Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu yang Ada di Jember

Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu

Indonesia merupakan negara penghasil tembakau terbesar khususnya di wilayah Kota Jember. Bahkan, tanaman ini terkenal karena menjadi lambang bagi kota tersebut. Anda bisa mempelajari banyak hal mengenai tumbuhan ini di agrowisata tembakau dan pembuatan cerutu sambil berwisata juga menambah ilmu.

Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu

Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu
source: https://pixabay.com/images/id-1293684/

 

Jember terkenal dengan nama kota tembakau karena eksistensi petani tembakau di wilayah ini sangat besar dan merata di berbagai area. Bahkan, lambang dari Kabupaten Jember pun sudah menggambarkan betapa besarnya peran tembakau bagi perekonomian masyarakat secara luas.

Bahkan, banyak industri tembakau tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Jember. Salah satunya adalah di Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX dan dikembangkan di lahan seluas 1000 Ha.

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah perkebunan tembakau, gudang pemeraman, sortir, hingga pengepakan, dan proses pembuatan cerutu yang dilakukan oleh para tenaga ahli di bidangnya. PT ini memanfaatkan tempat tersebut sebagai wahana agrowisata bagi masyarakat secara luas.

Jam Buka Agrowisata Tembakau

Berbeda dengan agrowisata lainnya, di sini jam operasional destinasi tersebut dapat menyesuaikan keinginan pengunjung melalui kesepakatan terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu dilakukan perjanjian terlebih dahulu dengan cara reservasi dan menentukan jam kunjung yang akan dilaksanakan.

Jadi, Anda perlu menghubungi pihak agrowisata untuk bisa membuat reservasi kunjungan. Di sana, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berkeliling pabrik, mengetahui pembuatan cerutu, dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Tembakau 

Sama halnya dengan jam operasional yang bisa ditentukan sesuai dengan keinginan pengunjung, Anda juga menentukan harga kunjungan sesuai dengan jumlah rombongan yang akan memasuki area agrowisata ini.

Di sana, nantinya petugas akan meminta keterangan mengenai jumlah rombongan yang akan masuk ke dalam area tersebut. Dari sinilah Anda dan rombongan bisa membayar harga tiket sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola agrowisata.

Apa yang Bisa Dilakukan di Sana?

Tidak hanya melihat proses pembuatan cerutu saja, namun pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan untuk menambah pengalaman dan ilmu baru selama waktu kunjungan. Berikut informasi lebih jelasnya mengenai hal tersebut agar Anda memiliki gambaran lebih lanjut!

1. Mengunjungi Perkebunan Tembakau

Mengunjungi Perkebunan Tembakau
source: https://ihategreenjello.com/pesona-keindahan-argowisata-tembakau/

 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah mengunjungi perkebunan tembakau yang menjadi destinasi unggulan tempat tersebut. Di sini, pengunjung dapat melihat bagaimana bentuk dari tanaman tembakau dan bagaimana cara merawatnya agar terhindar dari kerusakan.

Selain itu, ada pemandu yang akan memberikan pengunjung tambahan ilmu mengenai tanaman tembakau yang menjadi lambang kota Jember ini. Mulai dari keadaan tanah penanaman tembakau, pemanenan, perawatan, dan lain sebagainya, sehingga tempat ini cocok sebagai wadah edukasi.

2. Berkeliling Pabrik

Kegiatan yang selanjutnya yakni berkeliling pabrik. Ini akan memberikan kesan dan pengalaman berbeda selama liburan karena bisa menikmati suasana di tempat tersebut sembari mendapatkan berbagai ilmu mengenai tanaman tembakau. Anda dapat melihat berbagai proses pembuatan cerutu.

Mulai dari pemilihan tembakau yang sudah kering, penyortiran dan menghilangkan daun yang rusak, setelah itu melihat pembuatan cerutu serta proses pengepakannya hingga siap di jual ke pasaran. Anda juga dapat mengetahui berbagai jenis mesin yang digunakan dalam semua proses tersebut.

3. Melihat Cara Pengepakan dan Penyortiran Tembakau

Melihat Cara Pengepakan dan Penyortiran Tembakau
source: https://www.detik.com/jatim/bisnis/d-5968783/eksistensi-cerutu-made-in-jember-yang-kulitasnya-diakui- dunia/

 

Penyortiran dan pengepakan tembakau bertujuan untuk membuang tembakau yang tidak berkualitas agar tidak merusak kualitas cerutu. Biasanya, ada beberapa aspek yang dapat menjadi dasar dari proses ini supaya hasil akhir dari cerutu lebih bagus.

Kualitas cerutu yang bagus berasal dari proses penyortiran yang para pekerja lakukan secara teliti di dalam pabrik ini. Anda bisa melihat semua proses tersebut dengan lengkap dan detail, sehingga dapat menambah ilmu mengenai bidang tersebut.

4. Melihat Proses Pembuatan Cerutu

Melihat Proses Pembuatan Cerutu
source: https://asset.kompas.com/crops/Vj881h-ZaQJE22NW6DztwKvbrh8=/0x0:780×390/780×390/data/photo/2015/10/08/1640499Memotong-tembakau780x390.jpg

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, pengunjung bisa melihat proses pembuatan cerutu secara lebih detail hingga bisa terjual ke pasaran. Mulai dari penataan, penambahan gabus, hingga penggulungan dan menatanya ke dalam kemasan. Semua proses tersebut dapat pengunjung lihat secara langsung.

Nantinya akan ada pemandu yang bisa memberitahukan kepada Anda setiap proses yang pekerja di tempat tersebut lakukan. Dari sini, pengunjung dapat memperoleh ilmu mengenai tembakau secara detail, sehingga mampu menambah wawasan sembari menghabiskan waktu liburan.

5. Mengunjungi Toko Souvenir

Mengunjungi Toko Souvenir
source: https://www.indonesia-tourism.com/east-java/tourism/jember/ina/cigar-agro.html

 

Berlibur tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk diberikan kepada kerabat, bukan? Di sini, Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut karena telah tersedia toko souvenir serta cerutu. Ada banyak kerajinan tangan khas Jember yang dapat pengunjung beli dan bawa pulang.

Untuk harga kerajinan tangan yang ada di tempat ini, cukup terjangkau. Anda tidak perlu khawatir dan mengeluarkan terlalu banyak biaya jika ingin membeli banyak barang. Setiap kerajinan tangan memiliki keunikan serta karakteristik berbeda-beda dengan kualitas yang tentunya bersaing.

Alamat Menuju Agrowisata Tembakau 

Alamat Menuju Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu
source: https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2021/08/28/kec-612a4c5b06310e236947e772.jpg

 

Untuk bisa ke tempat ini sebenarnya sangat mudah karena dekat dengan pusat kota. Alamatnya sendiri berada di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Namun, memang perlu berhati-hati jika melintasi jalan menuju ke tempat ini karena terkenal ramai oleh kendaraan-kendaraan besar.

Berhubung jalannya juga searah dengan tempat wisata lain seperti pantai watu ulo, papuma, padang golf, dan juga Bandara Notohadi Negoro. Jadi, banyak kendaraan berlalu lalang di jalanan ini. Oleh karena itu, penting bagi pengunjung untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

Setelah berwisata ke tempat ini, cobalah mengunjungi destinasi lain yang telah disebutkan sebelumnya agar healing selama liburan lebih terasa. Selain itu, menambah pengalaman menyenangkan ketika berwisata bersama keluarga maupun teman.

Rute Menuju Agrowisata Tembakau 

Akses rute hingga ke tempat ini sendiri sangat mudah. Jika Anda bergerak dari pusat kota Jember atau alun-alun Jember, arahkan kendaraan ke arah tanggul. Lalu, saat sampai di perempatan, belok kiri untuk ke arah Jenggawah. Dari sini, arahkan kendaraan lurus hingga memasuki desa Ajung.

Kalau masih kesulitan, bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi google maps yang dapat membantu menunjukkan arah yang sesuai untuk bisa mencapai tempat yang Anda tuju. Caranya dengan menentukan posisi lalu tujuan. Nantinya sistem akan memberitahukan rute yang cepat untuk pengunjung lalui.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan transportasi umum yang ada di sekitar tempat tersebut. Nantinya, wisatawan dapat melakukan pemberhentian tepat di terminal Jenggawah. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju desa Ajung tempat agrowisata ini berada.

Itu tadi informasi berkaitan dengan Agrowisata Tembakau dan Pembuatan Cerutu yang ada di Kecamatan Jenggawah.  Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai sarana edukasi serta tempat liburan dengan suasana juga pengalaman baru yang mengesankan bersama teman maupun keluarga.