5 Cara Usaha Ternak Kambing yang Harus Pemula Ketahui

Usaha Ternak Kambing
istockphoto.com

Usaha ternak kambing juga sama halnya menjalankan ternak ayam. Namun yang membedakan hanya ukuran kandang serta hewan ternaknya. Kambing juga sebagai hewan ternak setelah ayam paling banyak orang Indonesia minati. Kambing sendiri terdapat banyak jenis .

Setiap jenis tentu memiliki nilai lebih dan keunggulan tersendiri bagi para peternaknya. Harga jual kambing juga terbilang mahal. Sebab dari tahu ke tahun tidak akan mengalami perosotan harga, justru mengalami kenaikan harga.

Apalagi jika pada saat hari Idul Adha. Sudah pasti para peternak memiliki keuntungan yang menjanjikan. Nah, bagi Anda yang baru mulai ingin membuka usaha ternak hewan kambing harus tahu cara benar untuk menjalankannya.

Cara Menjalankan Usaha Ternak Kambing yang Benar

Usaha Ternak Kambing
istockphoto.com

Cara menjalankan dan memulai usaha ternak kambing bukan hal mudah untuk dilakukan. Jika Anda para pemula melakukannya dengan teknik tidak tepat Sudah pasti nanti hasil dari usaha ini akan rugi dan tidak berjalan lancar.

Untuk menghindari semua itu harus tahu cara menjalankan bisnis ternak yang benar. Menjalankan bisnis ternak benar itu harus memperhatikan dan banyak memikirkan banyak pertimbangan. Jangan hanya secara asal-asalan yang penting memiliki bibit ternak saja. Kebanyakan peternak pemula tidak memperhatikan pertimbangan lain jika sudah memilih bibit ternak. Hal itulah membuat Anda rugi di tengah jalan.

Berikut tips menjalankan bisnis ternak kambing:

1. Memilih Lokasi Kandang Kambing

Cara pertama yang harus Anda siapkan dalam memilih lokasi hewan ternak kambing. Biasanya di Indonesia ternak kambing bisa Anda lakukan dimana saja. Baik itu di dataran tinggi atau bahkan dataran rendah.

Akan tetapi Anda juga harus memastikan beberapa hal lain ketika hendak memulai bisnis ternak kambing. Jangan memilih lokasi tergenang air. Usahakan pilihlah tempat dan jalan agak jauh dari pemukiman warga. Anda juga jangan memilih tempat yang gelap, lebih baiknya pilihlah tempat dengan pancaran sinar matahari. Agar hewan juga bisa menghirup udara segar.

2. Pilihlah Bibit Kambing

Memilih bibit kambing menjadi point tersier dan harus Anda pertimbangkan dengan matang. Jika Anda salah memilih bibit kambing maka usaha jalanya ternak akan tidak maksimal. Pilihlah bibit kambing yang memiliki kualitas dan nilai tinggi. Meskipun mahal jika kualitas bagus hal itu menjadi pilihan tepat. Selain kualitas kambing, Anda juga harus memperhatikan jenis kambing.

Anda dapat memilih jenis kambing sesuai dengan tujuan Anda memulai menjalankan usaha ini. Apakah untuk menghasilkan susu atau daging. Jika tujuan Anda sudah pasti, maka tinggal memilih jenis kambing mana yang cocok untuk Anda kembangkan.

4. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Tentu saja kesehatan hewan harus Anda perhatikan. Perawatan ini perlu Anda perhatikan sebab hewan terhindar dari serangan penyakit. Sehingga hewan akan selalu sehat dan kuat untuk Anda ternakan. Jika tidak melakukan perawatan maka jalannya bisnis akan berhenti ditengah jalan. Perawatan sebagai langkah berikutnya untuk memulai usaha ternak hewan kambing. Hewan ternak yang sehat akan memperbanyak keuntungan bagi Anda sendiri.

5. Pembuatan Kandang Kambing

Ketika membuat kandang kambing pilihlah menggunakan material berkualitas. Agar kandang bertahan awet dan tahan lama. Sehingga Anda tidak cepat mengatasi kandang yang baru. Untuk bagian atapnya bisa memilih atap tidak menimbulkan panas berlebihan. Sementara luas dari kandang juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.  Pisahkan antara kambing induk dengan kambing pejantan. Untuk ternak kambing dewasa ukuran pas kandangnya adalah 1 hingga 15 meter persegi.

Baca juga : Ternak yang Menguntungkan dengan Prospek Cerah, Layak Coba

5 usaha ternak kambing tersebut menjadi tips dan cara yang benar dalam membuat bisnis ternak kambing. Bagi para pemula harus mencari dan menerapkan cara tersebut ketika ingin menjalankan usaha ternak.