tenang, karena nama ini tidak ada hubungannya dengan horor maupun hantu.

Sumber Pocong adalah sebuah permandian air tawar yang jernih dan menyegarkan. Nama Sumber Pocong sendiri berasal dari nama tempat sumber air ini berada yaitu Desa Pocong.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kabupaten Madiun

Tempat wisata ini sebenarnya masih tersembunyi dan belum banyak diketahui. Karena itu, masih belum banyak orang yang mengunjungi pemandian air tawar satu ini. Hal ini membuat Anda bisa lebih leluasa mandi dan menyegarkan diri di pemandangan Pocong.

Selain, berenang dan mandi di air sumber yang segar, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar pemandian. Karena memang alam di sekitar pemandian ini masih sangat alami, liburan di tempat ini akan membuat Anda semakin segar dan rileks.

  • Alamat        : Desa Pocong, Kec. Tragah, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Gratis.

8. Pemandangan Indah di Pantai Gebang

Berbeda dengan Pantai Siring Kemuning yang merupakan pantai berpasir, tempat wisata di Kabupaten Bangkalan satu ini merupakan pantai tanpa pasir dan merupakan tempat melaut yang aktif. Karena itu, di sepanjang pantai Anda bisa melihat perahu-perahu disandarkan ke daratan.

Selain itu, ada banyak tanaman bakau yang ditanam di pinggiran laut dengan tujuan mencegah abrasi. Hal inilah yang membuat pemandangan di Pantai Gebang berbeda dengan kebanyakan pemandangan di pantai wisata lainnya.

Tentu saja, hal ini bisa menambah pengalaman Anda tentang liburan di Pantai. Pemandangan pada waktu petang dan senja menjadi daya tarik utama dari Pantai Gebang ini. Karena, memang sejak awal tidak ditujukan sebagai pantai wisata.

Anda tidak perlu kaget jika fasilitas di pantai ini kurang memadai. Namun, untuk fasilitas seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia dan cukup baik.

  • Alamat        : Desa Gebang Barat, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 3.000

9. Menjelajah Alam di Gunung Geger

Gunung Geger
https://www.instagram.com/de_lyla/

Walaupun tempat wisata yang satu ini dinamai Gunung Geger, tapi sebenarnya tempat wisata ini bukanlah gunung, melainkan bukit yang besar di Kawasan Desa Geger. Ukurannya yang besar memungkinkan hutan kecil tumbuh dan terbentuk di atasnya.

Anda sebagai pengunjung bisa melewati jalan yang disediakan di tengah hutan kecil ini. Anda bisa menikmati keindahan alam dan jajaran pepohonan dari berbagai jenis. Mulai dari pohon jati, mahogany, sampai akasia.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hamparan sawah yang menjadi satu rute dari jalan yang ada. Melewati dan menikmati pemandangan di Gunung Geger, akan membuat Anda merasa menjadi seorang penjelajah alam.

Karena memang ditujukan sebagai tempat wisata alam, fasilitas tempat wisata di Madura satu ini terbilang cukup memadai. Jalan yang disediakan dalam kondisi baik sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk berjalan-jalan.

  • Alamat        : Desa Geger, Kec. Geger, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp5.000

10. Menelusuri Hutan Bakau di Labuan Mangrove EduPark

Pada destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa menjadi penjelajah hutan bakau yang ada di sepanjang pantai. Labuhan Mangrove EduPark memang sebuah tempat wisata yang dibuka untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai hutan bakau.

Pada tempat wisata ini, sudah disediakan jalur untuk para pengunjung belajar. Selama berjalan, para pengunjung bisa melihat keindahan hutan bakau dan belajar mengenai pentingnya ekosistem hutan bakau di pinggir pantai.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil melewati jembatan kayu pada hutan yang memiliki panjang 350 meter. Tersedia juga trainer untuk memberikan penjelasan mengenai hutan bakau selama perjalanan.

Tidak hanya itu, Anda sebagai pengunjung juga bisa turut andil dalam keberlanjutan hutan bakau. Caranya dengan mengadopsi tumbuhan dan cemara laut dengan harga Rp40.000 saja.

  • Alamat        : Desa Labuhan, Kec. Sepuluh, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp5.000

11. Pantai Siring Kemuning

Merupakan destinasi terbaik apabila Anda ingin berkunjung ke pantai. Airnya sangat jernih kebiru-biruan sehingga sangat memanjakan mata saat melihatnya. Tentu sangat cocok menjadikannya destinasi wisata bersama keluarga saat liburan dan akhir pekan tiba.

Lokasinya sendiri sangat mudah untuk Anda akses. Selain itu, harga tiket masuknya juga ramah di kantong. Tentunya tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak biaya. Anda bisa mengunjunginya langsung dengan fasilitas memadai sehingga dijamin sangat memuaskan sebagai tempat berlibur secara rombongan.

  • Alamat        : Macajah, Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : Setiap hari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 2.000 sampai Rp 3.000
  • Fasilitas : Area parkir, rumah makan, penginapan, spot foto, pusat oleh-oleh, area camping, wahana permainan

12. Menikmati Suasana di Alun-Alun Bangkalan

Tidak lengkap rasanya berlibur di sebuah kota jika tidak menikmati suasana di alun-alunnya. Karena itu, ketika Anda berkunjung ke Kabupaten Bangkalan pastikan Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Alun-alun Bangkalan.

Pada lokasi wisata yang satu ini, Anda akan dapat melihat dengan lebih dekat kehidupan kota Bangkalan.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari menjelajah kuliner khas Bangkalan, menikmati pertunjukan yang biasa diadakan di alun-alun, maupun sekadar nongkrong sambil menikmati suasana alun-alun saja.

Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari pengalaman baru terutama jika belum pernah mengunjungi Kabupaten Bangkalan sebelumnya.

  • Alamat        : Jalan K.H. Abdul Karim, Demangan, Bangkalan.
  • Jam Buka        : 24 Jam.
  • Harga Tiket Masuk    : Gratis.

13. Berenang di Kolam Renang Goa Pote

Goa Pote
https://www.instagram.com/naa_pic11/

Destinasi wisata di Bangkalan ini mengusung konsep alami dan natural. Hal tersebut terlihat dari kolam renangnya yang masih alami, karena memang air kolam renangnya berasal dari sumber alam langsung.

Kolam renang Goa Pote juga tidak hanya sekedar menawarkan tempat untuk berenang saja. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di area tempat wisata satu ini mulai dari berenang, naik perahu, sampai outbond.

Sebagai tempat wisata, fasilitas kolam renang Goa Pote juga sudah sangat lengkap. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan merasa kesulitan jika berkunjung ke tempat wisata satu ini.

Bagi Anda yang mencari spot foto untuk ditampilkan di media sosial, Anda tidak khawatir karena kolam renang Goa Pote punya banyak spot yang bagus untuk mengambil foto. Dijamin, Anda bisa mendapatkan foto yang bagus untuk sosial media Anda.

  • Alamat        : Desa Jakan, Kec. Socah, Bangkalan.
  • Jam Buka        : 08.00 sampai dengan 17.00
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 10.000

14. Wisata Keluarga di Taman Rekreasi Bangkalan

Jika Anda mencari tempat wisata di Kabupaten Bangkalan yang cocok untuk keluarga, mungkin Anda bisa mengunjungi Taman Rekreasi Bangkalan yang ada di Desa Mlajah. Taman Rekreasi ini adalah favorit warga Bangkalan untuk berwisata.

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata di Kabupaten Pamengkasan

Seperti halnya taman wisata yang lain, Taman Rekreasi Bangkalan menyediakan beragam aktivitas dan wahana yang bisa dicoba oleh keluarga. Selain itu, ada juga fasilitas kolam renang, sampai kolam pemancingan untuk orang dewasa.

Walaupun memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan bagus, ternyata harga tiket masuk pada taman rekreasi ini sangatlah terjangkau. Taman Rekreasi ini sangat ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

  • Alamat        : Desa Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.
  • Jam Buka        : 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 15.000

15. Belajar di Museum Cakraningrat

Museum Cangkraningrat bisa menjadi pilihan lokasi wisata di Bangkalan dengan tujuan edukasi. Museum satu ini merupakan tempat yang sangat penting di Kabupaten Bangkalan, karena menyimpan berbagai peninggalan penting.

Peninggalan tersebut utamanya dari Kerajaan Bangkalan yang memang pernah berdiri dan berjaya di Pulau Madura ini. Melalui koleksi Museum Cakraningrat, Anda sebagai pengunjung bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan dari Kabupaten Bangkalan secara lengkap.

  • Alamat        : Jalan Soekarno Hatta No.40, Bangkalan.
  • Jam Buka        : 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.
  • Harga Tiket Masuk    : Rp 15.000

16. Kolam Renang Tretan

Termasuk destinasi wisata terbaik yang cocok apabila Anda ingin berlibur sekaligus berenang atau bermain air. Masyarakat sendiri sudah sering menjadikannya tujuan untuk rekreasi bersama keluarga. Manfaatkan lokasi ini untuk melepas penat setelah lelah beraktivitas seharian penuh.

Anda juga bisa berkunjung untuk menikmati akhir pekan bersama teman-teman terdekat. Kolam renangnya terjaga dengan harga tiket masuk terjangkau. Tentu tidak perlu ragu apabila ingin merencanakan acara piknik ramah di kantong tetapi tetap mendapatkan keseruan.

  • Alamat        : Mlajah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur
  • Jam Buka        : Setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB

17. Kolam Renang Goa Pote

Termasuk destinasi wisata di Kabupaten Bangkalan yang bisa Anda kunjungi lainnya. Tersedia kolam renang dengan konsep unik sehingga sangat memanjakan para pengunjungnya. Wisatawan juga bisa mengajak keluarga untuk berlibur akhir pekan bersama.

Biaya tiket masuknya sendiri terjangkau dengan akses menuju lokasi sangat mudah. Meskipun masih termasuk sebagai destinasi baru, tetapi sudah ada banyak orang mengunjunginya. Baik itu di pagi maupun sore harinya. Tentu liburan akan terasa menyenangkan jika Anda memilih lokasi ini.

  • Alamat        : Jaddih, Socah, Jakan, Parseh, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur
  • Jam Buka        : Setiap hari
  1. Bukit Geger

18. Bukit Geger

Anda ingin berlibur dengan suasana alam yang asri dan menyenangkan. Cobalah untuk berkunjung ke Bukit Geger. Ada banyak spot wisata menarik bagi wisatawan salah satunya seperti area camping. Tersedia juga lokasi berfoto sehingga cocok apabila ingin mengabadikan momen liburan bersama.

Anda bahkan bisa menjadikan keindahan alamnya sebagai background yang menyejukkan mata. Oleh karena itu, jangan ragu menjadikannya sebagai destinasi liburan bersama keluarga dan orang-orang terdekat lainnya.

  • Alamat        : Laok Kunong, Geger, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Jam Buka        : Setiap hari

Itulah beberapa ulasan dari VisitPare.com tentang tempat wisata di Bangkalan yang menjadi rekomendasi. Jika Anda merasa butuh tempat wisata dan pengalaman baru dalam berlibur, tempat-tempat yang menjadi pilihan di atas bisa menjadi alternatif yang tepat.