Berbagai Keindahan Wisata Gunung Kelud dari Setiap Sudut

Gunung Kelud

Ada banyak pesona yang ditawarkan oleh Gunung Kelud di setiap sudut bagiannya. Setelah perjalanan panjang menuju ke puncak, pengunjung akan disuguhkan oleh suasana asri, dingin dan sejuk dari atas gunung. Bahkan ada berbagai spot menarik yang bisa pengunjung rasakan selama berada di tempat ini.

Pesona Gunung Kelud

Pesona Gunung Kelud
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Jawa Timur. Dengan pemandangan hijau serta berbagai tempat menarik di area gunung ini seperti puncak dan kawah. Wisata ini sangat ramai pengunjung terlebih saat musim libur. Berikut beberapa spot menarik yang ada di Gunung Kelud:

1. Puncak Gunung Kelud

Salah satu tujuan dari para wisatawan ke tempat ini yaitu melihat keindahan Puncak Gunung Kelud. Ada beberapa perbedaan dari puncak setelah gunung ini meletus pada tahun 2014 dengan dahsyatnya. Ledakan hebat tersebut membuat terciptanya danau kawah yang indah di bagian puncak.

Keberadaan kawah semakin memancarkan keindahan gunung ini. Letak kawah ini berada diantara ketiga puncak gunung yaitu Kelud, Sumbung dan Gajah Mungkur. Pemandangan ketiga gunung bisa terlihat dengan jelas sambil berendam. Biasanya pengunjung datang atau melihat keindahan sunrise dari sini.

Baca juga : Destinasi Wisata Keluarga di Bukit Kura-Kura Ongakan Kediri

2. Kolam Air Panas

Ada sebuah sumber yang mengeluarkan air panas di Gunung Kelud. Mata air ini telah menyatu dengan sungai yang dingin sehingga membuatnya menjadi hangat. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati kolam air hangat ini. Terlebih saat pagi hari akan terasa lebih nikmat berendam di tempat ini.

Udara yang dingin berpadu dengan kehangatan kolam menambah kenyamanan. Tubuh akan menjadi jauh lebih rileks dan menghilangkan rasa lelah setelah berjalan mengelilingi Gunung Kelud. Pengunjung bisa berendam di kolam yang berasal dari alam sambil menikmati keindahan dan udara sejuk gunung.

3. Jalan Misteri

Jalan Misteri
Source : https://cdns.diadona.id/

Ada jalan yang memiliki keunikan bisa menggerakan kendaraan meskipun mesinnya mati. Apabila ingin menuju ke Gunung Kelud pasti akan melewati jalan ini. Ajaibnya jalan ini cukup menanjak sehingga menimbulkan banyak pertanyaan akan kejadian tersebut. Banyak orang menyebut sebagai jalan misteri.

Beberapa percobaan dilakukan di area jalan ini untuk membuktikan kebenarannya. Di samping itu pengunjung bisa menikmati kesegaran udara serta pemandangan alam yang penuh dengan keasrian pepohonan hijau. Meskipun perlu tenaga ekstra untuk berjalan ke lokasi Gunung Kelud.

4. Agrowisata Margomulyo

Saat Gunung Kelud meletus pada tahun 2014, tempat ini banyak mengalami kerusakan di area sekitarnya. Dalam upaya membangun kembali wisata ini, pemerintah membuat tempat menarik dengan membangun Agrowisata Margomulyo atau Taman Agrob. Taman ini berada di bagian wilayah Kediri.

Jalan masuk taman ini berada di dalam kawasan Gunung Kelud. Ada banyak jenis bunga yang tertata dengan rapi dan indah seperti mawar, krisan, dan lain-lain. Pemandangan kebun bunga ditambah dengan panorama gunung yang menakjubkan semakin membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Lokasi dan Tiket Masuk Gunung Kelud

Lokasi dan Tiket Masuk Gunung Kelud
Source : https://i.ytimg.com/

Gunung Kelud berada di tiga lokasi yang berbeda karena merupakan area perbatasan dari Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang. Jika melalui Blitar, Gunung Kelud terletak di Ringinrejo, Kecamatan Garum. Untuk berkunjung ke sini lebih baik pada pagi hari agar bisa menikmati pesonanya.

Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Apabila datang pagi hari pengunjung juga memiliki banyak waktu untuk eksplore semua area untuk menikmati pemandangan yang lebih menakjubkan di Gunung Kelud. Ada banyak hal indah yang bisa dinikmati selama berada di tempat ini.

Tiket masuk ke wisata Gunung Kelud mulai dari 10 ribu. Bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan bisa lebih mudah menggunakan jasa ojek dengan membayar sekitar 40 sampai 50 ribu sudah termasuk penjemputan. Pengunjung juga bisa berjalan kaki dengan jarak sekitar 2 km menuju kawah.

Rute Pendakian Menuju Gunung Kelud

Rute Pendakian Menuju Gunung Kelud
Source : https://travelspromo.com/

Pengunjung yang ingin melakukan pendakian diharuskan mendaftarkan diri terlebih dahulu. pendaftaran simaksi terbuka setiap harinya mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam. Untuk mendapatkan pemandangan secara maksimal bisa berkunjung pada musim kemarau. Keindahan kawah dan puncak terlihat jelas.

Apabila melewati via Tulungrejo Kabupaten Blitar bisa mengambil jalur menuju Desa Wlingi ke Pasar Semen. Jalur ini cukup menanjak hingga sampai ke basecamp dengan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan. Pendaki bisa melakukan penyewaan kendaraan menuju basecamp jika ingin lebih mudah.

Rute kedua, via Karangrejo melalui Kota Blitar dengan menempuh perjalanan ke Garum menuju utara sampai ke Kantor Desa Karangrejo. Akses jalur ini cukup sulit mulai dari jalan berbatu, berpasir, curam dan beraspal. Maka dari itu banyak pendaki lebih memilih melewati via Tulungrejo karena cepat.

Kegiatan Selama Berada di Gunung Kelud

Kegiatan Selama Berada di Gunung Kelud
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Gunung Kelud memiliki banyak spot yang indah dan pemandangan menarik untuk dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati berbagai hal selama di tempat ini. Mulai dari mendaki, melihat kebun bunga, dan menikmati pemandangan melalui puncak. Berikut aktivitas selama di Gunung Kelud, antara lain:

1. Pendakian ke Puncak

Pendakian di Gunung Kelud menjadi salah satu incaran pengunjung untuk melihat pemandangan indah dari area ini. Kesejukannya membuat siapapun ingin berkunjung terlebih sampai ke puncak. Untuk melakukan pendakian bisa melewati dua jalur yaitu via Karangrejo dan Tulungrejo.

Kedua jalur ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak pendaki yang lebih memilih melewati via Tulungrejo karena jalur cukup pendek dan mudah aksesnya. Apabila melalui via Karangrejo memiliki akses yang cukup sulit serta jalanan curam dan jalur lebih panjang.

2. Berjalan-Jalan Santai

Berjalan-Jalan Santai
Source : https://travelspromo.com/

Saat berada di lokasi, pengunjung bisa memilih menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Apabila ingin menikmati panorama gunung secara lebih maksimal maka bisa berjalan kaki menuju ke puncak untuk melihat kawah dan pemandangan yang lebih indah.

Hanya memerlukan jarak sekitar 2 km untuk sampai ke tempat. Selama di perjalanan pengunjung tidak akan merasakan lelah karena hanya ada keindahan sekitar dan udara yang sangat segar. Sebaiknya pengunjung menggunakan baju yang cukup tebal dari biasanya untuk menjaga tubuh tetap hangat.

3. Berendam di Kolam Air Panas

Setelah menempuh perjalanan yang panjang, tubuh akan terasa lelah dan pegal. Pengunjung bisa merasakan sensasi berendam di air hangat yang ada di sana. Air ini merupakan sumber yang terbentuk dari gunung langsung. Tempat ini berupa area kolam dengan campuran air panas dan dingin.

Terlebih udara yang dingin akan semakin memanjakan pengunjung untuk berada di kolam air panas. Maka dari itu jika sedang berada di Gunung Kelud harus merasakan kehangatan dari air ini. Lokasinya tidak terlalu jauh dari puncak. Kehangatan air ini karena telah menyatu dengan sungai yang dingin.

Baca juga :  Pemandangan Alam Bukit Teletubbies Blitar

Demikian informasi seputar Gunung Kelud yang dapat dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Apabila pengunjung ingi melakukan pendakian bisa melakukan pendaftaran simaksi yang buka mulai pagi hingga tengah malam setiap harinya.