Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang, Curug Tertinggi di Jawa Timur

Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur. Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat musim libur tiba. Alamnya yang asri, desiran angin yang sejuk, hingga pesona alamnya masih begitu alami.

Pesona Alam Air Terjun Tretes

Source : https://cdn.nativeindonesia.com
Source : https://cdn.nativeindonesia.com

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja dan ingin sejenak menghabiskan waktu dengan alam. Di Wonosalam terdapat destinasi wisata alam yang digadang-gadang sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur. Bagaimana tidak, Air Terjun Tretes memiliki tinggi hingga 150 m.

Tidak heran tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Sebenarnya wisata alam ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Seperti kebanyakan air terjun lainnya, Tretes terletak di dalam hutan sehingga pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai kesana.

Baca juga : Air Terjun Sekelip Wonosalam Jombang, Pancarkan Keindahan Alam

Pasalnya kendaraan roda emat hanya bisa sampai pemukiman penduduk saja. Agar sampai ke Air Terjun Tretes wisatawan bisa menggunakan kasa ojek atau trekking melintasi kawasan hutan. Sedangkan untuk pengendara roda dua, meski dapat melintasi setapak menuju Tretes tetap haris hati-hati.

Daya Tarik Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Source : https://tahurarsoerjo.dishut.jatimprov.go.id
Source : https://tahurarsoerjo.dishut.jatimprov.go.id

Menjadi salah satu ikon wisata Jombang, Air Terjun Tretes tentu memiliki pesona alam yang tidak bisa dinafikkan lagi. Kawasan hutan yang masih begitu asri, menambah kesan alami kepada siapa saja yang datang. Ini dia daya tarik Air Terjun Tretes.

1. Area Trekking Menyusuri Hutan

Bagi Anda yang memutuskan berjalan kaki menuju lokasi air terjun, pastikan menggunakan sepatu siap untuk berbagai medan. Pasalnya sebagian besar japan menuju lokasi masih berupa tanah. Pada jalur utama, mungkin wisatawan menemui jalan yang bagus.

Namun semakin ke dalam hutan, sepatu harus menapak tanah dan menyeberangi hutan bambu. Perjalanan ini menjadi tidak monoton sebab pemandangan alam sekitar yang masih alami. Pepohonan tinggi menjulang, kicauan burung, dan desiran angin adalah sambutan dari alam.

2. Sumber Air Jernih

Perlu Anda ketahui, bahwa sebelum sampai ke air terjun, wisatawan akan menemukan sungai yang airnya begitu jernih. Bahkan dasar sungainya pun nampak jelas. Di sisi sungai juga terdapat batuan alami yang menambah kesan natural.

Sungainya berundak seperti air terjun mini yang menyegarkan. Pemandangan ini tentu jarang sekali Anda temukan di destinasi wisata modern. Apalagi Wonosalam sendiri tergolong wilayah dataran tinggi.

3. View Pegunungan dan Perkebunan yang Eksotis

Selain view dari air terjun yang memang eksotis, selama perjalanan pun pengunjung akan menemukan banyak sekali keindahan alam. Landscape dataran hijau, pegunungan, perkebunan dan sebagainya. Terlebih lagi udaranya yang begitu sejuk sebab jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Tidak heran banyak yang memilih Air Terjun Tretes sebagai tempat refreshing dari padatnya aktivitas. Pada jalur tracking, wisatawan akan menemukan sungai yang menandakan air terjun sudah dekat.

4. Air Terjun Tretes Sang Idola

Inilah bintang utama yang akan membayar lunas lelah dan letih perjalanan wisatawan. Pemandangan air terjun setinggi 158 m yang masuk dalam jajaran air terjun tertinggi di Jawa. Di sinilah, pengunjung merasakan sukacita akan ciptaan Tuhan yang begitu indahnya.

Air mengalir dengan segarnya melalui tebing batu yang begitu tinggi. Saat tertutup awan, air bagai meluncur dari langit. Di bawah air terjun, pengunjung bisa bermain air dengan puas. Untuk anak-anak juga lebih leluasa sebab kondisi kolamnya tidak terlalu dalam.

5. Serunya Bersepeda Menyusuri Hutan

Seperti yang dibahas sebelumnya, Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Akan memberikan sensasi tersendiri ketika Anda memilih melakukan aktivitas seru seperti bersepeda.

Apalagi jalur tracking yang memang tidak terlalu sempit. Meskipun belum ada pembatas di setiap sisinya.

6. Berbagai Spot Foto Menarik

Berkunjung ke tempat yang luar biasa tentu berfoto adalah hal wajib. And bisa bersantai di tepian kolam sambil mengabadikan moment epik. Tidak hanya itu, suasananya yang sejuk akan membuat tubuh terasa rileks.

Sesekali kicauan burung ikut terdengar sayup-sayup diantara riuhnya bunyi air yang meluncur dari ketinggian. Sungguh sensasi yang luar biasa. Sebagai pecinta alam pasti akan setuju kalau tempat ini memang epik dan haris dijaga.

Misteri Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Source : https://cdn.nativeindonesia.com
Source : https://cdn.nativeindonesia.com

Hal menarik mengenai sebuah air terjun memang tidak terlepas dari kisah misteri. Begitupula Air Terjun Tretes. Menurut cerita yang beredar, ditempat inilah pertemuan Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo terjadi.

Pertemuan itu membuat keduanya menjalin kasih. Namun sayang akhir kisahnya menjadi sebuah legenda dari tempat ternama Coban Rondo. Di mana kisah cinta tersebut memiliki akhir tragis yaitu berujung sebuah kutukan.

Terlepas dari kisah misteri tersebut, Tretes tetaplah sebuah tempat yang layak dikunjungi. Meski harus melewati beberapa pos dan menempuh jarak sekitar 4 km. Belum lagi jalanan menanjak yang pastinya seru dan sedikit menguji kekuatan fisik.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes Wonosalam
Source : https://cdn.nativeindonesia.com

Air Terjun Tretes berlokasi di Desa Pengajaran, Galeng Dowo, Wonosalam, Jombang. Sumber air dari air terjun ini sebenarnya berasal dari Sungai Sumber Watu Bonakah. Tidak heran jika suasana di tempat ini sangat sejuk mengingat berada di ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut.

Untuk sampai di air terjun Tretes Anda harus melalui beberapa rute yang mungkin berkelok dan banyak tanjakan. Jika datang dari arah Surabaya, Anda bisa berkendara menuju Jombang kota agar melewati jalur Polsek Mojoagung lalu ambil arah kiri ke Kecamatan Mojowarno.

Selanjutnya lurus terus sampai Kecamatan Wonosalam. Agar sampai di tempat, bertanyalah kepada penduduk sekitar arah ke Desa Pengajaran. Jika ingin cara lebih praktis, Anda tinggal mengoperasikan google map sebagai petunjuk jalan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes Wonosalam
Source : https://radarjombang.jawapos.com

Setiap pengunjung yang ingin melihat gagahnya Air Terjun Tretes harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. sebelum itu, wisatawan yang memakai kendaraan pribadi harus parkir terlebih dahulu dengan bayar Rp 2000 di gerbang utama.

Selanjutnya Anda bisa berjalan kaki atau menyewa jasa ojek dengan tarif Rp 20.000 sekali jalan. Dengan kendaraan dari parkiran ke loket hanya makan waktu 10 menit. Namun bagi mereka yang ingin menghemat uang sambil menikmati jalan pegunungan perlu waktu 30 menit.

Sejak dari loket itulah sudah tidak ada ojek yang mengantar. Otomatis pengunjung harus bersedia berjalan kaki sekitar 15 menit. Belum ada pembatas di jalur tersebut, jadi pastikan untuk berhati-hati.

Jam Buka Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes Wonosalam
Source : https://radarjombang.jawapos.com

Masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo air terjun Tretes terbuka untuk umum setiap hari Mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Anda bisa datang saat curah hujan tidak terlalu tinggi.

Baca juga : Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Bareng Jombang

Itulah berbagai hal mengenai Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang yang belum banyak orang tahu. Lokasinya yang cukup jauh di dalam hutan, mengharuskan pengunjung berusaha lebih keras agar dapat menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan.