Sendang Tlimo Kabuh Jombang, Hadirkan Suasana Tenang

Sendang Tlimo Kabuh

Sendang Tlimo merupakan destinasi wisata di Jombang yang menawarkan keindahan serta nuansa alam tiada dua. Cocok sekali sebagai tujuan liburan keluarga. Apalagi dengan adanya wisata air yang memang anak-anak sukai. Ini dia berbagai hal mengenai Sendang Tlimo Kabuh.

Berlibur di Sendang Tlimo Kabuh

Berlibur di Sendang Tlimo Kabuh
Source : https://www.javatravel.net

Jombang memang tidak pernah kehabisan tempat wisata epik yang memanjakan mata dan tubuh. Salah satunya ada di kecamatan Kabuh bernama Sendang Tlimo. Seperti namanya spot utama obyek tersebut adalah sendang yang airnya tidak pernah kering.

Wisata air alami ini sebenarnya merupakan aliran dari Sari Tengah Hutan Jati. Hal itu membuktikan bahwa tempat ini memang masih alami dengan pemandangan pepohonan yang asri. Recommended untuk berlibur sejenak dari sibuknya dunia kerja.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan sampai tidak terasa kalau waktu berlalu begitu cepat. Jangan lupa untuk tetap memotret dengan view terbaik di wisata ini. Adanya Sendang Tlimo menjadi bukti bahwa Jombang juga kota wisata yang potensial.

Baca juga : Rekomendasi 37 Tempat Wisata di Jombang Paling Hits Dan Populer

Jam Buka Sendang Tlimo Kabuh

Jam Buka
Source : https://cdns.diadona.id

Perlu Anda ketahui bahwa Sendang Tlimo termasuk wisata yang cukup dikenal masyarakat Jombang sendiri. Namun pengunjung nyatanya juga sampai ada dari luar wilayah tersebut. Tujuannya tentu mencari suasana santai yang jauh dari suara kendaraan bermotor.

Nah, bagi Anda yang ingin bertamasya di Sendang Tlimo bisa berkunjung mulai jam 07.00 sampai 16.00. saat pagi suasana masih begitu sejuk. Beranjak siang, tentunya udara menjadi panas dan akan mereda saat sore hari. Pastikan Anda datang di waktu yang tepat.

Selain itu, saat curah hujan tinggi air di sendang akan menjadi lebih keruh sehingga kunjungan mungkin tidak terlalu memuaskan. Meski begitu ada spot lain yang bisa menjadi titik pemberhentian Anda. Dari pada penasaran segera atur perjalanan menuju Sendang Tlimo.

Ada Apa di Sendang Tlimo

Ada Apa di Sendang Tlimo
Source : https://2.bp.blogspot.com

Sendang Tlimo memang bukan wisata baru. Di awal kemunculannya tempat ini sangat sepi. Namun makin kesini ada banyak masyarakat yang mulai tahu potensi keindahan alam di kawasan sendang. Ini dia yang perlu Anda ketahui tentang Sendang Tlimo.

1. Terbentuk dari Batu Terbelah

Tahukah Anda bahwa saat Anda melihat sumber air di Sendang Tlimo Kabuh, di sisi kanan dan kiri terlihat tembok batu yang mengalit. Itulah yang dimaksud dengan terbentuk dari batu yang terbelah. Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat.

Dulunya, batu tersebut dibelah oleh orang yang sakti. Terlepas dari kabar tersebut kini lokasi sendang bisa menjadi spot foto epik. Terutama untuk Anda yang gemar berfoto. Belahan batu juga rapi seolah bukan hasil dari fenomena alam.

2. Terdapat Air Terjun

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan merasa berada di dua tempat wisata sekaligus. Bagaimana tidak, selain menyaksikan sendang yang tidak pernah kering. Terdapat pula air terjun cantik dengan aliran berundak. Letaknya ada di sisi paling kiri dari Sendang.

Otomatis, sendang tersebut ada di bagian atas air terjun. Dilihat dari lokasi sendang berada, air terjun ini menikuk ke bawah begitu curam. Jadi belum ada perkiraan berapa tinggi dari air terjun tersebut. Untuk mengetahuinya Anda harus ke bagian sungai paling bawah.

3. Memiliki Banyak Batuan Unik

Sendang Tlimo memang mempunyai daya tarik yang unik untuk menghipnotis wisatawan. Perlu Anda ketahui, tempat ini masih begitu alami. Begitupula kondisi batuan tang ada di lokasi. Apalagi memang belum ada pembangunan dari pihak pemerintah sendiri.

Hal ini membuat pengunjung masih bisa melihat alam bekerja. Di mana terdapat berbagai batuan dengan bentuk yang unik. Bahkan Anda bisa menemukannya dalam berbagai ukuran. Selain itu sumber airnya juga masih begitu bening. Tempat yang cocok di hari libur.

4. Airnya Segar dengan Udara yang Sejuk

Meskipun tidak terletak sepenuhnya di area dataran tinggi, wisata alam Sendang Tlimo memiliki udara yang sangat sejuk. Bahkan dalam ulasannya ada pengunjung yang mengibaratkan seerti berada di kulkas. Hal ini membuktikan tempat ini masih sangat asri.

Apalagi di sekeliling pengunjung hanya akan melihat rimbunnya hutan. Ketika melihat kawasan sendang, di bagian hulu cukup landai. Sedangkan di bagian hilir lebih curam serta licin. Sebagai penikmat, sudah sepatutnya alam ini dijaga bukan merusaknya begitu saja.

5. Sungai dan Pegunungan yang Menawan

Bagi pengunjung baru, tentu amat penasaran dengan apa dan bagaimana kenampakan di Sendang Tlimo. Destinasi wisata alam tersebut memberikan pemandangan indah berupa hamparan hijau pepohonan dan tumbuhan liar lainnya.

Saat berada di area nampak pula aliran sungai pegunungan yang menyegarkan. Pada dasarnya aliran air di Sendang Tlimo bersambung dengan sungai lain di sekitarnya. Selain itu lengkap pula dengan bebatuan alami dan rimbunnya pepohonan.

6. Sensasi Memasuki Lorong Rahasia

Memberikan pengalaman liburan mengesankan dengan adanya lorong yang diapit oleh dua tebing tinggi. Jika Anda pergi ke sisi kiri sendang, akan ada aliran sungai dari hulu. Di mana setiap sisinya memiliki tembok yang menjulang ke atas.

Apabila berjalan lebih dalam Anda akan nampak pemandangan menakjubkan. Di lorong panjang tersebut ada sulur tumbuhan yang menghiasinya. Tinggi tembok sekitar 3 hingga 4 meter dengan panjang jalan kurang lebih 100 meter.

7. Air Sendang Menjadi Air Terjun

Di Sendang Tlimo pengunjung bisa melihat air yang terus mengalir ke hilir. Di bagian paling akhir, air tersebut akan terjun ke bawah menuju sungai. Peristiwa inilah yang kemudian memunculkan air terjun.

Selain itu, fenomena ini hanya bisa pengunjung lihat saat debit air tinggi. Bahkan saat itu Anda tidak diperkenankan berada di bawahnya. Namun ketika musim kemarau boleh jadi air terjun tidak terlihat.

Harga Tiket Masuk Menuju Sendang Tlimo

Harga Tiket Masuk
Source : https://1.bp.blogspot.com

Biasanya harga tiket masuk dibedakan menjadi dua kategori. Yaitu saat hari biasa dan akhir pekan. Dengan adanya biaya tiket, pengelola dapat mengembangkan potensi wisata tersebut. Kendati demikian, Sendang Tlimo tidak memungut biaya masuk.

Baik itu weekday maupun weekend Anda bisa masuk gratis. Namun ketentuan ini bisa berubah sewaktu-waktu. Selain menikmati keindahan alam sekitar, pengunjung bisa gowes disekitar jalan menuju sendang.

Alamat dan Rute Menuju Sendang Tlimo

Alamat dan Rute Menuju Sendang Tlimo
Source : https://tempatwisataseru.com

Destinasi wisata alam Sendang Tlimo terletak di Tanjung Wadung, Kabuh, Jombang. Tepat di area hutan yang dikelola oleh perhutani. Dari pusat Kota Jombang, pengunjung perlu berkendara sekitar 30 km. Untuk rutenya sendiri bisa langsung akses Google map.

Jika Anda menemukan lahan perhutani yang menjadi penghubung dua desa yaitu Marmoyo dan Tanjung Wadung. Maka di situlah letak Sendang Tlimo berada. Nikmati keindahan alam dan kesegaran air sungai yang jernih demi menghilangkan capek dan pegal.

Baca juga : Wisata Sejarah Sendang Made Jombang

Itulah berbagai hal mengenai Sendang Tlimo Kabuh, Jombang. Mulai dari daya tarik, rute, alamat, dan harga tiket sudah begitu jelas. Saat berkunjung tetaplah jaga kebersihan area wisata.