Kesegaran Sumber Kali Mbalang Mata Air Kota Blitar

Sumber Kali Mbalang

Awalnya Sumber Kali Mbalang pernah memiliki nama yaitu Ubalan. Terletak di pinggir kota memberikan suasana yang asri dan segar. Di samping itu ada banyak pohon serta alam hijau yang membuat suasana menjadi nyaman dan tenang. Pengunjung cukup ramai menjelang siang hari untuk berenang di area ini.

Pesona Wisata Sumber Kali Mbalang

Pesona Wisata Sumber Kali Mbalang
Source : https://jelajahblitar.com/

Sumber ini memiliki kolam yang cocok bagi semua usia. Kolam terbagi menjadi dua yaitu khusus anak-anak dan dewasa. Hal ini karena kedalaman kolam yang berbeda di tiap bagian. Masyarakat sekitar berupaya untuk meningkatkan fasilitas agar pengunjung merasa tertarik dengan keindahan wisata ini.

Baca juga : Sumber Ember Mata Air Jernih di Kandangan Blitar

1. Kesejukan Area Sumber

Kesegaran air yang berasal langsung dari sumber membuat pikiran menjadi fresh. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Berada di sekitar area persawahan dan ladang memberikan kesejukan alam terbuka. Jauh dari polusi dan kebisingan membuat pengunjung merasa nyaman selama di sini.

Ada pohon beringin besar yang semakin membuat suasana menjadi rindang. Sumber ini telah melalui berbagai renovasi hingga akhirnya menjadi tempat wisata untuk menghabiskan waktu santai. Pembangunan pagar, warung, dan beberapa infrasrtuktur lainnya menambah pesona dari tempat ini.

2. Kolam Anak – Anak

Kolam ini khusus bagi pengunjung anak – anak yang ingin bermain air. Kedalaman kolam tidak terlalu tinggi sehingga aman. Bagi kolam anak – anak terletak di bawah aliran sungai. Apabila pengunjung tidak terlalu bisa berenang maka dapat menyewa pelampung atau ban yang telah disediakan pihak wisata.

Ada banyak pohon yang tumbuh di sekitar area ini. Area kolam yang tidak terlalu luas namun memberikan kesegaran asli dari sumber. Hal ini semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Orang tua bisa menunggu sambil mengawasi dari tempat duduk yang telah tersedia.

3. Kolam Dewasa

Kolam ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi sehingga tidak cocok bagi anak-anak bermain di sini. Pada kolam dewasa terletak di bawah pohon beringin. Bisa dibilang lokasinya ada di bagian atas atau pertama. Selain itu di tempat ini merupakan pusat sumber mata air yang tidak pernah habis.

Kesegaran dan kejernihan air menambah ketertarikan pengunjung mencoba datang ke sumber ini. Bukan hanya itu bagian kolam ini bisa menampung banyak orang yang ingin berenang atau sekedar berendam. Area kolam ini lebih banyak digunakan oleh anak-anak sekolah untuk berenang bersama.

Lokasi dan Tiket Masuk Sumber Kali Mbalang

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://blitarkota.go.id/

Awalnya tempat ini hanya sumber air biasa dan tidak banyak orang berkunjung. Maka dari itu suasana yang ada masih angker dan mistis. Namun sejak berubah menjadi sebuah wisata, banyak orang berdatangan dan membuat suasana menjadi asri. Kebersihan tempat juga sangat diperhatikan.

Untuk masuk ke area sumber tidak perlu membayar tiket karena gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tarif parkir sebesar 2 hingga 5 ribu. Buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore setiap harinya. Dengan biaya tersebut nantinya digunakan untuk mengembangkan kawasan wisata ini.

Di sekitar area kolam terdapat beberapa warung yang menjajakan aneka macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Masyarakat terus melakukan pengembangan di sekitar area agar banyak pengunjung yang datang. Awalnya kolam tidak seluas saat ini hanya di sekitar pohon beringin saja.

Rute Perjalanan Menuju ke Sumber Kali Mbalang

Rute Perjalanan Menuju ke Sumber Kali Mbalang
Source : https://i.ytimg.com/

Area sumber memiliki rute yang cukup mudah namun berada di dalam kawasan persawahan. Saat ini kolam dikelola oleh masyarakat setempat dan berfungsi sebagai tempat wisata air. Pengunjung yang ingin menuju ke tempat ini bisa menggunakan jalur dari Alun-Alun Blitar.

Ambil jalan menuju arah selatan ke Jalan Mstrip. Setelah itu belok kanan atau timur hingga perempatan lampu merah di Jalan Veteran. Jalan lurus ke selatan menuju terminal dan ambil arah timur. Nantinya akan melewati jalan Sulawesi. Nantinya akan ada papan petunjuk ke tempat sumber.

Hanya perlu mengikuti petunjuk atau bertanya kepada warga sekitar. Ada baiknya pengunjung menggunakan kendaraan roda dua agar mudah dalam melewati perjalan. Hal ini karena area sumber harus melewati jalan yang cukup sempit tidak selebar di pusat kota serta masuk ke daerah warga.

Apa Saja Kegiatan Selama Berada di Sumber Kali Mbalang ?

Apa Saja Kegiatan Selama Berada di Sumber Kali Mbalang?
Source : https://i.ytimg.com/

Sumber kali ini memberikan banyak hal menarik yang bisa pengunjung lakukan. Ada banyak pengunjung terutama anak-anak yang senang bermain air bersama temannya. Setelah proses pembangunan, area kolam semakin luas sehingga debit air jadi mulai naik dan akan terus diperluas jika banyak pengunjung.

1. Bermain Air

Ada baiknya berkunjung di pagi hari karena masih sepi pengunjung. Jika terlalu siang akan ramai dan semakin panas. Meskipun terik tidak terlalu menusuk saat di kolam namun perjalanan menuju ke tempat ini akan terasa lebih melelahkan.

Maka dari itu jika ingin mendapatkan suasana nyaman dan tenang bisa datang saat pagi hari. Air yang ada di kolam ini cukup jernih dan jarang kotor karena terus mengalir dan warga merawat tempat ini. Kolam sumber memiliki area yang memanjang dan terdapat batu beton berbentuk kotak di pinggirnya.

2. Bersantai Menikmati Suasana

Bersantai Menikmati Suasana
Source : https://tabloidmatahati.com/

Apabila pengunjung ingin menjernihkan pikiran dan rasa lelah bisa mencoba berendam di kolam ini. Bisa juga dengan menikmati pemandangan alam terbuka seperti melihat keindahan area sawah pada tempat sambil makan di warung sekitar.

Tidak hanya itu ada berbagai kegiatan menarik seperti jalan – jalan mengitari sawah. Sekitar tempat ini penuh dengan warna hijau alam yang memadati sehingga menyejukkan mata. Pada musim hujan air kolam akan menjadi keruh dan sekitir kotor. Maka dari itu pengunjung bisa datang saat cuaca cerah.

3. Spot Foto Menarik

Ada banyak spot menarik di tempat ini. Keindahan air dan alam yang bersatu menjadikan perpaduan sempurna untuk bersantai. Terlebih banyak pohon yang bisa menghalau panas terik matahari saat siang. Adapun air berwarna biru kehijauan dan abu-abu memberikan nuansa sumber alami.

Pengunjung bisa mengabadikan momen sebanyak-banyaknya bersama keluarga atau teman. Maka dari itu pengunjung dapat membantu mengupload foto saat berada di tempat ini. Hal ini sebagai bentuk promosi yang bagus bagi kemajuan wisata di Kota Blitar salah satunya pada Sumber Kali Mbalang.

4. Membantu Meningkatkan Pariwisata

Membantu Meningkatkan Pariwisata
Source : https://i.ytimg.com/

Sumber Kali Mbalang merupakan wisata baru yang berdiri sebagai bentuk untuk meningkatkan perekonomian setelah pandemi covid. Namun masih sedikit orang yang datang di tempat ini. Lokasinya yang terpencil membuat orang tidak mengetahui keberadaannya. Maka perlu adanya media promosi.

Pengunjung bisa membuat suatu video atau foto untuk memperkenalkan wisata ini ke orang lai khususnya warga Blitar. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan desa. Warga juga akan senang dan menyambut baik bantuan untuk memasifkan wisata Sumber Kali Mbalang.

Baca juga :  Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Blitar yang Bisa Kamu Kunjungi

Demikian informasi mengenai Sumber Kali Mbalang yang memberikan kesegaran air alami. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sambil berenang di kolam. Wisata ini ramai saat siang hari. Maka dari itu jika pengunjung ingin bersantai dan memperoleh ketenangan bisa datang pada pagi harinya.