Alun-alun Jombang, Wisata Terbuka di Pusat Kota

Alun-alun Jombang

Alun-alun Jombang adalah tempat wisata pilihan saat berada di pusat kota. Memberikan pemandangan indah yang khas sebagai ikon kota Jombang. Area rumput hijau terbuka, wahana bermain, hingga berbagai aktivitas menyenangkan lainnya.

Alun-alun Kota Jombang

Source : https://satukanal.com
Source : https://satukanal.com

Memiliki julukan sebagai Kota Santri, Jombang tidak hanya penuh dengan bangunan pesantren. Wilayah ini mempunyai tempat menarik yang berada di pusat kota yaitu Alun-alun. Di sinilah biasanya banyak masyarakat yang mulai menghabiskan akhir pekan.

Baik itu pagi, sore maupun malam hari, alun-alun Jombang hampir tidak pernah sepi. Bagaimana todak, di sini Anda dapat menemukan berbagai spot menarik. Apalagi setelah mengalami revitalisasi, banyak yang berubah. Yakni menjadi semakin tertata dan tentunya terdapat fasilitas baru.

Baca juga : Rekomendasi 37 Tempat Wisata di Jombang Paling Hits Dan Populer

Terletak di bagian pusat kota, alun-alun persis berada di sebelah masjid agung dan Kantor Bupati Jombang. Saat pagi pengunjung akan menemukan beberapa kegiatan seperti berolahraga maupun bersantai.

Daya Tarik di Alun-alun Jombang

Source : https://cdn.idntimes.com
Source : https://cdn.idntimes.com

Menjadi ikon wisata di Jombang, alun-alun memang sebuah tempat yang menarik. Destinasi yang tepat untuk mereka yang ingin hemat ongkos. Berbeda dengan kota lainnya, alun-alun Jombang dibuat kosong tanpa bangunan di tengahnya. Yakni hanya lapangan rumput luas.

1. Lokasinya Strategis

Daya tarik pertama alun-alun Jombang adalah lokasinya yang strategis yakni berada di pusat kota. Bahkan tempat ini terbuka selama 24 jam nonstop. Sebab memang tempat umum yang bisa dikunjungi siapa saja. Di sekitar alun-alun, akan lalu-lalang kendaraan yang menambah riuh suasana.

Meski begitu, di sini Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada. Saat pagi, cuaca akan terasa sejuk. Jadi pengunjung bisa memilih waktu pagi atau sore hari untuk datang kesini. Tenang saja, Anda bisa berkunjung kapanpun secara gratis.

2. Dapat Dijangkau dengan Mudah

Source : https://assets.ayobandung.com
Source : https://assets.ayobandung.com

Untuk sampai di alun-alun Jombang, Anda bisa memakai kendaraan umum maupun pribadi karena aksesnya yang mudah. Bahkan jika Anda dari luar kota sekalipun, dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus.

Pasalnya Alun-alun Jombang tepat berada di depan stasiun. Jadi Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar. Kondisi jalannya pun bagus sebab berada di wilayah kabupaten. Di mana dekat dengan Kantor Bupati Jombang.

3. Tempat Terbuka Hijau di Tengah Kota

Seperti penjelasan sebelumnya, alun-alun Jombang memang tidak memiliki bangunan apapun di bagian tengah. Itulah mengapa tempat ini menjadi ruang terbuka hijau. Lapangan rumput dengan pepohonan hijau menghiasi alun-alun.

Itulah mengapa suasananya tetap asri dan sejuk. Anda bisa berswafoto dengan leluasa. Di setiap sisi pembatas alun-alun, bisa pengunjung jadikan tempat duduk. Bahkan Anda dapat sekalian berwisata kuliner sebab banyak pedagang kaki lima dengan berbagai jajanan.

4. Pendopo Agung Kabupaten Jombang

Source : https://cdn-2.tstatic.net
Source : https://cdn-2.tstatic.net

Masih di lokasi yang sama, ada bangunan luas yaitu Pendopo Agung. Tenang saja, tempat ini juga terbuka untuk umum. Artinya siapapun bisa masuk ke wilayah pendopo. Bangunannya dibuat menyerupai rumah adat Jawa Timur yaitu joglo.

Jika beruntung pengunjung bisa menyaksikan bahkan mengikuti berbagai macam kegiatan di sini. Seerti senam, latihan menari, dan lainnya. Pendopo Agung juga kerap menjadi tempat pagelaran acara resmi kabupaten.

5. Area Bermain Anak

Setelah mengalami revitalisasi secara menyeluruh, kini Alun-alun Jombang memiliki area bermain anak. Ada berbagai macam permainan yang pastinya seru dan menyenangkan. Wahana seperti sitting room, jogging track, dan lainnya.

Berdasarkan pernyataan kepala DLH Jombang, Miftahul Ulum, area Playground telah dirancang khusus untuk anak-anak, sehingga terjamin keamanannya. Untuk orang tua cukup mengawasi di sitting area. Bahkan pemerintah Jombang juga memberikan asuransi bagi anak yang bermain.

6. Penampakan Pohon Tabebuya Bagai di Negeri Sakura

Di alun-alun terdapat pohon yang berbunga di bulan tertentu saja yaitu Pohon Tabebuya. Saat mekar, bunganya akan berwarna pink dan putih menyerupai bunga Sakura di Jepang. Sekitar 11 pohon telah tertanam di kawasan alun-alun.

Pengunjung bisa menjadikannya spot foto yang ciamik. Penampakan bungannya begitu cantik, terutama saat cuaca sedang cerah. Dengan adanya tanaman Tabebuya, suasana jadi makin asri dan segar. Tidak heran pengunjung Alun-alun juga makin banyak.

7. Bangunan Unik di Alun-alun

Apabila Anda menuju bagian ujung alun-alun, terdapat bangunan unik seperti rumah Teletubbies. Sekilas, mungkin tidak ada yang menyangka kalau sebenarnya bangunan tersebut adalah toilet. Terdapat pula dua pohon di sisi kanan dan kiri sebelum pintu masuk.

Selain itu, ada juga bangunan unik berwarna pink dengan papan bertuliskan “informasi”. Bentuknya seperti larva merah di film kartun anak-anak. Letaknya tepat di samping gapura pintu masuk area alun-alun Jombang.

8. Rumah Burung Dara

Bingung menentukan tujuan saat akhir pekan. Alun-alun bisa jadi tempat yang tepat sebagai destinasi wisata keluarga. Pasalnya tempat ini cocok untuk semua kalangan. Apalagi dengan adanya beberapa ekor burung dara yang sesekali menapaki rerumputan untuk mencari makan.

Pengunjung bisa sekalian berbagai makanan dengan hewan tersebut. Burung dara ini memang dipelihara dan memiliki rumah khusus. Pastikan memberi makan yang tidak membahayakan satwa tersebut. Aktivitas semacam ini tentu menyenangkan bagi anak-anak.

9. Masjid agung dengan Arsitektur Menakjubkan

Saat berkunjung ke alun-alun Jombang, kurang rasanya jika tidak melengkapinya dengan beribadah di kawasan Masjid Agung. Tepat di depan gapura, pengunjung akan nampak kemegahan masjid dengan gaya bangunan yang luar biasa.

Alamat dan Rute Menuju Alun-alun Jombang

Alun-alun Jombang
Source : https://www.localguidesconnect.com

Alun-alun Jombang persis berada di pusat kota. Di mana tempat tersebut memang menjadi ikon dari suatu wilayah. Alamatnya berada di Jalan Diponegoro No. 1-3, Kaliwungu, Jombang. Terbuka untuk umum selama 24 jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan bis, bisa langsung turun di Terminal Jombang, selanjutnya naik ojek dengan jarak tempuh 5 km. Sedangkan pengendara bermotor ada biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 2000.

Selanjutnya Anda bisa menikmati suasa di dalam area alun-alun Jombang sepuasnya. Saat malam tiba, lampu pada tiang-tiang kokoh itu akan menyala menambah syahdu suasana. Cocok sekali sebagai tempat healing pasangan suami-istri alias couple time.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Jombang

Alun-alun Jombang
Source : https://jombangkab.go.id

Dengan fasilitas yang mumpuni, alun-alun terbuka lebar bagi siapapun secara gratis. Tanpa pungutan biaya sebab telah menjadi area untuk khalayak umum. Saat pagi dan siang Anda mungkin menjumpai berbagai aktifitas seperti senam, jogging, maupun piknik tipis-tipis.

Namun saat menjelang malam, ada banyak sekali jajan kuliner khas Jombang yang berjejer di tepi jalan mengelilingi kawasan itu. Seperti cilor, cilok, sempol, dan lain sebagainya. Oleh karenanya sediakan uang receh untuk menikmati makanan kaki lima.

Meski begitu, bukan berarti saat pagi sampai sore sepi pedagang. Hanya saja menu yang disajikan berbeda. Saat siang Anda akan menemukan jajanan seperti brownies, cimol, aneka minuman dingin, buah-buahan segar, dan lainnya.

Baca juga : Wisata Taman Kebon Ratu, Ruang Terbuka Hijau di Tengah Kota Jombang

Itulah berbagai hal mengenai Alun-alun Jombang yang bisa menjadi target untuk mengisi libur akhir pekan. Siapkan uang saku sebab Anda akan menemukan berbagai jenis jajanan yang menggugah selera.