Melihat Keindahan Gugusan Karang-Karang Besar di Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma

Jember memiliki pantai yang cukup banyak dengan keeksotisan berbeda-beda, salah satunya adalah Pantai Papuma. Keberadaan objek wisata ini sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal maupun luar. Apalagi pantai ini kaya akan cerita-cerita mistis yang tersebar cukup luas di berbagai wilayah.

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma
Source: https://radarjember.jawapos.com/wp-content/uploads/2022/04/OP-papuma.jpg

 

Pantai Papuma adalah salah satu tempat wisata populer hingga saat ini. Hal ini tentu didasari oleh keindahan alam yang terpampang di objek wisata tersebut. Bahkan kepopulerannya sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun luar.

Keunikan utama dari pantai ini adalah adanya gugusan karang berukuran besar yang terletak di dekat bibir pantai. Selain itu, akses jalan menuju tempat ini juga sangat mudah karena telah diaspal seluruhnya. Jadi, pengunjung lebih mudah untuk melakukan kunjungan menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri masih sangat terjangkau. Jadi, Anda bisa liburan dengan nyaman bersama keluarga maupun teman. Apalagi fasilitas-fasilitas di dalamnya sudah sangat mendukung agar liburan terasa lebih nyaman, menyenangkan, dan mengasyikkan.

Jam Buka Pantai Papuma

Pantai Papuma buka pada pukul 08.00 – 18.00 WIB. Jadi, Anda bisa mengunjunginya di pagi maupun sore hari atau setelah semua kegiatan selesai. Dengan ini, aktivitas sehari-hari pun tidak akan bentrok dengan jadwal liburan. Pastikan juga untuk datang lebih awal agar tidak terlalu banyak pengunjung

Selain itu, jika mengunjungi tempat wisata ini sore hari, pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam dan langit senja yang cantik. Tempat ini akan sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan penyegaran setelah melakukan berbagai aktivitas padat melelahkan sehari-harinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma

Untuk bisa menikmati keindahan panorama lautnya, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 hingga Rp25.000. Dengan harga tersebut, Anda dapat membawa rombongan anggota keluarga maupun teman tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

Selain itu, berbagai fasilitas di dalamnya juga sudah terpenuhi dengan baik oleh pengelola. Jadi, pengunjung akan lebih nyaman saat berlibur ke objek wisata yang satu ini. Tidak hanya itu, besaran biaya tersebut belum termasuk biaya untuk parkir kendaraan agar tetap aman selama berkegiatan.

Parkir kendaraan roda dua sebesar Rp5.000, sedangkan roda empat sebesar Rp10.000.

Fasilitas di Pantai Papuma

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan banyak fasilitas yang pengelola sediakan. Misalnya seperti, toilet, kamar mandi, mushola, gazebo, dan juga warung makan. Jika Anda merasa lapar setelah berkegiatan, dapat langsung menikmati aneka hidangan lezat di tempat yang tersedia.

Selain itu, di sini juga ada area parkir yang sangat luas dan pastinya aman bagi pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya agar berkegiatan menjadi lebih tenang. Walaupun sudah banyak fasilitasnya, namun tetap jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti baju ganti, obat-obatan, dan lain sebagainya. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Apa yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Papuma?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu liburan menjadi lebih berwarna di tempat wisata indah ini, mulai dari olahraga air, menikmati kuliner, dan lain sebagainya. Di bawah ini telah tersedia informasi lengkap mengenai hal tersebut, yakni:

1. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati Keindahan Alam Pantai
Source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTf5HOr4KwM99BrSCge7q59pv4zDRaTxCnXJIIp7H3XDyZqKIp4Nb7xjxPGOvZ7_ylAJ2g&usqp=CAU

 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati keindahan alam di sekitar pantai. Di sini terdapat banyak pondok wisata. Jadi, tidak perlu khawatir kepanasan jika ingin melihat pemandangan indah dari pantai ini atau sekadar melihat perahu yang berlalu lalang.

Selama perjalanan, Anda juga dapat melihat hijaunya kawasan hutan yang akan membuat mata kembali segar. Di sepanjang pantai terdapat banyak barisan pepohonan yang bisa membuat suasana menjadi lebih teduh. Pengunjung bisa memanfaatkan keberadaan pohon-pohon tersebut untuk duduk santai.

2. Bermain Air

Bermain Air
Source: https://asset.kompas.com/crops/inilcgopqsTV1LJL1KtruIdBO3U=/0x0:780×520/750×500/data/photo/2019/02/12/1636830020.jpg

 

Kegiatan berikutnya adalah bermain air. Bagi Anda yang telah melakukan perjalanan cukup jauh, pastinya sangat cocok dengan kegiatan ini karena dapat mengembalikan kesegaran pada tubuh. Tidak perlu ke tengah untuk bisa merasakan ombak dengan ukuran besar.

Anda bisa merasakan deburan ombak yang cukup besar di pinggir pantai. Hal ini terjadi karena pantai ini berada di wilayah selatan serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga menyebabkan kondisi ombaknya semakin besar. Oleh karena itu, pengunjung perlu mengawasi anak-anaknya jika berenang di sini.

3. Menaiki Perahu

Menaiki Perahu
Source: https://media.suara.com/pictures/970×544/2021/09/19/51142-pantai-papuma-jember.jpg

 

Walaupun terkenal memiliki ombak yang cukup besar, namun di sini ada fasilitas perahu yang dapat membantu Anda menyisir area perairan dengan mudah sembari menikmati keindahan bawah laut pantai ini. Jika ingin melakukan kegiatan ini, pengunjung perlu membayar biaya menaiki perahu.

Nantinya, perahu akan mengantarkan wisatawan untuk menyusuri area perairan. Anda bisa melihat berbagai batu karang besar yang keberadaannya tidak jauh dari bibir pantai. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Papuma yang banyak menarik minat banyak pengunjung lokal maupun luar.

4. Mendaki Bukit

Mendaki Bukit
Source: https://cdn.timesmedia.co.id/images/2022/02/08/Pantai-Papuma-2.jpg

 

Selanjutnya yakni berpetualang dengan mendaki bukit Siti Hinggil. Bukit ini berada di sebelah barat pantai. Untuk bisa mencapai ke puncaknya, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 15 menit. Jika ingin melakukan kegiatan ini, pastikan untuk membawa perbekalan atau perlengkapan sesuai kebutuhan.

Setelah sampai di atas atau puncak, Anda bisa melihat pemandangan luas dari pantai yang cantik. Barisan gugusan karang besar yang terkena hempasan ombak akan memberi nuansa yang berbeda. Selain itu, udara sejuk pantai terasa lebih menyegarkan saat menerpa wajah.

Alamat Menuju Pantai Papuma

Setelah mengetahui informasi mengenai pantai ini, mungkin Anda dan keluarga atau teman berkeinginan untuk melakukan kunjungan. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu lokasinya. Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Di kawasan ini, Anda bisa menjumpai beraneka ragam tempat wisata cantik seperti Papuma. Jadi, selama liburan ke tempat ini, dijamin wisatawan tidak akan kecewa karena tidak hanya bisa mengunjungi satu objek wisata saja, melainkan banyak.

Rute Menuju Pantai Papuma

Rute Menuju Pantai Papuma
Source: https://goo.gl/maps/NN2XrHvmRdYJpyqe7

 

Akses menuju tempat wisata ini sangatlah mudah karena jalannya juga sudah bagus. Jadi, dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun empat. Namun, untuk transportasi umum belum bisa karena jarang sekali ada. Mungkin harus berhenti di pemberhentian terakhir.

Setelah itu, melanjutkan perjalanan menggunakan ojek pangkalan. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan menyusuri pegunungan atau kawasan hutan. Tenang saja, jalannya sudah diaspal semuanya. Jadi, Anda tidak perlu takut atau khawatir saat menelusuri akses tersebut.

Jika masih kebingungan untuk memulai perjalanan dari pusat kota Jember, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang menyediakan rute tercepat dan terbaik bagi penggunanya. Ikutilah arahan dari aplikasi hingga sampai ke Pantai Papuma ini.

Itu tadi informasi berkaitan dengan keindahan panorama laut di Pantai Papuma. Jika Anda berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata ini. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas agar liburan atau waktu wisata tidak terasa monoton.