Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing Global

Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing Global
pexels.com

Cara mengembangkan UMKM agar meningkatkan daya saing global perlu untuk diketahui para pelakunya. UMKM bisa pemilik kembangkan dengan berbagai cara. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM menjadi salah satu bisnis yang memiliki banyak peminat khususnya masyarakat Indonesia.

UMKM juga menjadi salah satu kelompok usaha yang paling besar pada Indonesia. Kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia harga besar yaitu 60%.

Berbagai Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing Global

Cara Mengembangkan UMKM Agar Meningkatkan Daya Saing Global 1
pexels.com

Bisnis UMKM memiliki beberapa kelebihan sehingga menjadi minat banyak orang. Salah satu kelebihan dari bisnis UMKM yaitu lebih kuat untuk menghadapi krisis global. Dalam menghadapi pasar global memang tidaklah mudah. Hal itu karena produk UMKM akan bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Untuk menghadapinya memang membutuhkan strategi yang tepat supaya UMKM bisa berkembang dan bersaing dalam menghadapi pasar global. Tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengembangkan UMKM dalam meningkatkan daya saing pasar global seperti berikut ini:

1. Menentukan Produk yang Menjadi Kebutuhan Semua Konsumen

Cara meningkatkan UMKM dalam menghadapi persaingan pada pasar global yang pertama yaitu dengan menentukan produk. Menentukan produk pada bisnis UMKM merupakan langkah utama sebelum bisnis berjalan. Dalam menentukan produk tersebut harus sesuai dengan kebutuhan bagi semua konsumen.

Maka dari itu, harus melakukan riset pasar, peluang pasar, dan tren yang sedang berkembang terlebih dahulu. Selain itu, kualitas produk juga harus memiliki kualitas yang bisa bersaing dan masuk standar pasar global.

2. Menentukan Harga Jual Produk

Cara mengembangkan UMKM agar meningkatkan daya saing global selanjutnya yaitu menentukan harga jual produk. Dalam menentukan harga pembentukan ketelitian untuk menghitung semua total biaya selama produksi berlangsung. Terdapat beberapa cara penetapan harga yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari kerugian.

Pertama yaitu penentuan harga berdasarkan biaya produksi dengan keuntungan. Kedua yaitu penentuan harga berdasarkan permintaan. Ketiga yaitu penentuan harga berdasarkan kompetitor.

3. Memilih Tempat yang Strategis

Cara mengembangkan UMKM untuk meningkatkan pasar global selanjutnya yaitu memilih tempat yang strategis. Supaya penjualan produk bisa maksimal, Anda harus memilih tempat yang strategis dalam berjualan. Pastikan lokasi tersebut memiliki akses oleh semua orang.

Selain itu, sebaiknya tempat bisnis UMKM Anda juga dekat dengan keramaian. Dengan memilih tempat yang strategis bisa membuat calon konsumen mudah mendapatkan produk UMKM Anda.

4. Melakukan Promosi

Promosi menjadi salah satu usaha sebagai cara mengembangkan UMKM agar meningkatkan daya saing global. Langkah mengenalkan produk kepada konsumen ini sangat penting apalagi produk Anda merupakan produk yang baru. Supaya promosi tepat sasaran, maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap siapa saja calon konsumen yang berpotensi membeli produk tersebut.

Anda bisa melakukan promosi melalui media online untuk meningkatkan daya saing pada pasar global. Dengan begitu produk UMKM Anda memiliki jangkauan calon konsumen yang luas.

5. Memilih Sumber Daya Manusia yang Tepat

Sumber daya manusia juga menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan UMKM. Anda harus memilih SDM yang terbaik supaya bisa menghasilkan produk berkualitas. Tidak perlu ragu untuk menyeleksi calon karyawan dalam bisnis UMKM.

Sebaiknya hindari referensi dari saudara atau kenalan yang skillnya belum sesuai. Hal itu bisa membuat Anda mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dan bisa memberikan pelayanan terbaik.

Nah, itu dia ulasan tentang cara mengembangkan UMKM agar meningkatkan daya saing global. Ada pisang mengikuti beberapa cara tersebut untuk meningkatkan daya saing pada pasar global.