Hilangkan Rasa Suntuk dengan Berwisata di Air Terjun Pletuk Ponorogo

Air Terjun Pletuk

Air menjadi salah satu kebutuhan yang banyak bermanfaat bagi seluruh kehidupan. Destinasi wisata berkaitan air mempunyai keindahan tersendiri sehingga menarik hati pengunjung. Daerah Ponorogo mempunyai wisata Curug asri dan sering mendapatkan kunjungan yaitu Air Terjun Pletuk.

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Pletuk

Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Pletuk
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Air terjun Pletuk merupakan wisata berupa Curug dengan pesona alam masih alami dan asri. Menariknya hampir semua wisatawan pasti betah jika menghabiskan momen liburan di Pletuk meskipun harus menempuh jarak cukup lama. Keindahan mulai terlihat sepanjang perjalanan.

Hamparan pohon rindang turut mewarnai tepian Curug sehingga mampu menyejukkan mata. Wisatawan yang datang dari luar kota ponorogo pasti akan takjub jika mendapati keindahan alami sekitar air terjun Pletuk. Pembangunan berkelanjutan mulai berjalan sehingga akses lebih mudah.

Mayoritas penduduk sekitar Curug bekerja sebagai petani di sawah yang lokasinya tidak jauh dari wisata tersebut. Lokasi yang tidak jauh dari perkotaan membuat layanan mudah untuk pengunjung dapatkan. Fasilitas yang terdapat pada wisata sebenarnya belum terlalu bayak.

Informasi Umum Air Terjun Pletuk

Informasi Umum
Source : https://sikidang.com/

Anda yang datang pada kabupaten Ponorogo dan tidak mengunjungi wisata air terjun pletuk sangat rugi. Hal ini lantaran keindahan alam belum tentu terdapat pada tempat lain. Pengunjung yang akan datang pastikan untuk mengetahui informasi detail terkait wisata dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Alamat : Air Terjun Pletuk terletak di Jurug Kec. Sooko Kab. Ponorogo
  • Jam Buka : Setiap Hari selama 24 Jam
  • Harga Tiket : Rp 5.000.00 per orang

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/99Xes4r8kuhpksNi8

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Pletuk

Akses Menuju Lokasi
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Pengunjung yang berasal dari kota ponorogo bisa langsung menuju lokasi dengan jarak sekitar 1 jam. Rute perjalanan bisa melalui jalan pintas atau trabasan bagi orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Air terjun Pletuk dapat Anda lewati menggunakan mobil atau sepeda motor.

Perjalanan yang telah sampai pada desa Jurug bisa menitipkan kendaraan pada rumah warga jika menghendaki kegiatan trekking. Jarak tempuh  dari kota biasanya mencapai kecepatan sekitar 60 km/jam. Kondisi jalan yang mewadahi membuat akses menuju lokasi mudah untuk pengunjung lalui.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Pengunjung yang ingin melakukan trekking pasti akan merasakan senang lantaran kondisi jalan menuju lokasi sangat strategis. Petunjuk sepanjang jalan membuat pengunjung tidak perlu takut kesasar. Warga sekitar juga pasti akan membantu memberikan petunjuk jika pengunjung bingung.

Daya Tarik Air Terjun Pletuk

Daya Tarik Air Terjun Pletuk
Source : https://akcdn.detik.net.id/

Pengunjung yang datang kebanyakan  tidak bisa luput dengan daya tarik dari keindahan air terjun Pletuk. Keindahan akan mulai terasa saat pengunjung mulai berjalan menuju lokasi pariwisata. Pemukiman warga berjarak dekat membuat kehidupan terlihat harmonis. Berikut daya tarik tersebut:

1. Penduduk Ramah

Antusiasme penduduk dalam mendukung pariwisata sangat tinggi. Hal itu terbukti dengan adanya bantuan dan petunjuk saat terdapat pengunjung yang bertanya. Penduduk akan memberikan arahan terkait pariwisata dengan tangan terbuka bahkan mengizinkan jika terdapat penitipan kendaraan.

Baca Juga : Wisata Bukit Cumbri Ponorogo Jawa Timur

Pengunjung yang ingin menumpang ke kamar mandi juga penduduk perbolehkan. Masyarakat desa Jurug kecamatan Sooko memang terkenal dengan sifat ramah dan murah senyum. Sifat ini menjadikan pengunjung merasa nyaman saat berwisata terlebih dengan kurun waktu panjang.

2. Udara Dingin

Pepohonan rindang yang terdapat pada sekeliling jalan dan air terjun membuat suasana tampak lebih sejuk. Udara digin juga turut menyelimuti liburan terlebih saat pagi hari atau menjelang sore. Wisatawan yang sudah bosan dengan udara panas dan pengap pasti akan nyaman saat berkunjung.

Udara dingin yang terdapat pada desa ini juga bermanfaat dalam melakukan pembangunan perkebunan seperti sayur mayur. Desa Pudak dan Sooko memang terkenal menyajikan kebutuhan pangan berupa sayur segar dan siap untuk menjadi oleh-oleh ketika akan pulang.

3. Perbukitan Menjulang Tinggi

Letak atau lokasi air terjun Pletuk sekelilingnya terdapat perbukitan yang berguna sebagai penunjang kebutuhan ternak. Perbukitan membuat keindahan alam sekitar Curug terlihat memukau para wisatawan dari luar Ponorogo.  Rimbunnya pepohonan membuat perbukitan menghasilkan manfaat.

Pohon yang terdapat pada perbukitan juga berperan dalam mencegah timbulnya longsor saat musim hujan. Rata-rata perbukitan membuat keindahan yang terlihat dari ketinggian tampak lebih memukau. Air terjun Pletuk memiliki ketinggian sekitar 100 meter pada tengah perbukitan.

4. Perkebunan Cengkeh

Daya tarik lain yang mampu Anda dapatkan jika mengunjungi wisata air terjun Pletuk yaitu hamparan pohon cengkeh. Perkebunan tidak jauh dari lokasi pariwisata sehingga pengunjung bisa meninjau secara langsung. Cengkeh sendiri merupakan jenis rempah-rempah yang mempunyai harga tinggi.

Meninjau lokasi perkebunan secara langsung membuat seseorang bisa mengetahui tentang karakteristik cengkeh. Warga yang mempunyai kebun juga akan menerima secara terbuka jika pengunjung ingin melakukan penelitian terkait jenis rempah tersebut.

5. Hamparan Sawah

Aktivitas pertanian yang menjadi penunjang kebutuhan hidup masyarakat desa Jurug juga termasuk daya tarik tersendiri. Air terjun Pletuk yang indah akan semakin memukau saat akses menuju lokasi penuh hamparan sawah pada sisi kanan dan kiri. Pengunjung yang datang ingin melihat proses panen sebaiknya memilih momen tepat.

Hamparan sawah hijau membuat aktivitas trekking jauh lebih berkesan dan rasa lelah seketika hilang. Sawah yang terdapat pada sekitar wisata air terjun berguna sebagai alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

Aktivitas di Air Terjun Pletuk

Aktivitas yang bisa Pengunjung Lakukan
Source : https://i.ytimg.com/

Menariknya wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam juga dapat melakukan beberapa kegiatan. Berikut beberapa kegiatan yang sering wisatawan lakukan selama menghabiskan momen liburan di Air Terjun Pletuk:

1. Bermain Air

Air sejuk dan sensasi dingin membuat liburan berfungsi sebagai refreshing. Bermain air menjadi kegiatan paling banyak wisatawan lakukan atau hanya sekedar cuci muka. Air terjun cukup jernih dan bersih. Air juga bisa untuk minuman lantaran menyegarkan dan terjamin bersih.

Baca Juga : Pesona Pentas Reog Ponorogo

2. Trekking

Kegiatan penjelajahan dengan berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan momen liburan. Trekking sendiri menyimpan banyak manfaat khususnya bagi tubuh manusia. Rata-rata orang yang berusia lanjut memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mencegah resiko penyakit berbahaya.

3. Fotografi

Hamparan sawah luas, pesona kebun cengkeh, hingga dua bukit menjulang tinggi dapat berguna sebagai pengambilan gambar. Tidak jarang pengantin melakukan prewedding dengan memanfaatkan pariwisata air Terjun Pletuk. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari daya tarik Curug.

4. Penugasan

Air terjun Pletuk sering menjadi kunjungan lantaran memiliki daya tarik dan pesona unggulan. Spesies seperti cengkeh juga kerap bermanfaat sebagai bahan penelitian oleh mahasiswa untuk memenuhi penugasan selama masa kuliah.

Hal yang Perlu Pengunjung Siapkan

Hal yang Perlu Pengunjung Siapkan
Source : https://sikidang.com/

Berwisata akan terasa menyenangkan jika segala sesuatu sudah mendapatkan perencanaan dari awal. Persiapan akan membuat aktivitas berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan dalam bentuk apapun. Berikut hal yang harus Anda persiapkan sebelum berkunjung ke air terjun Pletuk:

  • Baju ganti
  • Biaya tiket
  • Bekal makanan selama perjalanan
  • Perlengkapan sesuai aktivitas
  • Obat-obatan pribadi

Keindahan alami yang bisa pengunjung nikmati selama 24 jam setiap harinya terdapat di kabupaten Ponorogo. Tujuan pariwisata untuk penelitian biasanya memanfaatkan pernyataan dari warga sekitar. Liburan bermanfaat dan menyenangkan terdapat pada Air Terjun Pletuk.