7 Alasan Kenapa Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop

Kenapa Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop

Kenapa tidak bisa belanja di Tiktok Shop ?, pertanyaan ini sering muncul ketika pengguna kesulitan melakukan check out barang saat berbelanja di Tiktok. Lalu apa sebenarnya penyebab pengguna tiba tiba tidak bisa berbelanja di Tiktok Shop ini ?

Inilah 7 Alasan Kenapa Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop

Terdapat beberapa penyebab atau faktor yang membuat seseorang tidak dapat berbelanja dan menggunakan fitur di Tiktok Shop. Kondisi ini memang sangat tidak mengenakan. Untuk mengatasinya Anda harus tahu dulu penyebabnya. Berikut adalah 7 alasan kenapa tidak bisa belanja di Tiktok Shop :

1. Belum Login Akun TikTok

Belum login akun Tiktok menjadi salah satu alasan kenapa Anda tidak bisa berbelanja di platform ini. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi hal ini memang sering terjadi. Ketika membuka aplikasi Tiktok, akan muncul beberapa opsi dan menu di halaman utamanya.

Menu yang tersedia di halaman utama tersebut antara lain adalah TikTok Shop. Pengguna sebenarnya tetap bisa mengakses fitur Tiktok Shop namun hanya untuk melihat produk saja. Untuk bisa melakukan transaksi Anda harus login, mendaftarkan data diri serta alamat tentunya.

Baca juga : Gaji Tiktok Pemula 

2. Adanya Pembatasan Usia di Pengaturan

Penyebab atau alasan lainnya adalah salah pengaturan TikTok. Pihak Tiktok sendiri menerapkan aturan untuk para penggunannya agar bisa menggunakan fitur Shop ini. Salah satu aturan tersebut adalah pengguna setidaknya sudah berusia 18 tahun keatas.

Ketika melakukan registrasi atau pendaftaran pembuatan akun Tiktok, pastikan umur sudah ada di atas 18 tahun. Pada form pendaftaran umur atau tempat tanggal lahir, usahakan untuk mengisi tahun yang sekiranya pada saat ini umur Anda sudah berada di angka 18 tahun atau lebih.

3. Terjadinya Sebuah Pelanggaran

Alasan berikutnya kenapa Anda gagal ketika berbelanja di Tiktok Shop adalah sebuah pelanggaran. Setiap sosial media marketing tentu akan memberikan aturan kepada para penggunannya dalam melakukan transaksi jual beli mengingat kegiatan ini merupakan sebuah aktivitas yang sensitif.

Terdapat beberapa aktivitas yang membuat pengguna dapat terkena pelanggaran seperti terlalu sering melakukan retur. Pengembalian barang atau retur merupakan tindakan yang sangat merugikan penjual, maka dari itu pastikan membeli barang jika memang sudah yakin agar terhindar dari aktivitas ini.

4. Masih Menggunakan Aplikasi TikTok Versi Lama

Penyebab atau alasan lainnya adalah versi aplikasi. Platform seperti Tiktok ini kerap kali melakukan pembaruan untuk menunjang berbagai teknologi serta fitur baru. Tujuan dari aplikasi melakukan update sistem adalah untuk mempermudah para penggunannya dengan menghadirkan fitur fitur baru.

Biasanya apabila Anda jarang mengupdate aplikasi, maka aktivitas berbelanja bisa terganggu. TikTok Shop merupakan fitur baru dari aplikasi ini sehingga akan sering melakukan pembaharuan. Untuk terhindar dari kegagalan dalam berbelanja, pastikan rutin mengupdate aplikasi Tiktoknya.

5. Tiktok Sedang Eror

Kenapa Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop

Aplikasi sosial media setiap harinya selalu melayani banyak sekali pengguna. Kondisi ini membuat kemungkinan terjadinya error pada Tiktok pun cukup besar. Apabila Tiktok sedang error maka beberapa fungsi atau fiturnya bisa berjalan tidak sempurna.

Hal ini tentunya akan berakibat pada aktivitas jual beli Anda di platform ini. Tidak jarang error pada Tiktok ini membuat pengguna gagal dalam melakukan transaksi. Jika hal ini terjadi, maka pengguna hanya bisa menunggu saja sampai Tiktok selesai memperbaiki error tersebut.

6. Kesalahan dalam Pengaturan Pembelian

Kenapa Tidak Bisa Belanja di Tiktok Shop

Salah satu faktor penyebab gagalnya Anda dalam melakukan transaksi jual beli di Tiktok selanjutnya adalah pengaturan pembelian. Setelah melakukan cek out, biasanya pembeli harus memasukan opsi jasa pengiriman dan metode pembayaran serta pengaturan lainnya.

Apabila Anda salah dan tidak memberikan informasi valid perihal hal tadi, maka pembelian atau aktivitas belanja di Tiktok Shop bisa gagal. Maka dari itu, pastikan untuk selalu teliti dan memeriksa dengan benar penginputan jasa pengiriman dan metode pembayaran ini agar proses transaksi berjalan lancar.

Demikian informasi mengenai 7 alasan kenapa tidak bisa belanja di Tiktok Shop. Apabila Anda kesulitan melakukan aktivitas belanja di platform ini, pastikan mengecek terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu lakukan tindakan untuk mengatasinya sehingga bisa berbelanja lagi di platform ini.