Berkunjung ke Candi Bajang Ratu Kota Mojokerto

Candi Bajang Ratu Kota Mojokerto

Candi Bajang Ratu menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah dari Kota Mojokerto dan patut sekali untuk dikunjungi oleh keluarga. Tentu saja seluruh bentuknya cukup mempesona dan menjadi salah satu bentuk belajar anak-anak sembari berwisata.

Sekilas Mengenai Candi Bajang Ratu Mojokerto

Sekilas Mengenai Candi Bajang Ratu Mojokerto
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Pertama-tama, ketika ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata perlu memahami informasinya. Candi Bajang Ratu telah diperkirakan berdiri pada abad 13 ataupun 14 karena menjadi sarana penghormatan kerajaan Jayanegara.

Perkiraan tersebut berdasarkan dari adanya Relief Sri Tanjung pada bagian kaki gapura yang memang memberikan gambaran cerita peruwatan. Kemudian juga terdapat beberapa pendapat lain tentang fungsi dari candi tersebut.

Karena bentuknya sedikit sangat mirip dengan gapura pada raksa dengan tangga naik dan turun. Alhasil disebut menjadi pintu gerbang keraton Majapahit. Apalagi hal tersebut juga didukung dengan adanya letak Candi Bajang Ratu tersebut tak jauh dari bekas istana Majapahit.

Informasi Singkat Dari Candi Bajang Ratu 

Informasi Singkat Dari Candi Bajang Ratu Mojokerto
Source : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Karena menjadi salah satu tempat wisata berlibur dan belajar sejarah. Akhirnya pembangunan dari Candi tersebut betul-betul membuat banyak orang merasa terpukau. Karena masih bisa melihat penilaian masa kerajaan dahulu  pada zaman modern saat ini.

  • Alamat lengkap : Jalan Candi Tikus No. 9, Pelem, Temon, Kec. Trowulan, Kota Mojokerto.
  • Biaya tiket masuk : Per orang ialah Rp.3000.
  • Hari buka : Setiap hari

Namun, untuk masalah harga sebetulnya bisa berubah kapan pun. Karena akan menyesuaikan kondisi dan beberapa event. Mungkin bisa jauh lebih mahal, namun pastinya tak akan membuat kantong kering.

Rute Perjalanan ke Candi Bajang Ratu Mojokerto

Rute Perjalanan ke Candi Bajang Ratu Mojokerto
Source : https://asset.kompas.com/

Jika saja Anda mau datang kesana, pastikan tahu bagaimana rute perjalanan ya. Dengan demikian bisa meminimalisir salah jalur. Nantinya awal keberangkatan bisa dari Alun-alun Kota Mojokerto agar jauh lebih gampang.

Baca Juga : 34 Tempat Wisata di Kota Mojokerto yang Cocok Sekali Untuk Berlibur

Nantinya dari aku telepon, bisa mengambil arah ke Jalan Majapahit, lalu akan menemukan pertigaan. Setelah itu ambil jalur ke arah Olivia bakery, dan belok saja menuju JL. RA Basuni. Nantinya hanya tinggal lurus saja.

Jika sudah, ambil arah ke JL. Raya Brangkal dan ikuti jalurnya sampai menemukan Toko Pakde San dan belok menuju toko hewan peliharaan, setelahnya hanya tinggal ikuti petunjuk arah dari Maps sampai tujuan sudah terlihat.

Ragam Daya Tarik Pendukung 

Ragam Daya Tarik Pendukung
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Beragam fasilitas dari Candi Bajang Ratu tentu saja sangat menunjang kebutuhan seluruh pengunjung. Alhasil, pihak dari pengelola pun juga telah menyediakan berbagai macam fasilitas-fasilitas tersebut.

1. Pusat Informasi dan Sejarah

Sepertinya pada fasilitas ini adalah hal paling penting dalam suatu wisata edukasi. Apalagi, jika itu masih berkaitan dengan sejarah peninggalan dari masa kerajaan dahulu. Walaupun pemandu wisata bisa menjelaskan.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Taman Benteng Pancasila Kota Mojokerto

Namun, tidak semua pelancong memiliki budget mencukupi untuk mengelola jasa mereka. Jadi, pengelola pun memutuskan untuk membuat suatu papan informasi dasar. Seperti nama, awal pembangunan bahkan sampai secara singkatnya.

2. Terdapat Pemandu Wisata

Pemandu wisata merupakan salah satu orang yang akan membantu seluruh wisatawan untuk menjelaskan berbagai macam hal. Dengan demikian, otomatis sembari belajar mengenai sejarah zaman dahulu.

Berapa mandi wisata ini sedih memang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Jadi, tergantung seluas munculnya saja Apakah ingin menggunakan jasa mereka atau tidak. Maka pastinya untuk biaya penyewaan dari tour guide masih tergolong cukup terjangkau.

3. Arsitektur Bangunan Sangat Cantik

Hal lain yang juga cukup menarik perhatian banyak orang adalah candi tersebut memiliki ketinggian sekitar 16 meter dan terdiri pada tengah-tengah kawasan Taman. Arsitekturnya juga sangat menakjubkan dengan menggunakan bahan berupa batu merah.

Lalu pada bagian dalamnya itu terdapat sebuah lorong, membentang dari arah Barat menuju Timur. Pada beberapa kesempatan pengunjung bisa memasuki area orang tersebut. Tapi, tak akan menutup kemungkinan jika pihak pengelola melarang hal tersebut.

4. Tempat Wisata yang Sangat Sejuk

Apabila melihat Lebih detail lagi sebetulnya Candi tersebut memang tak semegah destinasi lainnya. Namun apabila Anda melihat dari segi penataan, sangat enak sekali apabila mata memandang. Pengelolaan selalu melakukan perawatan dengan baik.

Apalagi dengan banyaknya tumbuhan area taman dengan rumput hijau, dan masih ada pepohonan cukup rindang. Walaupun, saat siang hari masih begitu sejuk. Kemudian, adanya angin sepoi-sepoi pastinya merupakan suasana terbaik.

Beberapa Aktivitas Seru Dalam Candi Bajang Ratu

Beberapa Aktivitas Seru
Source : https://cdn.idntimes.com/

Sebetulnya terdapat beberapa kegiatan yang bisa diterima dilakukan ketika berlimpah kerajaan di Bajang Ratu Mojokerto. Tentu saja hal tersebut mampu menarik perhatian banyak orang dan anak-anak muda pun suka mendatangi lokasi bersejarah sejarah seperti ini.

1. Keliling Explore Wisata

Pertama-tama bisa berkeliling pada area taman candi karena memang cukup indah dan asri. Bahkan setiap pengunjung seringkali lupa waktu apabila sudah masuk ke area taman tersebut. Mungkin untuk kegiatan ini akan jadi ajang olahraga agar jauh lebih sehat.

Baca Juga : Sekilas Tentang Hutan Kota Mojokerto

Apalagi biasanya anak-anak itu sangat suka sekali Jika mereka melakukan kegiatan eksplor. Dengan mengelilingi atau jalan-jalan santai saja pada area Candi Bajang tersebut. Namun yang pasti, pastikanlah tidak berlarian karena bisa mengganggu wisatawan lain.

2. Bisa Berfoto Ria

Terdapat suatu kegiatan yang pastinya tidak akan pernah terlupakan. Yaitu dengan mengabadikan seluruh momen dengan berfoto ria bersama teman-teman ataupun keluarga tercinta. Karena, desain dari Candi tersebut betul-betul menakjubkan.

Alhasil, mampu menciptakan spot foto menarik serta ini juga menjadi alasan kenapa anak-anak muda suka sekali mendatangi area ini. Pastikanlah, saat mengabadikan momen-momen tidak mengganggu pengunjung lainnya.

3. Belanja Oleh-oleh

Siapa bilang jika destinasi wisata seperti ini tidak menarik? Atau bahkan tak bisa membeli oleh-oleh bagi keluarga atau sahabat dekat. Karena pihak pengelola sendiri telah menyediakan pusat perbelanjaan khusus untuk setiap pengunjung.

Jenis dari oleh-oleh pun juga beraneka ragam, Misalnya saja seperti kerajinan tangan bahkan sampai makanan ringan. Harganya pun juga lumayan murah, jadi bisa membeli banyak sekali barang dengan menyesuaikan kebutuhan.

4. Lihat Keindahan Relief Secara Detail

Saat belum pernah berkunjung ke Candi apapun biasanya orang-orang hanya bisa memandangnya melalui foto di internet. Namun ketika Anda sudah punya kesempatan untuk mendatangi wisata ini. Jangan pernah menyia-nyiakannya hanya dengan duduk-duduk saja.

Pada saat Anda mengeksplor kawasan Candi Bajang Ratu pastikanlah melihat secara detail bagaimana reliefnya. Karena memang, betul-betul punya corak tersendiri dan cukup beda dari tempat rekreasi temple lainnya.

Itulah sekilas info tetang liburan menyenangkan dengan belajar sejarah pada Candi Bajang Ratu Mojokerjo. Semoga, ulasan ini bisa bantu pembaca semua dalam mencari referensi liburan murah meriah bersama anak.

5. Bisa Nikmati Waktu Sore

Menikmati waktu sore ketika berada di Candi Bajang Ratu termasuk ke dalam aktivitas yang betul-betul jadi Healing. Bagaimana tidak, nantinya seluruh pengunjung dapat melihat dengan jelas Bagaimana kondisi langit yang berubah warna oranye.

Pastinya pada waktu inilah Anda bisa merasakan ketentraman dan mampu membuat hati menjadi lebih tenang, pikiran fresh tanpa ada beban sama sekali. Tentu saja, ini adalah salah satu kegiatan dengan kelebihan paling dicari.