Membuat CV Menarik, Peluang Dilirik Recruiter Semakin Besar

Membuat CV Menarik
hallogermany.com

Membuat CV menarik perlu Anda ketahui agar bisa menarik perhatian recruiter, sehingga nantinya Anda berpeluang dipanggil untuk interview. Ya, kadangkala tim HRD perusahaan hanya perlu waktu sekitar sepuluh detik saja untuk menilai CV seseorang apakah layak untuk dipanggil interview.

Lewat beberapa tips jitu berikut ini, Anda memiliki peluang yang besar untuk dipanggil wawancara melalui CV yang ciamik. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Membuat CV Menarik, Coba Cara Ampuh Ini!

Membuat CV Menarik
hallogermany.com

Curriculum vitae atau CV berperan penting untuk seorang pelamar kerja. Pasalnya, lewat CV recruiter bisa mengetahui potensi diri yang Anda miliki. Dengan demikian menjadi kesan pertama terhadap diri Anda.

Apabila CV yang Anda buat menarik, mulai dari isi dan desainnya, pastinya Anda akan punya peluang besar diajak sang recruiter untuk ke tahap berikutnya yaitu tes atau interview. Hingga pada akhirnya Anda pun diterima kerja.

Tenang saja, ini merupakan cara-cara menyusun CV lamaran kerja yang menarik supaya HRD melirik Anda.

Buatlah CV dengan Singkat, Padat, serta Jelas

Melansir dari berbagai sumber, CV yang bagus ialah curriculum vitae yang singkat, padat, namun jelas isinya. Sehingga recruiter tidak bingung. Upayakan membuat CV dengan seringkas mungkin, jangan lebih dari 2 halaman.

Silahkan memasukkan seluruh data pribadi secara singkat namun jelas pada tiap-tiap kolomnya. Apabila Anda hendak memasukkan deskripsi diri, upayakan untuk menonjolkan berbagai kelebihan Anda supaya tidak terlampau panjang.

Menentukan Format CV

CV yang baik adalah curriculum vitae yang rapi serta terorganisir supaya perekrut tertarik membaca CV Anda lebih lama. Anda dapat mulai menyusun garis besar CV jadi beberapa bagian, misalnya:

  • Header curriculum vitae beserta info kontak
  • Profil diri pribadi
  • Pengalaman bekerja
  • Pendidikan
  • Keterampilan
  • Bagian tambahan

Gunakan Font yang Mudah Terbaca dan Jelas

Silahkan memilih font yang jelas serta gambang terbaca. Misalnya Tahoma, Arial, Times New Roman, Helvetica, atau Bookman Old Style. Kelihatannya memang sepele, tetapi cukup vital supaya CV Anda tampak lebih profesional.

Kemudian pakailah ukuran font 11-12 pt serta spasi tunggal. Pada judul bagian dan nama, Anda dapat memakai ukuran font 14-16 pt. Itu akan mempermudah recruiter untuk membaca CV Anda dengan jelas.

Tata Letak CV Konsisten

Cara membuat CV menarik selanjutnya adalah memperhatikan tata letak yang baik yakni dengan menentukan margin pada tiap-tiap sisinya. Anda dapat membuat margin berukuran satu inch.

Jangan lupa judul CV Anda buat seragam. Seperti di bagian judul, apabila pada bagian awal Anda memakai huruf kapital dan tebal (bold), maka seluruh bagian judul lainya juga harus Anda buat seperti itu. Penulisan format tanggalnya pun mesti Anda buat seragam, seperti Maret 2023 atau 03-2023.

Jangan Menggunakan Grafik Berlebihan

Sediakan ruang kosong pada CV Anda supaya kesannya tetap rapi dan tidak terlalu penuh. Perlu diketahui, saat Anda mengirim CV, recruiter tak mencetak CV Anda secara langsung, melainkan mereka bakal membacanya pada layar laptop atau PC mereka.

Nah, jika Anda terlalu berlebihan menggunakan grafik, bisa jadi CV Anda akan sulit terbaca. Jadi, jangan abaikan tips membuat CV satu ini.

Masukkan Foto

Untuk membuat CV menarik berikutnya yaitu masukkan foto. Hal ini juga penting khususnya untuk beberapa jenis pekerjaan yang harus mencantumkan kualifikasi penampilan yang menarik.

Tips untuk foto CV, pastikan Anda memakai foto yang tampak rapi dan profesional, namun tidak kaku.

Pakai Keyword yang Relevan

Tips jitu lain untuk membuat CV yang ciamik adalah dengan mencantumkan keyword yang relevan dengan posisi yang akan Anda lamar. Contohnya, Anda melamar untuk posisi sebagai SEO Specialist. Nah, mungkin Anda dapat memasukkan keyword seperti content writer, SEO, copywriter, SEM, dan sejenisnya.

Skill yang Anda masukkan ini bisa membantu Anda untuk meyakinkan perekrut bahwasanya pribadi Anda meman berkualitas dan layak dipertimbangkan. Keyword juga bermanfaat supaya Anda gampang ditemukan oleh perekrut ketika mencari kandidat di Linkedin, lho.

Nah, demikian beberapa poin penting untuk membuat CV menarik. CV yang menarik memang penting lantaran Anda tak sendirian saat melamar kerja. Terdapat ratusan bahkan ribuan kandidat lain yang siap bersaing dengan Anda. CV yang ciamik menjadikan peluang Anda diterima kerja semakin lebar, sehingga nantinya pun bakal berdampak terhadap karir yang Anda punya.