Wisata Alam Air Terjun Tirto Galuh Kabupaten Blitar Hidden Paradise

Air Terjun Tirto Galuh

Salah satu wisata yang menjadi rekomendasi dan populer adalah air terjun Tirto Galuh yang terletak di wilayah Kabupaten Blitar. Dengan menyajikan keindahan alam berupa air terjun dan bebatuan indah yang dikelilingi oleh pepohonan rindah menambah keunikan tempat wisata ini.

Keindahan Air Terjun Tirto Galuh

Keindahan Air Terjun Tirto Galuh
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Kabupaten Blitar memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan berupa pantai, air terjun, kabun teh, gunung, dan masih banyak lagi. Tidak salah jika Blitar banyak dijadikan sebagai destinasi wisata. Ada salah satu air terjun dengan pemandangan dan keunikan yang tidak bisa ditemukan pada tempat lain.

Air terjun ini dikenal dengan Kedung Malang yang memiliki banyak bebatuan indah yang tersusun dengan rapi. Dengan suasana asri disertai air yang jernih akan semakin membuat pikiran menjadi tenang. Pastinya pengunjung tidak sabar untuk menikmati kesejukan dan kesegaran dari air ini.

Namun banyaknya bebatuan membuat kondisi menjadi licin sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat berjalan. Tinggi air terjun ini mencapai 3 hingga 5 meter karena ada beberapa aliran air yang berbeda tipe. Wisata ini bisa menjadi salah satu tempat healing terbaik dari semua penat.

Lokasi dan Harga Tempat Wisata

Lokasi dan Harga Tempat Wisata
Source : https://dolanyok.com/

Tempat wisata ini pertama kali ditemukan oleh anggota tim SAR saat mencari seorang warga yang hilang. Nama wisata ini yaitu Tirto memiliki makna air dan Galuh artinya perempuan. Air terjun Tirto Galuh berada di Sidomulyo, Bakung, Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar.

Lokasi wisata ini sedikit tersembunyi namun sudah memiliki akses yang mudah sehingga pengunjung tidak akan kesulitan menuju ke sana. Apabila ditempuh dari wisata Kampung Coklat memiliki jarak sekitar 17 km dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 30 menit.

Pada wisata ini pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk namun hanya membayar parkir motor sebesar 2 ribu dan mobil 5 ribu. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan motor dan mobil. Akses menuju ke lokasi cukup mudah karena jalanan sudah diaspal.

Cara Menuju ke Lokasi

Cara Menuju ke Lokasi
Source : https://cdn.idntimes.com/

Perjalanan menuju tempat wisata air terjun Tirto Galih berada di samping jalan raya sehingga pengunjung tidak akan kesulitan menemukan lokasinya. Saat berada di tempat akan ada area parkir pada sisi seberang. Area parkir luas sehingga dapat menampung banyak kendaraan dan aman.

Setelah sampai di lokasi pengunjung harus berjalan untuk sampai ke air terjun dengan jarak sekitar 300 meter. Saat berjalan akan disuguhkan oleh keindahan sawah, kebun hingga sampai ke tempat air terjun. Tempat ini juga menyediakan akses sepeda apabila pengunjung tidak ingin berjalan.

Awalnya jalur hanya tanah yang licin namun sekarang sudah dipaving dengan jalanan menurun berupa tangga. Ada 2 tangga yang berada di sisi samping dan bagian tengahnya untuk akses jalur sepeda. Jalan ini dibuat agar pengunjung tidak terpeleset saat menuju air terjun terlebih saat musim hujan.

Cara Menikmati Wisata Air Terjun Tirto Galuh

Cara Menikmati Wisata Air Terjun Tirto Galuh
Source : https://dolanyok.com/

Wisata air terjun Tirto Galuh memiliki beberapa kedalaman kolam yang berbeda. Hal ini membuat pengunjung harus berhati-hati dan memperhatikan larangan serta anjuran dari pihak pengelola. Oleh karena itu, ada beberapa spot yang tidak boleh dijadikan tempat berenang.

1. Melihat Pemandangan dari Atas

Saat sampai pada wisata ini pengunjung akan disiguhkan dengan suasana hijau dan asri. Di kelilingi oleh tebing dan tumbuhan hijau membuatnya seperti hidden paradise (surga yang tersembunyi). Pengunjung dapat menikmati keindahan dengan melihat dari sisi atas air terjun.

Hanya dengan berjalan melalui jalan setapak yang ada di samping air terjun dan mengikuti track maka akan sampai pada bagian atas. Jalanan yang ada masih licin karena tidak ada paving jalan. Untuk melihat view yang lebih jelas dapat menuju bagian tengah.

2. Menikmati Kesejukan Air

Menikmati Kesejukan Air
Source : http://tempatwisataindonesia.id/

Tidak lengkap rasanya jika ke tempat ini namun tidak bermain dengan air. Dengan kesejukan udara membuat pengunjung tidak dapat menahan untuk menikmati segarnya air terjun ini. Air yang ada sangat bersih dan jernih sehingga tidak perlu khawatir masalah kebersihannya.

Pengunjung bisa bermain di tepian air terjun bersama dengan teman atau keluarga. Cara menikmati suasana dari kesegaran air hanya dengan mencelupkan kaki ke dalamnya. Namun pengunjung harus selalau berhati-hati saat berjalan ke aliran air karena batu yang ada biasanya sangat licin.

3. Mengabadikan Momen

Saat melihat keindahan alam pasti secara otomatis ingin mengabadikannya melalui kamera dalam bentuk foto. Pengunjung tidak selalu berkunjung ke sini. Maka dari itu, salah satu cara untuk melihat kembali kenangan selama berada di air terjun Tirto Galuh hanya melalui gambar.

Dengan keindahannya pengunjung bisa mengupload pada akun media sosial sehingga banyak orang yang akan datang. Hal ini akan menjadi suatu branding bagi kemajuan Kabupaten Blitar dalam bidang pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah.

4. Waktu yang Tepat Berkunjung

Pemilihan waktu berkunjung menjadi hal yang penting agar pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan baik. Hal ini karena cuaca juga berpengaruh pada kondisi tempat wisata. Maka dari itu pastikan waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun Tirto Galuh. Berikut tips bagi pengunjung yaitu:

  • Kunjungi tempat ini saat musim kemarau untuk menhindari jalanan yang licin
  • Saat hujan datang kemungkinan terjadi air bah dari atas sehingga pengguna tidak dapat merasakan kesegaran kolam
  • Kunjungi saat pagi atau mendekati waktu siang untuk dapat menikmati suasana air terjun dengan maksimal
  • Apabila mengajak anak kecil maka awasi selalu terlebih saat berada dalam air
  • Usahakan menggunakan sandal atau sepatu yang tidak licin agar tidak terpeleset saat berjalan di atas bebatuan
  • Bisa membawa bekal berupa makanan atau jajan
  • Bawa baju ganti dan kresek apabila ingin bermain air
  • Tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya
  • Patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola
  • Pastikan membawa kamera atau handphone untuk mengabadikan momen akan kaeindahan air terjun Tirto Galuh

Kejadian Saat Berada di Air Terjun Tirto Galuh

Kejadian Saat Berada di Air Terjun Tirto Galuh
Source : https://mytrip123.com/

Pada bulan Desember tahun 2016 terjadi suatu peristiwa tragis yang menenggelamkan seorang anak berusia 13 tahun. Saat itu korban mengunjungi air terjun bersama dengan beberapa orang teman lainnya. Kurang lebih selama satu jam mereka terpisah, namun korban tidak kunjung kembali.

Hal ini membuat teman-temannya merasa khawatir dan melaporkan ke penjaga air terjun. Setelah itu penjaga dan beberapa orang lainnya melakukan pencarian di sekitar lokasi. Selama beberapa jam pencarian akhirnya korban ditemukan.

Kejadian ini menjadi suatu pembelajaran bagi pengunjung saat berada di air terjun Tirto Galih atau tempat wisata lainnya. Penggunjung wajib mengikuti aturan yang ada pada suatu tempat agar tidak terjadi hal yang membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Demikian informasi mengenai tempat wisata air terjun Tirto Galuh yang bisa menjadi salah satu pilihan wisata di Kabupaten Blitar. Tidak membutuhkan waktu lama dari pusat kota untuk sampai ke tempat wisata ini. Jalur untuk kendaraan juga mudah.