Keindahan Penuh Tantangan Pantai Umbul Waru Blitar

Pantai Umbul Waru

Wisata Pantai Umbul Waru menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena memberikan keindahan berupa air terjun. Air terjun ini memiliki aliran yang langsung bermuara di lautan. Namun untuk mencapai ke lokasi pantai ini cukup sulit dan harus berjalan melewati bebatuan.

Pesona Pantai Umbul Waru

Pesona Pantai Umbul Waru
Source : https://sikidang.com/

Pantai Umbul Waru merupakan salah satu tempat yang menyajikan keindahan lengkap bagi pecinta wisata bahari. Terdapat pasir putih yang sangat lembut, air terjun, tebing, hingga laut dengan warna yang cantik. Berikut keindahan yang bisa pengunjung lihat selama berada di Pantai Umbul Waru, yaitu:

1. Tantangan Menuju Lokasi

Saat menuju ke pantai ini membutuhkan tenaga karena harus berjalan melewati jalan sempit serta berbatu. Namun akses jalan tidak terlalu susah karena sudah memiliki jalur sehingga pengunjung tidak akan kesulitan melewatinya. Selama mengikuti arahan dan berhati-hati maka akan mudah.

Selama perjalanan menuju ke pantai pengunjung disuguhkan pemandangan laut dari atas dan sekitar jalan dengan pepohonan serta rumput hijau. Dengan tantangan tersebut akan memberikan kepuasan dengan pesona yang sangat menawan dari Pantai Umbul Waru.

2. Perpaduan Air Terjun

Kecantikan pantai ini yang tidak bisa ditemukan di wisata lain adalah aliran air terjun yang langsung bersatu dengan laut. Pengunjung bahkan rela turun ke tebing untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan ini. Pesona air terjun sangat estetik dan akan bagus jika menjadi latar foto.

Untuk menuju ke lokasi air terjun bisa memakai sandal atau alas kaki yang memiliki bahan karet. Hal ini karena sekitar batu di sana cukup licin. Maka dari itu perlu hati-hati saat menuju ke tempat air terjun. Letak air terjun tidak terlalu sulit dijangkau karena masih disekitar bibir pantai.

3. Tebing yang Megah

Pantai ini tidak memiliki pasir yang luas sehingga pengunjung sering memilih berada di tebing untuk melihat jelas keindahan laut. Tebing yang ada di pantai ini sangat kokoh dan juga memiliki bentuk memukau. Biasanya pengunjung banyak berfoto di sekitar tebing ini.

Deburan ombak yang menerjang tebing membuat suasana menjadi tenang. Hal ini tidak bisa ditemui di kawasan perkotaan. Bahkan pengunjung akan merasa seperti berada di pantai pribadi. Untuk lebih menikmati indahnya pantai ini bisa menunggu hingga senja datang.

Lokasi dan Tiket Harga

Lokasi dan Tiket Harga
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Pantai Umbul Waru berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Tempai ini memberikan keindahan dengan air terjun yang semakin menambah pesona. Setelah melalui perjalanan jauh, semua lelah akan tergantikan dengan keseruan berada disini.

Tiket masuk ke pantai ini sekitar 5 ribu tiap orang. Dengan harga tersebut pengunjung sudah bisa menikmati pantai sepuasnya. Kendaraan roda dua akan dikenakan parkir sebesar 2 ribu. Sedangkan kendaraan roda empat sekitar 5 ribu.

Wisata ini dibuka 24 jam penuh jadi pengunjung bisa datang kapan saja. Apabila ingin melihat keindahan pantai dapat datang pada pagi atau sore hari. Pada siang hari lokasi pantai cukup panas karena pohon yang rindang di sekitar tidak terlalu banyak.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Umbul Waru

Rute Perjalanan Menuju Pantai Umbul Waru
Source : https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

Pantai Umbul Waru memiliki jarak sekitar 37 km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam tiga puluh menit. Ada banyak wisata yang tersedia di Kecamatan Bakung seperti Pantai Pangi, Air Terjun Tirto Galih dan masih banyak lagi.

Pengunjung bisa menikmati berbagai keindahan wisata dalam satu lokasi yang berdekatan. Dari Air Terjun Tirto Galih pengunjung bisa menuju ke arah jembatan hingga bertemu dengan pertigaan. Belok kiri sampai bertemu pos kamling dan menuju ke kanan hingga terlihat Pantai Umbul Waru.

Namun area pantai ini masih terbilang sempit sehingga tidak ada warung sekitar. Rumah warga juga cukup jauh dari lokasi. Apabila berada di pantai ini sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Kegiatan Selama Berada di Pantai Umbul Waru

Kegiatan Selama Berada di Pantai Umbul Waru
Source : https://dev.ibisnis.com/

Saat berada di tempat wisata terasa lengkap jika melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung bisa datang bersama teman atau keluarga. Semakin banyak orang akan menjadi ramai sehingga aktivitas lebih seru. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini, antara lain:

1. Bermain

Selama berada di Pantai Umbul Waru pengunjung bisa bermain sepuasnya mulai dari pagi hingga sore. Pengunjung bisa bermain pasir yang halus, bola dan permainan lain di sekitar pantai. Setelah bermain harus tetap menjaga kebersihan pantai.

Ombak yang berada di pantai ini lebih besar dan tinggi daripada wisata air lainnya. Hal ini menjadikan air laut lebih berbahaya. Maka dari itu disarankan untuk bermain air di waktu ombak surut. Dengan menikmati di atas tebing pengunjung tidak perlu khawatir akan deburan ombak.

2. Bersantai

bersantai
Source : https://i0.wp.com/

Pantai ini sangat cocok bagi pengunjung untuk menikmati waktu bersantai. Deburan ombak dan udara yang sejuk semakin menambah asri serta kedamaian di tempat ini. Dengan lokasi yang masih jarang wisatawan menjadikan tempat ini cocok untuk menikmati hiruk pikuk perkotaan.

Keindahan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter membuat pengunjung ingin merasakan kesegarannya. Namun untuk sampai kesana perlu kehati-hatian ekstra. Saat air laur surut, air terjun akan terlihat jelas dan mempesona.

3. Camping

Kegiatan yang sering dilakukan di pantai ini adalah camping. Dengan pasir lembut dan tidak bergelombang membuat pengunjung bisa bersantai di atas pasir atau mendirikan tenda di area ini. Dengan banyaknya pohon rimbun bisa menjadi pilihan untuk camping.

Suasana alam yang sejuk serta keindahan pantai saat malam hari semakin menambah kepuasan pengunjung selama berada disini. Saat malam akan terlihat jelas bintang-bintang di langit. Ditambah dengan api unggun semakin melengkapi suasana.

Tips Saat Berlibur ke Pantai Umbul Waru

Tips Saat Berlibur ke Pantai Umbul Waru
Source : https://mblitar.net/

Akses jalan yang cukup sulit membuat pengunjung akan kelelahan selama di perjalanan. Namun hal ini akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang berbeda dari pesona tempat lain. Tempat ini memiliki spot foto menarik seperti air terjun, tebing, dan karang.

Bagi pengunjung yang melakukan perjalanan jauh pasti akan merasa senang jika tempat ini berada dalam kondisi yang bagus. Maka dari itu pengunjung perlu memperhatikan hal ini sebelum dan saat berada di Pantai Umbul Waru, diantaranya:

  • Datang pada saat cuaca cerah karena bisa menikmati pemandangan alam dengan jelas
  • Saat musim hujan atau cuaca yang tidak mendukung maka bisa berkunjung di lain hari
  • Apabila berada di cuaca buruk, air laut yang ada di pantai akan lebih berbahaya
  • Bawa makanan dan minuman sendiri jika tidak ada warung di sekitar sana
  • Membawa peralatan bermain atau camping sendiri karena tidak ada penyewaan di area sekitar
  • Selalu menjaga kebersihan area

Demikian informasi mengenai Pantai Umbul Waru yang terkenal akan keindahan pantai dan air terjunnya. Bagi pengunjung yang ingin datang ke pantai ini harus mempersiapkan diri untuk turun melewati jalan bebatuan. Jarak berjalan dengan lokasi pantai tidak terlalu jauh.