Alas Gedangan Mojoagung, Wisata dengan View Perbukitan di Jombang

Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedang Mojoagung adalah tempat wisata yang mengandalkan kenampakan alam sekitar. Untuk lebih menarik maka dibangun spot foto epik yang memang kini banyak digandrungi kawula muda. Tidak heran dengan daya tarik tersebut tempat ini kerap mencuri perhatian.

Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung
Source : https://direktoripariwisata.id

Mojoagung adalah kecamatan di Jombang yang ternyata menyimpan keindahan alam luar biasa. Hal itu terbukti dengan adanya wisata Alas Gedangan yang mungkin belum banyak orang tahu. Padahal di sini Anda akan menemukan pemandangan mempesona khas perbukitan.

Bagaimana tidak alas Gedangan sendiri adalah jalan menuju Wonosalam. Banyak tanjakan yang menyenangkan untuk pengunjung lewati. Selain itu, alas Gedangan merupakan jalan satu arah. Maksudnya tidak ada cabang arah sehingga lebih mudah untuk menemukannya.

Bagi Anda yang menginginkan ketenangan serta kesegaran pikiran dan tubuh. Bisa langsung pergi ke Alas Gedangan yang memang tidak memungut biaya banyak untuk masuk. Lebih seru lagi jika berkunjung bersama teman atau keluarga. Makin rame makin asik.

Jam Buka Alas Gedangan

Jam Buka Alas Gedangan
Source : https://akcdn.detik.net.id/community

Di alas Gedangan Anda dapat menemukan fenomena alam yang indah tiada dua. Kejadiannya hanya berlangsung beberapa menit saja. Peristiwa tersebut adalah kenampakan matahari terbenam di ufuk barat. Hal itu adalah tanda bahwa kunjungan harus segera berakhir.

Meski begitu pengunjung tetap bisa datang kembali kapanpun. Sebab Alas Gedangan buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00. jika ingin melihat fenomena alam seperti sunrise bisa datang lebih pagi ke Alas Gedangan.

Di mana Anda bisa menyaksikan munculnya matahari dari ufuk timur secara perlahan. Sebab pengunjung akan berada di daerah perbukitan yang areanya lebih tinggi. Di depan mata sudah tersaji hamparan hijau menurun ke bawah.

Harga Tiket Masuk Alas Gedangan Mojoagung

Harga Tiket Masuk Alas Gedangan Mojoagung
Source : https://nyero.id

Memiliki panorama alam yang indah dengan berbagai aktivitas menarik. Pengunjung tidak harus membayar mahal untuk menikmati semua itu. Hanya dengan Rp 5000 saja sudah bisa akses setiap tempat. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri.

Barulah pengunjung bisa akses berbagai fasilitas dari tempat tersebut. Seperti namanya, Alas Gedangan memang cukup jauh dari pemukiman penduduk. Sebab area ini memang penuh dengan lokasi persawahan maupun tanah yang ditumbuhi tanaman liar.

Kendati demikian, penampakan seperti itulah yang membuatnya makin epik. Di mana memang jarang atau bahkan tidak dapat Anda temukan di perkotaan. Lokasi healing menghilangkan stres akibat kerja yang terlalu keras.

Ada Apa di Alas Gedangan Mojoagung

Ada Apa di Alas Gedangan Mojoagung
Source : https://i2.wp.com

Alas Gedangan memang banyak diketahui orang mengingat lokasinya cukup jauh dari perkotaan. Kendati demikian, kondisi tersebutlah yang menjadi daya tarik dari wisata ini. Cocok sekali untuk mereka yang menginginkan ketenangan pikiran. Ini dia hal menarik di Alas Gedangan.

1. Pemandangan Indah dari Atas Bukit

Perlu Anda ketahui bahwa Alas Gedangan Mojoagung merupakan jalur menuju Kecamatan Wonosalam. Tempat tersebut masuk dalam wilayah dataran tinggi sehingga terasa amat dekat dengan pegunungan. Oleh sebab itu, alas tersebut juga memiliki pemandangan khas perbukitan.

Area hijau di setiap sisi jalanan. Tidak ramai kendaraan bermotor, dan sebagainya. Dari atas jalur menuju lokasi wisata pengunjung bisa melihat alam dengan sudut pandang berbeda. Di mana bumi nampak lebih luas sedangkan manusia hanya sebagian kecil dari alam.

2. Udara Sejuk

Tempat yang banyak ditumbuhi tanaman berfungsi menghasilkan serta menyaring udara. Itulah kenapa area perbukitan udaranya selalu sejuk. Apalagi lokasinya cukup jauh dari jalan raya, sehingga polusi tidak sampai di area tersebut.

Bahkan Anda bisa berhenti sejenak di salah satu warung untuk menikmati segarnya es kelapa muda. Langsung dari buahnya. Nongkrong bersama teman atau keluarga jadi lebih bermakna. Es degan yang menyegarkan lengkap dengan pemandangan alam hijau di bawah sana.

3. Spot Bunga Matahari

Anda mencari spot foto instagenik di Alas Gedangan. Tenang saja, di sini pengunjung bisa menemukan gardu pandang bunga matahari. Di belakangnya akan nampak alam perbukitan dengan berbagai keindahannya.

Sungguh ciptaan Tuhan yang begitu memukau. Spot bunga matahari ini terbuat dari kayu sehingga aman untuk berada di atasnya. Tentu saja Anda harus tetap berhati-hati sebab tidak ada tali pengaman bagi yang ingin menaikinya.

4. Pemandangan Alam dari Sarang Burung

Selain foto di atas bangunan berbentuk bunga matahari, pengunjung bisa melihat pemandangan alam bukit dari atas replika sarang burung. Bangunan tersebut memang berada di antara dua pohon berhimpitan. Ada tangga untuk sampai ke atas.

Pengunjung harus berhati-hati jika datang di musim hujan. Boleh jadi jalanan akan licin. Spot sarang buru hanya boleh dinaiki maksimal dua orang untuk keamanan wisatawan. Jadi bersabarlah dalam mengantri.

Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam 

Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam yang Menawan
Source : https://kabarjombang.com

Perlu Anda ketahui bahwa Alas Gedangan punya dua fenomena alam yang jarang sekali bisa Anda saksikan di satu tempat. Peristiwa tersebut adalah sunrise dan sunset di lokasi yang sama. Datanglah pagi sekali untuk menyaksikan matahari muncul dari balik horizon.

Saat itu, jalanan masih sangat lengang sehingga Anda pun bisa bersantai tanpa terganggu suara kendaraan. Setelah melakukan berbagai aktivitas dan menjelajahi spot menarik. Tidak terasa malam mulai merenggut.

Pada waktu itulah, matahari sedikit demi sedikit tenggelam di ufuk barat. Memancarkan cahaya jingga sebagai salam perpisahan. Tentunya peristiwa ini juga bisa jadi background foto ciamik. Bergayalah bagai siluet membelakangi sinarnya.

Alamat Menuju Alas Gedangan

Alamat Menuju Lokasi
Source : https://assets.ayobandung.com

Alam memang jadi tempat terbaik menghabiskan waktu menikmati hari libur. Apalagi area yang belum terkontaminasi dengan banyak pembangunan industri. Jika ingin merasakan kedamaian khas pedesaan. Tidak perlu pergi jauh-jauh apalagi bayar mahal.

Datang saja ke Alas Gedangan yang berada di Dusun Gedangan, Kedunglumpang, Mojoagung, Jombang. Dalam riuhnya Mojoagung, ternyata ada lokasi epik perbukitan dengan view menakjubkan.

Di sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan landscape alam hijau. Tidak ketinggalan pula gunung yang tinggi berdiri gagah. Saat cuaca cerah pemandangan jadi lebih jelas. Pengunjung bisa datang pagi-pagi supaya hadir menyaksikan fenomena alam sunrise.

Rute Menuju Alas Gedangan

Rute Menuju Alas Gedangan
Source : https://1.bp.blogspot.com

Rute menuju Alas Gedangan sebenarnya tidak terlalu rumit sebab hanya ada satu jalan dengan lika-likunya. Apabila Anda datang dari arah Mojokerto, ambil rute terminal Mojoagung belok kiri menuju jalan ke Wonosalam. Lurus saja sekitar 500 meter sampai menemukan penunjuk arah.

Wonosalam ada di arah kiri. Belok ke jalan tersebut, lurus saja tanpa perlu belok untuk sampai di Alas Gedangan. Di area ini jalanan begitu lengang. Jarang sekali ada mobil berseliweran. Sesekali Anda akan bertemu penduduk sekitar dengan hasil kebunnya.

Meski lengang, Anda harus tetap berhati-hati sebab jalanan yang menanjak. Waktu tempuh dari terminal menuju Alas Gedangan mungkin cuma 10 menit perjalanan. Tergantung kondisi jalan juga cara mengemudi Anda.

Baca juga : Rekomendasi 37 Tempat Wisata di Jombang Paling Hits Dan Populer

Setelah mengetahui berbagai ulasan mengenai Alas Gedangan Mojoagung. Mulai dari rute, alamat, hingga daya tariknya. Tentu sudah membuat Anda tergerak untuk segera datang. Bawa juga keluarga agar tambah meriah.