Ciptakan Momen Manis di Gunung Wilis Ponorogo

gunung wilis

Gunung menjadi salah satu tujuan ketika pengunjung akan menikmati waktu liburan. Gunung Wilis merupakan destinasi wisata alam yang sering pengunjung manfaatkan untuk petualangan hingga pendakian. Menariknya gunung ini memiliki beberapa puncak, yang tersebar ke berbagai daerah.

Sejarah Gunung Wilis

Sejarah Gunung Wilis
Source : https://backpackerjakarta.com/

Wilis merupakan gunung berapi yang terletak pada provinsi Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 2.169 meter dari atas permukaan laut, serta termasuk ke dalam wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo dan Trenggalek.

Gunung ini termasuk ke dalam kenampakan alam suci. Menariknya kesucian Wilis terdapat dalam kitab Tantu Panggelaran. Proses pemindahan gunung semeru oleh para dewa dari tanah jambu Dwipa menuju tanah Jawa. Sejarah ini cukup melegenda bagi masyarakat Jawa maupun daerah lainnya.

Kenampakan wilis memiliki keindahan alam yang cukup memukau, sehingga pengunjung rela datang dari jauh-jauh. Wilis merupakan gunung suci bagi umat Hindu. Kesuciannya dapat terlihat dari bangunan suci yang berupa reruntuhan bangunan-bangunan lereng.

Rute Gunung Wilis

Rute Gunung Wilis
Source : https://cdn.idntimes.com/

Keindahan gunung Wilis cukup nyata, sehingga banyak pengunjung dari berbagai daerah memilihnya untuk mengisi waktu liburan. Wisata Wilis terletak di Tawang, Banaran, Kecamatan Pulung, Kab. Ponorogo. Waktu yang pengunjung perlukan untuk sampai ke lokasi sekitar 2,5 Jam dari Ponorogo.

Pengunjung bisa liburan ke wisata selama 24 Jam, tiket untuk menuju lokasi gratis. Liburan ke wilis sangat menyenangkan sebab tarif masuk gratis, sehingga pengunjung tidak perlu takut biaya liburan mahal. Gunung Wilis merupakan panorama alam yang cukup indah dan menenangkan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Liburan ke wilis sangat cocok bagi pengunjung yang gemar melakukan petualangan hingga trekking. Menariknya jam operasional wisata 24 jam, sehingga pengunjung bisa bebas menikmati keindahan alamnya. Udara yang sejuk dan dingin menjadi ciri khas dari Wilis.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/o8iNsihAyH7WMR4E8

Daya Tarik Gunung Wilis

Daya Tarik Gunung Wilis
Source : https://blog.pigijo.com/

Kenampakan alam yang indah dan cukup asri menjadi alasan kuat banyak pengunjung menikmati liburan ke wilis. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru saat liburan ke wilis. Berikut daya tarik Wilis yang wajib Anda ketahui :

1. Memiliki 40 Puncak

Wilis tidak sama dengan gunung lainya, yang hanya memiliki 1 puncak saja. Puncak yang terdapat pada Wilis sekitar 40, salah satunya memiliki ketinggian hingga 2.563 mdpl. Puncak Wilis tersebut ke berbagai daerah di Jawa Timur. Beragam puncak ini menyebabkan jalur pendakian cukup bervariasi.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Sunggah Ponorogo

Wilis juga terkenal dengan sebutan gunung Limas, karena puncaknya menyerupai bangunan tersebut. Tumbuhan yang berada pada sekitar lokasi menambah kesan asri gunung Wilis, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah rela datang jauh.

2. Jalur Pendakian

Liburan ke wilis akan menyenangkan, sebab terdapat jalur pendakian. Jalur pendakian sangat cocok bagi seseorang yang menyukai trekking. Jalan yang sedikit curam tentu saja lebih menantang, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mengunjungi Wilis untuk melakukan pendakian.

Lelah akibat melakukan pendakian tentu akan terbayarkan ketika sampai ke puncak gunung. Keindahan kota Ponorogo bisa pegunungan nikmati dari puncak gunung, sehingga tidak heran jika banyak pemuda rela menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke lokasi.

3. Udaranya Asri

Hawa dingin dan sejuk menjadi ciri khas daerah pegunungan, sebab lokasinya jauh dari permukiman warga. Udara yang dingin biasanya berasal dari pepohonan yang terdapat pada sekitar lokasi wisata, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana asri wilis sambil liburan.

Liburan ke daerah pegunungan biasanya menjadi pilihan banyak orang, sebab suasananya cocok untuk menenangkan pikiran. Keindahan alam bisa pengunjung nikmati dengan jelas dan nyata, saat mengunjungi wisata wilis. Lokasi wisata yang cukup luas juga menambah kesegaran Wilis.

4. Rumput Tinggi

Pengunjung yang telah sampai ke puncak gunung, pasti akan melihat rumput-rumput tinggi. Rumput ini menambah keindahan wisata wilis, sebab pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai spot foto. Spot foto yang background nya alam terbuka tentu hasilnya cukup aesthetic.

Rumput yang tumbuh tinggi juga menambah kesan asri wisata tersebut. Hamparan rumput yang luas membuat pengunjung lebih nyaman dan tenang, terlebih biaya menuju lokasi wisata gratis. Pihak pengelola wisata juga mengupayakan kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Aktivitas Seru di Gunung Wilis

Aktivitas Seru Yang Bisa Anda Lakukan
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Beragam aktivitas seru juga bisa pengunjung lakukan saat mengunjungi wisata tersebut.Menariknya pengunjung bebas melakukan aktivitas tanpa harus membayar terlebih dulu, sebab wisata gratis. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat ke Wilis, yakni :

1. Trekking

Jalan menuju lokasi yang cukup curang sangat cocok untuk trekking. Trekking menjadi salah satu aktivitas yang seru, sebab dapat menyehatkan tubuh. Generasi muda biasanya menjadi salah satu pengunjung yang sering melakukan aktivitas trekking.

Baca Juga : Wisata Bukit Cumbri Ponorogo

Lelah akibat melakukan aktivitas trekking akan terbayarkan setelah pengunjung sampai ke lokasi wisata. Hawa dingin dan sejuk pasti menyambut kedatangan pengunjung, sehingga rasa lelah dapat terbayarkan dengan sempurna. Pengunjung juga tidak perlu membayar saat akan melakukan trekking.

2. Camping

Lokasi wisata yang cukup luas bisa pengunjung manfaatkan untuk camping. Pemandangan alam yang cukup indah bisa pengunjung nikmati sambil mendirikan tenda. Waktu liburan yang cukup lama tentu saja bisa menenangkan pikiran seseorang, terlebih hawanya cukup mendukung.

Beragam fasilitas juga tersedia di gunung wilis, sehingga pengunjung bisa nyaman saat liburan. Jam operasional wisata 24 jam, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam tanpa adanya gangguan dari berbagai pihak. Camping juga bisa pengunjung lakukan bersama keluarga.

3. Berburu Spot Foto

Panorama alam yang cukup memukau bisa pengunjung manfaatkan sebagai spot foto. Dokumentasi momen liburan akan lebih berkesan, jika background foto cukup indah dan aesthetic. Gunung Wilis bisa pengunjung manfaatkan ketika menginjak foto liburan dengan kualitas terbaik.

Beragam wisatawan dari berbagai daerah, tentu saja membuat wisata selalu ramai pengunjung. Kondisi ini tentu saja berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sekitar, sebab banyak melahirkan usaha baru. Pengunjung dapat menggunakan hamparan tanaman sebagai spot foto.

4. Menikmati Sunset

Matahari tentu saja memiliki dua tarik yang kuat, sehingga tidak heran jika banyak orang menyukai saat sumber cahaya tenggelam maupun terbit. Menariknya Anda bisa menikmati sunset dari atas gunung, sehingga fenomenanya cukup memanjakan mata.

Sunset menjadi alasan kuat banyak pemuda melakukan pendakian ke berbagai gunung, sebab fenomena tenggelam maupun terbit dapat terlihat jelas. Pengunjung yang bisa menikmati momen terbit maupun tenggelam matahari, sangat beruntung sebab perjuangannya terbayarkan.

Peralatan yang Harus Anda Siapkan

Peralatan yang Harus Anda Siapkan
Source : https://cdn.idntimes.com/

Lokasi wisata yang jauh dari permukiman warga tentu membuat pengunjung harus membawa peralatan dari rumah. Peralatan ini akan berguna selama liburan, sebab untuk mengantisipasi hal buruk. Berikut peralatan yang harus pengunjung siapkan:

  • Air Minum
  • Jaket
  • Obat
  • Tisue Basah

Aktivitas menarik serta pesona wisata yang cukup mempesona, menjadi alasan kuat banyak pengunjung liburan ke Wilis. Akses jalur menuju lokasi yang cukup ekstrem menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta petualangan. Tiket masuk wisata yang gratis membuat pengunjung suka ke gunung Wilis.