Perbedaan Android 9 dan 10 ini Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Android 9 dan 10

Perbedaan Android 9 dan 10 menjadi pertimbangan bagi banyak orang untuk segera melakukan update system di kala itu. Pada OS terbaru seperti ini, tentunya akan ada beberapa upgrade dari versi sebelumnya. Sama halnya seperti beberapa keunggulan Android 10 sehingga pengguna begitu menyukainya.

5+ Perbedaan Android 9 dan 10

Ada beberapa perbedaan Android 9 dan 10 yang pastinya sangat cocok untuk Anda ketahui jika masih betah menggunakan Android 9. Beberapa orang memang terkadang merasa malas jika ingin melakukan update system karena membutuhkan waktu cukup lama sehingga mengganggu kegiatan mereka.

1. Tampilan

Perbedaan Android 9 dan 10

Apabila dilihat secara sekilas, Anda bisa menyaksikan bahwa ukuran tulisan pada Android 10 memiliki ukuran lebih besar daripada Android 9. Namun bagi pengguna jika sudah terbiasa menggunakan pada tulisan ramping dan kecil, maka bisa mengaturnya pada menu Pengaturan Huruf untuk menyesuaikannya.

Anda bisa mengatur size huruf di HP Android 10 dengan cara, masuk ke menu Pengaturan kemudian di menu Tampilan. Selanjutnya atur ukuran tulisan pada menu Gaya dan Ukuran Font. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan agar tetap nyaman selama menggunakannya.

2. Animasi

Perbedaan Android 9 dan 10

Pengguna Android 10 akan merasa dimanjakan dengan hadirnya efek transisi ketika sedang pergantian display tampilan layarnya. Sebenarnya hal ini akan tampak lebih baik apabila fitur efek telah Anda aktifkan di HP Android yang mempunyai spek tinggi pada kelasnya.

Namun bagi Anda yang menggunakan ponsel Android dengan ukuran kapasitas RAM 2 GB sebenarnya bukan menjadi masalah. Namun mungkin saja efek animasi pada ponsel terasa lebih berat untuk HP tersebut sehingga agak sedikit ngelag atau tersendat.

3. Performa Kecepatan

Sebenarnya tidak ada yang jauh berbeda dari performa kecepatan antara perbedaan Android 9 dan 10. Keduanya sama-sama mempunyai kinerja ponsel yang bagus. Pasalnya baik versi 9 maupun 10 sudah mempunyai proses cache lebih cepat tanpa memerlukan banyak ruangan memori yang besar.

Namun beberapa sumber mengatakan bahwa performa kecepatan milik Android 10 memang jauh lebih baik daripada Android 10. Hal ini juga berhubungan dengan proses cache. Sementara untuk Android 9 masih harus memuat loading data terlebih dahulu sebelum data yang Anda minta dimunculkan sehingga lebih lemot.

Baca juga : Keunggulan Android 11 Dibanding Android 10

4. Pemakaian Memori Internal

Perbedaan Android 9 dan 10

Pada umumnya pada saat Anda melakukan upgrade system operasi, maka akan berpengaruh pada sistem ROM atau memori internal. Hal ini bisa pengguna rasakan ketika memperbarui sistem pada versi lawas.

Tidak ada perbedaan pada pemakaian ROM yang mungkin bisa saja mengalami kenaikan ketika Anda baru saja melakukan update dari Android 9 ke 10. Jadi setelah memperbarui OS, maka tidak ada peningkatan memori internal setelahnya.

5. Fitur Mode Gelap

Perbedaan Android 9 dan 10

Sebenarnya pada pembaruan Android 9, fitur mode gelap ini sudah bisa Anda rasakan. Sebagian besar aplikasi juga mampu menyesuaikan tampilan tersebut dengan menampilkan ikon dan tampilan gelap. Hal ini pun sama halnya seperti Android 10 yang telah menyediakannya.

Namun sistem operasi Android 10 memiliki jumlah aplikasi yang lebih banyak mampu beradaptasi dengan fitur dark mode tersebut. Jadi ketika Anda mengakses seluruh aplikasi apapun, maka semuanya bisa tampil dalam mode gelap.

6. Support Jaringan 5G dan Foldable Screen

Perbedaan 6

 

Saat ini Android 10 sudah hadir dengan mendukung adanya jaringan 5G. Dengan begitu, pengguna ponsel bisa lebih nyaman selama menggunakannya tanpa keluhan koneksi internet yang lemot atau sedang bermasalah. Lain halnya pada Android 9 masih belum bisa support pada fitur tersebut.

Selain itu, sistem operasi milik Android 10 juga sudah mendukung fitur perangkat layar lipat. Menariknya lagi, Android 10 saat ini pun menawarkan sistem smart reply dan suggestions di hampir semua aplikasi yang tersedia.

7. Facial Recognition

Perbedaan 7

Jika sebelumnya fitur satu ini bergantung dengan keinginan produsen ponsel untuk mendukung perangkat yang mereka jual, kali ini Android 10 menghadirkannya sebagai fitur umum pada ponsel. Melalui sistem ini, pengguna dapat membuka HP, konfirmasi pembelian aplikasi hingga menyetujui transaksi Google Play.

Adanya facial recognition ini masih berhubungan dengan tingkat keamanan yang tersematkan pada ponsel. Harapannya agar hanya pengguna aslinya saja bisa mengoperasikan HP jika berhubungan dengan transaksi pembelian dan hal penting lainnya.

8. Undo App Removal

Perbedaan 8

Operasi sistem milik Android 10 ini pun hadir dengan opsi guna melakukan undo terhadap penghapusan aplikasi. Misalnya saja ketika Anda baru saja mengalami uninstall aplikasi namun tidak sengaja. Dengan fitur ini, maka bisa menghindarkan kemungkinan tersebut terjadi.

Selain itu, pada Android 10 juga tidak menyediakan Android Beam. Namun Anda tidak perlu khawatir, pengguna masih bisa menggunakan aplikasi lain untuk kebutuhan transfer data dan file maupun aplikasi yang berhubungan dengan NFC lainnya.

Itulah tadi sedikitnya beberapa perbedaan Android 9 dan 10 yang bisa Anda ketahui. Terlebih bagi beberapa HP lawas namun masih menggunakan OS Android 9 pada ponselnya, maka segeralah melakukan update system agar performa lebih meningkat.