Menikmati Panorama Laut dari Bukit Samboja Jember

Bukit Samboja Jember

Wisata unggulan kota Jember yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, namanya Bukit Samboja. Bukit ini terletak di kawasan wisata Watu Ulo yang terkenal hingga ke telinga orang luar. Bahkan kecantikan ombaknya dapat membuat siapapun terpesona saat melihatnya.

Bukit Samboja

Bukit Samboja
Source: https://i0.wp.com/aliamaharani.com/wp-content/uploads/2021/06/bukit-samboja.jpg

 

Bukit Samboja adalah destinasi unggulan yang ada di Kota Jember dan berada di kawasan wisata pantai Watu Ulo. Jadi, satu kali kunjungan Anda bisa merasakan dua tempat wisata yang berbeda dengan keindahan serta keunikan masing-masing dari tempat tersebut.

Bukit ini berada di area pinggir dari Pantai Payangan yang terkenal karena mampu memberikan nuansa dan pemandangan indah dari ketinggian. Anda bisa melihat panorama laut sepanjang mata memandang. Tidak hanya berhenti di situ, tempat wisata ini juga memiliki beragam fasilitas penunjang bagi wisatawan.

Kalau berkunjung ke Jember, jangan lewatkan destinasi wisata ini. Apalagi jika berlibur bersama keluarga. Abadikan setiap momen kebersamaan dengan latar belakang hamparan laut biru yang indah. Jangan lupa juga untuk membawa kebutuhan pribadi selama liburan.

Jam Buka Bukit Samboja

Informasi yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah jam buka tempat wisata ini, yaitu pada pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Di pagi hari, pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbit, sedangkan di sore hari, mereka dapat memotret keindahan matahari tenggelam sambil menikmati semilir angin laut.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja karena buka setiap hari. Jadi, dapat melakukan kunjungan saat semua pekerjaan selesai atau memiliki waktu senggang. Nikmati keindahan laut biru dan suasana menyejukkan di atas ketinggian dari bukit ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Samboja

Untuk bisa menikmati panorama laut dan keindahan alam di sekitarnya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000/orang. Besaran biaya tersebut masih terbilang sangat terjangkau daripada berkunjung ke destinasi wisata lain, karena pemandangan di sini tidak ada duanya.

Anda bisa pergi liburan dan membawa banyak rombongan dengan harga yang sangat terjangkau tersebut. Selain itu, tempat wisata bukit ini juga buka setiap hari. Jadi, lebih mudah bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan kapan saja, baik itu di hari aktif maupun libur.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Bukit Samboja

Ada banyak kegiatan bisa Anda lakukan di tempat ini dan semuanya pasti sangat menyenangkan juga mengasyikkan. Dijamin, liburan akan menjadi momen tak terlupakan apalagi jika membawa keluarga maupun teman. Berikut informasi lengkap mengenai hal tersebut!

1. Menikmati Keindahan Laut

Menikmati Keindahan Laut
Source: https://1.bp.blogspot.com/–GCZEp6uTVU/YUbkLMS1rWI/AAAAAAAACvs/3w-KIOax2KYoVfzJVaUXT85lvK4SL9CGgCLcBGAsYHQ/s1350/pantai%2Bpayangan.jpg

 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati keindahan laut. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat healing, menyegarkan pikiran, dan melepas rasa penat setelah beraktivitas padat di perkotaan. Semilir angin laut serta sejuknya hawa sekitar akan membuat tubuh juga pikiran lebih rileks.

Anda bisa duduk bersantai sembari menikmati panorama laut dan perbukitan yang ada di sekitarnya. Jika datang di musim hujan, pengunjung dapat melihat hamparan rerumputan hijau nan cantik yang akan membantu menyegarkan kondisi mata akibat kelelahan dalam perjalanan atau aktivitas lainnya.

2. Wisata Kuliner

Berwisata tidak akan lengkap apabila tidak mencicipi makanan khas yang ada di daerah tersebut. Anda juga harus menjaga kondisi perut agar tetap terisi untuk bisa melakukan berbagai aktivitas selama liburan di tempat ini. Di sini sudah tersedia tempat makan bagi pengunjung yang merasa lapar.

Nikmati hidangan yang tersaji sembari melihat pemandangan biru laut yang akan membuat pengalaman liburan menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Sedangkan untuk harganya, semua makanan di sini sangat terjangkau, jadi pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

3. Mengambil Foto

Mengambil Foto
Source: https://radarjember.jawapos.com/wp-content/uploads/2021/11/WhatsApp-Image-2021-10-28-at-14.58.35.jpeg

 

Ada banyak spot foto yang bisa Anda dapatkan di destinasi wisata ini. Mulai dari hamparan laut yang membentang, pasir berwarna hitam, hingga perbukitan lain yang berjejer di pinggiran laut. Banyak orang mengambil gambar di tempat ini dengan hasil yang terbilang cantik dan estetik.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen saat liburan bersama keluarga maupun teman di tempat ini dengan berfoto di berbagai spot instagramable yang tersedia. Mengambil foto bisa menggunakan kamera smartphone atau DSLR. Semuanya sama-sama bagus.

4. Bermain Air

Bermain Air
Source: https://indonesiatraveler.id/wp-content/uploads/2020/06/Jember-Bukit-Samboja.jpg

 

Bukit Samboja juga bisa Anda jadikan sebagai tempat bermain air. Mengingat lokasinya dekat dengan Pantai Payangan. Namun, untuk dapat menikmati itu semua, pengunjung harus turun ke bawah, karena bukit ini berada di ketinggian.

Di sini, Anda bisa berselancar, bermain air, berenang, dan lain sebagainya. Banyak orang memanfaatkan keberadaan ombak yang besar sebagai tempat berlatih selancar. Bahkan, destinasi ini juga terkenal di kalangan turis asing karena keindahan ombak serta hamparan laut berwarna birunya.

Fasilitas Bukit Samboja

Fasilitas Bukit Samboja
Source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSEpGnyOQnLhhZnYX3UzTnj76eu598–52MWQ&usqp=CAU

 

Untuk menunjang kebutuhan dari pengunjung, pengelola tempat wisata telah menyediakan berbagai fasilitas, seperti area parkir. toilet, mushola, gazebo, dan juga warung makan. Saat merasa lapar setelah melakukan perjalanan panjang, Anda bisa menikmati beragam hidangan menggugah selera.

Selain itu, bisa juga duduk-duduk santai di gazebo sembari melihat pemandangan laut yang indah, baik di pagi hari maupun sore hari. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir jika ingin beribadah selama liburan, karena telah tersedia mushola untuk melaksanakan kewajiban sholat lima waktu.

Namun, tetap jangan lupa untuk membawa keperluan pribadi, seperti obat-obatan, baju ganti, topi pantai, dan lain sebagainya agar tidak ada hambatan selama liburan.

Alamat Menuju Bukit Samboja

Untuk bisa sampai ke tempat ini, akses jalannya sudah sangat mudah. Mulai dari jalan besar dari pusat kota, hingga jalan pedesaannya. Semuanya telah sangat mulus, bahkan palang lalu lintasnya juga lengkap. Jadi, pengunjung tidak akan tersesat apabila ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasi wisata ini sendiri berada di kawasan Pantai Payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu, dapat juga memanfaatkan transportasi umum agar lebih mudah menjangkau tempat wisata bukit ini.

Rute Menuju Bukit Samboja

Rute Menuju Bukit Samboja
Source: https://3.bp.blogspot.com/-SBe_GUiM1_o/WvqQT11mJSI/AAAAAAAAHmI/4cBryNn1i0AFQSvR7LuZRxHeczKvz36uACLcBGAs/s1600/IMG_0341.jpg

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, akses jalan menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus. Bahkan, pengunjung dapat mengunjungi destinasi ini menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dan bisa langsung ke tempat tujuan tanpa harus berhenti di pemberhentian terakhir.

Selain itu, palang lalu lintas atau pemberitahuan lokasi juga tertera dengan baik di pinggir jalan. Dengan ini, pengunjung tidak perlu khawatir tersesat terutama bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung ke tempat wisata ini.

Jika masih takut dan bingung, Anda bisa memanfaatkan keberadaan teknologi digital berupa Google Maps. Nantinya, tinggal atur keberangkatan dan tempat tujuan, setelah itu klik enter. Secara otomatis, rute menuju tempat wisata sudah muncul secara detail dan wisatawan hanya perlu mengikuti arahnya.

Demikian informasi berkaitan dengan Bukit Samboja yang menjadi destinasi unggulan masyarakat Jember dan sekitarnya. Keindahan laut yang tak terlupakan akan membuat waktu liburan menjadi pengalaman tak terlupakan apalagi jika kesini bersama keluarga.