Keunggulan Android 10, Semakin Kekinian

Keunggulan Android 10

Keunggulan Android 10 digadang-gadang berhasil membuat orang-orang tertarik untuk melakukan pembaruan dari Android 9. Walau sistem milik Android 10 ini hanya bisa diakses oleh Google Pixel user saja, namun seiring berjalannya perilisan, ada banyak perangkat dapat menggunakannya.

Keunggulan Android 10

Pembaruan baru akan terasa apabila sebelumnya Anda merasakan adanya celah pada keamanan sehingga membuat pengguna bisa saja bertemu dengan resiko peretasan. Android 10 menjadi kabar baik bagi pengguna. Harapan besarnya adalah sistem mampu menutupi kekurangan dari sebelumnya.

1. Smart Replies

Keunggulan Android 10

Fitur ini sebenanya sudah ada dari sistem keluaran kesebelumnya. Namun pada kehadiran OS kali ini, ada pembaruan yang muncul. Jika sebelumnya Anda bisa menggunakan fitur smart replies guna memilih chat pesan yang telah ditentukan, lain halnya dengan salah satu keunggulan Android 10 kali ini.

Sistem operasi terbaru milik Android 10, smart replies mampu mengenali tautan video YouTube, Google Maps dan URL lainnya yang tersemat pada pesan obrolan. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa beralih ke aplikasi lain dan tetap bersangkutan langsung melalui pemberitahuan pop up.

Baca Juga : Cara Upgrade Android 11 ke 12

2. Tampilan Mode Gelap

Keunggulan Android 10

Tren dark mode memang sedang banyak digunakan dimana-mana. Namun ternyata hadirnya mode gelap ini bukan sekedar style baru. Mode ini memiliki fungsi lain mampu mengurangi pemakaian daya baterai. Selain itu, juga akan berdampak positif apabila Anda menggunakan ponsel seharian.

Dengan tampilan mode gelap tersebut mampu menurunkan beban mata selama terpapar oleh cahaya HP terlalu lama. Lewat Android 10 ini, pengguna dapat mengaktifkan tampilan gelap tersebut. Anda tinggal masuk ke menu Settings lalu pilih Display kemudian aktifkan menu Dark Theme.

3. Mengubah Notifikasi Menjadi Mode Hening

Keunggulan Android 10

Banyaknya tumpukan pesan dan kerjaan mungkin saja membuat notifikasi HP Anda memiliki banyak sekali pemberitahuan dalam waktu bersamaan. Baik berupa pesan, email hingga panggilan telefon. Tentu saja jika notifikasi tersebut muncul berlebihan, akan mengganggu konsentrasi pemilik ponsel.

Keadaan ini akhirnya membuat sistem operasi Android 10 memberikan terobosan baru dalam menangani suara pemberitahuan tersebut. Saat ini Anda bisa mengaktifkan notifikasi hening sebagai solusi permasalahan tersebut. tidak hanya membuatnya dalam mode getar saja, ponsel juga tidak akan menyala agar tetap konsentrasi.

4. Akses Jaringan WiFi yang Lebih Mudah

Keunggulan Android 10

Kebutuhan akan menggunakan jaringan internet memang terasa meningkat. Dengan begitu, kehadiran WiFi jauh lebih Anda gunakan daripada memakai data internet. Namun beberapa pengguna ponsel biasanya masih menjumpai kegagalan setelah memasukkan kata sandi karena adanya kekeliruan.

Terkadang ejaan kata sandi yang terlalu sulit membuat Anda harus mencoba beberapa kali dalam memasukkan password tersebut. Namun sepertinya, Anda wajib mengucapkan perpisahan pada masalah ini. Android 10 hadir memberikan kemudahan untuk menggunakan QR Code sehingga hanya perlu scan saja.

5. Caption Live Video

Keunggulan Android 10

Salah satu keunggulan Android 10 juga hadir dalam bentuk caption live video. Tampilan satu ini mampu membuat Anda lebih merasa tertarik untuk memperhatikannya. Pasalnya fitur tersebut bisa membantu bagi siapa saja untuk memahami suara apa yang keluar dari video melalui keterangannya.

Keterangan ini akan muncul layaknya sebuah subtitle atau terjemahan yang ada di film. Melalui fitur tersebut, video tetap berjalan dan bisa Anda pahami meski tanpa suara. Menariknya lagi, fitur ini dapat pengguna aktifkan meski tidak terhubung pada jaringan internet.

6. Kelola Privasi yang Lebih Mudah

Bukan hanya menghadirkan tampilan saja yang lebih kekinian, Android 10 saat ini juga mendukung privasi penggunanya jadi lebih terjamin. Pembaruan tersebut mampu membuat pengaturan keamanan di ponsel Anda sejalan pada apa yang telah Anda akses pada laman Google.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan masuk di menu Pengaturan lalu memilih menu Privasi Tingkat Lanjut. Sebagai pengguna, maka bisa mengakses kontrol aktivasi. Fitur ini bisa membuat user menggunakan cara lebih baik bagi Google melacak siapa penggunanya.

7. Peningkatan Sound Amplifier

OS Android 10 ternyata juga memberikan berbagai jenis kelebihan dari fitur mereka yang telah hadir. Salah satu keunggulan Android 10 pun memberikan pembaruan pada peningkatkan kualitas audio. Google kali ini sudah meningkatkan kualitas Sound Amplifier pada salah salah satu fiturnya.

Meski yang pengguna tahu, di Android 6 ke atas telah tersedia sebagai unduhan secara terpisah. Menu tersebut mampu membuat Anda meminimalkan suara-suara lain yang rasanya sedikit mengganggu. Fungsi lainnya adalah bisa meningkatkan suara penting di sekitar untuk didengarkan.

8. Mengecek Waktu Baterai Habis

Kerap kali Anda mengalami kehabisan baterai ketika sedang melakukan kegiatan. Saat pengguna ponsel memang membawa power bank, hal ini bukan menjadi masalah besar. Namun jauh lebih membantu jika pengguna tahu kapan waktu baterai habis sehingga tidak kaget jika tiba-tiba ponsel mati.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Android 10 sudah menghadirkan informasi berupa kapan HP akan mati. Anda bisa mengetahui perkiraan waktu baterai bisa bertahan. Jadi nantinya salah satu keunggulan Android 10 ini dapat membantu menampilkan persentase baterai sekaligus waktu bertahan.

9. Update Panel Share

Panel Share milik Android 10 telah mendapat pembaruan. Bukan hanya membuka dalam waktu lebih singkat karena beberapa rekayasa tweak, namun Google telah mengaturnya agar jauh lebih canggih guna mempromosikan orang serta aplikasi yang ingin Anda bagikan.

Anda pun juga bisa mengecek yang sebenarnya sedang dibagikan dalam menu percakapan. Hal ini bisa berupa gambar atau dokumen lainnya. Hal ini karena Android 10 mampu menunjukkan thumbnail kecil berada di sebelah opsi berbagi.

10. Lebih Mudah Mengganti Warna Tampilan Aksen HP

Keunggulan dari Android 10 lainnya yang bisa Anda nikmati adalah kemudahan untuk mengganti warna aksesn HP. Apabila selama ini sudah merasa bosan pada tampilan sebelumnya karena terkesan hitam putih, maka saat ini bisa mengubahnya menjadi warna lebih menarik.

Pasalnya Android 10 hadir dengan opsi range warna. Melalui pembaruan tersebut, pastinya akan membuat Anda tidak mudah bosan terhadap tampilan Android Anda. Jika tertarik mencoba fitur ini, pengguna bisa masuk ke menu Build Number selanjutnya memilih opsi Accent Color.

Keunggulan Android 10 di atas mungkin akan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk segera melakukan pembaruan. Namun tetap saja keunggulan Android 11 dibanding Android 10 dan versi sebelumnya memang selalu mengalami peningkatan.