Apakah Twitter Boros Kuota? Ini Cara Aktifkan Penghemat Data Twitter!

Twitter memang menjadi media sosial yang populer di Indonesia.  Tidak hanya melihat tulisan, di platform ini pengguna bisa menemukan berbagai informasi. Misalnya dengan melihat gambar, video, atau audio. Karena hal tersebut, apakah Twitter boros kuota?

Mengenal Twitter

Perlu Anda ketahui, Twitter merupakan aplikasi yang rilis tahun 2006. Dipelopori oleh Jack Dorsey, Twitter makin hari penggunanya semakin bertambah. Sampai saat ini pun apabila ada berita trending, Twitter selalu jadi yang pertama.

Bukan hanya soal postingan feed berupa foto atau video. Di Twitter ada banyak informasi seperti politik, agama, hiburan maupun cerita menarik lainnya. Ada berbagai fitur menarik di platform, salah satu yang paling umum adalah Tweet (kicauan).

Baca juga : Cara Repost Video Twitter 

Istilah ini muncul ketika ada pengguna yang memposting tulisan maupun media di Twitter. Media sosial ini juga punya fitur pertemanan yang disebut followers (pengikut). Layanan ini membuat pengguna lain mendapatkan informasi atau tweet baru dari yang di follow.

Apakah Twitter Boros Kuota?

Di balik kepopuleran Twitter banyak pengguna yang masih bertanya-tanya apakah Twitter boros kuota. Pasalnya, pengguna tersebut merasa kuota cepat habis saat eksplor laman utama media sosial ini. Padahal kalau Anda lihat, aplikasi ini lebih banyak tulisan dari pada platform lain.

Sebut saja Instagram yang memang menjadi aplikasi untuk membagikan feed berupa foto atau video. Selain itu tidak banyak pengguna Twitter yang membagikan media kecuali Anda mengikuti akun sosial.

Nah dari sini dapat Anda ketahui sebenarnya boros atau tidaknya kuota tergantung dari penggunanya. Misalnya saja menggunakan Twitter untuk menonton video. Sudah jelas aktivitas tersebut membuat kuota cepat habis.

Baca juga : Cara Melihat Trending Twitter dan Daftar Tweet dari Jutaan Pengguna

Cara Hemat Data Twitter

Terlepas dari boros atau tidaknya pemakaian Twitter. Ternyata ada cara instan untuk menghemat penggunaan data. Selain itu, fitur ini juga sudah tersedia di aplikasi tersebut tanpa perlu platform lainnya sehingga pengguna bisa mencegah pengeluaran kuota internet yang terlalu banyak.

1. Cara Hemat Data Twitter untuk Android

Twitter memang tidak bisa pengguna akses tanpa koneksi internet. Kendati demikian, penggunaan data nyatanya bisa di minimalisir. Bukan hal sulit, begini agar tidak boros saat eksplor Twitter.

  • Buka aplikasi Twitter versi baru
  • Masuk ke akun pribadi
  • Klik foto profil di kiri atas

foto profil

  • Pilih Pengaturan dan Dukungan

Pilih Pengaturan dan Dukungan

  • Selanjutnya klik Pengaturan dan Privasi

Selanjutnya klik Pengaturan dan Privasi

  • Cari opsi Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa

Cari opsi Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa

  • Pilih menu Penggunaan Data

Cari opsi Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa

  • Aktifkan tombol Penghemat data

  • Selesai

2. Cara Hemat Data Twitter Dengan Twitter Lite

Bagi pengguna setia Twitter perlu tahu bahwa platform ini ada versi lite. Memiliki layanan ini akan membantu pengguna mengatur gambar mana yang ingin mereka lihat. Anda juga tetap bisa lakukan cara repost video Twitter. Bukan sebuah aplikasi, begini cara aktifkan Twitter Lite.

  • Masuk ke platform Twitter
  • Masuk ke akun personal
  • Klik foto profil di kiri atas

  • Aktifkan opsi Data Saver

  • Seluruh gambar akan buram
  • Klik load image untuk melihat gambar

Efek Aktifkan Penghemat Data Twitter

Ketika Anda mengaktifkan penghemat data di Twitter, tentu ada imbas atau efek yang akan pengguna terima. Penasaran, inilah yang terjadi saat data saver aktif.

1. Kualitas Foto Menurun

 

Efek pertama yang akan terjadi adalah menurunnya kualitas foto di halaman Twitter. Sedangkan mereka yang menggunakan Twitter Lite, gambar akan buram. Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan data. Di mana banyak habis untuk melihat media alih-alih tulisan.

2. Kuota Lebih Hemat

 

Perlu Anda ketahui bahwa boros atau tidaknya data sebenarnya tergantung pemakaian. Akan cepat habis jika pengguna banyak menonton acara live atau video dalam durasi cukup lama. Sama seperti media sosial lainnya yang menghabiskan kuota internet untuk melihat media.

3. Putar Video Otomatis Nonaktif

 

Jika biasanya gambar dan video akan nampak secara jelas dan memutar otomatis. Saat aktifkan penghemat data fitur tersebut tidak akan berfungsi. Artinya, pengguna bisa mengatur sendiri mana yang tidak dan ingin mereka lihat. Sebuah keuntungan tersendiri.

Baca juga : Kuota Unlimited Telkomsel Bisa Digunakan Apa Saja? Dan Cara Daftar Data Unlimited?

Itulah beberapa hal mengenai apakah Twitter boros kuota. Mengingat platform microblog ini lebih banyak memuat tulisan dari pada media. Terlepas dari itu, semua kembali lagi ke penggunaan. Agar lebih terkendali, aktifkan penghemat data dengan cara di atas.