Analis Keamanan Informasi, Pengelola Keamanan Perangkat

Analis Keamanan Informasi
pexels.com

Analis keamanan informasi menjadi salah satu profesi penting saat ini. Keamanan jaringan komputer sangat penting bagi perusahaan atau organisasi.

Perusahaan tidak perlu khawatir saat jaringan komputer yang aman jika terjadi tindakan dari pihak tidak bertanggung jawab. Misalnya jaringan lebih stabil, aman, serta terhindar dari pembajakan. Dengan alasan tersebut, maka membutuhkan seorang security analyst.

Sesuai dengan namanya, pekerjaan tersebut yang berkaitan dengan keamanan lingkungan. Analis keamanan yang bertugas dalam menjaga keamanan jaringan komputer yang digunakan suatu perusahaan.

Tugas Seorang Analis Keamanan Informasi

Analis Keamanan Informasi
pexels.com

Pada zaman serba digital ini, information security analyst memiliki peran yang cukup besar. Terdapat begitu banyak permintaan akan posisi satu ini. Seorang analis keamanan informasi merupakan orang yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan perangkat informasi. Perusahaan, pemerintahan, militer, bahkan organisasi-organisasi non-profit, atau non-pemerintahan biasanya juga membutuhkan profesi ini.

Dalam kesehariannya, seorang analis keamanan memiliki beberapa tugas yang penting. Adapun tugas-tugas seorang analis keamanan, berikut ini.

Merancang, memantau, serta juga melaksanakan langkah keamanan. Hal ini yang bertujuan agar jaringan komputer bisa terlindungi dengan baik. Informasi perusahaan atau organisasi yang tersimpan tidak tersebar ke pihak lain. Mengontrol keamanan, kerahasiaan file digital, hingga beragam infrastruktur elektronik penting pada perusahaan.

Analis keamanan yang melakukan berbagai langkah, prosedur preventif serta melakukan langkah proaktif. Terlebih dalam menanggapi pelanggaran penggunaan komputer, virus jaringan, serta cyber crime.

Baca juga : Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Paling Banyak Dicari

Melakukan enkripsi transmisi data dan mengimplementasikan firewall sehingga informasi rahasia bisa tersimpan dengan baik. Selain itu, informasi penting perusahaan juga tidak akan terdeteksi oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Kemampuan yang Dimiliki Analis Keamanan Informasi

Bagi yang ingin melamar pada posisi ini, maka perlu memiliki beberapa kemampuan dalam mengamankan jaringan komputer. Berikut ini adalah kemampuan yang perlu pelamar miliki sebagai analis keamanan.

Mengetahui Ethical Hacking

Ethical hacking yang berguna untuk mencari celah sebuah jaringan demi kepentingan keamanan, baik pada jaringan sendiri, atau jaringan pihak lainnya. Namun, sebagai analis keamanan, melakukan ethical hacking terhadap sistem milik perusahaan. Sehingga bisa menganalisis ancaman serta mendapatkan solusi yang tepat.

Memahami Computer Forensic

Selanjutnya, seorang analis keamanan perlu memahami computer forensic. Sebaiknya tahu cara menemukan bukti atau jejak saat terjadi peretasan. Selanjutnya, menganalisis bukti atau jejak tersebut untuk bisa mengetahui pencegahan dan penanganan lebih lanjut.

Melakukan Reverse Engineering

Salah satu kemampuan penting seorang analis keamanan informasi yakni melakukan reverse engineering. Profesi ini penting untuk bisa memahami suatu aplikasi atau software bekerja, dan mengetahui bug atau issue yang mungkin terjadi. Sehingga saat terjadi permasalahan dari suatu aplikasi, maka akan mengetahui cara penanganannya.

Memahami Cyber Security

Tentu saja, saat membicarakan tentang keamanan data, seorang analis keamanan perlu memahami keamanan siber. Ancaman cyber saat terus meningkat, untuk itu seorang analis  perlu memiliki dasar serta tahu cara mencegah berbagai serangan digital.

Lulusan IT

Sebaiknya seorang security analyst adalah lulusan ilmu komputer, teknik informatika, atau bidang lainnya yang sejenis. Selain itu, Anda juga perlu memiliki beberapa sertifikasi pada bidang cyber security atau telah bekerja dua tahun pada bidang data serta IT.

Baca juga : Jenis Pekerjaan di Pertamina yang Dibuka untuk Semua Kalangan

Analis keamanan informasi memiliki peran sangat penting, sebab ada kaitannya dengan keamanan jaringan komputer yang digunakan. Secara tidak langsung, seorang analis juga menjaga keamanan setiap file rahasia suatu perusahaan.