Menikmati Kuliner Khas Jember di Ketan Jompo

Ketan Jompo

Ada banyak makanan tradisional yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya Jember. Kota ini sangat terkenal karena memiliki kearifan lokal yang tiada duanya. Selain itu, di sini juga ada satu tempat makanan khas yang populer di telinga masyarakat, namanya Ketan Jompo.

Ketan Jompo

Ketan Jompo
Source: https://10619-2.s.cdn12.com/rests/small/w550/h367/108_507170098.jpg

 

Ketan Jompo adalah salah satu tempat yang menyediakan beraneka ragam makanan, mulai dari yang berat hingga ringan, seperti Ketan Cethol Jompo. Sesuai dengan namanya, Tempat makan ini berada di bawah jembatan Jompo, tepatnya di Jalan Sultan Agung.

Salah satu menu favorit masyarakat di sini adalah Ketan Cethol Jompo yang merupakan kudapan legendaris dari Jember dan sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Cethol sendiri diambil dari bahasa Madura yang berarti cubit. Adapun sejarah dari pengambilan nama tersebut.

Dulunya, penjual ketan ini masih muda juga cantik dan jika digoda oleh pembeli, sukanya nyethol atau nyubit. Untuk bisa mendapatkan kudapan tersebut, Anda tidak perlu bingung karena aksesnya sudah sangat bagus dan dekat dengan alun-alun Jember. Jadi, mudah mengunjunginya.

Jam Buka Ketan Jompo

Jika Anda berminat ingin mencicipi cita rasa ketan khas Jember ini, perlu tahu terlebih dahulu kapan jam bukanya agar bisa mempersiapkan diri. Tujuannya adalah supaya tidak terlalu ramai karena tempat makan ini memiliki pengunjung yang lumayan banyak setiap harinya.

Jam bukanya sendiri dari pukul 08.00 hingga 00.00 WIB dan setiap hari buka kecuali hari minggu. Pengunjung bisa makan ketan di lokasi atau dibawa pulang. Mengenai harganya snediri sangat murah meriah dengan cita rasa yang tak tertandingi serta lezat.

Harga Menu di Ketan Jompo

Wisata kuliner menjadi salah satu kegiatan yang harus terpenuhi selama liburan. Namun, pastikan untuk tidak merogoh kocek terlalu dalam apalagi jika pergi berlibur bersama keluarga, teman, dan lain sebagainya. Penting juga bagi Anda untuk mencari tempat makan populer dengan harga merakyat.

Untuk rekomendasinya, Anda bisa mengunjungi Ketan Jompo ini jika sedang berkunjung ke kota Jember. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp3.000 hingga Rp3.500 untuk dapat menikmati kelezatan ketan khas Jember ini. Walaupun murah, porsinya juga sangat lumayan dan akan mengenyangkan.

Mungkin Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk membayar parkir agar selama makan, kendaraan tetap aman. Biasanya pengunjung akan dikenai biaya parkir sebesar Rp2.000 sesuai kendaraan yang sedang dibawa.

Menu Apa Saja Yang Tersedia di Ketan Jompo?

Tidak hanya menyediakan satu menu ketan saja, namun ada banyak menu hidangan yang bisa Anda coba untuk mengenyangkan perut selama liburan. Jika berminat mengunjungi tempat makan ini, ketahui beberapa menu yang tersedia agar nanti tidak bingung, yakni:

1. Ketan

Ketan
Source: https://t-2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/ketan-jompo-jember-jd.jpg

 

Kuliner paling khas di sini adalah ketan. Ada dua jenis ketan yang tersedia, yaitu ketan biasa dan ketan susu. Anda bisa mencoba keduanya untuk membandingkan cita rasa masing-masing. Harganya hanya Rp3.000 – Rp3.500. Dengan harga sekian, pengunjung sudah bisa mendapatkan porsi lumayan.

Dengan porsi tersebut, Anda bisa mengenyangkan perut dan menambah pengalaman selama berwisata kuliner. Selain itu, penyajian ketan juga masih tradisional, yakni beralaskan daun pisang. Jadi, cita rasanya tetap terjaga secara turun temurun.

2. STMJ

Di sini juga tersedia STMJ atau Susu Telur Madu Jahe yang merupakan minuman tradisional untuk membantu menghangatkan tubuh dari cuaca dingin malam hari. Anda bisa menikmatinya sembari menyantap hidangan ketan tadi dan menikmati syahdunya malam di perkotaan.

Untuk bahan-bahannya sendiri, susu yang digunakan bukanlah susu murni melainkan kental manis. Namun, telurnya menggunakan telur ayam kampung dan madunya benar-benar asli. Anda bisa menikmati minuman hangat ini dengan harga yang murah meriah, yaitu Rp10.000.

3. Gorengan

Gorengan
Source: https://10619-2.s.cdn12.com/rests/original/108_507038695.jpg

 

Untuk memperkaya cita rasa selama berwisata kuliner, di sini juga tersedia beraneka ragam gorengan, mula dari sate usus, tahu walik, dan ote-ote. Semua jenis makanan ringan tersebut akan membantu Anda kenyang lebih lama walaupun porsinya sedikit.

Cocok menjadi teman ngobrol santai bersama keluarga, teman, maupun kerabat saat mampir ke tempat makan ini. Sedangkan untuk harganya sendiri sudah sangat murah, sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000. Nikmati waktu liburan menyenangkan bersama orang tersayang di kota Jember ini.

4. Beraneka Minuman

Selain menyediakan beraneka ragam makanan, di sini juga ada berbagai jenis minuman hangat agar suasana malam tidak terlalu dingin. Adapun beberapa jenis minuman yang tersedia, seperti susu jahe, susu, kopi, teh susu, teh, kopi susu, wedang cor, dan wedang jahe.

Anda bisa mendapatkan minuman ini dengan harga yang sangat terjangkau dan mampu membantu menghangatkan badan di tengah cuaca dingin malam hari. Selain itu, minuman-minuman tersebut juga kaya khasiat yang bagus bagi tubuh, sehingga sangat cocok bersanding dengan gorengan yang tinggi minyak.

Fasilitas di Ketan Jompo

Fasilitas di Ketan Jompo
Source: https://10619-2.s.cdn12.com/rests/original/108_507038702.jpg

 

Untuk fasilitasnya sendiri belum lengkap karena tempat makan ini hanya sebuah lesehan di pinggir jalan tepatnya berada di bawah jembatan Jompo. Pemilik hanya menyediakan alas pelataran agar pengunjung lebih nyaman saat menikmati hidangan yang mereka pesan.

Alamat Menuju Ketan Jompo

Alamat Menuju Ketan Jompo
Source: https://10619-2.s.cdn12.com/rests/original/108_508959068.jpg

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, tempat makan ini berada dekat dengan alun-alun Jember, sehingga aksesnya pun semakin mudah bahkan bagi pendatang baru sekalipun. Tempat ini berlokasi di Jl. Sultan Agung, Kepatihan, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Saat sampai di tempat makan ini, mungkin Anda bingung karena tidak ada meja seperti tempat makan lainnya, melainkan pelataran atau lesehan di depan toko emas dan berada di bawah jembatan. Tidak perlu khawatir, walaupun terlihat kumuh, namun inilah yang banyak menarik para pengunjung datang.

Selain itu, Anda juga bisa melihat kendaraan berlalu lalang sembari menyesap minuman hangat tadi. Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama liburan khususnya ke kota Jember. Jadi, jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mampir ke tempat makan Ketan Jompo.

Rute Menuju Ketan Jompo

Rute Menuju Ketan Jompo
Source: https://goo.gl/maps/Sio2zE8KeoxQyCEw6

 

Dengan akses yang mudah, pengunjung lokal maupun luar daerah akan lebih gampang menemukan lokasi dari tempat makan ini. Apalagi jika Anda bergerak dari alun-alun Jember. Tinggal mengikuti arah jalan hingga kembali lagi ke arah alun-alun dan di samping kanan sudah terlihat Ketan Cethol Jompo.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun empat. Selain itu, dapat memanfaatkan transportasi umum yang telah tersedia sepanjang jalan. Nantinya sopir akan memberhentikan Anda langsung di tujuan atau tempat makan tersebut.

Namun, jika Anda masih bingung, cobalah untuk menggunakan aplikasi Google Maps. Kemudian, atur keberangkatan atau posisi dan pilih tujuan dengan memasukkan alamat dari tempat makan ini. Setelah itu, ikuti rute yang diarahkan oleh aplikasi guna menghindari tersesat.

Itu tadi informasi berkaitan dengan Ketan Jompo yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi tempat berwisata kuliner di Jember. Nikmati cita rasa khas ketan dan berbagai jenis minuman hangat yang tiada duanya sambil menikmati nuansa malam bersama keluarga maupun teman.