Indahnya Wisata Air Sumberboto Jombang

Wisata Air Sumberboto

Bagi warga Jombang, sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Wisata Air Sumberboto yang juga menyimpan kisah sejarah. Tempat ini merupakan sebuah kolam renang yang juga letak 3 sumber air. Tempatnya juga indah dan masih begitu asri.

Wisata Air Sumberboto

Wisata Air Sumberboto
Source : https://i.ytimg.com

Perlu Anda ketahui Sumberboto sendiri memang terkenal dengan wisata air. Wisata yang masuk area perhutani ini menyimpan kisah sejarah prajurit wanara. Namun seiring waktu tempat tersebut mengalami pembangunan. Kini sudah ada berbagai spot menarik seperti kolam renang, pendopo, wisma, area camping dan sebagainya.

Oleh sebab itu tempat ini cocok sebagai tempat liburan keluarga. Bahkan ketika akhir pekan, Sumberboto bisa ramai orang berkunjung baik dari Jombang maupun sekitarnya. Tempat masih begitu asri dan alami. Apalagi dengan pepohonan rindang yang memang terjaga.

Baca juga :  Rekomendasi 37 Tempat Wisata di Jombang Paling Hits Dan Populer

Dulunya yang merupakan obyek wisata tidak terawat, kini sudah mengalami banyak perubahan. Tidak heran banyak yang mengunjungi wisata ini mengingat lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Yang ada hanya suasana tenang khas di dalam hutan.

Ada Apa di Wisata Air Sumberboto

Source : https://www.artebia.com
Source : https://www.artebia.com

Selain menyimpan kisah sejarah perjuangan, Sumberboto juga memiliki daya tarik yang sulit ditolak oleh penyuka wisata alam. Ada banyak sekali spot menarik serta aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di obyek tersebut. Ini dia daya tarik Sumberboto Jombang:

1. Memiliki 3 Spot Kolam Renang

Tahukah Anda bahwa kolam renang merupakan spot favorit wisatawan yang berkunjung kesini. Tempatnya cukup luas dengan berbagai ukuran kedalaman. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga kolam renang sekaligus. Di mana dua kolam renang saling berjejer.

Selain itu ada pula kolam renang khusus anak-anak yang letaknya terpisah. Kedalamannya sekitar selutut orang dewasa. Jadi masih aman bagi mereka yang liburan membawa anak kecil. Di sekitar kolam dewasa sudah ada pagar pembatas juga area untuk membilas badan.

2. Monumen Perjuangan Pasukan Wanara

Sumberboto sendiri dulunya menjadi saksi bisu perjuangan pasukan wanara. Untuk mengabadikan kisah tersebut maka dibuatlah monumen berupa patung dia orang pria berbadan kekar. Nampak mimik wajah yang tak menyiratkan gentar sama sekali.

Di bagian pinggang terdapat senjata seperti golok sebagai alat perjuangan. Patung besar ini letaknya di atas tugu beton. Kemudian di bagian bawah terdapat pula pahatan 4 pasukan Wanara yang juga ikut memperjuangkan Indonesia. Monumen inilah yang juga menjadi ciri khas.

3. Bumi Perkemahan Sumberboto

Selain menjadi tempat wisata air kolam renang, Sumberboto merupakan lokasi berkemah yang populer di Jombang. Banyak sekali individu, kelompok, maupun lembaga yang menjadikannya obyek camping. Saat berkunjung kesana Anda akan menemukan area luas dengan pepohonan rindang mengelilinginya.

Di bagian depan pintu masuk area, terdapat tulisan Bumi Perkemahan Sumberboto Jombang. Area ini terdiri dari 9 blok. Sedangkan untuk kapasitasnya sendiri bisa muat 9 sampai 15 tenda pramuka. Tidak hanya warga Jombang, peserta kemah juga datang dari luar kota.

4. Danau Dengan Air Jernih

Sumberboto sendiri merupakan tempat sumber air yang kemudian mengalis ke beberapa tempat. Salah satu yang bisa Anda saksikan adalah sebuah danau dengan air jernih. Di sekelilingnya terdapat pepohonan dengan akar yang mencuat keluar.

Lebih dari itu, udara di obyek wisata ini terasa menyejukkan. Di dasar danau nampak ikan kecil berenang kesana kemari. Selain itu terdapat pula bangku santai yang bisa menjadi tempat duduk menikmati indahnya alam sekitar.

5. Pohon Raksasa Berusia Puluhan Tahun

Menjadi salah satu wisata alam yang cukup populer di Jombang, Sumberboto memang menyimpan keindahan alam luar biasa. Salah satu spot yang paling epik adalah adanya pohon raksasa yang kemungkinan berusia puluhan atau ratusan tahun.

Pohon ini tidak hanya satu, tapi ada beberapa lainnya. Letaknya bersisian dengan area pemandian anak-anak. Di setiap pohon juga memiliki keterangan mengenai jenis dari tumbuhan tersebut. Pohon inilah yang kemudian menjadi payung alami sehingga suasana semakin asri.

6. Terdapat Tiga Sumber Air khas Dataran Tinggi

Wisata Air Sumberboto memang terletak di dataran tinggi. Bukan hal mustahil tempat ini memiliki udara yang sejuk, suasana asri serta jauh dari riuhnya kendaraan bermotor. Tidak jauh dari lokasi pemandian terdapat tiga sumber mata air alami yang menjadi pemasok berbagai kebutuhan.

Diantaranya ada Sumberboto, Sumberkembang, dam Sumbergondang. Mata air dari Sumberboto akan mengalir menuju Sumbergondang, selanjutnya ke area mck. Sedangkan Sumbergondang menjadi sumber air untuk kolam renang.

7. Udaranya Sejuk dengan Kepungan Pepohonan Rindang

Source : https://assets.ayobandung.com
Source : https://assets.ayobandung.com

Melipir sejenak dari banyaknya tugas dan kesibukan ke Sumberboto menjadi pilihan yang tepat. Terutama untuk mereka yang tinggal di kota dan sering sesak dengan suara kendaraan bermotor dari waktu ke waktu.

Di obyek wisata ini, pengunjung bisa menghirup udara segar serta memandangi ciptaan-Nya yang begitu sempurna. Apalagi kondisi hutannya yang masih alami dengan berbagai jenis tumbuhan menjulang tinggi.

8. Spot Instagenik

Tidal hanya menyegarkan badan dan pikiran, berkunjung ke Sumberboto dapatkan berbagai foto instagenik sebagai kenang-kenangan. Ada banyak spot yang bisa menjadi background foto epik nan ciamik. Seperti di depan monumen maupun di area rimbunnya pepohonan

Menyimpan Sejarah Perjuang di Masa Revolusi

Source : https://jombangkab.go.id
Source : https://jombangkab.go.id

Di saat jaman revolusi kemerdekaan, Sumberboto pernah menjadi markas para pejuang melawan penjajahan. Kala itu, tempat ini adalah gudang senjata Pasukan Wanara. Di mana anggotanya terdiri dari pegawai kehutanan pada masa itu.

Untuk kebutuhan perang, terdapat berbagai macam persenjataan seperti bom, granat, peluru, dan lain sebagainya. Demi menjaga wilayah, pasukan ini membuka bom.l peninggalan pasukan Jepang yang kemudian dijadikan peluru dan granat.

Namun siapa sangka pada 12 April 1948, bom di tempat penyimpanan yang beratnya 500 kg meledak seketika saat dibuka. Tragedi tersebut menewaskan lima pasukan Wanara sekaligus. Untuk mengenang perjuangan mereka dibangunlah sebuah monumen Sumberboto dengan dua patung prajurit.

Harga Tiket Masuk Wana Wisata Sumberboto

Wisata Air Sumberboto
Source : https://aksaraintimes.id

Dengan berbagai fasilitas serta panorama alam yang ada, Sumberboto bisa menjadi tempat rekreasi menarik. Tidak perlu merogoh kocek terlalu besar, pengunjung bisa nikmati kesegaran udara dan air ya sekaligus.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 wisatawan bisa eksplor segala tempat. Bagi yang membawa kendaraan pribadi tentunya harus bayar biaya perkir yaitu Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 bagi mobil.

Alamat dan Rute ke Sumberboto

Wisata Air Sumberboto
Source : https://2.bp.blogspot.com

Wana wisata Sumberboto terletak di dusun Sumberboto, Japanan, Mojowarno Jombang. Lokasinya berada 7 km dari arah terminal Mojoagung. Medannya cukup mudah sebab kondisi jalan sudah beraspal.

Namun saat memasuki kawasan Sumberboto pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam luar biasa. Di sepanjang jalan Anda bisa melihat ladang penduduk serta pepohonan rimbun di bagian kanan dan kiri.

Baca juga : Panorama Indahnya Pantai Payangan untuk Tempat Wisata Jember

Wisata Air Sumberboto memang layak menjadi tempat liburan pilihan saat sedang jenuh. Dengan harga murah Anda sudah bisa eksplor keindahan alamnya.