Kesegaran Air Terjun Kucur Madiun Tak Ada Tandingan

Ait Terjun Kucur

Apakah Anda pernah mendengar destinasi wisata yang memiliki nama Air Terjun Kucur dari Kabupaten Madiun? Rupanya termasuk salah satu rekreasi alam terbaik dan sering jadi kunjungan bagi beberapa keluarga untuk melepas penat.

Informasi Sekilas Tentang Wisata Air Terjun 

Informasi Sekilas Tentang Wisata Air Terjun Kucur Kabupaten Madiun
Source : https://inakoran.com/

Lokasi dari destinasi wisata ini bertempatkan pada Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Jawa Timur. Objek rekreasi tersebut memang paling banyak peminatnya antara wisatawan ketika akhir pekan ataupun liburan panjang.

Kenapa bisa seperti itu? Karena keindahan alamnya memang betul-betul tersaji dengan bagus. Mampu menjadikan para pelancong terpesona atau terhipnotis dengan pemandangan sekitarnya. Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Madiun maka bisa kunjungi destinasi ini.

Walaupun merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup ramai, namun para pengunjung perlu berhati-hati. Karena kondisi dari jalannya lumayan licin dan jika saja tidak teliti ketika berjalan bisa saja terpeleset.

Biaya Masuk dan Jam Buka Air Terjun Kucur

Biaya Masuk dan Jam Buka Air Terjun Kucur
Source : https://inakoran.com/

Informasi yang sangat penting lainnya dan seluruh wisatawan perlu tahu, yaitu permasalahan dari biaya masuk dan jam operasionalnya. Ternyata, seluruh pengunjung jika mau menikmati wahana Air Terjun Kucur sama sekali tak keluarkan uang sepeserpun sebab tak ada tiket masuk.

Mungkin nantinya seluruh pengunjung harus membayar biaya parkir untuk. Khusus pada sepeda motor, biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 saja. Lalu untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya sekitar Rp5.000.

Baca Juga : 28 Tempat Wisata Menarik Lainnya yang Ada di Kabupaten Madiun

Sedangkan jam operasional dari air terjunnya sebetulnya biasa buka pada pukul 7 atau 8 pagi hingga sore hari. Kemudian, wisata ini sendiri juga selama 7 hari full karena biasanya pada weekend akan memiliki banyak pengunjung.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Kucur 

Rute Perjalanan
Source : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Karena lokasinya berada di Desa Padas Kecamatan Dagangan, maka ketika berangkat dari kota Madiun jaraknya sekitar 35 menit. Mungkin jika macet akan melebihi waktu tersebut. Nantinya Anda harus masuk ke Jalan MT Haryono.

Kemudian, Anda hanya tinggal lurus saja hingga memasuki Jalan Geger Madiun, baru setelah itu memasuki Jalan Raya Pagotan. Lalu ada toko pojok, maka belok saja ke kiri dan ikuti alur jalannya hingga betul-betul menuju Desa Padas.

Nantinya jika Anda masih bingung, bisa ikuti petunjuk arah dari Google Maps. Pastinya gunakan layanan provider yang punya sinyal kuat ya agar bisa berfungsi dengan baik sampai ke tujuan wisatanya.

Keunikan Air Terjun Kucur

Keunikan
Source : https://i0.wp.com/

Apakah masih ragu untuk mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Kucur ini? Apabila iya, maka perlu memastikan terlebih dahulu telah tahu apa saja keunikannya. Alhasil, akan membuat Anda merasa tertarik untuk mendatangi lokasi dari tempat rekreasi tersebut.

Maka dari itu, bisa langsung ikuti ulasan berikut ini:

1. Memiliki 4 Air Terjun yang Berbeda

Meskipun air terjun ini tergolong menjadi destinasi wisata buatan. Namun bukan berarti membuat keindahannya berkurang. Karena daya tarik dari area tersebut adalah ternyata memiliki 4 tingkat air terjun yang berbeda-beda.

Baca Juga : Wisata Waduk Widas Kabupaten Madiun

Misalnya saja ada air terjun dengan ketinggian 15 m, kemudian lainnya punta tinggi sekitar 3 m. Tentu para pengunjung akan terpukau dengan pemandangan indah seperti ini. Alhasil, bisa dijadikan sebagai background untuk menghasilkan foto yang memukau dan instagramable.

2. Bisa Melakukan Aktivitas Jelajah

Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu orang yang sangat suka melakukan kegiatan lumayan ekstrem? Jika iya, sepertinya aktivitas jelajah cocok sekali untuk dilakukan ketika mendatangi air terjun tersebut.

Meskipun sebetulnya medan dari jalannya memang lumayan sulit namun pastinya cocok sekali apabila dilakukan oleh orang-orang yang suka dengan kegiatan fisik ini. Pastinya akan sangat seru sekali karena bisa mengetahui bagaimana kondisi alam sekitar Air Terjun Kucur.

3. Menikmati Suasana Alam Pedesaan

Ketika memutuskan mendatangi destinasi wisata Air Terjun Kucur tersebut, maka tentunya akan melihat bagaimana suasana pada saat yang masih sangat asri dalam perjalanan. Suasananya pun juga jauh berbeda dengan perkotaan.

Maka dari itu, bukan hal mengherankan apabila saat weekend selalu ramai karena akan jadi lokasi healing paling nyaman. Bahkan mampu menjamin orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami stress akibat pekerjaan dan lain sebagainya perlahan-lahan bisa sembuh.

4. Pemandangan Indah dari Pesona Alamnya

Keindahan alam yang telah disuguhkan oleh air terjun ini memang tak ada tandingannya. Seluruh pengunjung nantinya akan melewati jalan setapak dengan menikmati pemandangan. Apalagi terdapat hamparan sawah, sungai ataupun kebun akan jadi latar belakang perbukitan.

Kemudian Anda pun juga akan melihat bagaimana tingginya Gunung Wilis yang tentu saja akan menjadikan destinasi wisata ini semakin menakjubkan. Adanya daya tarik tersebut mampu menjadikan Anda semakin tertarik untuk mendatanginya.

Berbagai Macam Fasilitas Pada Wisata

Berbagai Macam Fasilitas Pada Wisata Air Terjun Kucur
Source : https://tempatwisataseru.com/

Setelah memperhatikan berbagai macam daya tarik atau keunikan dari air terjun dari Kabupaten Madiun itu. Maka bisa dipastikan jika fasilitasnya cukup mempunyai banyak. Karena apabila melihat jika destinasi Ini selalu ramai pada hari weekend.

Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan dari beberapa fasilitasnya:

1. Punya Area Parkir Kendaraan

Pasti di mana pun orang ketika bepergian akan mencari tempat parkir tidak jika fasilitas seperti ini tak disediakan oleh wisata, untuk membuat seluruh pengunjung merasa kebingungan. Namun untungnya pengelola dari Air Terjun Kucur Kabupaten Madiun telah menyediakan layanan tersebut.

Baca Juga : Keindahan Wisata Gunung Wilis Madiun

Dengan demikian, nantinya seluruh wisatawan tak perlu merasa cemas akan keberadaan dari mobil ataupun sepeda motornya. Sebab juga terdapat beberapa penjaga memiliki tugas untuk mengatur seluruh transportasi.

2. Ada Beberapa Tempat untuk Istirahat

Wisata Air Terjun ini juga terdapat beberapa tempat istirahat, yang bisa terpakai menjadi lokasi duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan. Terlebih bisa menikmati cemilan atau pengumuman pasti jauh lebih menyenangkan.

Namun, perlu memastikan jika seluruh sampah dari makanan-makanan tersebut harus dibawa kembali keluar dan dibuang pada tempat sampah. Jangan sampai, membiarkan begitu saja dan malah akan mencemari keadaan lingkungan.

3. Ada Toilet dan Warung Makan

Pada area wisata tersebut juga terdapat toilet umum yang tentunya akan memudahkan seluruh pengunjung. Sebab pasti akan membutuhkannya sewaktu-waktu, apalagi nantinya wisatawan akan bermain air selama berjam-jam.

Kemudian, seluruh pengunjung ketika tidak membawa bekal dari rumah maka bisa mencoba menikmati makanan ringan padahal warung makan yang ada di sana. Mengenai harganya sendiri juga cukup terjangkau dan pastinya hampir sama dengan tempat-tempat lainnya.

4. Terdapat Jasa Pemandu Wisata

Ini merupakan salah satu fasilitas yang sangat mumpuni sekali, karena nantinya seluruh pengunjung bisa dengan bebas berekspor ke tempat air terjun Kucur tersebut. Bahkan tanpa takut tersesat sama sekali.

Karena para pemandu ini akan membantu seluruh pengunjung dari awal keberangkatan, menggunakan transportasi apa agar bisa mencapai lokasi presentasi wisata. Meskipun harus membayar biaya lebih, namun akan jauh lebih aman jika memakainya bukan.

Sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda tentang keunikan dan keseruan bermain ke Air Terjun Kucur Kabupaten Madiun. Pastikanlah juga membawa berbagai macam perlengkapan sendiri dari rumah agar tak terlalu kerepotan saat perjalanan.