Air Terjun Sekelip Wonosalam Jombang, Pancarkan Keindahan Alam

Air Terjun Sekelip Wonosalam

Air Terjun Sekelip Wonosalam tawarkan panorama keindahan alam berupa pepohonan rindang, bebatuan alam, dan lainnya. Ada keunikan dari tempat ini sehingga mampu menarik wisatawan berkunjung tanpa ragu. Ulasan selengkapnya, ada beberapa poin berikut ini.

Air Terjun Sekelip Wonosalam Jombang

Air Terjun Sekelip Wonosalam Jombang
Source : https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Pergi liburan ke tempat wisata epik memang dambaan hampir semua orang. Mulai dari mengunjungi pantai, taman bermain, pegunungan, hingga air terjun. Setiap tempat memiliki keunikannya masing-masing. Begitupun di Air Terjun Sekelip.

Tempat yang satu ini terletak di Kabupaten Jombang. Kenampakan alamnya masih begitu alami dan belum terjamah oleh manusia. Sebenarnya air terjun yang satu ini tidak begitu tinggi. Hanya saja terbentuk dari batuan dengan dua tingkat. Pada tingkat pertama, air kolam cukup dalam.

Sedangkan pada tingkat kedua, air di kolam tersebut masih standar. Hingga saat ini pun kondisinya masih sangat asri sebab dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Hal itu dilakukan tentu untuk mendukung perkembangan wisata di Jombang.

Baca juga : Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang, Curug Tertinggi di Jawa Timur

Belum Terlalu Populer di Kalangan Wisatawan

Belum Terlalu Populer di Kalangan Wisatawan
Source : https://wonosalamcitypark.id

Berbanding terbalik dengan air terjun di Wonosalam lainnya seperti Air Terjun Tretes. Air Terjun Sekelip memang belum sepopuler itu. Itulah kenapa tempat ini masih sepi pengunjung. Kendati demikian hal itu menjadi keuntungan bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan pikiran.

Padahal kenampakan alamnya juga tak kalah memukau dari tempat lain. Awalnya, akses menuju air terjun ini sangat sulit. Apalagi dengan jalan setapak yang sangat licin saat musim hujan. Kondisi tersebut membuat wisatawan mundur.

Namun setelah perbaikan, kini semakin membaik. Akses menuju obyek utama juga sudah mengalami perbaikan meski tetap harus Anda tempuh dengan berjalan kaki. Hal ini membuktikan bahwa wisata di Jombang juga potensial.

Daya Tarik Air Terjun Sekelip

Daya Tarik
Source : https://thumb.viva.co.id

Menjadi salah satu destinasi wisata air terjun di Wonosalam, Sekelip memiliki ciri khas tersendiri. Terlepas dari akses jalan yang dinilai sulit ada beberapa daya tarik sehingga membuatnya layak dikunjungi. Ternyata ini yang ada di destinasi wisata Air Terjun Sekelip Wonosalam

1. Suasana Asri Khas Pedalaman Air Terjun

Jika berbicara mengenai air terjun pastinya tempat tersebut berada di dalam hutan. Di mana, sekelilingnya penuh dengan rimbunnya pepohonan. Tidak terkecuali Air Terjun Sekelip yang juga menawarkan keindahan alam berupa area hijau di sepanjang perjalanan.

Tempat yang satu ini begitu epik apalagi mengingat Jombang sendiri cenderung bersuhu panas. Melipir ke air terjun tentu memberikan kesegaran pada tubuh dan pikiran. Anda bisa menikmati indahnya hutan yang menjadi paru-paru bumi.

2. Area Pematang Sawah di Sepanjang Perjalanan

Sebagai salah satu kota yang menyimpan banyak tempat wisata. Masyarakat Jombang memang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Tidak heran, disepanjang jalan menuju lokasi air terjun, pengunjung bisa melihat persawahan penduduk setempat.

Penampakan semacam itu, tentu tidak akan dapat ditemui di kota besar. Oleh sebab itu, berkunjung ke Air Terjun Sekelip bisa menjadi pelepas rindu akan suasana tentram khas pedesaan. Di kanan dan kiri jalan adalah penghijauan

3. Air Jernih

Air Terjun Sekelip memang memiliki keunikannya sendiri. Airnya yang begitu jernih menjadi kesan pertama yang tidak akan pernah luput dari pengamatan pengunjung. Iya, di sana Anda bisa menemukan air kolam yang begitu jernih sebab belum banyak terkontaminasi oleh banyak orang.

Apalagi saat Anda datang di waktu yang tepat tentu bisa melihat fenomena tersebut. Beda lagi ketika curah hujan tinggi, debit air akan naik dan sungai di bawah air terjun menjadi lebih keruh. Tentunya bukan pemandangan bagus.

4. Batuan Besar di Sekitar Air Terjun

Menjadi tempat yang belum banyak tersentuh oleh pembangunan, air terjun ini masih sangat alami. Begitupun bebatuan besar yang ada di sekitarnya. Sudah ada sejak dulu dan masih ada sampai sekarang. Batuan tersebut menjadi bukti semurni apa Air Terjun Sekelip.

Rekomen untuk mereka yang mendambakan ketenangan yang tidak bisa didapatkan di kota besar. Dengarkan suara gemericik airnya, angin yang menggerakkan dedaunan, serta nyanyian burung. Sungguh menjadi harmoni alam yang begitu merdu.

5. Indahnya Air Terjun Sekelip

Tahukah Anda bahwa salah satu keunikan Air Terjun Sekelip adalah ada dalam dua tingkat. Di mana keduanya sama-sama menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Di sekeliling air terjun terdapat pepohonan juga tumbuhan liar yang sangat memanjakan mata.

Tebing batu yang ditumbuhi lumut seolah menandakan bahwa alam masih mengambil tempat tersebut. Saat ini wisata tersebut masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Jadi bisa menjadi tempat menenangkan pikiran.

Air Terjun Sekelip 2

Air Terjun Sekelip 2
Source : https://res.cloudinary.com

Saat sampai di Lokasi air terjun yang begitu jernih dengan debit air cukup besar. Pengunjung akan melihat papan penanda bertuliskan Ai Terjun Sekelip 2 yang mengarah ke jalan lain. Di mana letaknya persis berada di atas air terjun pertama.

Meski begitu saat ingin menuju ke yang kedua ini pengunjung harus berjalan memutar. Selain itu, jalurnya juga cukup sulit. Pastikan Anda memiliki fisik kuat untuk mencapai tingkat dua tersebut. Bagaimana tidak jalurnya masih berupa tanah dengan akar pohon yang mencuat keluar.

Pengunjung harus berjalan menanjak ke atas dengan berpegangan pada akar tersebut. Artinya Anda akan merangkak agar tidak terpeleset. Dengan begitu ketika curah hujan tinggi dipastikan pengunjung tidak bisa ke Air Terjun Sekelip 2 sebab medan jalan yang licin dan basah.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Sekelip

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Sekelip
Source : https://res.cloudinary.com

Air Terjun Sekelip ini terletak di Gentaru, Carangwulung, Wonosalam, Jombang. Di mana Wonosalam sendiri merupakan wilayah dataran tinggi yang masih masuk kabupaten Jombang. Meski masuk ke dalam hutan, tempat wisata tersebut berada tidak jauh dari jalan utama.

Dari jalan yang menghubungkan Wonosalam dan Mojokerto jaraknya adalah 1,5 km. Di mana untuk 1 km pertama medan jalan masih beraspal. Selanjutnya Anda perlu menempuh jalur kecil sepanjang 200 meter. Sampailah di tempat parkir kendaraan Air Terjun Sekelip.

Sedangkan untuk 300 meter sisanya adalah perjalanan menuju lokasi utama dengan berjalan kaki. Berhati-hatilah saat pergi ke air terjun kedua sebab kondisi air di kolamnya cukup dalam. Selain itu pastikan untuk membawa air minum.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sekelip

Harga Tiket Masuk
Source : https://wonosalamcitypark.id

Destinasi wisata alam di Jombang Air Terjun Sekelip mematok tarif masuk bagi setiap pengunjung. Yaitu sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan untuk parkir sejumlah Rp 3000. Setelah itu Anda pun bebas berkeliling menyusuri tempat tersebut.

Untuk menuju lokasi utama sudah ada papan petunjuk yang sengaja dipasang agar memudahkan perjalanan.  Selain itu ada pula setapak yang cukup memadai meski masih berupa tanah dan batuan. Bisa dibilang jalurnya cukup sulit untuk mencapainya.

Baca juga : Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Bareng Jombang

Itu dia berbagai hal mengenai Air Terjun Sekelip Wonosalam yang perlu Anda tahu. Harga tiket masuk boleh jadi berbeda tergantung dari keputusan pengelola. Meski harus melalui medan yang cukup sulit, semua terbayarkan saat berada di lokasi.