Monumen Kresek Itu Apa? Apa Daya Tariknya?

Monumen Kresek

Kemungkinan warga Madiun sendiri sudah tak asing dengan Monumen Kresek ini. Namun, untuk wisatawan dari luar kota pasti merasa asing. Inilah kenapa cocok sekali menjadi salah satu destinasi terbaik saat liburan ke Tempat Wisata di Madiun.

Informasi Singkat Tentang Monumen Kresek

Informasi Singkat Tentang Monumen Kresek
Source : https://www.kupasmerdeka.com/

Sebetulnya pembangunan dari Monumen kresek ini terpakai untuk mengenang peristiwa dari PKI pada masa lampau namun seluruh pengunjung bisa melihat bagaimana keindahan dari panorama lokasi wisata ini dan pastinya sangat sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja.

Banyak para pengunjung sebelumnya yang mengatakan apabila berada di destinasi wisata ini mampu memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Memang keindahannya tidak ada duanya dan selalu menarik perhatian para pelancong saat pendatangani Kabupaten Madiun.

Lokasi dari destinasi wisata ini tepat pada Desa kresek, Kecamatan Bungo, Kabupaten Madiun provinsi Jawa timur. Alamat ini sebetulnya tidak susah pencariannya dan bisa Anda jumpai melalui Google Maps.

Rute Terbaik untuk Bisa Menuju Destinasi Wisata Monumen Kresek

Rute Terbaik untuk Bisa Menuju Destinasi Wisata Monumen Kresek
Source : https://infodesanews.com/

Apabila melihat dari jarak menuju Monumen Kresek dari kota Madiun Google Maps memberikan info sekitar 27 menit. Nantinya dari pusat perkotaan bisa mengambil Jalan Tanjung Raya, kemudian berlanjut menuju Jalan Raya Dungus.

Kemudian Anda hanya perlu mengikuti jalanan sampai menemukan Jalan Raya Kresek. Kemudian lanjutkan saja perjalanan sampai menemukan pertigaan dekat dengan Pertamina. Ambil jalan yang menuju Warung Mbah Dok. Jika sudah, hanya tinggal ikuti alur jalan sampai tujuan.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/qBmREHKjVA7MKhfXA

Jam Buka dan Biaya Masuk Monumen Kresek Madiun

Jam Buka dan Biaya Masuk Monumen Kresek Madiun
Source : https://asset.kompas.com/

Perlu bisa Anda kunjungi dengan harga tiket yang murah yakni berkisar antara 2000 rupiah saja untuk per orang. Namun, jika membawa kendaraan maka pasti harus membayar biaya tambahan lagi untuk retribusi parkir.

Namun, sebetulnya masalah biaya masuk ke wisata memang bisa saja berubah kapanpun. Anda tak perlu cemas, sebab kenaikannya sendiri tak terlalu menguras kantong. Lalu, mengenai permasalahan jam operasional pun perlu sekali diketahui sebelum keberangkatan.

Baca Juga : Desa Wisata Brumbun dari Kabupaten Madiun

Wisata Monumen Kresek Madiun akan buka pada pukul 6 pagi dan tutup 6 sore. Dengan demikian Anda bisa bebas pilih waktu kunjungan, namun ada saran saat sore hari jangan datang atau segera keluar wahan, karena pemandangannya indah dan tak terlalu panas cuacanya.

Daya Tarik Wisata Monumen Kresek yang Menarik Pengunjung

Daya Tarik Wisata Monumen Kresek yang Menarik Pengunjung
Source : https://prioritas.co.id/

Karena Monumen Kresek dari kota Madiun merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Tentunya sangat penasaran sekali seperti apa daya tariknya dan kenapa penduduk lokal merekomendasikannya. Dengan demikian, bisa langsung ikuti seluruh penjelasannya:

1. Warga Lokalnya Sangat Ramah Terhadap Pengunjung

Memang betul jika Monumen Kresek adalah destinasi wisata paling oke karena memang punya pemandangan indah. Uniknya lagi ialah, rupanya warga lokalnya sangat ramah sekali dengan semua wisatawan.

Tentu hal seperti ini sangat membuat nyaman semua pengunjung ya. Karena, dengan keramahan inilah menjadikan Monumen Kresek kian terkenal hingga luar kota. Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan jika memasukkan tempat rekreasi ini ke dalam list kunjungan.

2. Merupakan Monumen Bersejarah

Karena Monumen kresek menjadi salah satu tempat bersejarah, tentu saja membuat banyak orang merasa penasaran. Pembangunannya sendiri memang sengaja untuk memperingati peristiwa keganasan PKI pada Tahun 1948 di Madiun.

Bahkan pada area dekat monumen tersebut banyak sekali prasasti batu dengan mengukir nama-nama prajurit TNI ataupun pamong desa yang telah gugur dalam insiden tersebut. Tentunya ini akan menjadi wisata edukasi paling baik untuk anak-anak.

3. Selalu Ramai oleh Wisatawan

Bagi sebagian orang yang ingin menghabiskan waktu sorenya dengan berjalan-jalan santai maka bisa berkunjung ke monumen kresek. Biasanya pada waktu inilah lokasi tersebut ramai dikunjungi. Bukan hanya anak muda saja, namun banyak sekali rombongan keluarga.

Apalagi nantinya di sana Anda juga akan menemukan banyak sekali penjual makanan ataupun minuman. Alhasil sembari menikmati pemandangan sore, nikmati juga jajanan atau kulinernya agar terasa lebih lengkap.

Apa Saja Fasilitas dalam Monumen Kresek?

Apa Saja Fasilitas
Source : https://thumb.tvonenews.com/

Selain menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang selalu menarik perhatian. Rupanya fasilitas pada area tersebut sangat-sangat mumpuni. Maka dari itu, sepertinya Anda perlu memahami berbagai macam pelayanan dalam Monumen kresek Madiun tersebut.

1. Memiliki Area Parkir Kendaraan Sangat Luas

Mempunyai area parkir tertentu bisa membuat para pengunjung lebih nyaman dan tak cemas akan kendaraan mereka. Monumen Kresek Kabupaten Madiun sendiri mampu menampung berbagai macam kendaraan dari mobil, minibus, bus besar bahkan sampai sepeda motor.

Baca Juga : Wisata Kali Krengkeng Madiun

Apalagi pada area parkirnya terdapat beberapa petugas yang akan menjaga seluruh kendaraan dari setiap pengunjung. Dengan demikian, hanya perlu membayar beberapa rupiah saja untuk permasalahan parkir tersebut.

2. Ada Lokasi Khusus untuk Tempat Istirahat

Tempat istirahat adalah salah satu lokasi paling banyak dituju oleh sebagian pengunjung. Karena nantinya mereka bisa mengistirahatkan tubuh sehabis melakukan perjalanan jauh. Rest area ini juga dekat sekali dengan Monumen kresek.

Alhasil seluruh pengunjung bisa mendatangi tempat tersebut sembari menikmati Bagaimana pemandangan sekitar Monumen Kresek Kabupaten Madiun. Bahkan cocok juga menjadi tempat untuk menikmati kuliner dan makan siang bersama dengan keluarga.

3. Fasilitas Kamar Mandi atau MCK

Karena memiliki perjalanan cukup jauh dan sulit sekali menemukan kamar mandi. Maka tak perlu cemas karena ketika sudah masuk ke monumen kresek akan temukan fasilitas tersebut. Seluruh pengunjung bisa memakai pelayanan tersebut secara bebas.

Apalagi kondisi dari MCK Monumen kasar sendiri cukup terawat dan lumayan bersih untuk dipakai. Biasanya para pengguna harus membayar beberapa rupiah untuk mengganti biaya pemakaian airnya.

Berbagai Macam Saran dan Tips Ketika Berlibur ke Monumen Kresek

Berbagai Macam Saran dan Tips
Source : https://wesata.id/

Bagi para pengunjung yang memutuskan untuk mendatangi destinasi wisata tersebut maka perlu paham berbagai macam saran dan tipsnya. Dengan demikian, perjalanan juga nyaman hingga tujuan. Berikut ini merupakan list penjelasannya:

  • Para wisatawan disarankan untuk membawa minuman dan makanan ringan mencukupi dari rumah pada saat keberangkatan menuju destinasi wisata. Jika memang berasal dari luar kota, alangkah baiknya juga membawa bekal sendiri agar jauh lebih hemat.
  • Jangan pernah lupakan untuk membawa baju ganti bersih, karena nantinya Anda akan menghabiskan waktu seharian atau selama beberapa hari. Pastikanlah memilih pakaian paling nyaman agar mudah bergerak.
  • Bukan hanya itu saja, nantinya Anda juga diharuskan untuk membawa obat-obatan seperti antiseptik. Kemudian bawa juga obat khusus anti mabuk apabila Anda dan beberapa rombongan mengalami hal demikian bisa diantisipasi sedini mungkin.
  • Jangan lupakan untuk membawa sabun mandi, sikat gigi pasta gigi, tisu basah dan lain sebagainya. Karena memang berbagai macam hal tersebut sangat menunjang kenyamanan ketika melakukan perjalanan jauh.

Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana keindahan Monumen Kresek dari Kabupaten Madiun yang bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata. Jangan lupakan pula untuk mengikuti beberapa tips sebelumnya ya.