Wisata Unggulan Desa Semen Puncak Sekawan Blitar

Puncak Sekawan

Blitar saat ini tengah mengembangkan sebuah Puncak Sekawan yang terkenal akan keindahannya dan area camping. Hal ini untuk membangun pariwisata yang berbeda dari sebelumnya serta meningkatkan perekonomian warga setempat. Pemerintah turut aktif membantu dan memberikan dukungan.

Sejarah Berdirinya Puncak Sekawan

Sejarah Berdirinya Puncak Sekawan
Source : https://desasemen.com/

Saat ini Puncak Sekawan digunakan sebagai tempat wisata yang baru diresmikan tahun 2023 oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah. Dulunya tempat ini merupakan kawasan hutan warga. Hutan ini berfungsi sebagai produksi getah pinus. Lokasi tersebut masih belum terkenal dan hanya warga sekitar yang tahu.

Oleh karena itu banyaknya potensi dari area hutan maka pada tahun 2018 karang taruna Desa Semen melakukan sebuah inovasi untuk membuat sesuatu di bidang pariwisata. Hal ini agar Desa Semen bisa meningkatkan pariwisata yang nantinya berdampak pada perekonomian dan pembangunan desa.

Baca juga  : Wisata Pendakian Puncak Tertinggi Gunung Butak Blitar

Maka nama Puncak Sekawan memiliki makna akan hasil kerja keras serta ide dari kawan-kawan Desa Semen. Sejak pembangunan hingga sekarang wisata ini terus meningkatkan fasilitas serta spot menarik agar banyak pengunjung datang menikmati suasana alam yang indah dari atas.

Pesona Puncak Sekawan

Pesona Puncak Sekawan
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Wisata Puncak Sekawan menjadi salah satu tempat andalan bagi Desa Semen. Desa ini baru saja mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 termasuk Puncak Sekawan yang memberikan pemandangan alam menakjubkan dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

1. Keindahan Alam

Tempat ini memiliki ketinggian 711 mdpl yang berada di tengah Pegunungan Kawi dan Gunung Kelud. Kedua gunung ini serta beberapa tempat lainnya dapat terlihat jelas dari Puncak Sekawan. Pohon pinus yang melengkapi keindahan tempat ini semakin membuat suasana terasa rindang dan sejuk.

Sepanjang perjalanan masuk ke Puncak Sekawan pengunjung akan melihat berbagai pemandangan hijau serta birunya langit yang terasa sangat dekat. Ada area hutan pinus yang memiliki fungsi sebagai tempat foto atau menikmati bersantai sambil melihat pepohonan asri.

2. Area Camping

Desa Semen memberikan berbagai pelayanan yang memanjakan pengunjung di Puncak Sekawan. Apabila ingin melakukan camping tidak perlu membawa peralatan dari rumah apalagi jarak yang jauh. Tempat ini akan menyediakan sewa perlengkapan camping serta paket wisata lain.

Adapun paket camping agar pengunjung lebih mudah menikmati fasilitas wisata ini berupa camp fun dengan harga mulai dari 75 hingga 150 ribu per orang. Paket ini sudah termasuk dalam tenda, makan dua kali, jajan, ke cafe gunung, tiket masuk, parkir, wifi dan asuransi

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://radartulungagung.co.id/

Puncak Sekawan terletak di Dusun Parang, Desa Semen, Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Saat masuk ke lokasi wisata pengunjung harus melewati 225 anak tangga untuk bisa sampai ke atas. Tangga yang ada tidak terlalu menanjak sehingga mudah untuk dilalui bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Tiket masuk ke wisata Puncak Sekawan 10 ribu per orang sudah bisa menikmati semua spot yang indah. Ada biaya parkir untuk setiap kendaraan sebesar 5 ribu. Tempat parkir yang ada cukup luas sehingga tidak perlu khawatir karena bisa menampung banyak jenis kendaraan.

Sebelum memasuki ke area ini pengunjung akan melewati akses jalan yang tidak cukup lebar sehingga perlu kehati-hatian jika membawa mobil. Meskipun berada di puncak, pengunjung tidak perlu khawatir akan kehilangan sinyal dan sulit bisa mengakses jaringan internet karena wisata ini menyediakan wifi.

Rute Menuju ke Puncak Sekawan

Rute Menuju ke Puncak Sekawan
Source : https://cdn-1.timesmedia.co.id/

Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat ini kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Medan yang harus dilewati cukup sulit namun masih bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Hanya perlu melalui jalan yang berkelok-kelok serta makadam jika sudah masuk ke area Desa Semen.

Untuk sampai ke Puncak Sekawan bisa menuju ke arah Kecamatan Wlingi hingga tiba di pertigaan Rumah Sakit Ngudi Waluyo, lalu belok kiri dan berjalan mengikuti arah Desa Semen. Setelah sampai ke Desa Semen akan ada petunjuk jalan ke Puncak Sekawan. Pengunjung bisa mengikuti jalur tersebut.

Selama perjalanan pengunjung akan melihat berbagai pemandangan alam sekitar serta pemukiman warga yang mengingatkan dengan suasana asri dari desa. Meskipun medan yang dilewati cukup sulit namun setelah sampai ke tempat wisata ini pengunjung akan segar kembali.

Kegiatan Selama Berada di Puncak Sekawan

Kegiatan Selama Berada di Puncak Sekawan
Source : https://assets-a1.kompasiana.com/

Semua hal tersedia di Puncak Sekawan mulai dari paket wisata, fasilitas lengkap, dan parkir luas. Maka dari itu pengunjung tidak akan pernah bosan datang ke sini menikmati semua spot yang ada. Hanya membayar dengan harga murah pengunjung bisa mendapatkan keindahan tiada tandingan.

1. Camping

Pada kawasan Puncak Sekawan terdapat area camping yang luas. Pengunjung yang ingin mencoba pendakian secara sederhana bisa datang ke wisata ini. Dengan pemandangan indah dari atas akan memanjakan mata dan pikiran menjadi lebih fresh kembali.

Bahkan pihak wisata menyediakan penyewaan untuk peralatan camping. Ini semakin memudahkan pengunjung yang tidak mau repot membawa banyak alat camping dan pastinya berat. Ada juga pilihan paket menarik untuk menikmati waktu camping pengunjung termasuk makan dan gratis semua fasilitas.

2. Nongkrong di Cafe Puncak

Puncak Sekawan memiliki cafe yang sangat cantik dengan view langsung dari alam. Pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dan sejuk dari atas cafe dengan minum dan makan. Cafe ini memiliki menu beraneka macam yang bisa dipilih dan pastinya dengan harga terjangkau.

Suasana Puncak Sekawan akan lebih indah saat sunset. Hal ini banyak diincar oleh pengunjung. Sunset akan terlihat jelas dari cafe sambil menikmati makanan dan minuman yang ada. Untuk mengerjakan tugas agar tidak jenuh, wisata ini bisa menjadi pilihan yang bagus melepas stress.

3. Bersantai

Suasana yang sejuk dan hijau memenuhi area wisata ini. Pengunjung bisa bersantai, nongkrong, piknik, dan camping bersama keluarga atau teman. Pengembangan wisata ini terus dilakukan agar bisa semakin maju dan menarik perhatian para wisatawan baik dalam negeri maupun luar.

Dari puncak wisata pengunjung bisa melihat empat gunung yaitu Kelud, Kawi, Gogoniti, dan Gedang. Tidak semua jalan di wisata ini mendapatkan perbaikan karena masih proses pembangunan. Hal ini justru memberikan tantangan tersendiri bagi pengunjung dan menjadi hal menarik.

4. Spot Foto

Spot Foto
Source : https://cdn.suaranetwork.com/

Proses pengembangan Puncak Sekawan terus dilakukan untuk mencapai tahap sempurna. Namun sudah banyak yang berkunjung ke tempat ini melihat pemandangan dari atas puncak. Untuk menarik perhatian yang lebih lagi pemerintah terus melakukan promosi melalui media sosial.

Maka dari itu pengunjung perlu memposting kegiatan selama di Puncak Sekawan untuk memperkenalkan ini wisata agar lebih masif. Hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan serta perekonomian rakyat. Semua usaha terus masyarakat lakukan untuk membangun Desa Semen.

Baca juga : Desa Belanda Blitar Sebutan Unik Kebun Kopi Karanganyar Blitar

Demikian informasi seputar Puncak Sekawan yang menyediakan berbagai spot menarik. Wisata ini akan terus memperbaiki kualitas yang ada. Pemandangan yang indah akan membuat pengunjung ingin berlama-lama menikmati suasana di tempat ini.