Jasa Agen Properti, Bisnis yang Berikan Anda Banyak Keuntungan

Jasa Agen Properti
Pixabay.com

Jasa agen properti merupakan individu atau perusahaan, yang bekerja sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Tugas utamanya adalah membantu transaksi jual-beli properti seperti rumah, apartemen, tanah, hingga bangunan komersial.

Selain itu, agen properti juga mengidentifikasi kelayakan penjual dan pembeli yang potensial, mengatur pertemuan kedua belah pihak, serta membantu negosiasi harga. Apabila transaksinya berhasil, maka pihak agen inilah yang akan menyelesaikan semua dokumen properti.

Jasa Agen Properti
Pixabay.com

Tips Membuka Jasa Agen Properti untuk Pemula

Agen properti bisa menjadi pilihan karir yang cukup menjanjikan, karena permintaannya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Meski demikian, membuka agen properti tentu memiliki tantangan tersendiri. Terlebih saat ini persaingannya semakin ketat. Bagi Anda yang berkeinginan menjadi agen properti, tidak ada salahnya mempertimbangkan sejumlah tips berikut ini.

1. Mengikuti Pelatihan untuk Mendapat Lisensi

Bisnis properti cukup bergengsi di Indonesia, sehingga tak heran jika para pelakunya merupakan orang-orang kelas atas. Karena itu, untuk memulai jasa agen properti Anda tentu butuh pengalaman mumpuni serta pengakuan atau lisensi.

Di Tanah Air sendiri ada sebuah organisasi besar bernama AREBI, atau Asosiasi Real Estate Broker Indonesia. Organisasi ini menjadi wadah bagi para pelaku bisnis di bidang properti baik yang sudah professional maupun pemula. Dengan bergabung, Anda lebih mudah mendapat pengakuan, sekaligus kesempatan untuk belajar bersama para ahli.

2. Memiliki Keterampilan dalam Berkomunikasi

Menjadi seorang agen properti menuntut Anda memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni. Pasalnya, komunikasi merupakan aspek penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien. Keterampilan komunikasi yang buruk membuat klien merasa kurang yakin dengan properti yang Anda tawarkan.

3. Memahami Seluk Beluk Properti dengan Baik

Selain komunikasi, Anda juga harus mengerti semua hal yang ada di pasar properti lokal maupun internasional. Bahkan tren properti zaman sekarang, harga, kondisi, dan permintaan pasar juga harus dikuasai. Pengetahuan ini menjadi dasar pelayanan jasa agen properti Anda agar memiliki nilai di mata konsumen.

Inilah Keuntungan Menjadi Agen Properti

Meski terbilang sulit dijalankan karena tantangan dan persaingannya cukup besar. Namun menjadi seorang agen properti memiliki beberapa keuntungan, yang mungkin tidak Anda temukan di bisnis lainnya. Keuntungan tersebut meliputi:

1. Nilai Komisi yang Besar

Komisi yang bisa Anda peroleh ketika menjadi agen properti berkisar antara 2 sampai 5% dari harga jual aset. Nilainya bisa saja berubah sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak. Namun tetap saja nominalnya cukup tinggi jika Anda bandingkan dengan komisi dari transaksi lainnya.

2. Peluang Bisnis yang Besar

Agen properti menjadi salah satu bisnis yang potensial dan menguntungkan di Indonesia. Pasalnya, banyak orang ingin memiliki property untuk tempat tinggal maupun investasi. Namun, tidak sedikit dari mereka yang punya waktu serta pengetahuan terkait properti. Sehingga langkah paling mudah adalah mencari jasa agen properti.

3. Tidak Perlu Modal Besar

Anda tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis ini. Cukup memiliki pengetahuan mendalam perihal properti serta kemampuan dalam memasarkannya. Selain itu, Anda dapat menjalankannya secara mandiri dari rumah dengan sistem online. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa ruko maupun menggaji karyawan.

4. Fleksibilitas Jam Kerja

Jasa agen properti memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Anda dapat menentukan jadwal kerja sendiri, sambil menyesuaikan dengan waktu luang dan kebutuhan pribadi. Selain itu, mekanisme bekerjanya sangat leluasa. Dimanapun berada asalkan ada akses internet dan telepon, maka bisnis ini bisa Anda jalankan. Tertarik mencoba?