Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)

Bukan hanya sekedar asyik berfoto saja namun ternyata ada banyak sekali monumen dan relief yang bisa Anda amati di Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) ini. Tempat ini menjadi ikonik dari Kota Kediri sehingga akan terasa kurang apabila Anda berkunjung ke Kediri namun melewatkan datang ke SLG.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Untuk bisa mencapai ke Monumen Simpang Lima Gumul memang tidak susah. Lokasinya pun sangatlah strategis yakni berlokasi di tengah-tengah simpang lima sehingga tidak akan membuat pengunjung kebingungan. Simpang lima tersebut mengarah ke Kota, Pagu, Gurah, Pesantren dan Pare

Untuk lokasi tepatnya, SLG ini berlokasi di Desa Tugurejo, Ngasem, Kab. Kediri. pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari pusat Kota Kediri. Apabila Anda berangkat dari Bandara Juanda, jarak perjalanannya sekitar 120 Km dan SLG ini buka selama 24 jam.

Tidak hanya tempatnya yang strategis, ternyata untuk bisa masuk ke SLG pun juga tidak perlu membayar alias gratis. Pengunjung hanya membayar parkir kendaraan saja Rp 2 ribu. Lokasi parkirnya juga tidak jauh dari monumen SLG. Anda bisa lewat terowongan bawah tanah agar lebih dekat.

Keunikan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri

Keunikan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri
Source : https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke SLG, tentu merasa bahwa monumen ini terlihat sangat megah. Untuk itu, Anda pun bisa menikmati keindahan kota kediri dari Simpang Lima Gumul. Selain itu juga bisa sekaligus memperhatikan berbagai relief indah di sekitar bangunannya.

1. Relief Inspirasi Jongko Joyoboyo

Monumen SLG ini tanpa Anda sadari ternyata mempunyai ukiran relief pada sekeliling dindingnya. Ternyata relief tersebut menggambarkan kehidupan warga Kediri di zaman dahulu. Jadi tidak hanya sekedar berfoto saja, namun sempatkan untuk memperhatikan gambaran di bangunan besar tersebut.

Dengan adanya bentuk ukiran ini tentunya akan menambah keunikan dari monumen SLG tersebut. Pengunjung yang tertarik dan penasaran dengan salah satu monumen ini bahkan rela  untuk mengitari bangunan megah tersebut. Mereka ingin melihat satu per satu relief di dindingnya.

2. Arca pada Setiap Sudut Bangunan

Arca pada Setiap Sudut Bangunan
Source : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Tidak hanya relief saja yang menyita perhatian, ternyata ada arca di setiap sudut bangunanan yakni Arca Ganesha. Perlu Anda tahu bahwa arca tersebut memiliki arti tersendiri khususnya bagi umat Hindu. Artinya adalah sebagai dewa penolak bala, dewa pengetahuan, dewa pelindung dan kecerdasan.

Tidak hanya itu saja, filosofi peletakan arca ternyata juga menambah daya tarik para pengunjung. Wisatawan di SLG pun bisa mengambil foto di depan arca tersebut. Namun tetap saja agar harus waspada dan berhati-hati dengan tidak berfoto pada jarak yang terlalu dekat.

3. Terowongan Bawah Tanah

Tidak hanya menjadi jalan akses menuju monumen SLG saja, ternyata adanya terowongan bawah tanah ini juga menjadi keunikan pada bangunan tersebut. Bahkan banyak pengunjung rela menghabiskan waktunya di sini. Pasalnya di dalamnya tidak terlihat seperti terowongan gelap dan angker.

Namun di terowongan bawah tanah menuju monumen SLG ini ternyata terlihat sangatlah terang dan megah. Anda bisa menemukan tiga terowongan di sini yang bisa Anda jadikan sebagai akses jalan dari jalan parkir agar lebih mudah sampai di Simpang Lima Gumul Kediri.

4. Ruangan Dalam Monumen

Ruangan Dalam Monumen
Source : https://assets-a1.kompasiana.com/

Apabila bangunan di luar monumen memiliki beberapa relief dan arca, ternyata di dalam monumen pun tidak kalah uniknya. Di dalam bangunan ini, Anda bisa melihat ruangan-ruangan yang pada umumnya berguna untuk berbagai kegiatan di sana.

Ruangan yang ada di dalam monumen ini pada umumnya terdiri dari ruang utama, auditorium dengan bentuk atap seperti kubah, ruang serba guna dan diorama. Untuk kegiatan pastinya, sampai saat ini masih belum tahu hanya pihak pengelolanya saja bisa memberikan akses pada pengunjung.

5. Bangunan Glamour saat Malam Hari

Dengan banyaknya cahaya yang ada di sekitar monumen, maka bangunan SLG ini ternyata terlihat lebih indah ketika Anda menikmatinya di malam hari. Para pengunjung pun juga lebih ramai pada saat datang di malam. Mereka menganggap bahwa lampu-lampu di sekitarnya menambah daya tarik.

Pengunjung pada umumnya hanya perlu bersantai saja untuk menikmati keindahan di sekitarnya. Banyak diantaranya juga mengabadikan waktu di malam hari. Terlebih bagi komunitas hunting foto dimana mereka kerap kali berburu foto city light di sekitaran monumen Simpang Lima Gumul.

Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Simpang Lima Gumul

 

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berkunjung di Simpang Lima Gumul. Namun banyak pengunjung di sini sebenarnya hanya ingin bersantai dan berburu foto di sekitaran monumen tersebut. Berikut beberapa aktivitas seru dapat wisatawan lakukan:

Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Simpang Lima Gumul
Source : https://sikidang.com/

 

1. Bersantai

Tidak hanya sekedar di hari libur saja, setiap hari bangunan monumen ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Ada banyak aktivitas dapat Anda lakukan di monumen SLG ini. Salah satunya yakni hanya sekedar bersantai. Mereka pun bisa sekedar berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Menikmati keindahan di sekitar monumen pun menjadi aktivitas yang paling seru bisa Anda lakukan di monumen SLG. Selain itu, para pengunjung pun juga dapat menikmati keindahan SLG dengan sekaligus membeli jajanan di sekitarnya seperti nasi gurih, nasi pecel, lontong sayur dan nasi bakar.

2. Olahraga

olahraga
Source : https://kastara.id/

Bagi pengunjung asli Kediri, banyak dari mereka yang menghabiskan waktu akhir pekan dengan berolahraga di Simpang Lima Gumul. Tidak sedikit pengunjung di sini terlihat asyik sedang bersepeda, jogging atau sekedar berjalan santai di sekitaran monumen karena jalanan sekitar juga mendukung.

Terlebih setiap hari Sabtu dan Minggu, pihak pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan car free day mulai dari jam 7 pagi sampai selesai. Pengunjung bisa berolahraga dengan tenang dan santai. Maka dari itu, Anda dapat berangkat pagi-pagi untuk berolahraga kemudian menikmati jajanan setelahnya.

3. Sepatu Roda dan Skateboard

Bagi anak-anak pecinta skateboard ataupun sepatu roda, ternyata bisa menyalurkan hobinya untuk bermain di sekitaran Simpang Lima Gumul Kediri. Pasalnya pihak pengelola SLG juga sudah menyediakan skate park dan jogging track. Ada juga berbagai event menarik sering diadakan di sini.

Anak-anak bisa bermain dengan menikmati suasana di sekitar monumen sekaligus menyalurkan hobi mereka. Anda dapat mengawasi permainan mereka sembari berfoto atau membeli jajan di area penjual makanan dan minuman di taman SLG. Jadi ada banyak sekali kegiatan bisa dilakukan di area SLG.

Sebagai salah satu monumen bersejarah di Kediri, banyak pengunjung berdatangan ke Monumen Simpang Lima Gumul (SLG). Tidak hanya berfoto namun juga menikmati keindahan sekitar. Terlebih ada berbagai spot foto menarik dan instagramable bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke SLG.