Cara Cek Nik yang Terdaftar di Kartu XL dengan Mudah

Cara Cek NIK Yang Terdaftar di Kartu XL

Sudah diketahui oleh banyak orang apabila nomor induk kependudukan pada saat ini merupakan syarat untuk bisa mendaftarkan kartu provider. Namun terkadang, penggunanya merasa lupa sudah lakukan pendaftaran berapa kali, dan perlu tahu cara cek NIK yang terdaftar di kartu XL.

Metode Mudah Cara Cek NIK Yang Terdaftar di Kartu XL

Penggunaan metode untuk proses pengecekan NIK yang telah terdaftar pada kartu XL. Secara otomatis mampu membantu seluruh penggunanya apabila lupa nomor induk kependudukan. Sedangkan, mau melakukan registrasi provider lagi.

1. Metode Pertama Cek NIK

Bagi siapapun yang melakukan teknik ini, tentu saja sangat dijamin mampu langsung mengetahui nomor NIK jika memang tidak terlalu hafal. Karena sehabis melakukan step by step dari cara cek NIK yang terdaftar di kartu XL baik dan sesuai otomatis langsung muncul pada layar handphone.

  • Pastikan segera buka menu dial.

menu dial

  • Setelah itu ketik *123*4444#.

ketik *123*4444#

  • Lalu ketuk menu panggil.
  • Tunggu saja prosesnya.

prosesnya

  • Otomatis akan muncul nomor telpon beserta NIK.

muncul nomor telpon beserta NIK

  • Ansa bisa ketik 1 untuk cek nomor.

ketik 1 untuk cek nomor

  • Maka langsung muncul daftar nomor.

langsung muncul daftar nomor

Metode satu ini memang jauh lebih gampang dan bisa langsung memunculkan, apakah nomor telepon yang telah Anda pakai telah terdaftar dengan tepat dengan menggunakan nomor induk kependudukan pribadi.

Baca juga : Cara Mengatasi Nomor Anda Sudah Diaktifkan Sebelumnya Xl

2. Cara Jumlah Nomor Yang Telah Terdaftar Di NIK

Menurut kominfo, dalam satu nomor induk kependudukan maksimal hanya bisa digunakan untuk mendaftar 3 kartu saja. Terlebih dahulu apakah sudah mencapai batas atau belum. Karena dengan demikian bisa menambah pendaftaran sim card lagi.

  • Pastikanlah untuk buka menu dial pada handphone.

menu dial pada handphone

  • Lalu masukkan kode dial seperti berikut.

kode dial seperti berikut

  • Pastikan langsung klik panggil.
  • Setelah itu tunggu sampai kode USSD selesai.

kode USSD selesai

  • Otomatis akan muncul jika nomor Anda saat ini.

muncul jika nomor Anda saat ini

  • Lalu klik saja cek nomor dengan angka 1.

klik saja cek nomo

  • Baru akan muncul jumlah nomor yang terdaftar ke NIK Anda.

jumlah nomor yang terdaftar

Kenapa NIK Terdaftar Jadi Syarat Daftar SIM Card

Kebijakan yang telah diterapkan oleh pemerintah mengenai registrasi sim card dengan menggunakan nik beserta kartu keluarga memang mengundang pro dan kontra. Tapi tentu saja hal tersebut memiliki alasan tersendiri. Apa saja?.

1. Mencegah Terorisme Menyebar

Apabila melihat dari seberapa banyak kasus yang sudah terjadi, sepertinya paham terorisme memang tidak ada habisnya. Hal tersebut apabila dibiarkan begitu saja malah membuat generasi penerus bangsa Indonesia tersuci otaknya.

Itulah kenapa, agar bisa menjadi pencegahan semakin luasnya penyebaran paham radikalisme registrasi sim card ini menggunakan nik beserta KK. Tindakan seperti ini mampu mencegah terorisme dan bisa melakukan pelacakan untuk para pelakunya.

2. Berita Hoax Dapat Berkurang

Dunia telekomunikasi ataupun informasi selalu menjadi incaran pelaku kejahatan agar bisa menyebarkan berita maupun kabar-kabar tidak benar atau hoax. Tentunya hal seperti ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman.

Dengan adanya kebijakan pemerintah yang menggunakan nik beserta KK sebagai syarat untuk melakukan registrasi sim card mampu meminimalisir tindak kejahatan seperti modus penipuan. Karena nantinya bisa langsung terlacak dengan adanya sistem validasi.

3. Mampu Mengamankan Proses Transaksi Non Tunai

Betul adanya transaksi non tunai memang sangat rentan sekali mendapatkan penipuan. Itulah kenapa, harus ada validasi data dengan menggunakan operator seperti pemakaian nik beserta kartu keluarga. Alhasil mampu mendorong kegiatan tersebut melalui perbankan.

Alhasil metode seperti ini memang jauh lebih aman, yang tentu saja proses validasi data dari pelanggan pun terus-menerus berjalan tanpa adanya permasalahan. Sangat terjamin sekali keamanannya.

4. Cegah Penggunaan NIK Oleh Orang Tidak Bertanggung Jawab

Penggunaan dari nik sebagai syarat untuk pendaftaran SIM card seperti provider XL. Tentu saja bisa menjadi sarana terbaik untuk melakukan pencegahan penggunaan dari nomor induk kependudukan tersebut oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Karena secara otomatis penggunaan dari NIK seperti ini memang hanya bisa dilakukan oleh Anda sebagai pemilik identitas tersebut. Akan tetapi, tidak akan menutup kemungkinan jika masih banyak para hacker, hal tersebut bisa sangat diminimalisir.

Demikian sekilas informasi diberikan kepada Anda tentang bagaimana cara cek NIK yang terdaftar di kartu XL dengan mudah meskipun menggunakan kode dial saja. Semoga saja dengan adanya ulasan tersebut betul-betul memberikan banyak bantuan.