Pekerjaan dengan Gaji Tinggi, Referensi yang Menggiurkan

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi
unsplash.com

Pekerjaan dengan gaji tinggi menjadi impian bagi banyak orang. Gaji memang seringkali menjadi salah satu faktor penting saat memutuskan untuk berkarir atau memilih pekerjaan.

Bukan hanya karena passion, sebagai pencari kerja akan mengincar suatu pekerjaan. Untuk itu, tak heran jika gaji dianggap sebagai aspek krusial dalam pekerjaan. Jika terdapat lowongan dengan gaji semakin tinggi, maka semakin tinggi pula minat pelamarnya.

Dahulu banyak yang percaya bahwa pekerjaan dengan gaji tinggi tersebut hanya ada pada luar negeri. Padahal kenyataannya, Indonesia juga memiliki banyak profesi yang menjanjikan dengan gaji besar.

Bahkan saat ini ada pula jurusan kuliah yang menjanjikan penghasilan besar. Mungkin sebagian dari Anda merasa penasaran dengan pekerjaan menawarkan bayaran tinggi.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Menggiurkan, Inilah Daftarnya

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi
unsplash.com

Hampir setiap orang yang memiliki pekerjaan tentu menginginkan bayaran besar. Terlebih kebutuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan sehingga banyak orang yang memilih untuk mencari bisnis sampingan.

Mungkin Anda juga tahu bahwa kondisi ekonomi yang terjadi saat ini, banyak harga kebutuhan pokok yang terus naik. Kondisi seperti sekarang yang menjadi salah satu alasan, jika banyak orang mencoba mencari pekerjaan dengan bayaran tertinggi.

Bahkan juga mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan, tak hanya mengandalkan pekerjaan utama. Sebenarnya setiap pekerjaan memiliki jumlah bayaran atau gaji yang berbeda-beda.

Namun siapa sangka jika ada banyak pekerjaan yang bisa memberikan bayaran dan terbilang cukup fantastis. Jumlah gaji besar tersebut tentu akan sesuai dengan tanggung jawab yang besar pula.

Selain itu, pekerjaan yang memiliki bayaran tertinggi juga akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Mulai dari posisi atau jabatan, bidang pekerjaan, pengalaman kerja, lamanya bekerja pada suatu bidang serta beberapa hal yang lainnya.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang ingin memiliki gaji besar, namun tak tahu daftar pekerjaan yang menjanjikan. Anda bisa mencoba mengetahui sejumlah referensi pekerjaan dengan gaji tinggi, berikut ini.

Pekerjaan Sebagai Dokter

Dalam dunia kedokteran, untuk mengetahui standar gaji seorang dokter tentu bukan hal sulit. Namun, banyak yang menganggap jika seorang dokter spesialis yang menjadi salah satu profesi dengan bayaran tertinggi.

Terlebih menjalani studi ilmu kedokteran juga  tidak mudah. Persaingan cukup ketat yang biasanya terjadi pada tiap perguruan tinggi. Bukan hanya dari sisi tanggung jawab cukup tinggi, namun untuk bisa memperoleh gelar kedokteran juga membutuhkan proses yang panjang.

Jika sudah lulus menjadi sarjana kedokteran, maka selanjutnya perlu menjalani coass. Kebanyakan juga perlu mengikuti jalur pendidikan pasca sarjana saat berkeinginan menjadi dokter spesialis. Setelah berhasil serangkaian proses yang panjang serta juga beban tanggung jawab berat. Tak heran jika posisi sebagai seorang dokter spesialis mendapatkan gaji dengan angka yang terbilang cukup fantastis.

Dokter spesialis rumah sakit pemerintah rata-rata akan mendapatkan gaji berkisar pada angka Rp10.000.000. Sementara pekerjaan sebagai dokter spesialis rumah sakit swasta yang akan mendapatkan gaji tinggi dengan kisaran Rp50.000.000 rupiah untuk tiap bulannya.

Pekerjaan Direktur Marketing

Tak hanya itu, pekerjaan gaji tertinggi yang menjadi idaman bagi tiap orang. Ada pula pekerjaan sebagai Direktur Marketing. Posisi ini bukan hanya menjanjikan bayaran yang besar. Namun juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk berkreasi serta mengembangkan strategi pemasaran untuk perusahaan secara inovatif.

Sebagai fungsi, pemasaran merupakan salah satu bagian terpenting pada perusahaan jika ingin mendapatkan klien atau pelanggan baru. Fungsi lainnya yakni untuk bisa meningkatkan kesadaran merek hingga meningkatkan pangsa pasar.

Direktur Marketing yang profesional dalam memimpin, maka seseorang yang inovatif. Bahkan juga bisa mencoba hal-hal baru sambil memahami cara menghadapi pelanggan saat preferensi dengan harapan akan berubah.

Sebagai seorang Direktur Marketing memiliki tanggung jawab utama yakni mengelola tim pemasaran serta memimpin strategi pemasaran pada perusahaan. Selain itu, juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa produk atau layanan perusahaan cukup terkenal dan masyarakat juga berminat.

Direktur Marketing menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi, meski sangat bervariasi. Biasanya memang tergantung dari ukuran perusahaan serta lokasi perusahaan yang beroperasi. Namun, rata-rata bayaran untuk seorang Direktur Marketing Indonesia yakni mencapai 20-50 juta rupiah setiap bulan.

Bahkan ada yang mendapatkan gaji tertinggi sekitar lebih dari 100 juta rupiah per bulan. Direktur Marketing memang pantas mendapatkan gaji yang tinggi karena berperan sangat penting terhadap keberhasilan perusahaan.

Chief Executive Officer

Indonesia memang memiliki banyak pekerjaan dengan bayaran besar, salah satunya level corporate suite, atau bergelar sebagai Chief/Director. Berdasarkan data, gaji seorang CEO yang berkisar Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan. Namun gaji yang besar tersebut hanya bisa Chief peroleh dari perusahaan yang sudah level unicorn atau di atasnya.

Memang banyak orang menganggap pekerjaan yang memiliki bayaran tinggi seorang Chief Executive Officer atau CEO. Namun menjadi seorang CEO juga bukan pekerjaan mudah. Sebab, harus bertanggung jawab atas setiap kegiatan perusahaan. CEO atau Chief Executive Officer adalah  jabatan tertinggi yang ada pada struktur pejabat perusahaan.

Biasanya, dewan direksi perusahaan yang menunjuk langsung jabatan tersebut. Terlebih memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi pada perusahaan, maka bertanggung jawab untuk merencanakan serta mengoordinasikan. Bahkan juga akan mengawasi operasi perusahaan dalam memastikan bahwa perusahaan sudah memenuhi tujuan.

Dengan demikian, seorang CEO juga perlu memiliki jiwa kepemimpinan dan komunikasi yang baik terhadap para jajarannya. Selain itu, juga memikirkan bahwa perusahaan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Pekerjaan Sebagai Pengacara

Pekerjaan yang memiliki bayaran tertinggi selanjutnya yakni seorang pengacara. Secara umum, seorang pengacara yang akan bertanggung jawab dalam menasihati. Bahkan juga mewakili klien individu, nirlaba, hingga organisasi pemerintah mengenai masalah hukum atau perselisihan hukum yang terjadi. Tentu tidak sembarangan, untuk bisa mendapatkan pengakuan sebagai pengacara, maka perlu menyelesaikan pendidikan tinggi hukum.

Selain itu, juga perlu menempuh pendidikan khusus profesi Advokat. Pada pelaksanaannya oleh Organisasi Advokat yang sesuai dengan aturan dalam UU No.18 Tahun 2003 mengenai Advokat. Saat membicarakan gaji, rata-rata pendapatan pengacara untuk level associate yang mencapai sekitar Rp400 juta hingga Rp600 juta per tahun.

Sementara jika pekerjaan sudah mencapai level partner dengan gaji tinggi hingga miliaran rupiah. Biasanya memang tergantung dari reputasi, jenis kasus, keterampilan, hingga pelatihan yang pernah Anda ikuti. Tak heran jika seorang pengacara yang memiliki jam terbang tinggi akan memperoleh gaji fantastis.

Kepala Bagian Hukum

Kepala bagian hukum atau Head of Legal juga termasuk pekerjaan yang memberikan bayaran tinggi. Posisi ini yang perlu memanfaatkan pengetahuan industri. Selain itu, juga sebagai penasehat bisnis pada CEO. Bahkan, bisa membantu dalam upaya mendorong efisiensi organisasi yang memanfaatkan teknologi hukum.

Pekerjaan Teknologi Informasi

Pekerjaan yang memiliki banyak peminat pada era digitalisasi yakni pekerjaan yang berhubungan dengan internet, termasuk teknologi informasi. Seorang ahli teknologi informasi, atau yang biasa mengenalnya sebagai ahli IT.

Saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan satu ini. Hal tersebut yang mendorong profesi ini menjadi sebuah pekerjaan dengan gaji tertinggi.

Perlu Anda ketahui jika gaji seorang ahli IT tentu berbeda-beda. Umumnya yang bergantung dengan keahlian serta banyaknya pengalaman. Pekerjaan pada bidang IT yang juga memberikan bayaran cukup tinggi saat ini.

Tak heran jika seiring berjalannya waktu serta perkembangan teknologi membuat internet suatu kebutuhan primer masyarakat. Terlebih bagi Anda yang bekerja pada bidang dengan campur tangan internet.

Perusahaan pada sektor apa saja, saat ini juga memerlukan jaringan internet atau hal-hal yang berhubungan langsung dengan teknologi. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, teknologi dan internet yang akan memperluas jangkauan bisnis dari perusahaan.

Dengan demikian, seluruh perusahaan saat ini akan mencari seorang tenaga ahli IT. Khususnya bagi Anda yang bergerak pada bidang berbasis internet. Sementara itu, penawaran gaji oleh perusahaan untuk ahli IT biasanya tergantung dari pengalaman individu tersebut.

Public Relations Assistant

Pekerjaan mudah dan memiliki gaji tinggi yang bisa Anda pilih yakni menjadi PR. Gaji rata-rata untuk Indonesia dengan posisi fresh graduate yakni berkisar Rp5.000.000. Sementara yang berpengalaman bisa berkisar Rp9.000.000.

Seorang Asisten PR tersebut memiliki tanggung jawab dalam membantu tim PR. Mulai dari melakukan penelitian, menyiapkan materi, serta memfasilitasi komunikasi dari account eksekutif bersama klien. Bahkan juga membantu dalam mengembangkan presentasi serta menangani korespondensi.

Ahli Pertambangan

Jika membicarakan pekerjaan dengan gaji tinggi, mungkin yang terbesit dalam pikiran yakni pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia pertambangan. Hal tersebut yang memang benar adanya. Pada dunia pertambangan akan memberikan gaji yang cukup fantastis.

Meski demikian, hampir semua orang tahu jika lowongan pekerjaan pada pertambangan ini cukup jarang. Selain itu, untuk bekerja pada kawasan pertambangan juga membutuhkan keahlian khusus.

Kesempatan untuk bisa bekerja pada bidang pertambangan biasanya tergantung dengan keadaan lapangan. Selain itu, perlu Anda ketahui jika seseorang yang bekerja dalam dunia pertambangan perlu siap menerima risiko yang mungkin terjadi. Biasanya memang harus jauh dari rumah pribadi Anda.

Ada pula risiko-risiko yang lain dan mungkin juga belum terpikirkan sepenuhnya. Saat melihat dari jumlah peminatnya pada bidang pertambangan, tentu peluang kerjanya masih terbuka lebar dengan gaji yang terbilang sangat menggiurkan.

Upah minimum karyawan pada industri pertambangan biasanya yang berkisar pada angka Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 bagi kalangan fresh graduate. Sementara, untuk level karyawan senior biasanya akan memiliki kisaran gaji Rp10 hingga Rp40 juta rupiah. Tentunya penghasilan yang cukup besar sekali untuk suatu jenis pekerjaan.

Ahli Perminyakan dan Gas

Selain pertambangan, pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya pada bidang perminyakan juga. Perusahaan minyak dan gas biasanya membuka lowongan yang beragam. Misalnya seperti Ahli Geologi, Petroleum Engineer, hingga Engineering Technologist.

Dengan menjadi salah satu bidang pekerjaan yang akan memberikan gaji fantastis sehingga membuat bidang perminyakan ini incaran bagi banyak orang. Khususnya bagi yang baru lulus dari fakultas teknik atau pengetahuan alam. Untuk jumlah gaji bagi seorang level fresh graduate yakni berkisar di Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000.

Pilot

Saat ini pilot juga sebagai salah satu pekerjaan yang akan memberikan pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Anda tentu juga sudah tahu jika setiap pengendara moda transportasi perlu memiliki tingkat risiko masing-masing.

Namun, khusus pekerjaan ini memiliki risiko serta tanggung jawab yang terbilang berat. Nantinya pilot-pilot yang profesional akan mengemudikan sebuah pesawat. Padahal pada bagian dalamnya memiliki ratusan nyata tiap harinya.

Hal tersebut juga membuat seleksi agar bisa masuk pada sekolah penerbangan cukup ketat. Tak heran jika dunia kerja saat ini seperti pilot menjadi salah satu pekerjaan dengan penawaran gaji cukup tinggi. Kebanyakan para pilot yang melakukan penerbangan komersil akan memperoleh gaji berkisar Rp20.000.000 hingga Rp40.000.000.

Aktuaris

Pekerjaan dengan gaji yang bernilai fantastis yakni seorang aktuaris. Profesi ini untuk yang ahli dalam operasi teori statistika, matematika, serta ekonomi keuangan. Tujuannya untuk bisa menyelesaikan permasalahan pada bisnis. Latar belakang pendidikan penting untuk menjadi seorang aktuaris, bisa mengambil jurusan FMIPA.

Biasanya perusahaan besar membutuhkan aktuaris agar bisa menganalisa keuangan Anda. Gaji rata-rata pada tiap setiap bulan untuk entry level mencapai 4 juta. Sementara untuk senior atau tingkat lanjutan mencapai belasan hingga ratusan juta. Jika ingin melakukan pekerjaan sebagai aktuaris yang bergaji mencapai miliaran per tahunnya, Anda bisa mencoba peruntungan bekerja dari luar negeri.

Jika tertarik bekerja sebagai aktuaris perusahaan, akan lebih baik bisa menguasai berbagai bidang. Misalnya bidang matematika, statistika, komputerisasi serta pemrograman aktuaria. Bahkan juga memiliki  manajemen bisnis, kalkulus, serta yang erat kaitannya dengan asuransi. Anda bisa masuk ke FMIPA untuk mendapatkan ilmu lebih dalam.

Data Scientist

Baru–baru ini, profesi data scientist memang semakin populer dan mulai peminatnya. Seorang data scientist memiliki tugas untuk melakukan pengolahan dan mempelajari data. Terlebih bagi yang berhubungan pada kepentingan bisnis atau perusahaan secara kuantitatif.

Pekerjaan dengan penawaran gaji tinggi ini cocok untuk fresh graduate yakni mencapai 5-6 juta. Sementara untuk posisi senior akan mencapai gaji ratusan juta bahkan milyaran, namun saat bergabung dengan proyek besar dari dalam maupun luar negeri.

Jika Anda ingin menjadi seorang data scientist, maka wajib punya skill pemahaman dan jiwa analisa kuat. Hal ini agar memperoleh informasi dan insight yang bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis. Latar belakang dari prosesnya saat ini tidak perlu berasal dari Teknologi Informasi (IT). Tentu bisa biarkan cara mengikuti pelatihan khusus, mengerti melalui bootcamp.

Software Developer

Pekerjaan dengan gaji yang satu ini memang erat kaitannya pada programming. Biasanya, seorang software developer yang memiliki tanggung jawab untuk membuat serta membantu perancangan program komputer. Anda bisa mulai kebutuhan pengguna, merancang aplikasi, hingga menulis kode. Sehingga nantinya akan meningkatkan perangkat lunak tersebut.

Mengingat peran penting dari profesi ini, perusahaan yang mencari pekerja yang mahir pada bidang tersebut. Rata-rata dari profesi ini yang menggeluti pada karier bidang teknologi Anda.

Untuk itu, ada pilihan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi. Seorang software developer biasanya juga mendapatkan gaji mulai dari Rp240 juta hingga Rp500 juta tiap tahun.

YouTuber dan Content Creator

Sekilas jika melihat menjadi YouTuber atau content creator seperti menyenangkan. Sebab, bisa melakukannya secara fleksibel. Terlebih gaji seorang content creator YouTube dan sosial media lainnya bisa mencapai belasan juta hingga milyaran per satu setiap bulan. Siapa saja bisa melakukan pekerjaan ini ataupun menjadikannya sebagai sampingan.

Bahkan tidak memerlukan jenjang studi khusus jika ingin bekerja di sektor konten kreatif semacam ini. Namun Anda perlu memiliki pemikiran kreatif dan ide-ide segar sebagai bahan konten agar tidak membuat penggemar cepat bosan.

Jika ingin memulai menjadi seorang content creator, pastikan membuat tema konten terlebih dahulu. Misalnya komedi, seni, make up, travelling, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa sediakan perlengkapan dalam pembuatan konten. Baik itu meliputi kamera/HP dengan kualitas baik, ring light, tripod, dan properti pendukung lainnya. Salah satu konten kreator dan juga YouTuber asal Indonesia ada yang memiliki penghasilan hingga mencapai 1 miliar.

Ahli Konstruksi

Pekerjaan yang ada hubungannya dengan konstruksi infrastruktur seringkali akan menawarkan gaji cukup tinggi. Tak heran jika saat ini teknik sipil menjadi salah satu satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Apalagi saat membahas pekerjaan yang berkaitan dengan dunia konstruksi infrastruktur tak ada habisnya.

Memiliki kebutuhan sebagai ahli konstruksi terbilang cukup tinggi. Penawaran kisaran gaji untuk menempati posisi ahli konstruksi yang berbekal pengalaman kurang dari 5 tahun yakni sekitar Rp7.000.000 hingga Rp15.000.000 rupiah. Kisaran gaji tersebut yang terbilang sebagai salah satu bayaran tertinggi Indonesia pada level pengalaman seorang fresh graduate.

Staf Perbankan

Pekerjaan yang memiliki bayaran tinggi selanjutnya yakni menjadi seorang staff perbankan. Perlu Anda ketahui jika setiap tahunnya, bank akan membuka lowongan pekerjaan baru untuk para lulusan baru. Sehingga akan bersedia bergabung menjadi staff perbankan.

Menariknya, tak hanya akan menerima jurusan perbankan saja. Terkadang, juga ada sebuah bank yang tak ragu dalam merekrut pekerja atau staff baru, meski dari jurusan non perbankan.

Sementara untuk penawaran gaji awal biasanya berada pada angka Rp5.000.000 saat awal-awal perekrutan. Selain itu, saat seorang staff perbankan bisa memiliki serta mempertahankan kualitas kinerjanya. Biasanya, kesempatan pekerjaan dengan gaji tinggi akan beralih ke posisi direktur keuangan. Perolehan gajinya berada pada kisaran angka Rp120.000.000 rupiah.

Gamers

Bukan hanya YouTuber dan konten kreator, seorang gamers juga menjadi pekerjaan yang berpenghasilan besar per bulannya. Dahulu menganggap bermain game sebagai kegiatan tak berguna serta membuang-buang waktu. Padahal jika melakukannya dengan baik juga bisa menghasilkan cuan rutin setiap bulan.

Bermain game hanya akan membuang-buang waktu jika tidak bisa memanfaatkan kondisi dan hanya sekedar bermain. Padahal bisa berusaha memanfaatkan peluang yang ada. Baik itu dengan bergabung ke komunitas e-sport atau sambil membuat channel YouTube.

Bahkan juga bisa menjadi game tester pada perusahaan sehingga akan menghasilkan uang rutin setiap bulannya. Bekerja sebagai game tester saja sebenarnya juga akan memperoleh gaji mulai jutaan rupiah setiap bulan.

Jika bergabung dengan komunitas gamers atau  sejenisnya sembari membuka kanal YouTube. Rata-rata pendapatan yang bisa Anda peroleh mencapai jutaan hingga milyaran rupiah. Apalagi jika Anda rutin dalam membuat konten seputar game. Misalnya seperti gamers dan YouTuber terkenal asal Tanah Air, ada yang mengenalnya dengan pro player Mobile Legends. Penghasilan setiap bulan yang didapatkannya dari bermain game mencapai antara 100 juta hingga 1,5 miliar.

Pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia memang menjadi impian banyak orang. Biasanya setiap bidang juga memiliki jenjang karirnya tersendiri. Sehingga cukup sulit mencapai level gaji tertinggi di Indonesia dengan waktu sekejap. Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mempertajam skill serta pengetahuan. Meski demikian, tetap perlu mengetahui jumlah standar gaji dalam industri yang saat ini sedang Anda geluti.