Wisata Kuliner di Soto Ayam Dahlok Jember

Soto Ayam Dahlok

Jember kaya akan kuliner lezatnya yang sudah ada sejak dulu, seperti Soto Ayam Dahlok ini. Jika berkesempatan mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat makan populer ini. Di artikel ini dibahas mengenai informasi tersebut.

Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok
Source: https://jemberterbina.com/wp-content/uploads/2022/01/Warung-Soto-Dahlok-Jember.jpg

 

Makanan populer yang terkenal dari tahun 60-an ini masih ada hingga sekarang dan siap memuaskan lidah para pengunjung yang datang. Kepopulerannya tentu tidak lepas dari faktor cita rasa asli yang ada secara turun temurun.

Penamaan Dahlok sendiri diambil dari toko apotek yang ada di depannya. Kebanyakan orang pada zaman dahulu menamakan tempat makan ini sebagai Soto Dahlok. Selain itu, menu di tempat ini juga tidak ada yang berubah, melainkan hanya lokasi tempat beroperasinya saja berpindah.

Baca juga : Menikmati Kuliner Khas Jember di Ketan Jompo

Tempat makannya sendiri sangat sederhana, yakni menggunakan bambu keseluruhannya. Namun, hal itu tidak menurunkan minat masyarakat untuk berkunjung bahkan seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin ramai. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut jika berkunjung ke Jember.

Jam Buka Soto Ayam Dahlok

Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota Jember dan ingin berkunjung ke Soto Dahlok, ketahui terlebih dahulu kapan jam bukanya. Tempat makan terkenal ini beroperasi dari pukul 08.00 sampai 09.00 WIB. Anda bisa menikmatinya sebagai sarapan sebelum melakukan kegiatan padat sehari-harinya.

Jika di malam hari, soto ini akan membantu menghangatkan tubuh di tengah dinginnya udara malam. Pastikan juga untuk berkunjung di jam-jam tertentu agar tidak terlalu ramai, mengingat tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung lokal maupun luar setiap harinya.

Harga Menu Soto Ayam Dahlok

Untuk bisa menikmati berbagai hidangan yang tersaji di tempat makan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang. Selain itu, pilihan menunya juga beragam, jadi dapat menyesuaikan selera saat berkunjung dan mencicipi setiap cita rasa hidangan yang ada.

Anda bisa menggunakan nasi atau lontong untuk disandingkan dengan soto tersebut. Untuk ukuran per porsinya juga berbeda, nasi soto istimewa porsi kecil seharga Rp17.000, sedangkan nasi soto campur porsi kecil Rp17.000. Harganya sama jika Anda menggunakan lontong sebagai pengganti nasi.

Untuk lauk tambahannya ada rempelo. Bisa menyesuaikannya dengan keinginan serta selera. Harga tersebut sudah sangat terjangkau karena mampu memberi kepuasan tersendiri kepada para pelanggannya. Jangan lupa juga menyiapkan uang tambahan sebagai retribusi parkir kendaraan.

Fasilitas yang Ada di Soto Ayam Dahlok

Fasilitas yang Ada di Soto Ayam Dahlok
Source: https://www.gotravelly.com/assets/img/culinary/gallery/1910/ee8cd5b815e587b2fddc9a797cdb3047.jpg

 

Di tempat makan ini, pengunjung benar-benar dilayani dengan baik. Karena pengelola selalu memprioritaskan kepuasan dari pelanggan mereka agar bisa menikmati makanan yang tersedia dengan nyaman tanpa terkendala apapun.

Tempatnya tidak terlalu besar dan hanya mampu menampung kurang lebih 20 orang saja di dalam satu ruangan. Jadi, Anda harus datang lebih awal agar kebagian kursi, selain itu supaya tidak berebutan dengan pengunjung lainnya. Bahkan keramaian tersebut sudah terjadi pada pagi hari.

Jika sedang berkunjung ke Jember dan kebetulan ingin mampir, Anda harus bersabar untuk bisa menikmati Soto Dahlok ini. Selain itu, ada juga berbagai menu dengan harga terjangkau dan minuman-minuman yang menyegarkan tenggorokan setelah selesai menyantap hidangan lezat tersebut.

Perbedaan Menu di Soto Ayam Dahlok

Mungkin Anda bingung dengan menu-menu yang disampaikan pada poin sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menghindari kebingungan sebelum mampir ke tempat makan ini, telah tersedia informasinya secara jelas dan detail mengenai hal tersebut di bawah ini!

1. Nasi Soto Istimewa

Nasi Soto Istimewa
Source: https://pdbifiles.nos.jkt-1.neo.id/files/2017/11/30/isticasugi_soto-dahlok.jpg

 

Nasi Soto Istimewa ini tentunya berbeda dengan nasi soto biasa. Di menu ini, Anda akan mendapatkan suwiran ayam dalam jumlah yang lebih banyak dengan irisan ayam berukuran besar. Selain itu, kentangnya juga diiris besar-besar dan pastinya puas.

Perbedaan soto ayam ini dengan soto ayam lain adalah kentang serta keberadaan koyanya. Kentang disini tidak digoreng, melainkan direbus. Tidak hanya itu, soto ini tidak ada koya namun rasa gurihnya tiada duanya karena ada tambahan bawang putih goreng yang mendominasi cita rasa dari soto ini.

2. Nasi Soto Campur

Nasi Soto Campur
Source: https://www.gotravelly.com/assets/img/culinary/gallery/186/2bdc4ec46a349f2b0e55bcad28bd37f2.jpg

 

Sebenarnya menu Nasi Soto Campur ini hampir sama. Anda akan mendapatkan banyak suwiran ayam daripada menu biasanya. Selain itu, ada tambahan ati dan ampela ayam yang akan membuat cita rasanya menjadi lebih bervariasi.

Ini bisa menjadi pengalaman tak terlupakan saat berwisata kuliner karena campuran-campuran tersebut. Apalagi Soto Dahlok tidak pelit dalam menakar ayam. Pasti perut lapar Anda selama perjalanan akan terisi kembali dan siap melakukan aktivitas lain selama liburan sedang berlangsung.

3. Lontong Soto Ayam Istimewa

Menu istimewa selanjutnya adalah lontong soto ayam. Penjual sangat memperhatikan selera pengunjungnya. Mengingat tidak semua orang suka makan nasi dengan soto. Jadi, disediakanlah lontong sebagai pengganti nasi. Untuk harganya sendiri sama, yakni Rp17.000.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi lontong soto ayam istimewa dalam ukuran yang mengenyangkan. Apalagi toppingnya juga beragam, jadi sudah dapat dipastikan pengunjung akan sangat puas karena mampu mencoba beragam cita rasa dalam satu hidangan.

4. Aneka Minuman Menyegarkan

Aneka Minuman Menyegarkan
Source: https://www.gotravelly.com/assets/img/culinary/gallery/186/e756e57f25bb6e7d158928da8e416665.jpg

 

Setelah selesai menyantap hidangan utama untuk mengisi perut, pasti Anda ingin menyegarkan kembali tenggorokan dengan minuman-minuman segar. Di Soto Dahlok terdapat banyak menu minuman yang bisa pengunjung pilih dengan harga sangat terjangkau dan pastinya tidak membuat kantong menipis.

Adapun beberapa menu minuman seperti, teh tawar, teh manis, jeruk hangat, es teh, teh sosro, fanta, coca cola, es jeruk, dan masih banyak lainnya. Harganya mulai dari Rp2.000 sampai Rp8.000 saja. Sangat terjangkau, bukan? terutama bagi pengunjung dari luar kota.

Alamat Menuju Soto Ayam Dahlok

Sebelum berkunjung ke tempat wisata ini, Anda perlu mengetahui di mana lokasi Soto tersebut. Soto Ayam Dahlok berada di Tembaan, Kepatihan, Kaliwates, Jember. Lokasinya dekat dengan pusat kota, jadi memudahkan pengunjung baru untuk menjangkaunya.

Rute Menuju Soto Ayam Dahlok

Rute Menuju Soto Ayam Dahlok
Source: https://goo.gl/maps/215MQNwnG7RGs5138

 

Akses menuju tempat makan populer ini sangat mudah bahkan bagi pendatang baru karena lokasinya dekat dengan pusat kota atau alun-alun kota Jember. Selain itu, jalannya sudah beraspal semua jadi tidak perlu khawatir dan bingung selama berkendara nantinya.

Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Kaliwates dengan melewati SPBU Pertamina, setelah itu pilih jalur ke kanan melewati Golden Market. Di perempatan, belok ke kanan ke arah Matahari Johar Plaza. Kemudian, pengunjung mengambil jalan lurus hingga menemukan Soto Ayam Dahlok.

Jika Anda kebingungan karena rutenya yang berputar-putar, bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Tempat makan ini sudah terdaftar di platform tersebut, sehingga mampu memberi kemudahan kepada pengunjung luar untuk menemukan tempat ini dengan menunjukkan rute terbaik dan tercepat.

Baca juga : Wisata Kuliner di Nasi Pecel Walisongo Jember

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata kuliner di Soto Ayam Dahlok Jember. Jangan lupa untuk mampir ke tempat makan terkenal ini jika berkunjung ke kota Jember apalagi kalau menghabiskan atau menutup waktu libur bersama keluarga maupun teman.