Keindahan Pantai Watu Ulo Jember dengan Segala Cerita Dibaliknya

Pantai Watu Ulo

Jember tidak henti-hentinya menyediakan tempat wisata yang penuh dengan keindahan serta cerita terkenal sebagai latar belakangnya. Salah satunya adalah Pantai Watu Ulo atau Batu Ular. Keeksotisan destinasi liburan ini tidak perlu diragukan lagi bahkan mampu menarik perhatian wisata luar.

Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo
Source: https://asset.kompas.com/crops/wxdYxEgdbqu4xE5MZUTjvXze6YE=/0x0:1800×1200/780×390/data/photo/2022/03/01/621d417530178.jpg

 

Pantai Watu Ulo adalah salah satu destinasi wisata paling wajib Anda kunjungi bersama keluarga saat waktu libur tiba. Di sini terdapat berbagai macam kegiatan yang bisa pengunjung lakukan untuk mengisi liburan agar tidak terlalu monoton dengan aktivitas itu-itu saja.

Selain itu, pantai ini juga memiliki warna pasir yang putih dan bersih dengan kondisi air jernih. Anda bisa menjadikannya sebagai solusi untuk merelaksasikan pikiran serta rasa penat setelah beraktivitas padat setiap harinya. Warna airnya yang biru akan membuat tubuh kembali segar.

Tidak hanya itu, ada banyak hal yang bisa Anda explore di tempat wisata ini. Jika berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata ini. Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai akses menuju tempat ini karena sudah beraspal dengan kondisi jalan yang mulus.

Jam Buka Pantai Watu Ulo

Jam Buka
Source: https://img.okezone.com/content/2022/01/05/406/2528034/kisah-mistis-pantai-watu-ulo-jember-tempat-bertapa-anak-naga-AyBy91E4J6.jpg

 

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa mencari tahu kapan tempat tersebut buka. Pantai Watu Ulo sendiri buka pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi destinasi ini adalah di pagi dan sore hari.

Di pagi hari kondisi udara masih sangat segar dan matahari tidak terlalu terik. Jadi, Anda bisa mendapatkan momen liburan yang menyenangkan. Sedangkan di sore hari, pengunjung dapat melihat indahnya langit senja sambil menyesap hangatnya kopi atau teh.

Hindarilah berkunjung ke tempat ini saat siang hari, karena kondisi mataharinya sangat terik. Kemungkinan bisa menghambat aktivitas Anda selama liburan. Selain itu, pengunjung akan perlu membawa perlengkapan dalam jumlah yang banyak guna menghalau teriknya matahari.

Baca juga : Liburan? Yuk, Kunjungi 43 Tempat Wisata di Kabupaten Jember!

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu membayar biaya terlalu banyak, yakni sekitar Rp5.000 saja. Dengan harga sekian, pengunjung sudah dapat menikmati panorama laut yang tiada duanya. Selain itu, fasilitas yang ada di tempat wisata ini sudah sangat bervariasi dan bagus.

Namun, besaran biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung ketentuan dari pengelola tempat wisata. Selain membayar tiket masuk, Anda juga perlu mengeluarkan biaya parkir. Parkir kendaraan roda dua dikenakan dengan biaya sebesar Rp3.000, sedangkan roda empat Rp5.000.

Tujuannya adalah supaya kendaraan tetap aman selama Anda berkegiatan di tempat wisata ini tanpa harus khawatir terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Fasilitas di Pantai Watu Ulo

Fasilitas di Pantai Watu Ulo
Source: https://travelspromo.com/wp-content/uploads/2021/12/Ayunan-di-tepi-pantai-watu-ulo-jember.jpg

 

Untuk memperlancar kegiatan liburan pengunjung, pengelola tempat wisata ini juga telah menyediakan beragam fasilitas terbaik. Adapun beberapa fasilitas unggulan tersebut seperti mushola, camping ground, warung jajanan, area parkir, penginapan, toilet dan kamar mandi umum, gazebo, dan lain sebagainya.

Anda bisa menghabiskan waktu liburan lebih lama di tempat wisata ini dengan cara menyewa penginapan atau melakukan camping di area yang telah tersedia. Selain itu, di sini juga terdapat perahu wisata yang akan membawa pengunjung berkeliling perairan.

Anda bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini tanpa harus menyelam dengan menaiki perahu saja sambil merasakan kesegaran udara pantai yang menerpa wajah. Ini dapat menjadi pengalaman liburan tak terlupakan, apalagi jika melaksanakannya bersama keluarga maupun teman dekat.

Apa yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Watu Ulo ?

Liburan dengan momen tak terlupakan tidak lepas dari kegiatan yang beragam selama berwisata. Anda perlu mencari tempat wisata yang mampu menawarkan beragam aktivitas menyenangkan bagi keluarga maupun teman. Untuk mengetahui informasi mengenai kegiatan-kegiatan tersebut, berikut ulasannya!

1. Bersantai

Bersantai
Source: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/10/7e/39/a1/img-20170318-092314-largejpg.jpg

 

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah bersantai. Keindahan alam pantai di tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Birunya air laut dan hijaunya pepohonan membuat suasana asri lebih terasa. Selain itu, perpaduan antara benturan ombak juga karang terasa menyegarkan bagi pendengaran.

Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam tersebut di gazebo yang telah tersedia. Tempat ini juga menjadi healing terbaik bagi para pengunjung setelah melakukan banyak aktivitas padat sehari-harinya. Tidak hanya itu, kebanyakan orang rela berlama-lama di tempat ini karena nuansanya menenangkan.

2. Menyusuri Perairan

Kegiatan selanjutnya yang pasti sangat seru adalah menyusuri perairan pantai menggunakan perahu. Anda bisa mendapatkan view yang lebih memukau dari atas perahu dengan deburan ombak cantiknya. Bahkan, dapat melihat keindahan bawah laut dari pantai ini tanpa harus menyelam.

Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama liburan karena dapat menaiki perahu untuk terus mengeksplorasi perairan watu ulo. Jika berkenan menaiki transportasi air ini, Anda harus membayar biaya naik. Mengingat fasilitas ini sebenarnya merupakan perahu nelayan di sekitar pantai.

3. Hunting Foto

Hunting Foto
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/03/fromandroid-7e8e4ffd8c3131f3b56af9a841e8725f.jpg

 

Liburan tidak lengkap jika tidak ada momen yang tertangkap kamera. Untuk mendapatkan hasil gambar yang cantik, Anda harus pintar mencari spot foto sesuai. Di sini, ada banyak sekali spot instagramable yang dapat membuat laman akun sosial media terlihat lebih estetik.

Anda juga bisa mengabadikan momen liburan tersebut dengan cara mengambil gambar bersama keluarga atau teman menggunakan kamera smartphone atau DSLR. Rekam segala keindahan di tempat wisata ini agar kenangan selama liburan menjadi tidak terlupakan.

Alamat Menuju Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Eksistensinya sudah sangat terkenal di telinga masyarakat lokal maupun luar, jadi mudah bagi Anda untuk sampai ke tempat ini dengan bantuan penunjuk jalan.

Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi dan tempat ini belum mendukung transportasi umum. Jika tetap ingin memakai transportasi umum, pengunjung harus berhenti di pemberhentian terakhir, lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek pangkalan.

Rute Menuju Pantai Watu Ulo

Rute Menuju Pantai Watu Ulo
Source: https://goo.gl/maps/QBVqQTrdbruYY81j9

 

Akses menuju tempat ini sangatlah mudah karena berada di kawasan wisata pantai lainnya di Jember. Jadi, sudah dapat dipastikan kondisi jalannya bagus dan beraspal. Pengunjung bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, seperti roda dua maupun roda empat.

Anda hanya perlu mengikuti palang pemberitahuan untuk menuju tempat wisata ini. Mengingat Watu Ulo memang menjadi destinasi wisata populer yang ada di Jember. Jadi, tidak perlu bingung mencari lokasinya karena telah ada penunjuk jalan agar pengunjung tidak tersesat.

Supaya lebih aman, Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps. Aplikasi ini akan memberikan petunjuk secara jelas mengenai rute yang harus pengunjung tempuh. Di sana sudah tertera jarak serta waktu tempuh kira-kira bagi pengunjung dari titik tempat berada hingga ke tujuan.

Baca juga : Menikmati Panorama Laut dari Bukit Samboja Jember

Demikianlah informasi berkaitan dengan wisata alam di Pantai Watu Ulo. Jika berkesempatan untuk mengunjungi kota Jember, jangan lupa mampir ke destinasi wisata ini. Nikmati waktu liburan tidak terlupakan bersama keluarga sambil menikmati keindahan panorama pantai tersebut.