Kelebihan dan Kekurangan Instagram bagi Pengguna Media Sosial

Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Sosial media seperti Instagram saat ini sangat berkembang pesat karena berbagai fitur kini hadir dapat memanjakan para pengguna. Seperti halnya media sosial juga memiliki kelebihan dan kekurangan bagi para pengguna. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan Instagram bagi para pengguna saat ini.

Kelebihan Instagram untuk Para Pengguna Tahu dan Paham

Pertama yang akan pengguna rasakan yaitu kelebihan Instagram sehingga dapat menjadi pilihan tepat untuk menggunakannya. Kelebihan ini perlu pengguna tahu karena dapat memaksimalkan kinerja dan aktivitas menggunakan Instagram. Berikut kelebihan dari Instagram yang perlu pengguna tahu saat ini:

1. Instagram Memiliki Banyak Fitur yang Akan Memanjakan Pengguna

Kelebihan pertama yaitu Instagram memiliki banyak fitur sehingga dapat memanjakan aktivitas pengguna pada media sosial ini. Dengan hadirnya banyak fitur maka media sosial ini semakin populer dan banyak penggunanya. Tidak heran jika semua orang khususnya anak muda memiliki aplikasi ini.

Fitur seperti dapat membagikan cerita untuk pengguna bagikan kepada teman yang sudah mengikuti akunnya menjadi salah satu kegemaran. Bagaimana tidak karena pada fitur ini pengguna dapat membagikan foto maupun video. Terkait hal tersebut juga dapat meningkatkan kreativitas pengguna.

Fitur lainnya yaitu pengguna dapat membagikan reels pada akun miliknya berbentuk video yang mungkin akan menarik orang lain. Reels tersebut bahkan menjadi fitur kekinian karena dari hal tersebut seseorang dapat Viral. Jika sudah Viral maka pengikut akan bertambah banyak dan menjadi Influencer.

2. Sebagai Media Sosial Bisnis Menguntungkan dan Meningkatkan Pendapatan

Kelebihan Instagram kedua yaitu dapat sebagai wadah bisnis yang menguntungkan dengan cara berbagai promosi. Pengguna dapat mempromosikan produk atau jasa miliknya kepada masyarakat luas sehingga akan semakin terkenal. Tentu saja hal tersebut bisa meningkatkan pendapatan bisnis.

Instagram sendiri juga menyediakan fitur bisnis berbayar sehingga produk miliknya akan menjadi iklan yang masuk pada pengguna lain. Misalnya iklan tersebut akan lewat pada cerita saat pengguna menjelajahi fitur cerita. Potensi inilah yang membuat Instagram populer sebagai wadah bisnis untung.

Banyak sekali masyarakat yang mengandalkan Instagram sebagai wadah dalam mempromosikan barang atau jasa karena kemudahannya. Pengguna dapat mendirikan toko online dari barang miliknya dengan mudah sekali. Terkait hal tersebut sehingga membuat pengeluaran biaya tidak berlebihan.

3. Sistem Keamanan Akun Terjamin bagi Para Pengguna

Kelebihan selanjutnya yaitu sistem keamanan akun pada Instagram terjamin sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Media sosial saat ini memang sangat rawan terhadap pembobolan akun oleh pihak tidak bertanggung jawab. Lantas hal tersebut akan merugikan bagi para pengguna akun media sosial ini.

Instagram sendiri memiliki sistem keamanan yang sudah berkembang sehingga mampu menjaga privasi data pengguna. Terkait hal tersebut sehingga perlu adanya pendaftaran menggunakan email atau nomor HP. Pihak Instagram akan memverifikasi pada akun email atau nomor saat akan masuk.

Keamanan lainnya yaitu pengguna juga dapat melalukan privasi pada akun miliknya sehingga orang yang tidak mengikutinya terhambat jika melihat postingan. Fitur inilah yang membuat keamanan akun menjadi sangat tinggi. Pengguna dapat melakukan cara keluar dari akun Instagram untuk keamanan.

Kekurangan Menggunakan Instagram bagi Para Pengguna

Kelebihan dan kekurangan Instagram saat ini berjalan beriringan karena sudah wajar terjadi pada media sosial saat ini. Setiap ada kelebihan maka juga tidak akan terlepas dari kekurangan yang berpotensi mengganggu pengguna. Berikut kekurangan Instagram sebagai pengetahuan pengguna:

1. Kekurangan Pertama Penggunaan Data Seluler Berlebihan Saat Memakainya

Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Kekurangan pertama yaitu Instagram akan memakan banyak data seluler yang banyak saat penggunaan aplikasi tersebut. Tidak heran jika hal ini terjadi karena pada aplikasi ini banyak foto dan video yang hadir. Terkait hal ini sehingga akan menurunkan intensitas penggunaan aplikasi tersebut.

Data seluler di Indonesia saat ini semakin mahal karena memang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk mengakses internet. Dengan demikian jika hanya melihat postingan tidak jelas lebih baik tidak menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna harus bijak dalam menggunakan aplikasi seperti Instagram.

Banyaknya fitur pada Instagram tersebut juga menjadi salah satu faktor untuk banyaknya penggunaan data seluler. Bagaimana tidak dalam postingan Instagram sendiri dapat memutar video hingga 1 menit dan pasti memakan banyak data seluler. Terkait hal ini dapat teratasi jika pengguna memasang wifi.

2. Penggunaan Ruang Penyimpanan pada Perangkat Besar

Kekurangan yang kedua yaitu penggunaan ruang penyimpanan yang begitu besar pada perangkat android maupun Iphone. Aplikasi Instagram harus pengguna update secara berkala agar dapat menikmati fitur terbaru. Terkait hal tersebut akan semakin memakan banyak ruang penyimpanan.

Lantas akan menjadi kekurangan jika bagi para pengguna yang masih memiliki spesifikasi HP rendah untuk penyimpanannya. Terkadang jika memori penyimpanan HP penuh maka Instagram tidak dapat pengguna buka. Terkait hal tersebut sehingga akan mengganggu aktivitas sosial media pengguna ini.

Masalah ini sebenarnya tidak akan menjadi beban jika pengguna memiliki spesifikasi HP dengan penyimpanan besar. Dengan demikian jika ingin selalu menikmati fitur Instagram lebih baik juga update HP spesifikasi tinggi. Dengan demikian pengguna akan tetap dapat menikmati fitur lengkap Instagram.

Kelebihan dan kekurangan Instagram ini perlu pengguna tahu karena dapat menjadi pedoman untuk aktivitas pada media sosial. Terpenting untuk saat ini yaitu bijak dalam memakai media sosial untuk kepentingan tertentu. Hindari tindak kriminal pada media sosial karena akan merugikan diri sendiri.