Melihat Hamparan Awan di Puncak Pringgitan Ponorogo

Puncak Pringgitan

Keindahan dari atas ketinggian memang menjadi pilihan oleh hampir semua orang. Melihat awan tentunya harapan beberapa orang terlebih saat malam hari. Mewujudkan keinginan itu bisa Anda mulai dengan mengunjungi wisata puncak Pringgitan yang berada di Kabupaten Ponorogo.

Mengenal Puncak Pringgitan

Mengenal Atas  Pringgitan
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Gunung Pringgitan merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan saat Anda mengunjungi kabupaten Ponorogo. Spot wisata itu telah banyak menarik wisatawan dari daerah lain lantaran keindahan mampu memanjakan mata dan menenangkan pikiran walaupun hanya sejenak.

Puncak membuat seseorang bisa melihat keindahan alam bawah dengan jelas. Menjelang tahun baru dapat menyaksikan warna-warni petasan yang menghiasi langit malam. Keberadaan pelangi terlihat jelas jika Anda mengunjungi Pringgitan dengan tujuan berwisata atau hanya mampir sejenak.

Keindahan tidak hanya terlihat saat pagi namun juga malam hari. Gemerlap bintang di langit membuat momen liburan berkesan, terlebih bersama pasangan. Malam gelap dan sunyi membuat seseorang bisa menikmati waktu liburan dengan tenang sehingga momen tidak lewat begitu saja.

Akses Menuju Puncak Pringgitan

Akses Menuju  Pringgitan
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Wisata Pringgitan selalu ramai meskipun bukan momen liburan panjang, hal ini lantaran keindahan memukau dan harga tiket terjangkau. Pengunjung yang berasal dari daerah Solo bisa melintasi pusat kota ponorogo kemudian menuju lokasi yakni desa Selahung. Rute mudah untuk Anda cari.

Rute perjalanan menuju lokasi puncak Pringgitan sudah terjamin aman lantaran terdapat lapisan aspal. Petunjuk tertera sehingga kecil kemungkinan pengunjung tersasar. Anda yang berasal dari provinsi Jawa Tengah  bisa langsung menuju lokasi dengan memanfaatkan adanya google maps.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Tiba pertama kali pada lokasi membuat pengunjung dapat menitipkan kendaran di area parkiran ataupun rumah warga sekitar. Pendakian yang akan pengunjung lakukan juga bisa memanfaatkan informasi lengkap dari warga  atau pemandu Wisata untuk mencegah segala kemungkinan.

Informasi Umum Puncak Pringgitan

Informasi Umum
Source : https://cdn.idntimes.com/

Menjelang tahun baru atau hari raya Idhul Fitri banyak wisatawan datang untuk menyaksikan panorama keindahan langit. Percikan kembang api siap memanjakan momen sakral setahun sekali. Hal yang tidak kalang penting untuk pengunjung ketahui  yaitu informasi berikut ini:

  • Alamat: Dkh. Bedok, Ds. Wates, Kec. Selahung Kab. Ponorogo
  • Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/sC79KT3tCM2eUJy48

Daya Tarik Puncak Pringgitan

Daya Tarik Gunung Pringgitan
Source : https://cdn.idntimes.com/

Mengunjungi Wisata dengan tujuan pendakian atau hanya sekedar liburan biasa tentu saja tidak luput dari keindahan yang terdapat di dalamnya. Daya tarik dari puncak Pringgitan membuat rasa lelah selama berjalan menuju lokasi hilang seketika. Poin itu meliputi beberapa hal seperti berikut:

1. Pelangi

Datang dan mencapai puncak dapat membuat Anda terpukau terlebih saat pelangi muncul. Keberadaan fenomena alam langka sekaligus menarik bisa terlihat jelas dari ketinggian puncak. Pemotretan dengan berlatar belakang pelangi menjadi harapan oleh seluruh wisatawan.

Baca Juga : Wisata Tanah Goyang di Ponorogo

Tidak semua wisatawan dapat merasakan kehadiran pelangi saat muncul, jika Anda bisa mendapatkannya berarti beruntung. Pelangi sendiri merupakan salah satu fenomena unik lantaran menyajikan kombinasi berbagai macam warna yang memukau mata orang tengah melihatnya.

2. Hamparan Awan

Kenampakan alam berupa awan dapat terlihat jelas dari atas Pringgitan. Pesona warna biru dan cuaca terik sangat mendukung aktivitas fotografi. Burung berseliweran dan kicauan akan mengiringi momen liburan. Awan mendukung membuat pendakian berjalan lancar tanpa perlu takut hujan.

Fotografi dengan latar belakang hamparan Awan juga menjadi pilihan para wisatawan saat mengunjungi puncak. Hasil foto dapat menjadi dokumentasi dan upload di Instagram hal itu merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian dari wisatawan lain.

3. Pemandangan Bawah Puncak

Keindahan alam memukau akan terasa lebih jelas jika Anda nikmati dari puncak ketinggian. Pemandangan bawah puncak tidak kalah memukau, terdapat hamparan sawah dan ladang pertanian milik warga sekitar. Pepohonan rindang membuat suasana wisata terasa sejuk dan menenangkan.

Anda dapat menikmati keindahan bawah puncak dengan naik di atas rumah pohon. Mayoritas pengunjung yang naik ke rumah pohon hanya ingin mendapatkan spot foto menarik. Harga tiket gratis membuat aktivitas fotografi dapat sepuasnya tanpa terikat  waktu.

4. Panorama Kabupaten Ponorogo

Daya tarik unggulan lainya yang bisa Anda lihat dari atas puncak yaitu keindahan kota Ponorogo. Warna-warni lampu kota akan terlihat secara gamblang saat pengunjung telah sampai di puncak . Malam hari membuat pemandangan kota Ponorogo terlihat memukau.

Momen hari raya Idhul Fitri membuat seseorang dapat menyaksikan gema takbir hingga dini hari. Panorama bintang juga menghiasi liburan jika pengunjung memilih untuk bermalam dengan cara kemah. Kebersihan dan sifat merupakan poin penting yang harus pengunjung jaga.

5. Spot Menarik

Karang taruna daerah Selahung selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengupayakan potensi dari atas Pringgitan. Spot unggulan dari wisata yakni watu putih yang mana di dalamnya terdapat gazebo hingga rumah pohon. Pengelolaan berjalan dengan optimal sehingga hasil maksimal.

Wahana dan outbound turut menjadi bagian dari spot watu putih. Pengambilan fotografi di watu putih menghasilkan keindahan tidak terdefinisikan. Keindahan alam bawah puncak mampu memanjakan momen liburan sehingga kegiatan kunjungan tidak sia-sia.

6. Pohon Pinus

Karakteristik utama yang menggambarkan lokasi puncak yakni keberadaan pohon Pinus sepanjang perbukitan. Pinus memiliki banyak kegunaan untuk menunjang kehidupan makhluk hidup khususnya manusia. Keberadaannya cukup banyak sehingga orang mengenali Pringgitan sebagai wisata Pinus.

Batang Pinus bisa penduduk olah sebagai bahan bakar alami sehingga tidak memerlukan kompor gas. Getah pohon menyimpan segudang kegunaan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Mayoritas pengunjung akan menggunakan pohon Pinus sebagai tempat untuk berteduh sejenak.

Aktivitas Pengunjung Puncak Pringgitan

Aktivitas Pengunjung
Source : https://www.gotravelly.com/

Mengunjungi puncak Pringgitan membuat para wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas. Aktivitas bertujuan agar liburan tidak terasa monoton. Hampir seluruh wisatawan akan melakukan beberapa aktivitas dengan kualifikasi berikut:

1. Trekking

Berjalan kaki selama 60 menit tidak akan terasa saat menyaksikan keindahan alam sekitar. Pohon Pinus menjadi karakteristik yang terdapat pada wisata Pringgitan. Aktivitas trekking bisa memanfaatkan beragam fasilitas tersedia oleh pemerintah setempat.

Baca Juga : Wisata Tumpak Pare Ponorogo

2. Outbound

Organisasi mahasiswa ataupun pendidikan sekolah menengah kerap memanfaatkan ketinggian Pringgitan sebagai alternatif melakukan kegiatan outbound. Outbound bertujuan sebagai pelatihan mental anggota sebelum terjun dalam organisasi. Tanggung jawab beserta solidaritas akan terlatih di sini.

3. Melihat Sunset

Letak strategis juga berdekatan dengan pegunungan membuat aktivitas melihat matahari terbenam menjadi tujuan banyak wisatawan. Wisatawan yang ingin melihat sunset kebanyakan memutuskan untuk bermalam sekaligus menyaksikan keindahan panorama kabupaten Ponorogo.

4. Kemah

Aktivitas camping juga menjadi wahana paling banyak orang minati di puncak. Menghabiskan liburan dengan berkemah tentu saja akan menghasilkan kepuasan batin tersendiri. Tidak jarang pengunjung akan mengulangi momen di kesempatan selanjutnya.

Peran serta dari pemerintah membuat pariwisata terlihat maksimal. Pembangunan berkelanjutan menyebabkan pariwisata semakin berkembang dan menarik banyak orang. Rekomendasi liburan menyenangkan, harga terjangkau terdapat pada puncak Pringgitan.