Tempat Berkumpul Bersama Keluarga Wisata Kampung Coklat Blitar

kampung coklat

Wisata yang menyuguhkan berbagai olahan cokelat yaitu Kampung Coklat Blitar. Selain produk, tempat ini memberikan edukasi kepada pengunjung tentang budidaya hingga pengolahan cokelat. Hal ini menjadi salah satu wisata yang bermanfaat karena memberikan pengalaman dan ilmu baru.

Pesona Kampung Coklat

Pesona Kampung Coklat
Source : https://travelspromo.com/

Bagi pecinta coklat tidak dapat melewatkan berbagai macam olahan mulai dari budidaya hingga berbagai jenisnya. Hal tersebut dapat ditemukan di Kampung Coklat Blitar. Ada banyak tumbuhan coklat yang dapat pengunjung rasakan mulai dari yang manis hingga rasa aslinya yang cukup pahit.

Buah coklat berasal dari pohon kakao yang tidak mempunyai kandungan manis. Setelah proses pengolahan maka coklat menjadi banyak penggemarnya. Bukan hanya mengenal budidaya namun ada beberapa kegiatan yang bisa pengunjung lakukan seperti membuat dan menghias coklat.

Wisata ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Di sana pengunjung akan menemukan berbagai produk yang terbuat dari coklat misalnya ice cream, mie, minuman dan masih banyak lagi. Dengan luas sekitar 6,5 hektar Kampung Coklat menyuguhkan wisata edukasi bagi pengunjung.

Sejarah Wisata Kampung Coklat

Sejarah Wisata Kampung Coklat
Source : https://storage.nu.or.id/

Awalnya Kampung Coklat berdiri karena usaha bisnis dari H. Kholid Mustofa bangkrut. Beliau merupakan peternak ayam, namun usahanya terhenti karena wabah flu burung yang merajalela pada tahun 2004. Akhirnya H. Kholid melakukan budidaya coklat di lahan miliknya yang memiliki luas 720 meter persegi.

  1. Kholid sudah mempunyai lahan coklat yang berjumlah 120 pohon. Namun karena usaha ternaknya, sehingga kebun tersebut tidak pernah ada yang mengurus. Jadi apabila kakao paneh, beliau akan langsung menjual dengan harga yang murah sekitar 7 ribu per kilonya.

Mulai dari situ H. Kholid belajar tentang kakao di Blitar, Jember, dan Yogyakarta. Beliau mulai menjual ke berbagai daerah dengan macam olahan. Dengan berbekal pengetahuan dan semangat beliau mulai mendirikan wisata edukasi yang diberi nama Kampung Coklat.

Lokasi dan Harga Wisata Kampung Coklat

Lokasi dan Harga Wisata Kampung Coklat
Source : https://images.bisnis.com/

Kampung Coklat berada di Jalan Benteng Blorok Nomor 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Untuk masuk ke wisata harus membayar tiket masuk sebesar 20 ribu per orang dan dapat menikmati tempat ini. Buka dari hari Senin hingga Jumat mulai jam 8 pagi sampai 4 sore.

Ada berbagai paket untuk masuk ke lokasi wisata ini yang menawarkan edukasi mulai dari Paud hingga Universitas. Tempat ini memberikan kegiatan mulai dari proses pembibitan, memasak dan menghias serta berkebun. Paket ini dapat dibeli mulai dari harga 30 hingga 45 ribu sesuai tingkatan Pendidikan.

Edukasi ini akan dipandu oleh ahlinya yang memberikan informasi secara jelas kepada pengunjung. Pada weekend wisata ini tetap buka mulai jam 8 pagi hingga 6 sore. Pembelian sebanyak 50 tiket akan mendapatkan gratis 5 tiket dan berlaku kelipatannya. Bagi anak usia dua tahun tidak perlu tiket masuk.

Rute Cepat Menuju ke Kampung Coklat

Rute Cepat Menuju ke Kampung Coklat
Source : https://i.ytimg.com/

Akses jalan menuju wisata sangat mudah yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Tempat ini memiliki jarak sekitar 10 km dari pusat kota. Apabila dari Kota Blitar maka dapat mengambil arah ke selatan menuju jembatan Kademangan.

Setelah itu pengunjung akan sampai ke pertigaan dan ambil jalan lurus. Ada banyak papan petunjuk jalan menuju ke lokasi Kampung Coklat. Pengunjung hanya perlu mengikuti instruksi hingga sampai ke tempat wisata coklat. Untuk sampai ke tempat ini memerlukan waktu 15 hingga 20 menit.

Bagi pengguna yang tidak ingin berjalan jauh, wisata Kampung Coklat menyediakan golf car dan sepeda listrik untuk membantu berkeliling. Wisata ini cocok bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak. Berbagai kegiatan bisa dilakukan dan tentu dengan harga terjangkau serta fasilitas yang berkualitas.

Kegiatan Menarik Selama Berada di Area Kampung Coklat

Kegiatan Menarik
Source : https://ernadwisusanti.com/

Kampung Coklat tidak hanya menyajikan berbagai produk namun juga permainan yang tentunya mengedukasi pengunjung. Di dalam area wisata pengunjung akan disuguhkan oleh banyaknya aktivitas yang dapat dimanfaatkan saat mengunjungi tempat ini. Berikut beberapa kegiatan menarik antara lain:

1. Galeri Coklat

Bagi pecinta coklat maka wisata ini menjadi surga karena terdapat banyak olahan dan produk yang dapat dibeli di galeri coklat. Di tempat ini memajang dan menawarkan produk khas dari Kampung Coklat. Produk yang ada terbuat dari bahan coklat seperti keripik, brownies, dan coklat dengan aneka rasa.

Bukan hanya itu, tersedia juga tas, gelas, gantungan kunci dan baju sebagai oleh-oleh berkunjung ke wisata Kampung Coklat. Harga yang ditawarkan juga beragam namun tetap terjangkau. Berbagai produk tersusun dengan rapi dan apik sehingga menarik perhatian pengunjung untuk membeli.

2. Berbagai Wahana

Ada berbagai macam wahana yang dapat dinikmati semua usia dengan harga yang terjangkau seperti mini swinger,bom-bom car, pemancingan dan lain sebagainya. Permainan ini memiliki pendamping yang akan mengawasi pengunjung agar tetap aman dan nyaman.

Bagi pengunjung yang ingin berjalan sambal menikmati penjelasan mengenai wisata coklat dapat menyewa golf car dengan harga 20 sampai 25 ribu selama 30 menit termasuk guide. Bukan hanya itu ada sepeda listrik untuk berkeliling ke semua area.

3. Terapi Ikan

terapi ikan
Source : https://travelspromo.com/

Bagi pengunjung dewasa pasti merasa lelah berkeliling lokasi Kampung Coklat yang luas. Untuk bersantai pihak wisata menyediakan terapi ikan. Ini bermanfaat bagi kesehatan untuk melancarkan peredaran darah dan mengangkat sel kulit mati sehingga kaki akan lebih bersih serta sehat.

Jadi pengunjung bisa meredakan lelah dengan mencelupkan kaki ke dalam kolam yang penuh dengan ikan. Sensasi geli dan membuat pikiran menjadi tenang sehingga wisata menjadi lebih menyenangkan. Orang tua juga tetap bisa mengawasi anaknya bermain selagi terapi.

4. Cooking Class

Kegiatan cooking class disediakan bagi pengunjung yang ingin membuat dan menghias coklat sendiri. Berbagai kreatifitas untuk membuat coklat sesuai selera sekaligus sebagai wadah belajar. Tidak hanya untuk anak-anak namun pengunjung dewasa juga bisa melakukan aktivitas ini.

Tempat untuk memasak dan menghias ada di ruang yang berbeda. Hasil dari coklat yang telah dibentuk dan dihias bisi dibawa pulang atau dimakan di tempat. Cooking class menjadi agenda seru bagi pengunjung untuk bermain sambal belajar.

5. Taman Bermain Anak

Anak-anak dapat memainkan wahana seperti kolam, arcade game, kereta, istana balon dan sebagainya. Dengan mematok harga mulai dari 5 hingga 20 ribu pengunjung bisa menikmati wahana sepuasnya. Permainan ini menjadi salah satu hal yang menarik perhatian anak-anak.

Maka dari itu wisata Kampung Coklat cocok bagi keluarga yang sedang menikmati waktu libur. Para orang tua juga bisa ikut bermain dan bersantai seraya belajar tentang budidaya coklat. Akses yang mudah, harga murah dan berbagai pilihan makanan serta minuman dari coklat.

Demikian informasi seputar pesona menarik dari Kampung Coklat. Pengunjung akan disuguhkan banyaknya permainan yang bermanfaat terlebih edukasi mengenai coklat. Maka dari itu wisata ini cocok bagi keluarga yang sedang berlibur santai namun tetap menambah ilmu.