Taman Wisata Bendungan Serut Blitar Tempat Menikmati Waktu Santai

Bendungan Serut

Blitar mempunyai banyak hal untuk dikunjungi salah satunya Bendungan Serut. Bendungan ini telah lama berdiri namun memiliki manfaat lain sebagai taman wisata bagi pengunjung yang ingin bersantai. Letak yang tidak jauh dari pusat kota menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Blitar.

Pesona Bendungan Serut

Pesona Bendungan Serut
Source : https://i0.wp.com/

Bendungan serut berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bagi masyarakat Blitar. Sekarang ini menjadi tempat wisata untuk menikmati waktu berlibur atau sekedar bersantai. Pemandangan pada sore hari sangat cocok bagi pengunjung untuk menenangkan pikiran.

Baca juga : Taman Jurug Goa Luweng Cahaya Surga dari Blitar

1. Suasana yang Tenang

Biasanya orang datang kesini untuk menikmati suasana yang sejuk dan asri dengan bersantai. Pengunjung bisa melihat pertunjukan air dari gazebo di sekitar bendungan. Hantaman air yang bisa mencapai ketinggian satu hingga lima meter sering menjadi spot foto menarik.

Tempat ini juga memiliki banyak pepohonan yang rindang sehingga nyaman untuk berteduh dari panas. Ada padang rumput sangat luas yang bisa bermanfaat sebagai tempat bermain seperti piknik, lari-larian, olahraga dan sebagainya. Banyak juga yang menggunakan sebagai bumi perkemahan siswa sekolah.

2. Taman Rekreasi

Tidak jauh dari lokasi bendungan terdapat taman yang memiliki banyak wahana bermain seperti ayunan, perosotan, dan sebagainya. Taman ini menyediakan bangku-bangku serta keindahan alam yang masih asri dan rindang, Di sisi samping taman terdapat ruko yang menjual berbagai makanan.

Pengunjung bisa menikmati waktunya duduk di pinggir bendungan sambil menyantap makanan. Ada lagi tempat kolam pemandian serta dermaga yang memiliki perahu sewaan. Wisata taman bisa dinikmati bersama keluarga atau teman yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan santai.

Sejarah Awal Bendungan Serut

Sejarah Awal Bendungan Serut
Source : https://mblitar.net/

Awal mula bendungan berdiri sekitar tahun 1982. Nama sebenarnya dari tempat ini yaitu Bendungan Lodoyo. Namun masyarakat sering menyebutnya sebagai Bendungan Serut karena berada di Dusun Serut. Pada bendungan ini memiliki tipe gerak dengan daya tampung efektif sekitar 5,0 x 106 m kubik.

Luas daerah genangan di bendungan ini sekitar 0,94 km persegi. Tempat ini berfungsi sebagai pembangkit listrik, mengatur debit air, mengendalikan banjir dan budidaya ikan. Banyaknya ikan yang ada di sungai bendungan biasanya menjadi salah satu tempat memancing bagi masyarakat.

Panjang jembatan bendungan sekitar 30 meter yang bisa menghubungkan dua desa. Ada banyak spot menarik yang bisa menjadi lokasi berfoto. Sekitar aliran sungai dikelilingi oleh rerumputan hijau yang bisa dijadikan alas untuk duduk sambil melihat sunset.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://i0.wp.com/

Taman wisata ini berada di Dusun Serut, Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore dengan membayar tiket masuk seharga 3 ribu per orang dewasa. Sedangkan bagi anak-anak hanya perlu seribu rupiah.

Selain itu terdapat biaya parkir sekitar 3 ribu untuk kendaraan roda empat dan dua. Dengan harga yang murah pengunjung bisa menikmati semua tempat di sekitar bendungan secara bebas. Berbagai aktivitas bisa dilakukan karena memiliki area yang cukup luas.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan luasnya bendungan maka bisa menyewa perahu dari warga lokal. Harga tiket perahu sesuai dengan kesepakatan dari pengunjung dan pemilik. Tempat parkir cukup luas jadi bisa menampung banyak kendaraan.

Rute Perjalanan Menuju ke Bendungan Serut

Rute Perjalanan Menuju ke Bendungan Serut
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Ada dua jalur yang bisa dilewati saat menuju ke tempat bendungan. Pertama melewati Karangtengah yang ada di Kota menuju timur hingga pertigaan lampu merah, ambil belokan kanan atau arah selatan. Setelah itu ambil jalan lurus hingga sampai ke Bendungan Serut.

Rute kedua, melewati jalan ke Kademangan menuju arah Kampung Coklat. Tidak jauh dari Kampung Coklat pengunjung belok ke utara atau kiri dan mengikuti petunjuk untuk sampai ke taman wisata. Jalur menuju Bendungan Serut cukup mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Maka dari itu pengunjung sering datang ke tempat ini sekedar healing dan menenangkan pikiran dari semua aktivitas. Panorama yang unik serta udara sejuk membuat tempat ini menjadi salah satu pilihan wisata bagi keluarga dan teman untuk mengobrol.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bendungan Serut

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di sana
Source : https://i0.wp.com/

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung saat datang ke taman ini. Dengan area yang luas dan padang rumput hijau cocok untuk berolahraga, bersantai dan melihat pemandangan bendungan serta pohon yang rindang. Berikut berbagai aktivitas di taman ini, antara lain:

1. Piknik

Salah satu tujuan dari pengunjung ke tempat ini adalah piknik. Tempat yang datar dan lembut membuat pengunjung nyaman duduk di atas tanah sekitar bendungan. Tidak perlu membayar mahal untuk sekedar menjalin keakraban dengan teman atau keluarga sambil piknik.

Pengunjung bisa membawa makanan dan minuman atau tikar sendiri saat melakukan piknik. Bisa juga membeli di warung sekitar yang banyak menjual berbagai menu makanan. Kebanyakan pengunjung piknik sambil membawa peralatan grill dengan latar bendungan, air sungai dan pohon hijau.

2. Bersantai

Taman ini cocok bagi pengunjung yang ingin melepaskan penat dari keramaian di kota. Tempat ini cukup asri dan nyaman untuk bersantai sambil melihat deburan air sungai yang menghantam bendungan. Bahkan pengunjung bisa melihat aktivitas masyarakat sekitar di area bendungan.

Saat air sungai tidak terlalu deras dan meluap pengunjung bisa bermain atau mencelupkan kakinya ke dalam. Air sungai cukup segar terlebih dengan keindahan saat matahari mulai terbenam. Awan yang berubah menjadi orange dengan paduan kuning, ungu, dan merah muda terlihat jelas dari sini

3. Memancing

Jika melewati jembatan bendungan seringkali melihat aktivitas memancing di area sungai. Salah satu yang bisa dilakukan untuk menikmati waktu dengan memancing ikan. Ada berbagai jenis ikan mulai dari yang kecil hingga besar karena aliran air berasal dari Sungai Berantas.

Biasanya masyarakat sekitar yang suka memancing di sekitar area bendungan. Pengunjung juga bisa menghabiskan waktu santai dengan ikut memancing. Namun pengunjung harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada tempat penyewaan di area sekitar.

Tips Mengunjungi Bendungan Serut

Tips Mengunjungi wisata
Source : https://i.ytimg.com/

Saat pengunjung melewati pintu gerbang akan tampak tiang bangunan yang berderet dengan megah dan kokohnya. Tiang ini terhubung sebagai jembatan untuk menghubungkan kedua desa yaitu Gogodeso dan Kuningan. Tujuan adanya tiang agar dapat membendung aliran air dari Sungai Brantas.

Derasnya air sungai sampai terdengar dari atas jembatan yang berusaha masuk bendungan. Tidak jarang air tersebut akan membuncah hingga ke atas dengan tinggi sekitar 5 meter. Maka dari itu untuk menikmati wisata taman ini bisa melakukan hal berikut yaitu:

  • Membawa peralatan piknik, memancing atau kebutuhan lain untuk menikmati waktu di tempat ini
  • Menjaga kebersihan area sekitar taman
  • Datang pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan pemandangan yang indah dan udara sejuk

Baca juga : Menikmati Taman Hammock Kediri di Bukit Dhoho Indah

Demikian informasi mengenai Bendungan Serut yang bisa dinikmati dengan harga masuk murah. Pemandangan yang menakjubkan terlebih saat sore hari semakin membuat waktu bersantai Anda menjadi lebih indah.