5 Usaha yang Minim Pesaing Tapi Untungnya Besar!

5 Usaha yang Minim Pesaing Tapi Untungnya Besar!

Mendirikan suatu usaha lebih kurang tantangannya mirip seperti ketika kalian mau mandi di hari libur, bawaannya pasti enggan dan malas.

Namun, perlu kalian ketahui memiliki usaha merupakan hal yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Jika Anda sudah punya usaha sendiri, maka Anda tidak perlu bergantung terus terhadap gaji bulanan.

Permasalahan yang sering dijumpai adalah satu, yakni kebingungan menentukan mau buka usaha seperti apa. Jika membuka usaha minuman boba sepertinya sudah banyak pesaingnya, kalau tidak inovatif bisa-bisa kurang laku karena dianggap biasa saja.

5 Peluang Usaha yang Jarang Pesaingnya, Mana yang Akan Kalian Coba?

Sebelum memutuskan untuk menyerah, tahukah Anda bahwa ada beberapa peluang bisnis yang jarang dilirik orang tapi keuntungannya menjanjikan? Anda akan mengetahui penjelasan lebih lengkap dengan menyimak informasi ini.

usaha jarang ada pesaing sewa lokasi studio

1. Merintis Usaha Sewa Studio Untuk Membuat Konten

Pembuatan konten video seperti live streaming, video youtube, tiktok, dan lainnya pasti membutuhkan studio yang memadai untuk membuat hasil konten yang bagus.

Usaha minim pesaing yang satu ini sistemnya sederhana, selagi banyak orang yang menyewa lokasi Anda untuk pembuatan konten mereka maka keuntungan akan terus mengalir.

Hanya saja modal awalnya cukup tinggi, adapun beberapa hal yang perlu Anda siapkan

  • Menyediakan ruangan untuk studio minimal luas 19 m2 atau bisa gunakan kamar yang jarang terpakai
  • Kamera DSLR
  • Laptop editing
  • Tripod
  • Pencahayaan
  • Dekorasi studio
  • Latar belakang
  • Green screen
  • Dan sebagainya

Ide usaha sedikit pesaing ini cocok untuk dibuat pada area perkotaan, prospeknya masih belum begitu menjanjikan di daerah pedesaan. Apabila dilakukan dengan telaten, Anda bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dari bisnis ini.

2. Sewa Elektronik Viral (Laptop, LCD Proyektor, HP iPhone)

Unik, kompetitor sedikit, tapi cukup potensial. Kalian bisa mencoba usaha penyewaan beberapa jenis produk elektronik yang banyak dibutuhkan oleh kaum milenial. Contohnya tiga produk utama, laptop, LCD proyektor, dan ponsel eksklusif seperti iPhone.

Usaha yang jarang dilirik namun menjanjikan ini sebenarnya banyak dibutuhkan. Pertama penyewaan laptop, terkadang ada orang yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tertentu untuk kebutuhan yang mendesak seperti pengerjaan project atau tugas kerja.

Kemudian, untuk LCD proyektor dibutuhkan ketika melakukan presentasi di depan banyak orang. Terakhir ada layanan sewa iPhone yang sempat ramai dibicarakan oleh netizen.

Masih belum diketahui secara pasti apakah orang-orang menyewa ponsel premium ini untuk gaya-gayaan atau memang keperluan bisnis agar terlihat profesional, tetapi satu hal yang pasti bisnis penyewaan ini masih jarang yang menyediakan dan peminatnya cukup banyak.

3. Cloud Kitchen

Dapur di atas awan? Jangan salah tangkap dulu, ini adalah istilah keren untuk menjelaskan pelayanan pesan antar makanan dan minuman. Berbeda dengan membuka restoran yang mengharuskan Anda untuk mempunyai tempat yang luas untuk menyediakan fasilitas tempat duduk, tempat cuci tangan, dan berbagai keperluan tempat makan lainnya.

Jadi, Anda hanya fokus menjadi tukang masak dan mengurusi pengemasannya saja. Dengan demikian, banyak biaya yang bisa Anda pangkas baik dari segi penyediaan tenaga kerja atau fasilitas.

Anda bisa melakukannya secara manual, customer yang ingin pesan makanan bisa order langsung melalui website atau kontak Whatsapp Anda. Apabila Anda ingin lebih praktis lagi maka bisa bekerjasama dengan Grab atau aplikasi layanan serupa.

Satu-satunya kekurangan mencolok dari bisnis jualan makanan online adalah jangkauan dan akses, Anda bisa membuka usaha ini dengan mudah jika tinggal di wilayah Jabodetabek atau kota besar, tetapi untuk pedesaan masih sulit.

4. Reseller Hosting dan Domain

Peluang bisnis yang jarang dilirik selanjutnya ada jualan domain dan hosting. Anda bisa mencoba menargetkan pebisnis lokal di wilayah daerah sekitar tempat tinggal.

Banyak pemilik usaha yang masih gagap soal kedua hal ini, jelaskan secara seklias mengenai potensi dan benefit mempunyai situs web untuk dipromosikan, maka Anda bisa mendapatkan pendapatan dari penjualan kedua produk digital tersebut.

5. Jualan eBook Di Google Play Store

Mempunyai hobi menulis? Anda bisa mencoba salah satu usaha minim pesaing dengan membuat buku-buku digital (eBook) lalu mengunggahnya di Google Play Store.

Usaha menulis buku ini bisa dikategorikan sebagai passive income, Anda cukup fokus pada membuat buku yang berkualitas dengan sendirinya pendapatan akan mengikuti berapa banyak orang yang telah membeli buku Anda.

Keuntungan luar biasa yang ditawarkan dengan menjual eBook di Google Play Store yaitu tidak membagi profit ke penerbit. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 70 persen.

Genre bukunya bisa disesuaikan dengan minat dan hal yang kalian sukai, bisa tips berbisnis, tutorial teknis, bahkan fiksi sekalipun bisa lho menghasilkan profit tak terduga melalui bisnis ini.

Jadi, mana ide usaha minim pesaing yang akan Anda coba? Semoga informasi ini tidak hanya sekadar dibaca , tetapi juga kalian praktikan langsung.

Apapun usaha yang dijalankan kuncinya tetap sama yaitu konsistensi, kesabaran, dan do’a. Semoga dalam sukses berbisnis!