Android 9 Apa Namanya?

Android 9 Apa Namanya?

Android 9 apa namanya? Memiliki sebutan sebagai Android P. Ini termasuk ke dalam salah satu sistem terbaik pada beberapa tahun lalu. Meskipun demikian, pada 2023 ini masih ada beberapa handphone lama yang masih memakainya.

Sekilas Tentang Android 9, Apa Namanya?

Seperti yang telah disebutkan di atas, apabila Android 9 ini memiliki sebutan sebagai Android P. Huruf “P” sebetulnya merupakan singkatan ataupun kependekan dari “Pie”. Mampu melakukan update over the air untuk beberapa perangkat seri pixel besutan Google.

Pabrikan lain yang juga menggunakan program Android Pie cukup banyak yaitu seperti merek Xiaomi, Sony, Vivo, ataupun Nokia. Ketika membandingkannya dengan operasi sistem saat ini maka pastinya cukup minim fitur.

Akan tetapi, fitur-fitur yang tersedia pada Android 9 rasanya betul-betul masih berfungsi dengan baik pada tahun 2023 ini. Karena terkadang untuk sistem terbaru saja sering menggunakan pelayanan dari layanan sebelumnya.

Baca juga : Cara Update Android 11

Inilah Layanan Android 9, Apa Namanya?

Perlu Anda ketahui pula, untuk layanan Android 9 memang cukup banyak dan sampai saat ini masih berfungsi dengan baik oleh para pengguna. Maka dari itu, setelah ketahui lama dari sistem operasi tersebut. Alangkah baiknya memahami apa saja fitur-fiturnya, inilah ulasannya:

1. Kemunculan Smart Reply Dari Notifikasi

Smart Reply Dari Notifikasi

Penampilan antarmuka grafis Android 9 sangat bagus apalagi pada bagian quick setting dan tray notifikasi. Karena tema visual material desainnya mampu menambahkan white space ataupun sudut membulat. Artinya Mampu menampilkan icon lebih berwarna.

Perihal fitur notifikasi, untuk Android 9 ini bisa menampilkan konten seperti gambar berasal dari aplikasi pesan. Bahkan bisa langsung menggunakan Smart reply dari notif tanpa perlu membuka chatting dan aplikasinya.

2. Tampilan Serba Gelap Pada Android Pie

Tampilan Serba Gelap Pada Android Pie

Dalam kondisi tertentu tampilan dari layar yang memiliki warna gerak memang jauh lebih nyaman. Meskipun sebelumnya pada sistem Android Oreo telah menyediakan opsi drop mode dan harus mengaktifkannya saat memilih wallpaper.

Namun kehadirannya muncul lagi pada Android 9, bahkan proses untuk mengaktifkannya pun terbilang gampang. Yaitu hanya perlu membuka opsi display pada bagian menu setting. Setelah itu, masuk ke device theme dan klik 3 opsi yaitu otomatis berdasarkan dari wallpaper, gelap dan terang.

3. Adanya Layanan Editing Screenshot

Editing Screenshot

Selanjutnya adalah sebuah opsi dalam menyunting screenshot yang akan tampil pada panel notifikasi Android pay setelah tangkapan gambar tersebut diambil. Otomatis akan langsung muncul tombol edit pada bagian preview screenshot.

Layanan penyuntingan seperti ini untuk membantu dan biasanya menyediakan menu crop, menggambar dan juga highlight. Hal tersebut tentunya mampu mempersingkat langkah bagi pengguna dalam proses pengeditan sebelum membaginya ke orang lain.

4. Fitur Digital wellbeing

Digital wellbeing

Kemunculan fitur yang satu ini ternyata sebetulnya memang memiliki tujuan untuk mengurangi pemakaian ponsel. Karena terdapat layanan app timer dengan memiliki fungsi dalam membatasi waktu berjalannya aplikasi.

Karena secara otomatis akan mengaktifkan pula naik light dengan mengubah warna layar menjadi grayscale. Alhasil perubahannya ini merupakan pengingat kepada seluruh pemakainya agar segera berhenti bermain ponsel.

5. Munculnya Layanan Lockdown

Lockdown

Model lockdown adalah salah satu fitur security baru untuk keamanan lebih ekstra pada smartphone yang menggunakan sistem Android 9. Karena mampu mengunci perangkat kemudian menonaktifkan pemindaian sidik jari maupun voice unlock.

Bahkan nantinya kegunaan dari layanan lockdown ini berfungsi untuk sama sekali tidak menampilkan notifikasi pada bagian lockscreen. Alhasil ketika mundur suatu pesan maka itu dari email ataupun aplikasi chatting hanya getar saja.

6. Terdapat App Action

App Action

Aplikasi ini ternyata mampu memprediksi kegiatan apa yang akan Anda lakukan. App Action otomatis menampilkan pintasan menuju aplikasi-aplikasi dimana kemungkinan butuh untuk dipakai. Contohnya saja para penggunanya akan menggunakan handset atau headphone.

Maka secara otomatis App action mampu menampilkan spotify maupun beberapa APK pemutar musik lainnya. Lalu ketika tengah bepergian, maka untuk layanan ini otomatis juga menampilkan aplikasi Google Maps

7. Punya Layanan Digital Wellbeing

Digital Wellbeing

Fitur Android 9, apa namanya? Yang mana bertujuan untuk mengurangi pemakaian HP? Seringkali punya sebutan sebagai digital Wellbeing, menggunakan dashboard khusus dan dapat melihat beberapa notifikasi. Kemudian sudah berapa lama pengguna pakai aplikasinya.

Dalam layanan ini, dapat menu bernama fitur app timer yang mana dapat memungkinkan Anda untuk mengatur waktu ketika menggunakan aplikasi. Cukup menakjubkan bukan? Apalagi ternyata sampai saat ini masih terpakai oleh pemakai handphone.

8. Munculnya Navigasi Berbasis Gestur

Navigasi Berbasis Gestur

Apakah Anda merasa bosan dengan tampilan 3 tombol navigasi default yang memang sudah sangat khas dari Android? Google sendiri ternyata telah menyediakan alternatif pada sistem Android 9 yaitu dengan basis gesture swiping.

Hanya perlu menyatukan jari ke kanan untuk bisa menjalankan fungsi back serta ke kiri agar bisa berganti membuka aplikasi lainnya. Sedangkan penggeseran ke atas memiliki kegunaan untuk melihat app drawer atau recent apps.

9. Kemunculan Tombol Kunci Atas Layar

Android 9 Apa Namanya?

Sebagai pengguna Android, kemungkinan seringkali terpaksa membolak-balikkan perangkatnya. Karena ternyata tampilan dari layar mendadak berubah dari potret ataupun sebaliknya. Hal seperti ini memang cukup mengganggu kegiatan.

Namun, Android 9 ini telah menyediakan tombol kunci atas layar, karena adanya opsi on dan off untuk bisa rotasi otomatis. Alhasil mengunci tampilan dalam orientasi tertentu, dan ini cukup membantu apabila sering menggunakan handphone untuk menonton film.

10. Fitur Adaptive Battery

Android 9 Apa Namanya?

Sebetulnya untuk fitur dari adaptif baterai ini menggunakan kecerdasan buatan atau ai guna melacak pola penggunaan dari aplikasi penggunanya. Termasuk kapan saja waktu-waktu pemakaian yang paling sering dilakukan.

Biasanya untuk aplikasi yang sering dibuka akan memperoleh prioritas resource dan baterai agar bisa berjalan pada background. Apa tujuannya? Tentu saja tidak lain untuk bisa melakukan peningkatan efisiensi daya dan penghematan baterai.

11. Terdapat Fitur Quick Text Selection

Android 9 Apa Namanya?

Salah satu kelebihan untuk Android versi 9 ini adalah terdapat fitur Quick Text Selection. Kemunculan layanan ini mampu membuat para penggunanya dapat memilih berbagai macam kata lalu menyalinnya menuju aplikasi lain.

Mampu mempersingkat kegiatan ketika Anda mencari alamat ataupun menyalin nomor telepon. Bahkan pada fitur ini juga telah mendukung slices. Sedangkan penyematannya sendiri mampu membantu para penggunanya ketika ingin cari aplikasi yang lebih relevan.

12. Single Home Button

Android 9 Apa Namanya?

Pada fitur terakhir yang cukup menjadi kelebihan untuk Android 9, apa namanya? Yaitu memiliki nama single home button, karena ternyata menggunakan kombinasi fitur sweep dan juga gesture. Tentu saja tampilan seperti ini jauh lebih mengasyikkan saat kegiatan multitasking.

Kemungkinan, untuk handphone terbaru pada saat ini, masih menyediakan layanan tersebut karena memang memiliki fungsi cukup bagus. Karena tentu saja, jika zaman dahulu masih belum semua handphone tersedia.

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa layanan dari Android 9, apa namanya? Tentu saja setelah tahu akan sebutannya dan paham bagaimana fiturnya. Semoga mampu memberikan informasi terbaik bagi pembaca.