Apa yang Baru di Android 11? Berikut Fitur Unggulannya!

Apa yang Baru di Android 11

Apa yang baru di Android 11 menjadi pertanyaan bagi pengguna ponsel yang masih menggunakan Android 10. Ada beberapa fitur unggulan pada OS kali ini mulai dari Conversation Notifications, Bubbles, Media Control, Voice Access, Device Control, Scoped Storage dan lain sebagainya.

Apa yang Baru di Android 11?

Setidaknya Android memiliki 15 fitur baru yang sebelumnya tidak Anda temukan di Android 10. Perbedaan Android 9 dan 10 tentu juga menjadi hal yang sama karena adanya fitur unggulan di Android 11 sebagai kelebihan dari versi sebelumnya.

1. Menu Tombol Power

Apa yang Baru di Android 11

Perubahan tampilan yang paling terlihat mungkin bisa Anda sadari di menu tombol power. Menu ini bisa muncul ketika Anda menekan tombol power. Dulunya hanya menampilkan opsi untuk melakukan restart pada HP, mematikan ponsel dan juga mengunci layar.

Namun saat ini, Google sudah memberikan lebih banyak fitur pada menu tersebut. Anda bisa menekan tombol power hanya untuk mengakses Google Play Credit. Semue jenis tiket apa saja dapat pengguna pesan melalui Google Play. Khususnya jika menjadi pengguna Samspung Pay, maka akan lebih memudahkan.

2. Media Player

Apa yang Baru di Android 11

Media Player milik Android 11 mendapatkan upgrade yang sungguh luar biasa. Saat ini, aplikasi pemutaran video dan musik sudah terintegrasi pada menu notifikasi yakni swipe down layar di sisi atas. Pengguna bisa mengatur pemutaran  dari Youtube melalui menu tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa dengan mudah mengatur perangkat apa saja yang akan menggunakan speaker. Kebutuhan pemutaran musik dan video menjadi lebih nyaman dan menenangkan. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk segera melakukan update system ke Android 11.

3. Bubbles

Apa yang Baru di Android 11

Fitur satu ini bisa membuat Anda merasa semakin mudah ketika hendak chatting dengan keluarga, teman atau bahkan pasangan. Pasalnya setiap nama chat dalam aplikasi lain bisa Anda minimize dan ubah bentuknya menjdai bubbles. Dengan begitu, Anda bisa memindahkannya ke mana saja saat berpindah aplikasi.

Fitur ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan Messenger di Facebook. Google sudah memberikan fitur yang sama dan mengintegrasikannya pada berbagai aplikasi perpesanan.

4. Notifikasi Lebih Rapi

Apa yang Baru di Android 11

Melalui Android 11, bar notifikasi saat ini tampil dengan lebih rapi. Hal ini bisa Anda gunakan setelah Google memberikan pengelompokan pada setiap pemberitahuan yang ada. Misalnya saja pada setiap pesan singkat akan masuk di kategori Conversation.

Selain itu, Google juga memberikan pengguna sebuah kesempatan guna mengatur tiap kelompok pada kategori yang berbeda mulai dari Priority, Default dan Silent. Kategori Silent ini bisa membuat segala jenis pemberitahuan tidak muncul pada notifikasi. Jadi Anda pun tidak akan terganggu saat sedang beraktivitas.

Baca juga : Perbedaan Android 9 dan 10

5. Screen Recording

Selama pemakaian ponsel, pengguna Android ternyata harus melakukan instalasi sendiri untuk kebutuhan perekaman layar. Namun saat ini, Android 11 hadir dengan fitur yang lebih canggih. Masalah ini tidak lagi terjadi. Pengguna hanya perlu swipe down saja pada layar guna memunculkan menu tersebut.

Setelah itu, akan tampak ikon untuk menggunakan menu screen recording. Jika Anda mengklik opsi tersebut, maka langsung bisa merekam layar. Pengguna dapat memilih beberapa pilihan perekaman mulai dari dengan suara atau hanya merekam media saja.

6. Pemberian Izin Akses pada Aplikasi yang Lebih Ketat

Tiap aplikasi saat in harus memerlukan akses di perangkat Anda. Misalnya saja untuk melakukan video call, maka aplikasi tersebut membutuhkan akses ke microphone dan juga kamera. Meski termasuk cukup krusial, tidak jarang juga aplikasi justru menyalahgunakan akses tersebut dalam mengambil data pengguna.

Berangkat dari masalah tersebut, Google pun memberikan sistem yang lebih ketat untuk pemberian akses setiap aplikasi. Kini pengguna bisa membuat semua aplikasi harus bertanya izin terlebih dahulu sebelum bisa mengakses hal tersebut setiap pemakaian oleh pengguna.

7. Penyimpanan Riwayat Notifikasi

Bagi Anda yang termasuk sebagai salah satu pengguna ponsel cukup ceroboh, tentu saja sering sekali mengabaikan pesan penting pada bar notifikasi. Kemungkinan lain adalah tidak sengaja menghapusnya padahal pesan tersebut cukup penting. Saat ini Android 11 sudah memiliki solusinya.

Hal ini karena Android 11 menyimpan riwayat notifikasi yang muncul di layar. Anda bisa masuk ke menu Settings, kemudian pili opsi App & Notifications. Masuklah ke menu Notifications History. Saat Anda menemukan notifikasi yang dicari, klik seperti biasanya dan pemberitahuan akan membawa pengguna masuk ke aplikasi.

8. Voice Access Lebih Canggih

Keunggulan Voice Access bisa membuat seluruh pengguna bisa mengatur HP hanya dengan menggunakan suara saja. Hal ini berbeda dari versi Android sebelumnya karena pengguna harus menyimpan beberapa suara jika ingin memerintahkan sesuatu kepada perangkat.

Di Android 11 sendiri, adanya kecerdasan buatan yang disematkan mampu mendengarkan suara pengguna dengan fungsi lebih canggih. Sistem ini memungkinkan perangkat bisa mendengar sekaligus memahami apa yang sedang disuarakan oleh user.

9. Pin Aplikasi pada Share Menu

Pengguna Android saat ini sudah bisa melakukan pin aplikasi pada beberapa aplikasi yang sering mereka gunakan di Share Menu. Kehadiran fitur baru ini tentu saja memudahkan Anda untuk mengaksesnya tanpa harus menggeser layar terlalu banyak.

Namun ternyata Share Menu ini pada masing-masing aplikasi Google berbeda mulai dari Google Maps, YouTube hingga Google Photos. Hal ini sedikit membuat bingung bagi pengguna. Setidaknya fitur baru tersebut membuat para user lebih mudah membandingkan dari versi Android sebelumnya.

10. Saran Aplikasi Lebih Beragam

Terakhir, adanya fitur baru berupa smart suggestions di aplikasi bisa membantu para pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Lewat Android 11, Google telah meningkatan kemampuan berdasarkan kebiasaan pemakaian HP.

Bahkan pengguna juga bisa membuat kolom sendiri berisikan Suggested App di laman home screen. Menu ini akan memudahkan setiap pengguna guna mengakses aplikasi yang sering Anda gunakan setiap harinya. Misalnya jika Anda setiap hari membuka WhatsApp dan Instagram.

Apa yang baru di Android 11 telah terjawab dengan beberapa kehadiran fitur di atas. Meski beberapa diantaranya masih harus mendapat pengembangan lagi seperti Share Page pada laman home screen. Namun sejauh ini, ada banyak sekali peningkatan oleh Google sehingga membuat pengguna merasa nyaman.