Kampung Inggris Pare : Eduwisata JATIM

kampung inggris pare

Ketika menyebutkan Kota Kediri, mungkin banyak orang luar kota akan langsung teringat dengan Kampung Inggris Pare. Pasalnya memang pengunjung dari luar daerah berbondong-bondong belajar di sini. Lantas apa sejarahnya hingga memiliki sebutan tersebut? bagaimana rute perjalanan ke sana?

Sejarah Kampung Inggris Pare

Sejarah Kampung Inggris Pare
Source : https://i1.wp.com/

Kampung Inggris Pare sudah menjadi salah satu tujuan utama bagi banyak orang ketika mereka menuju ke Kediri. Bahkan orang-orang dari luar daerah yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka akan memilih tempat tersebut. lantas bagaimana sejarahnya?

1. Perpindahan Mr. Kalend ke Pare

Pada kondisi sulit, Mr. Kalend tidak bisa kembali ke asalnya yakni di Kutai Kaltim. Seorang temannya akhirnya mengajaknya untuk pergi ke Pare karena ada seorang ustad, K. H. Ahmad Yazid dengan penguasaan 8 bahasa asing. Kalend berangkat ke Pare dan berharap bisa belajar di sana.

Singkat cerita akhirnya Kalend pun mulai berguru ke K. H. Ahmad Yazid dan tinggal di Darul Falah. Sampai pada suatu hari, ada dua tamu dari IAIN Sunan Ampel yang ingin mengerjakan sebanyak 350 soal ke ustad namun sedang pergi ke luar daerah. Hingga mereka diarahkan bertemu dengan Mr. Kalend.

2. Kemampuan Mr. Kalend

Menurut perkiraan, ternyata Mr. Kalend mampu menyelesaikan hingga 60 persen dari semua soal tersebut dengan benar. Berikutnya dua orang tamu dari IAIN Sunan Ampel tersebut akhirnya tertarik untuk belajar secara langsung ke Mr. Kalend karena mengetahui kemampuan beliau.

Proses belajar akhirnya mereka lakukan secara intensif selama beberapa hari mereka berkunjung ke Pare. Kegiatan ini berlangsung tepatnya di kawasan pesantren dari Ustad K. H. Ahmad Yazid sembari menunggunya datang.

3. Cikal Bakal Kampung Inggris Pare

Cikal Bakal Kampung Inggris
Source : https://upload.wikimedia.org/

Setelah selesai belajar, akhirnya dua mahasiswa tersebut kembali ke Surabaya untuk ikut ujian. Hasilnya mereka lulus dengan nilai yang memuaskan. Sebulan kemudian, keduanya kembali ke Pare karena ingin memberi tahu berita tersebut. Kabar gembira ini ternyata tersebar ke seluruh kampus.

Banyak dari teman-teman lainnya akhirnya ingin mengikuti jejak seniornya yakni belajar Bahasa Inggris secara langsung di Mr. Kalend. Sejak saat itu, ada banyak sekali permohonan belajar kepada beliau padahal promosi hanya berlangsung dari mulut ke mulut saja.

4. Berdirinya BEC (Basic English Care)

Sejarah dari Kampung Inggris Pare adalah bermula pada saat salah satu lembaga pendidikan mulai berdiri tepatnya pada tanggal 15 Juni 1977. Lembaga ini bernama BEC atau Basic English Care. Lembaga ini pertama kali berdiri di Pare dan menjadi cikal bakal dari sejarah Kampung Inggris Pare.

Pendiri BEC adalah seorang Kalend Osen atau sapaan akrabnya yakni Mr. Kalend. Beliau awalnya merupakan santri di Pondok Modern Gontor Ponorogo, Jawa Timur. Namun dirinya tidak bisa menyelesaikan pendidikannya di sana karena terkendala biaya.

5. Kelas Perdana BEC

kelas perdana BEC
Source : https://kampunginggrislc.com/

Setelah BEC berdiri, akhirnya kelas perdana pun mulai. Pada saat itu hanya ada enam orang siswa saja. Tidak hanya belajar bahasa Inggris namun juga mempelajari segi ilmu Agama sehingga bisa belajar sekaligus.

Dalam kurun waktu 10 tahun, murid yang belajar di sini mengalami peningkatan. Akhirnya BEC membuka cabang dengan beberapa nama berbeda seperti Effective English Conversation dan Happy English.

6. Julukan Kampung Inggris

Julukan Kampung Inggris
Source : https://www.access-es.id/

Jadi julukan adanya Kampung Inggris ini awalnya muncul pada saat lembaga pendidikan di bidang bahasa Inggris berkembang di dua desa Pelem dan Tulungrejo. Kedua desa ini sama-sama ada di Kec. Pare Kab Kediri. kampung Inggris bahkan sudah dianggap seperti kompleks pelajar sampai saat ini.

Pasalnya hingga sekarang sudah ada banyak sekali masyarakat yang datang untuk belajar di sana. Kampung Inggris sudah menjadi tujuan eduwisata. Tidak sedikit rombongan pelajar hendak berkunjung ke sana ketika ingin mengisi waktu liburan kuliah atau sekolah dengan kegiatan positif yakni belajar.

Rute Perjalanan Menuju Kampung Inggris Pare

Rute Perjalanan Menuju Kampung Inggris Pare
Source : https://assets-a1.kompasiana.com/

Bagi orang luar daerah Kediri, mungkin akan bertanya-tanya tentang rute perjalanan menuju ke Kota Kediri. Banyak dari mereka menggunakan transportasi umum berupa kereta api agar bisa sampai ke Kota Kediri. Lantas bagaimana rute perjalanan selanjutnya menuju ke Kampung Inggris Kediri?

1. Dari Jakarta

Ternyata cukup banyak pelancong dari ibukota yang juga tertarik untuk berkunjung ke Kampung Inggris Pare. Alasan utamanya adalah ketika mereka hendak belajar bahasa Inggris selama beberapa minggu di sana. Namun ternyata tidak sedikit diantaranya masih kebingungan rute perjalanannya.

  • Kereta Api Gajayana Eksekutif, satu-satunya kereta api kelas eksekutif dari Jakarta menuju Kediri adalah berangkat dari Gambir pukul 18.40 dan sampai di Kediri pukul 04.30. Harga tiket antara Rp 550 – 700 ribu.
  • Kereta Api Majapahit Ekonomi, dulunya kereta ini bernama Senja Singosari Bisnis. Anda bisa berangkat dari Pasar Senen pukul 20.20 dan tiba di Kediri pukul 08.10. Harga tiketnya yakni antara Rp 230 – 270 ribuan.
  • Kereta Api Singasari Ekonomi dan Eksekutif, berangkat dari Pasar Senen pukul 17.30 dan tiba di Kediri pukul 06.15 dini hari. Harga tiket kelas eksekutif adalah Rp 350 ribu dan kelas ekonomi Rp 225 ribu.

2. Dari Banten

Dari Banten
Source : https://cdn.idntimes.com/

Tidak hanya berasal dari Jakarta saja, banyak pengunjung Kampung Inggris Pare juga asalnya dari Banten. Ada beberapa rute perjalanan bus yang dapat Anda pilih. Mengingat bahwa saat ini sudah tidak ada lagi rute kereta api dari Merak langsung menuju Kediri.

Anda bisa menggunakan kereta Singasari dan tidak lagi berangkat di Stasiun Merak. Saat ini sudah tidak ada kereta langsung menuju ke Kampung Inggris. Solusinya adalah Anda bisa memakai bus Harapan Jaya dan turun di Kediri. pelayanannya pun sangat recommended dan terpercaya sampai saat ini.

3. Dari Bandung

Ada dua jenis kereta yang bisa Anda gunakan untuk berangkat menuju ke Kediri dan berangkat dari Bandung. Semua kereta di Bandung ini akan melewati jalur yang sama yakni Bandung, Tasikmalaya, Cilacap, Jogja, Solo hingga sampai di Kediri.

  • Kereta Api Malabar, Anda bisa berangkat pukul 5 sore dan tiba jam 04 pagi di Kediri. harga tiketnya bervariasi tergantung dengan kelasnya mulai dari Rp 220 ribu sampai Rp 550 ribu. Lokasi penjemputan ke Kampung Inggris biasanya ada di masjid depan stasiun dan area parkir.
  • Kereta Api Kahuripan, Anda juga bisa  menggunakan kereta api Kahuripan yang berangkat dari Kiara Condong pada pukul 23.10 malam dan tiba di Kediri pada jam 11.52 siang. Harga tiketnya jauh lebih murah yakni hanya Rp 90 an ribu saja. kereta ini memiliki rute yang sama

Itulah tadi sedikit ulasan lengkap mengenai sejarah dan rute perjalanan yang bisa Anda tempuh untuk menuju Kampung Inggris Pare. Sebagai salah satu wisata pendidikan paling terkenal di Jawa Timur, pengunjung tidak pernah sepi khususnya di waktu libur kuliah dan sekolah.