Kelebihan Android 11 Perlu Anda Tahu Sebelum Update Versi Terbaru

Kelebihan Android 11

Google saat ini sudah merilis pembaruan update pada perangkat mereka yakni dengan beberapa kelebihan Android 11 daripada versi sebelumnya di akhir 2020. Ada sejumlah keunggulan yang bisa Anda rasakan. Meski begitu, tentu saja masih ada kekurangan setelah pengguna melakukan update.

Apa Saja 10 Kelebihan Android 11? Berikut Ulasannya

Adanya pembaruan pada Android 11 membuat para pengguna dapat mencoba berbagai fitur baru yang sebelumnya  belum ada di versi sebelumnya. Adanya pembaruan ini tentunya sangat membantu bagi para pengguna Android 11 dalam mendukung pemakaian ponsel mereka sehari-hari.

1. Tombol Power dengan Banyak Fungsi

Kelebihan Android 11

Biasanya tombol power hanya berguna untuk mematikan, menyalakan dan juga restart saja. Namun ketika ponsel Anda sudah mendapatkan update hingga Android 11, maka fungsinya juga akan bertambah. Ada beberapa fitur baru yang ada di tombol ini seperti smart home devices dan kartu debit.

Selain itu, ada juga tombol yang bisa berguna untuk menyalakan televisi, menutup pintu hingga mematikan lampu. Hal ini merupakan ide dari Google karena ingin memberikan keleluasaan bagi produsen ponsel agar mereka bisa menggunakan fitur tersebut sesuai pada kebutuhan dari target pasar.

Baca juga : Android 9 HP Apa Saja?

2. Mengontrol Media Lebih Baik

Ada juga fitur baru yang ada di dalam Android 11. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengontrol media. Ini artinya, pengguna akan memanfaatkan berbagai fitur pada ponsel tanpa membukanya terlebih dahulu. Misalnya saja jika Anda hendak mendengarkan musik namun tidak perlu mengakses aplikasi.

Hampir seluruh kontrol pemutar media sudah ada di bagian notifikasi. Namun akan berbeda jika Anda sudah mendapatkan Android 11, pengontrolan ini berubah lokasinya ada di bawah panel quick setting sehingga pengguna lebih mudah mengaksesnya. Mulai dari menu memutar musik dan merekam layar.

3. Fitur Perekam yang Baru

Hal ini cukup berbeda dengan generasi Android pada versi sebelumnya, Android 11 sudah memberikan fitur kejutan bagi penggunanya. Khususnya jika Anda memang lebih sering membuat video. Fitur ini berupa perekam layar bawaan bagi ponsel. Sebelumnya, untuk merekam layar harus dengan aplikasi.

Namun melalui fitur terbaru dari Android 11 sudah tersedia fitur tambahan berupa perekam layar. Anda bisa menemukannya pada menu screen recording. Melalui pembaruan ini, maka merekam layar menjadi lebih mudah hanya dengan menggunakan satu klik saja. Hasilnya pun tetap memuaskan.

4. Kontrol Notifikasi Android 11 Jauh Lebih Baik

Sebagai pengguna ponsel apapun, pastinya Anda setuju apabila kontrol notifikasi harus diperbaiki. Pasalnya tidak semua notifikasi pada HP harus dibaca pada saat itu juga. Selain karena terlalu banyak, kadang juga muncul perasaan malas jika tidak penting untuk membacanya.

Kabar baik bagi pengguna ponsel yang sudah melakukan update Android 11. Hal ini karena semua notifikasi dapat Anda atur sesuai keinginan tampilan baik dalam bentuk aplikasi atau pemberitahuan pesan. Pengguna dapat mengelolanya dengan menyesuaikan prioritas mana yang lebih penting.

5. Tersedia Riwayat Pemberitahuan

Bagi beberapa orang yang sibuk, fitur dari Android 11 ini tentunya terasa sangat membantu. Khususnya bagi orang yang tidak sengaja menghapus notifikasi padahal mereka belum membacanya di menu pemberitahuan. Kali ini, update terbaru akan membantu pengguna mengembalikan riwayat selama 24 jam.

Tidak peduli apakah notifikasi tersebut penting atau tidak, namun sistem Android akan menyimpannya asalkan tidak lebih dari 24 jam. Jadi sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, maka bisa langsung menuju ke menu tersebut untuk melihatnya. Apabila lebih dari 1 hari, akan terhapus secara otomatis.

6. Mudah Mengakses Aplikasi Pilihan

Bagi Anda yang seringkali melihat aplikasi lewat scroll menu, mungkin saja kegiatan ini memang terasa membosankan. Terlebih jika mengharuskan untuk membukanya dalam waktu cepat. Saat ini permasalahan ini sudah menemukan solusi pada pembaruan Android 11.

Hal ini karena halaman share pada Android 11 lebih mudah untuk Anda akses dan gunakan. Pengguna dapat menyematkan aplikasi pilihan pada laman tersebut. Caranya pun juga tidak sulit. Cukup ketuk dan tahan lalu pilih pin aplikasi. Jika ingin membukanya, tidak perlu lagi scroll aplikasi dalam waktu lama.

7. Android 11 Hemat Baterai

Bagi Anda yang sudah menggunakan Android 10, tentu telah merasakan fitur dark mode dengan mengaktifkannya secara manual. Tampilan tersebut hadir guna membantu pengguna mengurangi kelelahan mata karena melihat ponsel terlalu lama. Selain itu, mode ini juga bisa menghemat baterai.

Namun lain halnya dengan Android 11 karena pengguna pun bisa menjadwalkan pemakaian dark mode mereka. Anda dapat menyalakan dan mematikan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, jangan takut lagi silau atau mata bertambah minus karena menggunakan ponsel terlalu lama.

8. Perizinan Aplikasi yang Lebih Ketat

Pada Android 11 kali ini memang lebih ketat untuk memberikan izin aplikasi. Hal ini bisa Anda lihat dari adanya izin sementara di aplikasi yang sedang terbuka. Namun ketika aplikasi tersebut telah pengguna tutup, maka izinnya juga secara otomatis akan tercabut. Pengaturan ini memang terlihat lebih rumit.

Namun Anda pun bisa mengaturnya agar menjadi permanen sehingga tidak bersifat sementara. Cara pengaktifannya juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu klik dan tekan ikon aplikasi dalam waktu lama. Selanjutnya pilih info aplikasi dan klik pada menu Permission. Lanjutkan untuk klik menu Remove Permission.

9. Voice Access Android 11 Lebih Canggih

Kelebihan Android 11

Sistem Android 11 saat ini sudah membuat fitur voice access terasa lebih canggih. Pada umumnya, fitur ini akan masuk ke dalam kategori aksebilitas Android. Nantinya akan membantu pengguna dalam mengontrol ponsel lewat suara. Android 11 pun akan memahami seluruh perintah dari penggunanya.

Anda hanya perlu menyebutkan nama aplikasi dan perintah yang ingin dijalankan. Selanjutnya sistem Android akan segera menjalankannya sesuai dengan perintah. Saat ini mengatur semua aplikasi juga jauh lebih mudah tanpa harus menunggu waktu lama karena dapat meminta hanya lewat suara saja.

10. Fitur Notifikasi dengan Bentuk Balon

Kelebihan Android 11

Pada pembaruan Android 11 terdapat fitur baru yang bernama notification bubbles. Fitur ini pun mampu memudahkan pengguna dalam melihat percakapan khusus tersemat pada halaman ponsel mereka. Jadi bisa mengakses room chat tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Setiap percakapan bisa Anda buat dalam menu minimize berbentuk bola kecil. Tentu saja bola percakapan ini pun dapat berpindah ke mana saja. Mungkin saja bagi beberapa pengguna sudah tidak asing lagi dengan notification bubbles pada aplikasi Messenger sebagai pencetus awalnya.

Itulah tadi 10 kelebihan Android 11 yang bisa Anda ketahui sebelum melakukan update pada versi berikutnya. Tentu saja ada banyak keunggulan dari pada Android 10. Saat ini pengguna akan merasa pembaruan jadi lebih canggih dan memudahkan mereka dalam hal pemakaian ponsel sehari-hari.