Rekomendasi dan Ide Bisnis Kreatif untuk Pemula

Ide Bisnis Kreatif
unsplash.com

Ide bisnis kreatif memang cukup beragam sekarang ini. Berbisnis dengan ide-ide yang cukup unik bisa mendatangkan banyak keuntungan jika Anda mampu mengelolanya dengan baik. Ide bisnis bisa saja muncul dari kreativitas diri atau berawal dari hobi. Dengan manajemen yang tepat bisnis kreatif bisa berkembang luas.

Manajemen perusahaan adalah proses dimana perusahaan merencanakan, mengatur, mengarahkan operasi dan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Dengan begitu, banyak hal berbeda yang terjadi. Selain itu, lingkungan bisnis terus berubah. Oleh karenanya, manajemen bisnis memegang peranan penting.

Ide bisnis kreatif memang menjadi incaran bagi mereka yang baru akan memulai sebuah bisnis ada banyak ide yang bisa Anda kembangkan untuk berbisnis. Kreativitas adalah hal terpenting dalam sebuah bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : Cara Mengembangkan Ekonomi Kreatif, Ini 8 Upayanya!

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya ide bisnis inovatif yang mereka tawarkan, ide bisnis adalah konsep umum dari bisnis yang akan dilaksanakan. Ide bisnis ini lah yang kemudian disempurnakan menjadi informasi yang lebih detail, untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Ide Bisnis Kreatif Bagi Pemula, Serta Pelaku UMKM Kekinian

Ide Bisnis Kreatif
unsplash.com

Menentukan ide suatu usaha memang tidak hanya bertumpu pada jenis-jenis yang lazim ada di sekitar kita saja. Namun, Anda juga harus memiliki ide bisnis yang berbeda dari kompetitor. Agar bisa bersaing di dunia bisnis kita harus bisa terus melakukan inovasi dan tidak kalah dengan kompetitor.

Agar usaha Anda bisa bertahan dan terus berkembang, mulai dari sistem pemasaran, target pasar, hingga inovasi produk harus bisa Anda perhatikan. Tujuannya tentu agar ide bisnis kreatif yang Anda jalankan tersebut bisa berjalan dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan.

Meskipun sebenarnya memulai sebuah bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan saat memulai sebuah bisnis. Mencari ide usaha pun tidak semudah itu. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan agar usaha bisa berjalan dengan baik.

Jika Anda baru akan memulai sebuah usaha ada baiknya untuk memperhatikan beberapa ide dalam memulai sebuah usaha. Berikut ini beberapa ide usaha kreatif yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memulai sebuah usaha.

Personal Shopper

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah menjadi seorang personal shopper. Personal shopper adalah seseorang yang berbelanja untuk orang lain. Namun, saat ini, mereka juga harus memberikan saran dan saran kepada pelanggan untuk membeli barang tersebut.

Anda dapat menawarkan saran melalui obrolan langsung, telepon, email, atau secara langsung. Sekarang ini masih banyak orang yang memerlukan saran ketika akan berbelanja. Faktanya, pembelanja pribadi dapat membeli apa saja mulai dari bahan makanan hingga furniture.

Namun hari ini, mereka lebih suka membeli pakaian dan aksesori untuk pelanggan mereka kemudian mereka akan langsung menjualnya kembali. Setelah pembelian, mereka harus memproses pesanan pelanggan dan mengirimkan produk yang telah digunakan secara mandiri.

Beberapa pembelanja pribadi bekerja secara langsung dengan klien atau penata gaya pribadi mereka atau istilahnya fashion stylist. Lainnya bekerja di butik atau department store yang menawarkan layanan belanja pribadi. Ide bisnis ini bisa Anda jadikan referensi untuk memulai usaha.

Bisnis Clothing Line

Ide bisnis kreatif selanjutnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah bisnis clothing line. Bisnis ini biasanya menjual berbagai pakaian atau merchandise. Nah, biasanya mereka menjual barang produksi individu maupun perusahaan tertentu yang hadir dengan merk tertentu.

Selain ketekunan, tentunya ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin memulai bisnis pakaian dari nol pertama, bangun merek yang membuat bisnis Anda menonjol. Tanpa adanya brand, clothing line Anda tidak akan dikenal di pasaran. Karena itu pastikan buat brand yang menarik.

Jangan lupa juga untuk memikirkan produk pakaian apa yang ingin Anda jual, Anda bisa menentukan target pasar ketika ingin membuat produk pakaian yang tepat. Jika memungkinkan, pasarkan model pakaian yang sesuai dengan selera umum pembeli.

Jangan berkecil hati jika Anda tidak dapat memasarkan produk Anda sendiri. Karena bisnis ini harus bisa Anda pasarkan dengan tepat agar banyak dikenal. Coba perkenalkan koleksi pakaian Anda kepada kerabat atau kenalan yang menjual produk orang lain. Cara ini efektif bagi pelaku industri garmen yang baru merintis.

Bisnis Catering Sehat

Ide bisnis kreatif catering sehat juga bisa Anda jadikan referensi, Manado adalah bentuk bisnis yang umum di masyarakat. Anda bahkan bisa bekerja sama dengan kerabat atau orang terdekat ketika ingin memulai bisnis catering sehat ini.

Tawaran makanan Catering sehat disesuaikan dengan kebutuhan diet pelanggan, misalnya, seseorang yang mengikuti diet mayo diberi menu rendah garam. Syarat memulai bisnis ini adalah Anda memulai bisnis ini dengan pengetahuan makanan dan nutrisi yang kuat.

Anda juga dapat bekerja dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi gizi terbaik, sehingga makanan catering yang Anda berikan bisa sesuai takarannya. Ide bisnis kreatif makan sehat sangat populer di kota-kota besar. Hal ini menjadikan bisnis catering sehat menjadi sangat menguntungkan.

Anda yang tinggal di kota besar tidak ada salahnya memulai bisnis ini, karena mereka yang sudah repot bekerja pasti tidak sempat menakar gizi saat akan memasak. Nah, dengan adanya catering ini akan membantu mereka mengkonsumsi makanan sehat yang pas takarannya.

Admin Media Sosial

Ide bisnis kreatif ini cukup populer di era digital, karena masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di media sosial. Admin media sosial bukanlah ide bisnis digital baru namun, pemilik usaha kecil terkadang meremehkan pengaruh mereka.

Padahal, di era digital ini, karyawan dengan tanggung jawab tersebut bisa dianggap sebagai corporate PR officer. Dengan kata lain, tugas ini merupakan perluasan untuk menjangkau pelanggan potensial di media sosial, sehingga perannya cukup penting bagi bisnis.

Untuk menjadi admin media sosial, Anda juga perlu memahami pemasaran media sosial, agar produk atau bisnis yang Anda pasarkan jangkauannya bisa luas. Anda juga perlu mempelajari dasar-dasar perusahaan yang mempekerjakan Anda. Mulai dari sejarah bisnis hingga produk atau layanannya.

Hal ini diperlukan agar sikap dan tindakan Anda sejalan dengan visi dan misi perusahaan, sehingga peran Anda sebagai admin media sosial bisa berjalan dengan baik. Mengingat Anda juga membawa nama baik bisnis atau usaha yang sedang Anda tawarkan di media sosial tersebut.

Usaha Petshop Sederhana

Ide bisnis kreatif satu ini mungkin masih sering disepelekan, padahal bisnis petshop cukup menguntungkan jika Anda menjalankannya dengan baik. Anda bisa menjual berbagai keperluan hewan peliharaan seperti makanan, vitamin, kandang, dan keperluan lainnya.

Anda juga bisa menawarkan berbagai jenis hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau kelinci untuk menambah pendapatan usaha. Apalagi banyak orang yang mulai memelihara hewan-hewan seperti anjing dan kucing, yang pastinya membutuhkan layanan petshop.

Jika Anda bisa menjalankannya dengan baik, ide bisnis kreatif petshop bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda. Jadi jangan ragu untuk memulainya, terlebih jika Anda memang penyuka binatang, Anda bisa menjalankan bisnis sekaligus hobi.

Sehingga pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan untuk Anda jalankan Anda juga bisa menawarkan berbagai inovasi terbaru untuk bisnis. Sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak akan terkesan monoton, pastinya hal ini akan sangat menyenangkan.

Bisnis Sewa Kamera

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah bisnis sewa kamera. Vendor persewaan kamera dan beragam peralatan fotografi lainnya bukan lagi hal baru. Namun, banyak orang yang tidak mengoperasikan bisnis ini di luar kota besar. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Alasannya ada dua pertama, kebutuhan fotografi di masyarakat semakin meningkat, terutama di kalangan anak muda berkat media sosial yang berfokus pada konten visual. Meskipun sudah banyak smartphone dengan kemampuan pemotretan tingkat lanjut, kamera DSLR dan mirrorless menawarkan hasil yang lebih baik.

Oleh karena itu banyak orang yang tertarik untuk mempunyainya sendiri. Akan tetapi, harga peralatan fotografi tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Nah, ini bisnis persewaan kamera bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk Anda jalankan.

Jika Anda tertarik, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah perlengkapan foto seperti apa yang umumnya diinginkan oleh pelanggan. Ini penting karena ada banyak jenis lensa, kamera, dan aksesoris di pasaran. Tentunya Anda tidak ingin menyewakan barang yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat.

Cara Memulai Sebuah Bisnis

Saat ini, mendapatkan penghasilan tambahan dapat dilakukan melalui berbagai upaya, misalnya dengan memulai sebuah ide bisnis kreatif. Namun dalam prakteknya, masih banyak yang bingung bagaimana cara memulai bisnis dari nol. Untuk itu Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

Riset Pasar

Ide bisnis kreatif yang akan Anda jalankan pastinya tidak bisa sembarangan, Anda terlebih dahulu harus melakukan riset pasar. Sebelum memulai bisnis, Anda perlu melakukan riset pasar, hal ini wajib Anda lakukan, agar target pasar yang Anda pilih bisa tepat sasaran.

Hal ini harus dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek masa depan dan memahami lanskap persaingan perusahaan. Riset pemasaran dapat dilakukan dengan meneliti produk yang disukai pasar sasaran, harga pasar, metode pemasaran, kelebihan dan kekurangan produk yang dijual pesaing, dan lainnya.

Sehingga produk Anda bisa diterima dengan baik di pasar, otomatis hal ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Jadi, sebaiknya Anda melakukan riset pasar untuk memperoleh ide bisnis yang sesuai dengan keinginan pasar saat itu.

Modal

Ide bisnis kreatif tanpa modal tentunya tidak akan bisa berjalan dengan baik. Karena itu, Anda bisa mempersiapkan modal dengan sebaik mungkin. Sebagian besar bisnis membutuhkan modal, walaupun ada perusahaan yang tidak membutuhkan modal seperti.

Misalnya seperti reseller dan dropshipping, namun bisnis online ini tetap membutuhkan modal berupa tenaga dan pikiran. Selain modal kerja dan intelektual, penting juga untuk mempersiapkan modal finansial dengan sebaik mungkin agar usaha berjalan dengan baik.

Karena banyak kebutuhan yang terlebih dahulu harus kita persiapkan sebelum membuka usaha. Anda bisa mulai mencari modal agar semua biaya bisnis terpenuhi. Mulailah menggunakan uang pribadi Anda. Cari investor atau pinjam uang dari bank pastikan modal yang Anda persiapkan sudah mencukupi.

Kreatif dan Inovatif

Ide bisnis kreatif memang mengedepankan bisnis yang inovatif, sehingga bisnis bisa terus bersaing di masa seperti saat ini. Sebagai pengusaha Anda harus berpikir kreatif dan inovatif agar bisnis Anda bisa bersaing dengan competitor dan tidak mudah bangkrut.

Karena karakter tersebut sangat penting dalam pengembangan bisnis, menghadapi pesaing, Anda harus kreatif dalam pemasaran atau inovatif dalam pengembangan produk. Bisnis yang Anda jalankan sebaiknya terus melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Sehingga tanpa adanya inovasi bisnis Anda pasti akan mudah terkalahkan dengan para kompetitor yang berlomba-lomba mengunggulkan bisnis mereka. Anda harus membuat produk yang berbeda dengan produk-produk kompetitor agar bisa terus bersaing.

Fokus Pada Satu Bisnis

Ide bisnis kreatif sebaiknya Anda memilih satu ide bisnis terlebih dahulu, kemudian Anda bisa fokus pada bisnis tersebut. Jangan menjalankan lebih dari satu bisnis jika Anda tidak ingin repot. Dengan hanya fokus pada satu bisnis akan membuat Anda lebih mudah dalam mengembangkannya.

Mengejar penghasilan tambahan bukan berarti Anda harus memiliki banyak bisnis sekaligus, karena hal ini malah akan membuat Anda kesusahan nantinya. Jangan terburu-buru memulai bisnis baru jika bisnis yang Anda bangun belum stabil, apalagi jika Anda seorang bisnis pemula.

Bisnis tidak bisa Anda jalankan dengan sembarangan, Anda harus benar-benar fokus agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik. Tidak jarang banyak orang yang gagal dalam memulai bisnis, karena mereka terburu-buru dalam menjalankan banyak bisnis sekaligus.

Terbuka Dengan Masukan

Ide bisnis kreatif yang Anda jalankan sudah seharusnya mau menerima berbagai masukan baik dari pelanggan maupun orang luar. Untuk memulai bisnis, wajib menanamkan keterbukaan dengan evaluasi dan masukan, agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang.

Menjadi orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain, Anda akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan bagaimana mengembangkan bisnis Anda lebih jauh. Menilai kekurangan dari bisnis yang secara rutin Anda lakukan, dapat melalui kritik dan masukan para pelanggan. Dengan ini Anda bisa lebih mudah memperbaiki bisnis Anda.

Namun, nyatanya masih banyak orang yang sering tidak terbuka dengan kritik maupun masukan, padahal sebenarnya hal ini cukup penting. Apalagi bisnis mengandalkan minat dari masyarakat, sehingga Anda harus bisa membuat produk sesuai dengan keinginan mereka.

Bersedia Menerima Risiko

Ide bisnis kreatif yang Anda jalankan sudah pasti tidak selalu berjalan mulus. Untuk itu ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis Anda juga harus bisa menerima risikonya. Ada banyak risiko dalam bisnis yang harus kita pahami sejak awal.

Mulai dari risiko kehilangan, pelanggan yang tidak puas, penipuan dan risiko lainnya. Anda tentunya harus siap dengan hal ini. Jangan sampai Anda mudah putus asa atau goyah ketika sedang menghadapi sebuah masalah dalam bisnis, dari awal sebaiknya Anda harus paham dengan segala risikonya.

Sehingga nantinya Anda tidak terkejut ketika menghadapi suatu permasalahan. Dengan adanya hal ini bisnis bisa Anda jalankan dengan sebaik mungkin. Agar risiko yang Anda hadapi tidak menimbulkan banyak kerugian tidak ada salahnya jika Anda meminimalkan risiko di awal.

Tentukan Visi dan Misi

Menentukan visi dan misi perusahaan penting kita lakukan bersama, untuk menentukan arah tujuan perusahaan ke depan. Meski cara memulai bisnis masih di rumah, Anda perlu mendefinisikannya di awal.

Baca juga : Berpikir Kreatif Dalam Kewirausahaan Untuk Mendapatkan Cuan

Sehingga ide bisnis kreatif ada tujuan yang jelas untuk masa depan selama operasi berlangsung. Jadi Anda tidak hanya menjalankan bisnis. Visi dan misi perusahaan memotivasi Anda untuk menetapkan tujuan bisnis.