Air Terjun Watu Ondo Yang Memiliki Kolam Berwarna Hijau

Air Terjun Watu Ondo

Jember menyediakan banyak wisata alam yang indah. Bahkan eksistensinya semakin terkenal dan membantu memperkenalkan keeksotisan wilayah tersebut ke wisatawan luar daerah. Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga ke kota ini, jangan lupa mengunjungi Air Terjun Watu Ondo.

Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo
Source: https://1.bp.blogspot.com/-8wkIh9fbQt0/X5NV6IgBI5I/AAAAAAAABOo/XgtPv2XpouEfdGNI70zeoE3dqS1IimClQCLcBGAsYHQ/s632/watu%2Bondo%2B4.jpg

 

Wisata alam air terjun di Jember bertambah satu, namanya Watu Ondo. Destinasi wisata ini sangat populer di tengah masyarakat karena mampu menampilkan keindahan alam yang tiada duanya. Selain itu, visualisasinya juga dinilai sangat unik sebab berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Air terjun ini mengalir pada bebatuan besar yang bermuara pada kolam berwarna biru kehijau-hijauan di bawahnya. Disamping itu, di sekeliling air terjun terdapat pepohonan hijau tinggi menjulang yang akan menambah kesan lebih asri, sejuk, dan adem saat dikunjungi.

Di kolam air terjun, Anda bisa berenang dan menikmati kesegaran dan kejernihan airnya. Pengunjung dapat merelaksasikan tubuh sembari bersantai di pinggiran aliran sungai. Di sini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman liburan baru serta tidak terlupakan.

Baca juga : Air Terjun Watu Lumpang Mojokerto yang Menyenangkan

Jam Buka Air Terjun Watu Ondo

Di hari-hari padat, kemungkinan besar sulit bagi Anda mendapatkan waktu senggang untuk berlibur dan menghilangkan penat sejenak. Oleh karena itu, Watu Ondo hadir memberikan akses mudah bagi masyarakat atau pengunjung lokal maupun luar daerah menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Tempat wisata ini buka dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Di hari Sabtu, tempat ini libur. Pastikan untuk datang lebih pagi guna menghindari keramaian karena air terjun ini cukup banyak menarik minat masyarakat. Tak heran jika setiap harinya selalu ramai akan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Watu Ondo

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar tempat wisata, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pasalnya, harga tiket masuknya masih sangat terjangkau, yaitu Rp25.000/ orang. Pengunjung bisa berkunjung dengan keluarga, kerabat, maupun teman.

Kapan lagi bisa menikmati hijaunya warna air yang ada di air terjun. Pengalaman ini tidak bisa Anda dapatkan dua kali. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman dekat, terutama saat waktu libur datang.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Watu Ondo

Pembahasan selanjutnya mengenai aktivitas yang biasa pengunjung lakukan. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan di sekitar tempat wisata, namun Anda juga dapat melakukan kegiatan lain yang menyenangkan dan tak terlupakan. Berikut informasi lengkap mengenai hal tersebut!

1. Berenang

Berenang
Source: https://backpackerjakarta.com/wp-content/uploads/2016/11/watu-gedheg-1.jpg

 

Air terjun ini memiliki kolam yang cukup besar, sehingga bisa pengunjung jadikan sebagai tempat berenang. Kondisi airnya juga jernih, jadi tidak perlu takut jika ingin melakukan kegiatan renang di kolam tersebut. Anda juga dapat menjadikannya sebagai alternatif untuk melatih si kecil agar bisa berenang,

Namun, perhatikan terlebih dahulu kondisi airnya, apakah besar atau tidak. Hindari juga mengunjungi tempat ini saat musim hujan karena debit airnya cukup besar, sehingga sangat berbahaya dan pengunjung tidak boleh berenang di kolam air terjun tersebut.

2. Berwisata Kuliner

Liburan tidak lengkap jika Anda tidak mencicipi berbagai jenis hidangan khas daerah tersebut. Di sini, pengunjung bisa berwisata kuliner karena telah tersedia tempat makan. Semua makanan yang tersedia juga murah meriah dengan cita rasa yang patut diacungi jempol.

Anda bisa mengisi perut setelah melakukan kegiatan atau perjalanan yang cukup melelahkan sembari menikmati keindahan alam dari air terjun ini. Kapan lagi merasakan sensasi berbeda saat menyantap hidangan dengan ditemani oleh gemericik angin, kicauan burung, dan lain sebagainya.

3. Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2016/07/Air-Terjun-Watu-Ondo-Jember.jpg

 

Air terjun ini sudah sangat terkenal dengan pemandangannya yang indah di sekitarnya. Jadi, tidak heran banyak pengunjung menjadikan hal tersebut sebagai cara untuk melepas penat dan bersantai sejenak setelah melakukan berbagai aktivitas padat sehari-harinya, terutama bagi mereka yang bekerja kantoran.

Anda bisa merasakan nuansa alam yang sangat kental karena perpaduan antara gemericik air, aliran sungai, dan kicauan burung membuat pikiran menjadi tenang. Pengunjung juga dapat menikmati momen tersebut sambil menyesap kopi atau teh hangat di pinggiran aliran sungai.

4. Mengambil Gambar

Mengambil Gambar
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/04/fromandroid-1c971a1728c2d44ccd7e14ad0479bbb3.jpg

 

Mengambil gambar merupakan kegiatan yang tidak boleh dilupakan saat berwisata kemanapun. Apalagi jika berlibur ke air terjun ini. Pastinya ada banyak spot foto cantik dan mempesona yang akan membuat hasil gambar menjadi lebih estetik. Anda dapat mengunggahnya ke akun Instagram atau sosial media lainnya.

Simpan berbagai momen menyenangkan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini bersama keluarga sebagai kenangan menyenangkan serta seru. Pengunjung juga dapat mengambil gambar pemandangan untuk dijadikan sebagai wallpaper atau kebutuhan bisnis.

Fasilitas Yang Ada di Air Terjun Watu Ondo

Di destinasi wisata ini, sudah tersedia banyak fasilitas pendukung yang akan membuat pengunjung merasa lebih betah berlama-lama di tempat ini. Adapun beberapa fasilitas tersebut seperti tempat parkir, tempat istirahat, dan tempat makan. Dalam hal ini, masyarakat sekitar saling bekerjasama mewujudkan semua fasilitas ini.

Anda juga perlu menyediakan keperluan pribadi seperti obat-obatan, pakaian ganti jika ingin berenang, dan lain sebagainya. Apalagi jika membawa anak-anak, maka pengunjung harus mempersiapkan kebutuhan tersebut secara optimal agar tidak terjadi masalah selama melakukan liburan.

Alamat Menuju Air Terjun Watu Ondo

Alamat Menuju Air Terjun Watu Ondo
Source: https://i0.wp.com/tracking.cekresi.com/wp-content/uploads/2020/07/jne-tempurejo.jpg

 

Setelah mengetahui informasi mengenai air terjun Watu Ondo ini secara lengkap dan Anda berkeinginan untuk mengunjunginya, ketahui terlebih dahulu alamat dari tempat wisata ini. Lokasinya berada di Daerah Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

Anda bisa mengakses daerah tersebut dari pusat Kota Jember atau Kecamatan Jenggawah. Supaya tidak tersesat, dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps. Di sana telah tersedia rute yang harus pengunjung lalui. Jadi, akan lebih mudah sampai tanpa harus takut tersesat.

Rute Menuju Air Terjun Watu Ondo

Rute Menuju Air Terjun Watu Ondo
Source: https://goo.gl/maps/rbeMKD6zdhfprgw99

 

Tempat wisata ini memiliki akses yang sangat mudah baik bagi pengunjung lokal maupun luar daerah. Namun, pengunjung diharapkan menggunakan sepeda motor agar lebih cepat sampai ke destinasi wisata air terjun ini. Mengapa demikian? Karena nantinya akan masuk ke kawasan perkebunan karet.

Jika dari kota menggunakan mobil, bisa berhenti di Tempurejo dan memilih naik ojek. Setelah sampai di pemberhentian terakhir, Anda dan rombongan harus berjalan kaki karena motor tidak bisa memasuki jalur menuju tempat wisata. Dari sini, pengunjung membutuhkan stamina ekstra dalam menempuhnya.

Jangan khawatir, setelah melalui perjalanan sulit, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari air terjun ini yang bisa membantu melepaskan rasa penat setelah menempuh perjalanan melelahkan. Selain itu, di sepanjang jalan nuansanya juga asri dan sejuk karena melewati kawasan perkebunan.

Baca juga : Air Terjun Irenggolo Kediri yang Berbalut Sejarah

Itu tadi informasi lengkap mengenai Air Terjun Watu Ondo yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan atau wisata bersama keluarga maupun teman. Nikmati keindahan alam di sekitarnya untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan juga pikiran dari kegiatan padat perkotaan.