Melepas Penat di Sejuknya Hutan Joyoboyo Kediri

Hutan Joyoboyo

iniKediri merupakan kota paling besar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Apabila Anda sedang berada di sini, sempatkanlah untuk mampir di salah satu hutan kota yakni Hutan Joyoboyo. Khususnya jika sedang ingin melepas dari penatnya kesibukan pekerjaan setiap harinya.

Hutan Joyoboyo, Tempat Favorit Warga Kediri

Hutan Joyoboyo, Tempat Favorit Warga Kediri
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Hutan Joyoboyo ini berada di tengah Kota Kediri sehingga tempatnya akan sangat ramai khususnya ketika waktu-waktu pulang kerja di sore hari. Tempat ini adalah ruang terbuka hijau yang telah berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 2,6 hektar sehingga terbukti sangat luas.

Tempat ini juga menjadi kesukaan bagi warga asli Kediri. Banyak dari orang tua mengajak anak-anak bermain, berolahraga, berjalan santai atau sekedar bersantai di pinggiran jalan. Layaknya hutan kota, lokasi Hutan Joyoboyo pun memiliki fungsi utama sebagai paru-paru di Kota Kediri.

Setelah mengalami revitalisasi, Hutan ini mempunyai tampilan yang lebih modern dengan berbagai fasilitasnya. Anda bisa melihat beberapa pelengkapnya seperti tempat ibadah, area bermain anak, kubah ornamen elektrik, balok titian, teras pohon, sky bridge hingga sarana fisik edukasi.

Ulasan Lengkap tentang Hutan Joyoboyo

Ulasan Lengkap tentang Hutan Joyoboyo
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Meskipun bukan berdiri sebagai tempat wisata, namun ada beberapa wisatawan yang memilih bersantai di sini. Mereka pun ingin menikmati asrinya Kota Kediri dari paru-paru kota telah berdiri selama beberapa tahun kemarin. Namun rasanya sangat asyik dan rindang meski hanya sekedar duduk.

1. Lokasi Hutan Alam Joyoboyo

Sesuai dengan namanya, hutan kota ini berada di Kota Kediri. Mungkin bagi warga asli Kota Kediri sudah tidak asing lagi pada Hutan Joyoboyo ini. Bahkan mereka setiap harinya akan melewatinya ketika sedang mengantarkan anak ke sekolah atau berangkat kerja ke kantor masing-masing.

Lokasi Hutan Joyoboyo ini berada di Kec. Banjaran Kota Kediri Jawa Timur. Agar bisa mencapai ke sini pun rutenya sangat mudah karena berlokasi di tengah kota. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer saja apabila Anda sedang berada di kantor Wali Kota Kediri dengan estimasi waktu 10 menit saja.

2. Jam Operasional Hutan Joyoboyo

Jam buka dari Hutan Joyoboyo ternyata bebas untuk Anda kunjungi kapan saja. Pasalnya pihak pengelola memang sengaja membuka kawasan hutan ini secara umum selama 24 jam. Waktu terbaik mengunjunginya adalah pada saat pagi dan malam karena tidak begitu banyak pengunjung ke sana.

Ketika pagi hari, udara masih terasa sangat sejuk sehingga cocok untuk Anda gunakan berolahraga. Sementara ketika malam hari, pengunjung akan dimanjakan dengan lampu taman dan jalanan sehingga terkesan indah dan romantis. Asalkan tetap menjaga kenyamanan dan keamanan bersama.

3. Tiket Masuk Hutan Joyoboyo

Tiket Masuk <yoastmark class=

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga tiket masuk Hutan Joyoboyo. Ternyata untuk menikmati hutan kota di sini, semua pengunjung tidak perlu membayar sepeserpun. Semua fasilitas di sini tersedia secara gratis alias cuma-cuma.

Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang parkir saja. Jadi Anda bisa dengan bebas untuk menikmati segala keindahan di sini asalkan tetap menjaga ketertiban dan kebersihan. Jangan pernah membuang sampah sembarangan di tempat umum khususnya di hutan ini sebagai paru-paru kota.

4. Fasilitas Umum yang Ada di Hutan Joyoboyo

Fasilitas yang tersedia di Hutan Joyoboyo pun juga beragam sehingga Anda tidak perlu lagi  kebingungan. Pihak pengelola ternyata sudah menyediakan mushola bagi siapa saja hendak menunaikan ibadah sholat. Tempatnya pun cukup luas dan bersih sehingga tetap nyaman.

Selain itu, Hutan Joyoboyo juga memiliki area parkir dan toilet untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang sedang berada di sana. Agar menikmati pemandangan sekitar dengan nyaman, Anda bisa duduk di beberapa kursi cantik tepat di bagian depannya.

Daya Tarik Hutan Joyoboyo

Daya Tarik Hutan Joyoboyo
Source : https://bosniatravel.net/

Bagi banyak orang yang belum pernah  berkunjung ke Hutan Joyoboyo, mungkin berpikir bahwa hutan ini hanya sekedar memiliki pemandangan hutan saja. Bahkan tidak sedikit diantaranya menganggap jika suasananya membosankan. Padahal ada beberapa daya tarik seperti di bawah ini:

1. Keindahan Hutan Khas Joyoboyo

Ketika Kamu baru saja menginjakkan kaki di kawasan Hutan Joyoboyo, maka akan disambut dengan hawa sejuk dan menyegarkan. Rindangnya pepohonan di hutan tersebut bisa terlihat sejauh mata memandang. Ada banyak sekali pohon dengan umur ratusan tahun telah berdiri sampai sekarang.

Kawasan hutan belantara tersebut saat ini sudah berubah menjadi hutan kota sangat indah dan mengasyikkan. Dulunya banyak asumsi negatif dan menakutkan dari warga sekitar. Namun saat ini Pemerintah Kota Kediri sudah menyulapnya sebagai hutan kota dengan pengunjung ramai tiap harinya.

2. Tempat Relaksasi dari Kesibukan

Tempat Relaksasi dari Kesibukan
Source : https://cdn.tmpo.co/

Tidak heran apabila saat ini Hutan Joyoboyo selalu ramai oleh pengunjung tiap harinya. Khususnya bagi mereka yang ingin menikmati rindangnya pepohonan di bawahnya. Banyak orang menganggap bahwa Hutan Joyoboyo adalah tempat paling tepat sebagai relaksasi setelah seharian sibuk bekerja.

Anda hanya perlu duduk-duduk di tempat yang sudah tersedia di sana. Dengan begitu, maka sudah bisa menikmati keindahan kawasan Hutan . Terlebih  jika mengunjunginya tepat setelah lelah bekerja, tentunya suasana akan terasa sangat berbeda untuk melepas kepenatan dan kelelahan.

3. Patung Panji Galuh

Banyak orang yang masih belum tahu keberadaan patung gagah di kawasan Hutan Joyoboyo. Ternyata patung ini akan menyambut kedatangan Anda ketika baru saja memasuki area tersebut. Tokoh terkenal dari Kota Kediri yakni Patung Panji Galuh, dengan gagahnya menyambut kehadiran pengunjung.

Tidak hanya itu saja, patung ini juga dihiasi lampu taman gemerlap di belakangnya. Begitu cantik dan juga romantis untuk Anda menikmatinya di malam hari. Tentunya akan menjadi pengalaman sederhana namun menyenangkan bersama orang terkasih.

4. Kids Playground

Kids Playground
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Hutan ini ternyata juga menjadi tempat ramah bagi pengunjung anak-anak. Pasalnya pihak pengelola juga menyediakan area kids playground agar mereka tetap nyaman selama bermain mulai dari ayunan dan perosotan.

Banyak orang tua yang mengajak buah hatinya bermain sore di sini. Terlebih ada beberapa penjual makanan di sekitarnya sehingga menjadi pilihan paling tepat untuk bersantai dengan anak-anak seusai sibuk bekerja.

5. Sky Bridge

Terakhir adalah skybridge karena menarik perhatian para pengunjung ketika datang di Hutan Joyoboyo. Jembatan layang ini berdiri dengan tingginya dan membentang dari arah selatan ke utara. Panjangnya sekitar 240 meter.

Sky bridge di sana memiliki desain yang begitu unik sehingga cukup banyak pengunjung mengabadikan momen saat berada di atas. Anda bisa melihat keindahan kawasan Hutan Joyoboyo saat naik dari ketinggian sehingga menjadi spot menarik untuk mereka.

Itulah tadi berbagai  ulasan menarik dan informatif mengenai Hutan Joyoboyo. Ada banyak pengunjung asli Kota Kediri yang rutin untuk berkunjung kesana. Mereka hanya sekedar duduk dan bersantai sekaligus melepas penat dari sibuknya pekerjaan.