Inilah Panorama Air Terjun Banyulawe Madiun

Air Terjun Banyulawe

Siapa yang tak mau menghabiskan waktu liburannya dengan menikmati panorama keindahan Air Terjun Banyulawe dari Kabupaten Madiun. Tempat Wisata di Madiun termasuk ke dalam salah satu destinasi alam terbaik dan sering dikunjungi oleh warga lokal. Tentu membuat Anda juga tertarik untuk mendatanginya bukan.

Informasi Umum Mengenai Air Terjun Banyulawe

Informasi Umum Mengenai Air Terjun Banyulawe
Source : https://radarmadiun.jawapos.com/

Wisata ini ada pada lokasi Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Menjadikan tempat ini sebagai wisata paling oke untuk menikmati panorama alam. Meskipun bukan pada masa liburan saja, masih banyak pengunjung datang ke area tersebut.

Memang betul adanya jika destinasi wisata ini sangat indah bahkan mampu memberikan sensasi sangat berbeda dengan aktivitas sehari-hari para wisatawan. Jadi, ketika berkunjung ke Kabupaten Madiun apabila belum mengunjungi Air Terjun Banyulawe, maka akan kurang sekali rasanya.

Bisa dibilang ini merupakan salah satu akun Dusun Gligi karena memang dari kejauhan saja sudah mampu menampilkan pesona keindahan alam dari air terjunnya. Jadi, tunggu apa lagi pastikan saja memasukkan ke list kunjungan saat di Madiun.

Rute Lengkap untuk Menuju Wisata 

Rute Lengkap untuk Menuju Wisata Air Terjun Banyulawe
Source : https://i0.wp.com/

Sebagian orang yang belum pernah mengunjungi destinasi wisata Air Terjun ini maka pasti akan kebingungan, meskipun sudah tahu alamat lengkapnya. Itulah kenapa, perlu sekali memahami rute terlengkap agar tak kesasar.

Nantinya seluruh pengunjung ketika berangkat dari pusat Kota Madiun harus mengambil arah ke Jalan Raya Dungus. Baru setelah itu berlanjut menuju Jalan Raya Kandangan, dan ambil jalur menuju Toko Madu Hutan Kare.

Nantinya seluruh pengunjung hanya perlu mengikuti arah Jalan Raya Kandangan tersebut hingga mencapai Dusun Gligi yang menjadi lokasi dari destinasi wisata Air Terjun Banyulawe. Agar lebih gampang lagi, pastikanlah menggunakan Google Maps ya.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/SRsMKDRTjUxaJJvS6

Jam Operasional serta Tarif Masuk 

Jam Operasional serta Tarif Masuk Air Terjun Banyulawe Madiun
Source : https://isknews.com/

Beberapa orang sebelum memutuskan untuk mendatangi destinasi wisata pastinya akan mencari tahu jam operasional beserta rentang harga untuk pembelian tiket masuknya. Karena bagaimanapun juga jika tarifnya murah apapun pasti perlu persiapan dengan baik.

Wisata Air Terjun Banyulawe dari Kabupaten Madiun ini sebetulnya buka selama 24 jam. Artinya seluruh pengunjung bisa datang kapanpun untuk menikmati suasana alamnya. Namun, sangat disarankan sekali untuk keluar dari area paling maksimal jam 17.00 sore.

Karena tentu jika sudah malam hari cukup membahayakan apabila tak ada pemandu. Kemudian permasalahan dari tiket masuknya sendiri juga ternyata tak ada pungutan biaya. Namun, mungkin saja pembayaran berlaku saat membawa kendaraan.

Beragam Daya Tarik dari Wisata Air Terjun 

Beragam Daya Tarik
Source : https://idntrip.com/

Kebanyakan orang memutuskan untuk datang ke destinasi wisata ini karena memiliki daya tarik yang tak ada duanya. Dengan demikian, cobalah untuk memahami apa saja keunikan dari Air Terjun Banyulawe Kabupaten Madiun tersebut.

1. Suasana Alamnya Masih Sangat Asri

Apabila Anda ingin merefresh pikiran dengan jalan-jalan santai sembari melihat pemandangan alam yang masih asri. Maka air terjun dari Madiun ini cocok sekali untuk dicoba. Selain itu, tentu saja tak akan menguras kantong.

Baca Juga : Waduk Dawuhan Madiun

Destinasi wisata Ini kebanyakan didatangi oleh kaum muda, karena memiliki kondisi tubuh masih kuat jika menyusuri area dari air terjun. Sebetulnya tak terlalu sulit medannya, namun kemungkinan licin karena saat musim hujan tiba bagian tanahnya cukup berair.

2. Sering Menjadi Sasaran Investasi

Beberapa perusahaan, memang kerap kali menjadikan destinasi wisata Air Terjun ini sebagai sasaran untuk investasi pembangkit listrik. Karena memang tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi kondisi lokasi rekreasi tersebut.

Bukan hanya itu saja, jika kian bagus lokasi rekreasi maka pengelola mampu merawat dengan baik. Kemudian memberikan manfaat pula kepada warga lokal pada sekitar Air Terjun Banyulawe tersebut. Karena otomatis mampu membangun perekonomian ataupun pariwisatanya.

3. Bisa Mengabadikan Foto Bersama Keluarga atau Sahabat

Saat liburan kemanapun pastinya tidak akan pernah lupa untuk mengabadikan momen berharga tersebut dengan berfoto ria. Maka dari itu, karena air terjun ini memiliki kondisi alam sangat bagus bahkan terkesan punya tampilan estetik. Tentunya bisa hasilkan gambar sangat bagus.

Jangan lupakan untuk membawa kamera profesional ataupun handphone agar bisa membidik momen kapanpun dan hasilkan foto berkualitas tinggi. Anda bisa menyimpannya pada buku album atau memang ingin diatur pada akun media sosial.

Beragam Fasilitas Pada Wisata Air Terjun 

Beragam Fasilitas
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Gerakan fasilitas yang dimiliki oleh destinasi wisata tentu mampu menunjang berbagai macam kegiatan dan kenyamanan dari seluruh pengunjung. Maka dari itu, berikut ini adalah daftar dari fasilitas-fasilitas dalam air terjun Banyulawe:

1. Punya Area Parkir Lumayan Luas

Mungkin beberapa orang akan kepikiran jika memarkirkan kendaraan mereka secara sembarangan. Maka hari itu, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu jika destinasi wisata betul-betul memberikan fasilitas lahan parkir.

Namun ketika memutuskan untuk berkunjung ke Air Terjun Banyulawe Madiun tentu akan mencemaskan hal demikian, sebab semua kendaraan bisa terparkir. Bukan hanya sepeda motor saja namun transportasi seperti mobil dan minibus juga masuk ke area parkirnya.

2. Terdapat Tempat untuk Ibadah Umat Islam

Seperti yang telah diketahui, apabila negara Indonesia itu mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam. Jadi akan sangat mudah menemukan tempat ibadah seperti mushola pada destinasi wisata meski cukup jauh pada area pemukiman.

Baca Juga : Kolam Renang Sendang Biru Madiun

Dengan demikian, seluruh pengunjung hanya perlu menyiapkan sendiri peralatan ibadah seperti sarung, sajadah, kopiah, mukena dan lain sebagainya karena akan jauh lebih nyaman jika menggunakan barang milik pribadi.

3. Terdapat MCK atau Toilet

Kemanapun Anda pergi, maka pastinya akan membutuhkan MCK ataupun toilet. Hal ini juga termasuk ketika berkunjung ke destinasi wisata apapun. Apalagi biasanya sehabis minum-minuman yang terlalu banyak tentu sangat membutuhkan kamar mandi untuk buang air kecil.

Kamar mandi pada area air terjun memang tak terlalu banyak, namun tentunya masih sangat menunjang kebutuhan pariwisata. Agar seluruh wisatawan merasa nyaman meskipun berlama-lama pada area tersebut.

4. Terdapat Beberapa Gazebo

Kemunculan fasilitas gazebo yang ada pada Air Terjun Kabupaten Madiun cukup bermanfaat. Karena mampu menjadi tempat peristirahatan bagi seluruh pengunjung jika merasa lelah saat telah berjalan-jalan untuk mengeksplor wisata alamnya.

Meskipun jumlahnya juga tak terlalu banya, namun jika terpakai untuk duduk santai bersama dengan keluarga tentunya sangat menyenangkan dan suasana juga tenang sekali. Sembari memakan bekal dari rumah dan melihat bagaimana kondisi tenang pada sekitar destinasi.

5. Terdapat Warung Makan

Seluruh pengunjung yang tidak membawa bekal sendiri dari rumah maka tak bekerja sama karena pada area air terjun terdapat warung makan. Nantinya Anda bisa menemukan banyak sekali menu masakan dengan harga terjangkau.

Meskipun hanya memesan minuman tentu boleh-boleh saja. Menunya juga beraneka ragam, contohnya saja seperti kopi, kemudian ada teh hangat, jeruk hangat. Namun jika ingin lebih segar maka bisa meminta es.

Demikianlah sekilas informasi tentang keunikan beserta daya tarik dari Air Terjun Banyulawe. Tentu saja hal ini sangat membantu pemula yang baru datang ke kabupaten Madiun. Sudah terjamin tak kecewa dengan rekomendasi ini.