Apakah Anda Berwisata Murah Meriah, Kunjungi Saja Candi Bangkal Mojokerto

Candi Bangkal

Ternyata masih belum menyadari apabila Kota Mojokerto ini memiliki banyak sekali wisata-wisata temple. Salah satunya adalah keberadaan dari Candi Bangkal. Penasaran bukan apa saja keunikannya?.

Sekilas Mengenai Wisata Edukasi Candi pangkal 

Sekilas Mengenai Wisata Edukasi Candi pangkal Mojokerto
Source : https://jurnalisindonesia.id/

Menjadi salah satu situs peninggalan bersejarah, Candi Bangkal memang tak kalah menarik untuk dikunjungi bagi pelancong dari luar kota sekalipun. Karena perawatannya yang sangat bagus menjadikan Candi tersebut masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini.

Tentu saja seluruh pengunjung akan mendapatkan suguhan pemandangan yang sangat menakjubkan pada area Candi tersebut. Kenapa bisa seperti itu? Karena sekitarnya merupakan area persawahan dari masyarakat lokal Mojokerto.

Apalagi memiliki keunikan tersendiri, karena bukan hanya sekedar menjadi tempat untuk berwisata. Namun beberapa masyarakat yang masih sangat percaya dengan kebudayaan leluhur seringkali menggunakannya menjadi area untuk ritual tertentu.

Informasi Lengkap Mengenai Candi Bangkal Kota 

Informasi Lengkap
Source : https://asset.kompas.com/

Karena penasaran bagaimana rupa dari Candi Bangkal Kota Mojokerto. Membuat banyak wisatawan dari luar kota memutuskan untuk mengunjunginya. Namun sebelum itu pastikanlah untuk memahami beberapa hal terlebih dahulu ya.

  • Lokasi wisatanya: Kawasan Bangkal, candiharjo, Kecamatan Ngoro Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk: Per orang hanya ditarik Rp3.000.
  • Waktu buka: Setiap hari pada pukul 06.30 sampai 17.00 WIB.

Namun, mengenai permasalahan dari biaya tiket masuknya, tentu tidak include pembayaran dari parkirnya ya. Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp2.000 atau Rp5.000 bagi sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp10.000.

Rute Perjalanan Menuju Candi Bangkal Kota 

Rute Perjalanan Menuju Candi Bangkal Kota Mojokerto
Source : https://cdn.murianews.com/

Perlu Anda ketahui, untuk lokasi dari Candi tersebut sebetulnya agak jauh dari pusat situs-situs Majapahit seperti kawasan Trowulan. Karena masih pada di area industrial ternyata cukup dekat dengan Kali Porong dan jaraknya hanya sekitar 100 m saja ke arah selatan.

Mengenai rute perjalanannya Anda harus memulai dengan melalui jalan raya jasem. Apabila sudah, pastikanlah masuk ke jalur Jalan Raden Wijaya, baru setelahnya memasuki Jalan Gempol. Pastikanlah wisatawan tak salah mengambil jalur ya.

Kemudian barulah menuju arah kanan, lalu akan menemukan belokan lagi ambil kanan. Kurang lebih sekitar 400 meter anda sudah masuk ke kawasan Dusun Bangkal. Kemudian untuk Candi tersebut letaknya tepat pada Sisi kiri jalan.

Aktivitas Menarik Ketika Berkunjung ke Candi 

Beragam Aktivitas Menarik Ketika Berkunjung ke Candi Bangkal
Source : https://cdn.antaranews.com/

Ketika mendatangi destinasi wisata apapun pasti bertanya-tanya apa saja aktivitas yang bisa terlaksana. Jika Anda mengunjungi Candi Bangkal Mojokerto, maka berikut ini merupakan dua ragam kegiatannya:

1. Bisa Melakukan Hunting Foto

Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu orang yang suka hunting foto? Rupanya kawasan dari Candi tersebut cukup memadai. Karena memiliki suasana cukup teduh dan sekelilingnya adalah hamparan persawahan.

Baca Juga : Berwisata di Candi Jedong dari Mojokerto

Kondisi dari Candi tersebut juga sangat kokoh dan mampu berdiri meskipun beberapa bagian tubuhnya sudah ada yang keropos. Kemudian pada area wisata tersebut banyak sekali rerumputan hijau sehingga menjadikan suasananya tampak lebih hidup dan menyegarkan.

2. Jalan-jalan Pada Sekitar Area Candi

Meski pada kawasan ini hanya terdapat satu buah candi, namun betul-betul memiliki bangunan yang Sangat kokoh. Dengan demikian, para wisatawan juga akan lebih leluasa untuk menikmati pemandangan sembari berjalan-jalan pada kawasan tersebut.

Bahkan wisatawan tak perlu lagi merasa takut karena juru kunci dari Candi tersebut betul-betul ramah kepada seluruh pengunjung. Memang benar, jika termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata kurang populer dan lumayan sepi. Namun, bisa dijamin tak akan kecewa.

3. Bisa Lihat Langsung Area Candi Bagian Dalam

Bentuk dari Candi ini tergolong sangat megah serta punya karakteristik berbeda dengan lainnya. Karena ternyata terdapat dua tangga pada bagian kaki dan menyatu dengan area Batur. Terdapat hiasan pada kepala kala yang berasal dari batu andesit.

Sedangkan untuk reliefnya sendiri merupakan gambaran tokoh dan tengah mengendarai kuda. Kemudian memegang suatu pedang serta mempunyai bingkai yang mampu membentuk sinar. Terdapat sebuah arca pada atas pintu berjumlah 6 buah.

Beberapa Daya Tarik dari Candi Bangkal 

Beberapa Daya Tarik
Source : https://asset.kompas.com/

Setelah mengetahui beberapa aktivitas dari berlibur ke Candi Bangkal, maka tak akan tangkap rasanya jika belum memahami apa sebetulnya keunikan ataupun daya tarik dari lokasi wisata tersebut. Dengan demikian berikut inilah seluruh penjelasannya:

1. Ulasan Sejarah Singkat Candi Bangkal

Sebetulnya, memang tak terlalu banyak catatan sejarah tentang Candi tersebut namun hal yang paling jelas adalah untuk wisata ini sebetulnya punya perkiraan pembangunan yaitu pada abad 13 hingga 14 Masehi. Tepatnya pada masa kerajaan Majapahit masih berjaya.

Baca Juga : Paradoks Resto ‘n Cafe Mojokerto, Nongkrong Asyik Bareng Teman

Candi tersebut konon katanya terpakai menjadi tempat untuk pemujaan serta pemuliaan bagi seluruh leluhur. Sedangkan untuk bentuk dari bangunannya sendiri punya isyarat apabila menjadi peninggalan dari agama Hindu.

2. Punya Detail Bangunan yang Sangat Menarik

Candi Bangkal termasuk memiliki bangunan masih utuh, namun hanya beberapa bagian saja yang terlihat rusak ataupun keropos. Karena terdapat sebuah gempa dan telah merobohkan rumah penduduk, namun untuk Candi tersebut masih berdiri dengan kokoh.

Hal ini rupanya yang menjadikan struktur dari bangunan tepat pada bagian bawahnya kemungkinan menggunakan pondasi dan berupa batuan andesit. Karena pada zaman dahulu, untuk tipe batu-batu seperti ini memang sering terpakai.

3. Adanya Relief Beserta Ornamen Pada Candi

Keunikan selanjutnya sebetulnya dapat Anda lihat dari bagaimana relief ataupun ornamen dari seluruh tubuh candi. Karena sebetulnya tak ada sama sekali ukiran yang menceritakan gambaran jelas apa fungsi dari situs bersejarah tersebut sebelumnya.

Karena hanya terdapat sebuah ornamen dengan bentuk sama pada sekeliling candi. Uniknya lagi ternyata pada bagian atas pintu terdapat 6 arca dari batu andesit dan menempel pada setiap sisi candi. Lalu paling besar adalah Batara kala dan sedangkan sisanya merupakan arca ukuran kecil.

4. Terdapat Sisa-sisa Bangunan Candi

Kemudian pada bagian candi terdapat sebuah batu bata merah yang telah tertata dengan bentuk seperti persegi. Terdapat sebuah perkiraan apabila bangunan tersebut dulunya merupakan alat taraf pembuka dari Candi utamanya.

Kemudian tepat pada bagian depan juga terdapat sisa pondasi bangunan pagar yang sebetulnya masih sangat lengkap dengan sisa pintu gerbangnya. Meskipun sebetulnya sudah sangat hancur serta hanya tersisa pada bagian kakinya saja.

5. Punya Suguhan Panorama Alam yang Indah

Pada saat Anda memasuki pekarangan Candi, seluruh wisatawan akan mendapatkan suguhan dari hamparan tanaman hijau serta rerumputan. Karena lokasinya memang berada pada kawasan desa alhasil bisa melihat bagaimana hamparan sawahnya.

Termasuk ke dalam keunikan tersendiri apalagi saat musim penghujan tiba. Kawasan dari Candi Bangkal memang seringkali digenangi oleh air yang berasal dari persawahan. Namun, saat musim panas tiba masih merasakan kesejukan dan semilir angin.

Demikianlah sekilas informasi mengenai keunikan dan keseruan ketika berkunjung ke destinasi wisata situs bersejarah Candi Bangkal Mojokerto. Pastikanlah selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah secara sembarangan.