Pesona Keindahan Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok

Wisata Gunung Klotok Kediri menjadi salah satu opsi wisata alam yang berada di Desa Pojok Kecamatan Mojoroto Kabupaten  Kediri Jawa Timur. Tempat ini memang sudah dari lama ramai pengunjung khususnya di hari libur karena banyak rombongan keluarga menjadikannya tujuan wisata.

Lokasi Gunung Klotok

Lokasi Gunung Klotok
Source : https://lh5.googleusercontent.com/

Sangat disayangkan apabila Anda bertempat tinggal di Kota Kediri namun justru belum  mengunjungi Gunung Klotok satu ini. Pasalnya salah satu gunung di Kediri ini memiliki pesona alam yang begitu indah. Sangat cocok untuk menjadi pilihan wisata dan mengisi kegiatan ketika sedang berlibur.

Seperti penjelasan sebelumnya, Gunung Klotok ini berlokasi di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri Jawa Timur. Namun apabila Anda masih bingung dimana lokasi tepatnya, maka bisa menelusurinya lewat Google Maps.

Apabila Anda ingin berkunjung ke wisata alam Gunung Klotok, pastikan untuk mengajak orang asli Kediri jika berasal dari luar kota. Hal ini penting agar menghindarkan dari resiko tersesat di tengah perjalanan. Tentu saja pengalaman seperti ini akan merusak momen pada saat sedang berlibur.

Harga Tiket Masuk Berkunjung ke Gunung Klotok

Harga Tiket Masuk Berkunjung ke Gunung Klotok
Source : https://asset-a.grid.id/

Untuk informasi tiket masuk ke Gunung Klotok mulai dari Rp seribu saja sampai dengan Rp 4 ribu. Pada saat hari Minggu atau hari perayaan besar bisa mencapai Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Mungkin Anda masih heran dengan HTM di sini  karena terdengar sangat murah bagi semua kalangan wisatawan.

Tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp seribu khusus untuk anak-anak saja. sementara tarif parkirnya yakni Rp 5 ribu per kendaraan baik kendaraan roda dua maupun empat. Dengan biaya tiket masuk wisata murah tersebut, tentunya mampu meningkatkan daya tarik para wisatawan di Gunung Klotok.

Lokasi Gunung Klotok hanya  30 menit saja dari Kota Kediri. tidak heran apabila banyak warga asli Kediri yang bekerja di pusat kota akan mengosongkan waktu libur mereka untuk berkunjung ke sini. Tentu saja hal ini terasa sangat wajar karena banyak pekerja ingin menghilangkan kepenatan bekerja.

Rute Menuju Wisata Alam Gunung Klotok

Rute Menuju Wisata Alam Gunung Klotok
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Rute perjalanan yang Anda butuhkan untuk menuju ke Gunung Klotok pun sangat mudah. selain itu, akses perjalanannya sudah mulus sehingga pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Beberapa wisatawan memilih menggunakan transportasi umum berupa angkot saja.

Apabila Anda berangkat dari pusat Kota Kediri, maka bisa langsung saja menuju perempatan Sukorame Mojoroto. Sampai di perempatan, menuju ke barat lurus hingga memasuki wisata Goa Selomangleng. Anda hanya perlu mengikuti arah perjalanan saja karena kedua wisata ini sangat dekat.

Anda hanya perlu mencari petunjuk arah yang akan mengarahkan ke Gunung Klotok. Jadi jangan terlalu takut tersesat khususnya bagi wisatawan berasal dari luar Kediri. pasalnya rute perjalanannya sangat mudah tanpa harus melewati jalan bebatuan dan rawan longsor.

Transportasi Menuju Gunung Klotok Kediri

Transportasi Menuju Gunung Klotok Kediri
Source : https://2.bp.blogspot.com/

Pengunjung yang berasal dari Kota Kediri tentu saja tidak akan kebingungan dengan rute perjalanan menuju ke Gunung Klotok. Lantas bagaimana bagi wisatawan luar Kediri? anda bisa memanfaatkan transportasi pribadi seperti menaiki sepeda motor atau mobil sekaligus mengandalkan Google Maps.

Hal ini karena pengalaman menaiki kendaraan pribadi memang lebih menyenangkan daripada memakai kendaraan umum. akan tetapi, sebenarnya menggunakan bus atau travel juga bukan menjadi masalah. Anda bisa berhenti tepat di Terminal Bus Kota di Desa Mojoroto sehingga jaraknya pun lebih dekat.

Selanjutnya bertanyalah kepada sopir atau warga sekitar tentang terminal paling dekat untuk naik kendaraan menuju Gunung Klotok. Tentu saja mereka akan memberikan jawaban. Anda bisa menaiki angkot dan ojek untuk sampai ke wisata alam tersebut.

Fasilitas Apa Saja yang Tersedia di Gunung Klotok?

Fasilitas Apa Saja yang Tersedia di sana
Source : https://tempatwisataseru.com/

Anda tidak perlu diragukan lagi tentang keamanan, kenyamanan dan kebersihan selama berkunjung di Gunung Klotok. Hal ini karena pihak pengelola memiliki fasilitas sungguh lengkap untuk seluruh pengunjung. mulai dari area parkir luas, kamar mandi atau WC, warung makan, mushola dan tempat duduk.

Sementara untuk wahana yang bisa Anda nikmati di sini adalah kolam renang, museum Airlangga dan wahana bermain bersama keluarga. Beberapa objek menarik lainnya dan tidak kalah serunya adalah Sirkuit Motocross, Puncak Watu Bengkah, Puncak Klop, Goa Selomangleng dan Jogging Track.

Salah satu wisata alam yang berdekatan dengan Gunung Klotok adalah Goa Selomangleng. Anda bisa sekaligus berkunjung ke sini untuk mempelajari sejarah terbentuknya gua tersebut. Sampai saat ini sudah ada banyak sekali pengunjung baik berasal dari luar kota maupun asli dari Kediri.

Tips Berkunjung ke Gunung Klotok

Tips Berkunjung
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Wisata Gunung Klotok adalah tempat wisata yang harus Anda kunjungi karena memiliki pesona keindahan sangat indah dan menarik. Penduduk lokal berasal dari daerah Mojoroto pun terkenal sangat ramah bagi semua pengunjung. Jadi semua wisatawan dijamin akan merasa betah selama di sana.

1. Kelengkapan Identitas

Kartu identitas bagi setiap pengunjung adalah suatu kewajiban. Terlebih jika Anda menaiki kendaraan pribadi. Pasalnya ketika nanti Anda akan keluar meninggalkan area parkis, harus menunjukkan kartu STNK sebagai bukti hak kepemilikan atas kendaraan tersebut.

Tentu saja upaya ini bertujuan dalam menjaga keamanan pada saat sedang berkendara. Anda bisa menyiapkan beberapa kartu mulai dari SIM, STNK dan juga KTP. Dengan adanya kartu tersebut, maka menunjukkan bahwa seseorang tidak akan bertindak kriminal selama berkunjung ke Gunung Klotok.

2. Perlengkapan Kesehatan

Dimanapun berada, kesehatan  menjadi suatu hal yang paling penting. Namun sayangnya masih banyak orang menyepelekannya. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk membawa berbagai peralatan kesehatan mulai dari obat-obatan, minyak oles dan lain sebagainya sesuai dengan keluhan.

Mengingat bahwa Gunung Klotok masih tergolong dalam kawasan perhutanan tentu memiliki udara yang sejuk. Apabila Anda memiliki kondisi tubuh yang tidak sehat, lebih baik untuk menunda jadwal berangkat saja. Pastikan bahwa kondisi fisik benar-benar kuat dan sehat agar tidak bertambah parah.

3. Kamera dan Aksesoris

Salah satu tujuan utama bagi banyak orang untuk berwisata adalah ketika mereka ingin mengabadikan momen tersebut sebagai kenang-kenangan. Maka dari itu, Anda pun harus membawa kamera sebagai perlengkapan wajib selama berlibur. Tidak terkecuali Gunung Klotok dengan pemandangan indahnya.

Begitu juga aksesoris yang Anda perlukan selama berkunjung ke Gunung Klotok sebagai salah satu wisata gunung di Kediri. setidaknya bawalah beberapa perlengkapan seperti topi, kacamata, sarung tangan, sunscreen, botol minum, masker dan sebagainya agar tetap nyaman dan aman selama di sana.

Itulah tadi Gunung Klotok sebagai salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kediri. Anda pun bisa berkunjung kesana untuk melepas penat setelah lama bekerja. Dengan suasana khas pegunungan, tentu saja akan memberikan kehangatan dan kebugaran bagi wisatawan selama berkunjung di sana.